728x90 AdSpace

15 August 2016

Contoh Soal Menilai Keunggulan dan Kelemahan Karya Sastra

Soal 1:
Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur. Masalah yang dinilai dalam penggalan resensi di atas adalah ... .
A. kekurangan/kelemahan novel tersebut.
B. keunggulan/kelebihan novel tersebut.
C. novel tersebut tidak menarik bagi remaja.
D. kekurangan dan kelebihan novel tersebut.

Soal 2
"Insiden" kecil ini mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidak salah juga merupakan disertasinya. Suwarno adalah orang Yogya. Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan demikian membudaya, Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX. Akibatnya, buku itu over-repetitive, kurang bermutu, dan kurang perbandingan.
Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan....
A. ketangguhan buku
B. isi pokok buku
C. deskripsi buku
D. kelemahan buku

Soal 3
Cematilah data buku berikut!
Judul: Sekolah Itu Candu
Penulis: Roem Topati Masang
Penerbit: Insid Press, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, Juli 2007
Tebal: xvii+ 178 halaman
Kelebihan: Buku ini menggunakan bahasa komunikatif, tidak terkesan menggurui, dan patut dibaca semua kalangan.
Kelemahan: Desain kover buku kurang menarik.

Paragraf yang tepat untuk menggambarkan keleihan dan kelemahan buku sesuai dengan data tersebut adalah. . .
A. Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan
klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
B. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
C. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
D. Buku ini mengangkat masalah yang aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan menarik. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.

Soal 4
Perhatikan data buku berikut!
Judul buku: Ayat-Ayat Cinta
Nama pengarang: Habiburrahman El Shirazy
Tempat dan penerbit buku: Jakarta, Penerbit Republika
Tahun Penerbitan: 2004
Tebal buku: 20,5x'13,5 cm
Keunggulan: Novel Ayat-Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
Kekurangan: Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami

Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah...
A. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy adalah novel terlaris di Indonesia. Novel ini tampak memiliki banyak kelebihan. Kelemahan nyaris tidak terdapat dalam novel
ini.
B. Novel terbitan tahun 2004 ini adalah novel penting yang mengajak pembaca untuk lebih jernih dan cerdas. Buku setebal 20,5x 13,5 cm ini sangat laris di pasaran.
C. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy diterbitkan oleh Penerbit Republika. Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa campuran. Bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia dan bahasa Arab.
D. Novel Ayat-Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta. Sayangnya, novel ini menggunakan terlalu banyak kata berbahasa Arab yang tidak mudah dipahami.

Soal 5
Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Keunggulan: Hubungan antara satu bagian dan bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.
Kelemahan : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.

Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah ....
A. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan
dari 4 karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
B. Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran.
C. Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara
satu bagian dan bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. AKan
tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi
pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
D. Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.

Soal 6
Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat resensi yang tepat untuk menggambarkannya adalah . . . .
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap

Soal 7
Perhatikan data buku berikut!
Judul buku: Pesona Batik
Penulis: Nanik Herawati
Penerbit: Intan Pariwara, Klaten
Cetakan: Juli,2010
Tebal: iv+68
Keunggulan: Penyampaian dengan bahasa yang mudah dipahami.
Kelemahan: Penampilan gambar kurang jelas karena ukurannya kecil dan tidak
berwarna.

Paragraf yang tepat untuk menggambarkan keunggulan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah...
A. Buku Pesona Batik disampaikan dengan gaya tutur anak muda. Gaya ini menyebabkan buku ini disukai anak muda. penampilan gambar cukup membantu pembaca.
B. Buku Pesona Batik pantas dibaca karena memuat nilai-nilai moral, adat, kepercayaan, keyakinan, status, dan pandangan hidup sebagian masyarakat Indonesia dalam karya seni batik. Dalam membatik dimulai dari menggambar.
C. Buku Pesona Batik membahas seni batik yang jarang dimengerti oleh sebagia besar masyarakat. Akan tetapi, dengan bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan.
D. Buku Pesona Batik mencerminkan khazanah kebudayaan Indonesia. Dengan membaca buku ini diharapkan pembaca dapat praktik membatik di rumah. Meskipun penampian gambar sederhana, penyampaian bahasa dalam buku ini mudah dipahami.

Soal 8
Cermati ilustrasi berikut!
Judul novel : Lelaki Tua dan Laut/The Old Man and The Sea
Pengarang/Penerjemah : Ernest Hemingway/ Sapardi Djoko Damono
Penerbit : PT Dunia Pustaka
Di sisi lain, untaian kata-kata Hemingway mengalir, mengayun membuai, menghempas membuat pengalaman tersendiri pada pembaca persis seperti gerakan ombak laut. Dengan kemampuannya, pembaca tanpa dipaksa seolah-olah sedang berhadapan dengan teror hiu yang ingin menguasai tangkapan ikan.
Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan novel tersebut adalah ...
A. Sedikit sekali penulis yang berani mengangkat ide cerita dari kaum pinggiran seperti nelayan. Namun, Hemingway berani mengangkatnya menjadi sebuah cerita yang penuh ketegangan ditinjau dari kekuatan bahasanya.
B. Penulis agak lambat menciptakan ketegangan-ketegangan dalam cerita. Pembaca menjadi kurang bergairah karena setting yang disuguhkan terlalu monoton, yaitu laut dan laut.
C. Hemingway dan ketangkasannya berbahasa tak perlu diragukan lagi. Hanya saja, khusus pada novel ini tema yang diambil kurang menarik.
D. Bahasa dan cara penuturan Hemingway pada novel ini sangat melompat-lompat persis alunan ombak laut yang mengguncang-guncang perahu.
E. Meskipun buku ini banyak dibaca orang, terlihat banyak kekurangan tentang kebiasaan di laut yang mungkin Hemingway sendiri dapat merasakannya.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Soal Menilai Keunggulan dan Kelemahan Karya Sastra Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi