Grafis | Proses Terjadinya Tsunami | Tempo Interaktif

Arsip ini di-update untuk memperingati bencana Tsunami yang terjadi Minggu, 26 Desember 2004 silam. Saat itu, terjadi gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.

Gempa terjadi pada waktu 7:58:53 WIB. Pusat gempa terletak pada bujur 3.316° N 95.854° EKoordinat: 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini berkekuatan 9,3 skala Richter dan ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir yang menghantam Aceh, Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.

Gempa yang mengakibatkan tsunami ini menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar (Info lebih lanjut, baca Wikipedia.

Berikut desain grafis tentang Proses terjadinya Tsunami. Silakan klik tanda panah yang ada di sudut kanan bawah visual berikut:

Kelahiran Amuk Tsunami

Perbandingan Tsunami Aceh dan Jepang

Sumber Grafis: Tempo Interaktif

Menengok Sebentar Foto dan Video Bencana Tsunami Aceh, 26 Desember 2004

RIP: Kenanglah masa lalu sebagai pelajaran untuk langkah ke depan
Menengok Sebentar Foto dan Video Bencana Tsunami Aceh, 26 Desember 2004---
Arsip ini di-update untuk memperingati bencana Tsunami yang terjadi Minggu, 26 Desember 2004 silam. Saat itu, terjadi gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.

Gempa terjadi pada waktu 7:58:53 WIB. Pusat gempa terletak pada bujur 3.316° N 95.854° EKoordinat: 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini berkekuatan 9,3 skala Richter dan ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir yang menghantam Aceh, Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka,

bahkan sampai Pantai Timur Afrika.
Gempa yang mengakibatkan tsunami ini menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar (Info lebih lanjut, baca Wikipedia.



KENANGAN MASA LALU YANG TERTINGGAL

In memoriam tsunami di Aceh 26 Desember 2004..... Mengenang masa lalu yang pahit, memang menyakitkan. Namun, mengingatnya sebagai pelajaran untuk semangat hidup di hari depan adalah sebuah keniscayaan. Aceh, kita buka hari yang baru sebagai semangat langkah ke depan, jadi pribadi yang baru, dengan suasana baru...


Sumber Foto: Google
Narasi: Wikipedia
Video by: Youtube

Lima Tokoh Menakutkan dalam Cerita Rakyat Dunia

Lima Tokoh Menakutkan dalam Cerita Rakyat Dunia--- Cerita rakyat merupakan salah satu prosa fiksi. Di Indonesia, kita mengenal cerita rakyat Gunung Tangkuban Prahu. Nah, kali ini kita bahas juga cerita rakyat yang berkembang di dunia. Berikut lima di antaranya:

1. Ogre (Perancis)
Seorang raksasa yang besar dan mengerikan, mirip manusia tapi dengan perawakan tinggi-besar. Raksasa ini sering digambarkan dalam dongeng dan cerita rakyat di mana mereka suka memangsa manusia, dan keberadaan mereka telah lama muncul dalam banyak karya sastra klasik. Raksasa ini sering digambarkan dengan kepala besar, berlimpah rambut dan janggut di wajahnya, perut besar, dan tubuh yang kuat.

2. Vampir (Slavia)
Vampir adalah makhluk yang terkenal hidup dari darah manusia, tetapi dalam beberapa kasus mungkin juga memangsa binatang. Meskipun vampir memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung siapa yang membawakan cerita, tetapi dalam banyak kasus, mereka digambarkan sebagai mayat-mayat yang hidup dan memakan darah makhluk hidup lainnya untuk mempertahankan hidupnya.
Istilah vampir ini dipopulerkan pada awal abad ke-18 dan muncul dari cerita rakyat di tenggara Eropa, khususnya negara-negara Balkan dan Yunani. Vampir yang berupa mayat hidup umumnya digambarkan sebagai makhluk menyeramkan yang mengunjungi orang-orang yang pernah dikasihinya dan menyebabkan kerusakan atau kematian di lingkungan sekitar mereka tinggal. Mereka mengenakan jubah, tidak tahan sinar matahari dan sering wajahnya tekadang digambarkan agak berwarna kemerahan.

3. Banshee (Irlandia)
Menurut legenda, makhluk mirip setan ini sering melolong di sekitar rumah jika ada seseorang yang akan segera mati. Ketika banyak Banshees yang muncul sekaligus, ini menunjukkan kematian tentang orang hebat atau suci. Terkadang kisah-kisah menceritakannya berbentuk seperti wanita, meskipun tampak seperti peri, sesungguhnya mereka adalah hantu. Banshees sering digambarkan sebagai berpakaian putih atau abu-abu, dan seringkali memiliki rambut panjang yang mereka sikat dengan sisir perak. Cerita-cerita lain terkadang menggambarkan Banshees sebagai berpakaian hijau, merah atau hitam dengan jubah abu-abu.

4. Gorgon (Yunani)
Dalam mitologi Yunani, Gorgon adalah wanita jahat, seorang raksasa dengan taring tajam dan rambut hidup berbentuk ular berbisa. Gorgon kadang-kadang digambarkan sebagai memiliki sayap emas, cakar yang mengkilat, dan taring yang menyeramkan. Menurut mitos, seseorang yang bertatap wajah dengan seorang Gorgon, maka sesegera mungkin ia akan menjadi batu. Homer, seorang Yunani, pernah berbicara tentang seorang bermuka jelek, yang kepalanya digambarkan dalam Illiad sebagai orang yang ada di bawah naungan Zeus. Seorang Yunani lainnya, Hesiod, menambahkan bahwa ada tiga Gorgon yang terkenal: Stheno (yang perkasa), Euryale (pelompat jauh), dan Medusa (sang ratu).

5. Zombie (Afrika, Karibia)
Zombie adalah mayat yang hidup kembali dengan tanpa kesadaran. Cerita tentang zombie berasal dari Afro-Karibia, yang muncul dari adanya sistem kepercayaan spiritual Voodoo. Versi lain yang lebih mengerikan dari zombie telah menjadi dasar cerita fiksi horor modern, di mana mereka dibawa kembali dari kematian oleh seorang dukun atau dengan cara-cara ilmiah, dan memangsa manusia yang masih hidup. Mereka memiliki kecerdasan sangat terbatas, dan mungkin juga tidak berada di bawah kendali langsung siapa pun.

Inspirasi: On the Spot, Trans7 (edisi Kamis 19 April 2012)
Narasi: ahdoy.blogspot.com

Museum Jenderal A.H. Nasution

Museum Jenderal A.H. Nasution--
A.H. Nasution merupakan salah satu Jenderal Besar yang dimiliki Indonesia. Sangat berperan dalam pergerakan kemerdekaan dan salah satu jenderal yang hampir terbunuh dalam pemberontakan G 30S PKI tahun 1965.
Derap sepatu tentara pada 1 Oktober 1965 dini hari membangunkan Johana Nasution dari tidurnya. Bangkit dari ranjang, ia lalu mengintip dari balik pintu kamar untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi. “Cakrabirawa,” Johana berbisik kepada AH Nasution, suaminya.

Penggalan film “Pengkhianatan G 30S/PKI” di atas menceritakan penculikan para jenderal yang terjadi di akhir Orde Lama. Anda bisa mengenang peristiwa dramatis di Museum Jenderal AH Nasution yang berlokasi di Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Cerita yang Anda dapatkan di museum ini jauh lebih detail dari gambaran di film.
Museum ini dahulu adalah tempat tinggal Jenderal AH Nasution sejak beliau dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada tahun 1949, hingga wafat pada 6 September 2000. Pada tahun 2008, museum ini diresmikan.
Bangunan museum ini tampak kalah megah dengan rumah-rumah mewah di sekitarnya. Namun patung Jenderal AH Nasution yang berdiri kokoh di depan museum, menjadikannya berbeda.

Ruang pamer di Museum AH Nasution tidak terlalu luas, namun cukup lengkap menampilkan sejarah hidup serta memorabilia jenderal itu. Menariknya lagi, kisah dramatis usaha penculikan Jenderal AH Nasution ditampilkan dalam diorama yang sangat hidup — semua disuguhkan persis kejadian sesungguhnya.

Di dalam museum ada patung dada Jenderal AH Nasution yang tepat dipasang di depan pintu masuk. Di ruang bagian depan dipasang beberapa koleksi pribadi seperti miniatur tank, piagam penghargaan, mebel antik, serta sebuah gading gajah kenang-kenangan dari Brigade Garuda III.
Bagian berikutnya adalah sebuah kamar yang dulu berfungsi sebagai ruang kerja AH Nasution. Di kamar ini dipamerkan 70 buah buku karyanya yang tersusun dalam lemari kayu. Agar suasana hidup, ditampilkan pula meja kerja lengkap dengan patungnya dalam posisi sedang menulis.
Melangkah ke bagian dalam, Anda akan melihat sebuah kamar yang disebut Ruang Kuning. Ini tempat AH Nasution menerima tamu-tamu penting. Disebut Ruang Kuning karena kamar ini didominasi oleh warga kuning. Sofa, karpet, gorden, serta beberapa perabot lainnya semuanya berwarna kuning. (Namun sofa yang dipajang di sini hanya replikanya saja.)
Bagian berikutnya, membuat merinding. Inilah kamar tidur AH Nasution dan Johana. Adegan dramatis terjadi di kamar ini. Masih terlihat bekas tembakan yang merusak pintu serta dinding kamar. Semuanya asli. Begitulah, aksi tentara Cakrabirawa yang berusaha menculik Jenderal AH Nasution ternyata cukup brutal.
Di ruang makan, ada diorama Johana ditodong senjata api oleh Cakrabirawa. Pajangan lainnya yang bisa membuat pengunjung tersentuh adalah baju yang dipakai Ade Irma Suryani Nasution ketika ditembak oleh tentara Cakrabirawa.
Foto Ade Irma bersama Kapten Pierre Tendean (yang mengaku AH Nasution untuk melindungi komandannya) sungguh membuat terharu. Foto itu diambil hanya satu minggu sebelum mereka meninggal.
Museum ini tidak memungut biaya kepada pengunjung — hanya ada kotak sumbangan. Dengan begitu banyaknya informasi sejarah yang bisa didapat, agak mengherankan museum ini hanya dikunjungi 50 orang setiap pekan.

Museum Jenderal AH Nasution
Jalan Teuku Umar 40, Menteng, Jakarta Pusat
Telp.: (021) 314 1975, Faks.: (021) 3192 5084
Jam buka: Selasa-Minggu, pukul 08.00-14.00 WIB
Tiket masuk: gratis

Sumber: yahoo.co.id (http://id.berita.yahoo.com/rumah-kenangan-jenderal-ah-nasution.html)

Kunjungi juga blog Hairun Fahrudin di easybackpacking.blogspot.com
mustprast.wordpress.com
fraziel.wordpress.com
http://www.tnol.co.id

Kliping | Twitt Pertama (Tertua) Di Dunia

Kliping | Twitt Pertama (Tertua) Di Dunia--
Twitt pertama

Twitter saat ini menjadi salah satu situs jejaring sosial yang paling populer di dunia. Tapi tahukah Anda, siapa twit pertama di dunia?
Twit pertama yang diposting atau ditwit oleh pendiri twitter, Jack Dorsey. Jack ngetwit lewat akun twitternya @jack.

Tercatat @jack memposting statusnya pada 21 Maret 2006 pukul 03.50 PM.

"Just setting up my twttr," kicau Jack.

Mungkin saat ngetwit status itu, @jack tidak akan menyangka kelak postingan kalimat sederhananya itu bakal dicatat sejarah sebagai twit tertua di dunia dan menjadi salah satu media sosial terbesar dan berpengaruh luas di kolong langit (Republika).

Kliping | Mengapa Bola Basket Berwarna Oranye?

Kliping | Mengapa Bola Basket Berwarna Oranye?--
Basket merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Penggemarnya yang berasal dari segala usia merasakan bahwa bola basket adalah olahraga yang menyenangkan, kompetitif, menghibur,dan menyehatkan. Basket adalah permainan yang terdiri dari 2 tim. Masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Keterampilan-keterampilan perseorangan seperti tembakan, umpan, dan, rebound, serta kerja sama tim untuk menyerang atau bertahan, adalah persyaratan agar berhasil dalam memainkan olahraga ini. Tim berhasil lebih banyak memasukkan bola ke ring basket lawan, akan menang.

Lantas, mengapa bola basket itu umumnya berwarna oranye? Alasannya adalah untuk melindungi mata para pemain basket. Lapangan basket biasanya berwarna coklat. Meskipun bola basket yang berwarna oranye mirip dengan warna lapangan, warna oranye mudah dikenali dan dapat mengurangi rasa lelah mata para pemain. Jika warna bola basket teralu mirip dengan warna lapangannya, mata para pemain akan lelah, apalagi mereka harus bermain dalam waktu lama.

Sumber: Buku Suplemen Milo

Mengapa Manusia Kalah Beradu Lari dengan Hewan Berkaki Empat?

Mengapa Manusia Kalah Beradu Lari dengan Hewan Berkaki Empat?--
Tentu, yang namanya kaki dua melawan kaki empat, jelas lebih unggul kaki empat. Tapi, apa alasan yang sebenarnya? Dibanding dua kaki, empat kaki itu lebih cepat. Bandingkan, pelari jarak 100 meter tercepat dunia, Usain Bolt, menempuh jarak 100m dalam waktu 9,58 detik; sedangkan anjing jenis Greyhound dapat menemph jarak 100m dalam waktu 5 detik. Mengapa? Alasannya, manusia yang berlari dengan dua kaki memiliki bentuk tubuh yang tegak sehingga tubuhnya tidak stabil dan dapat terkena hambatan dari angin. Hewan yang berlari dengan empat kaki, bentuk tubuhnya mendatar sehingga posisi tubuhnya lebih stabil dan tidak mendapat banyak tekanan dari angin.
Dalam jarak 100m, Cheetah hanya memerlukan waktu 3,2 detik. Cheetah dapat mencapai kecepatan 72km/jam dalam 2 detik, kecepatannya yang paling maksimal adalah 110km/jam. Hal ini menyebabkan Cheetah menyandang predikat hewan tercepat di darat. Tetapi, jika lari lebih dari 10 menit, jantungnya akan bermasalah sehingga Cheetah tidak bisa lari lebih lama dari itu.
Kijang menempati posisi dua dengan waktu 3,7 detik, Singa 5,6 detik, dan Badak 8 detik.
Adapun hewan tercepat di air 'dipegang' oleh ikan Sailfish. Ia dapat berenang dengan kecepatan 112km/jam.

Sumber: Buku Suplemen Milo

Ada Kisah Memilukan di Balik Lucunya Kartun "Masha and The Bear"

Apakah kamu pecinta film Masha and The Bear? Kalau iya, maka fakta berikut ini akan membuatmu menangis karena tokoh tokoh yang ada di film ini memiliki benang merah dengan gadis kecil yang ada di film itu. Yup, film Masha and the Bear berasal dari kisah nyata yang kelam.

Dikutip dari Wikipedia, Masha dan Beruang diproduksi oleh Animaccord Studios. Serial animasi ini menceritakan petualangan seorang gadis kecil yang bernama Masha dan Beruang yang merupakan temannnya. Serial ini diciptakan oleh Andrei Dobrunov, Oleg Kuzovkov, dan Dmitry Loveiko. Serial ini pertama kali tayang di Rossiya 1 pada tanggal 7 Januari 2009. Masha merupakan karakter utama manusia yang ada di serial ini, selain Dasha, saudari sepupunya.
Masha berbicara bahasa manusia.

Pengisi suara oleh Alina Kukushkina. Masha sering mengenakan kerudung berwarna merah jambu dan memiliki rambut berwarna pirang, bola mata berwarna hijau, dan cenderung hiperaktif.
Film ini diadaptasi dari sebuah kisah nyata, dimana Masha yang ada di film ini, sudah meninggal 21 tahun yang lalu. Dan film Masha and The Bear ini untuk mengenang Masha. Ternyata Masha Sebenarnya sudah meninggal 21 tahun yang lalu

Apakah kalian pernah melihat orang tua Masha dalam film ini?
Dikutip pulsk.com, Masha tadinya adalah anak perempuan biasa yang meminta orang tuanya untuk datang ke sebuah acara sirkus. Saat di sirkus, Masha terlepas pengawasan dari sang orangtua dan masuk ke kandang beruang, dan Masha tewas dimangsa beruang lapas.
Sang orang tua depresi lalu bunuh diri, ini jawaban mengapa orangtua Masha tidak pernah muncul dalam film ini.
Baca juga:
Dongeng yang Terjadi di Dunia Nyata Umumnya, dongeng hanyalah sebuah cerita fiksi/ khayalan. Ada dongeng yang dipercayai benar-benar terjadi namun hanyalah mitos.
Beruang Berperan Sebagai Sosok Ayah Masha?
Sang penulis menghormati orang tua Masha, selain itu Masha kecil sangat menyukai hewan beruang.
Penulis ingin mengobati rasa sakit hatinya kepada si beruang dengan membuat seolah-olah bear(beruang) takut sama Masha.

Ternyata Panda merupakan figure saudara sepupu Masha yang berasal dari China
Di kehidupan nyatanya, Masha mempunyai sepupu jauh yang berasal dari China, dan mereka selalu bertengkar. Masih ingat bukan episode saat si Panda baru saja datang?

Kelinci adalah figure teman Masha yang cukup nakal
Di kehidupan nyatanya, Masha mempunyai seorang teman yang cukup nakal, dan ini digambarkan oleh tokoh kelinci ini.

Ternyata Penguin adalah figure saudara Masha
Walau jarang muncul di film ceritanya, tapi di kehidupan nyata, saudara Masha ini masih hidup dan benar benar ada.
Dan dialah yang membuat cerita Masha and The Bear.
Nah itulah sepengal kisah dari film kartun yang mengemaskan dari Masha and The Bear yang terkenal itu.
Namun dibalik kisahnya yang lucu dan mengemaskan, ternyata ada kisah yang mengerikan dari Masha yang sesungguhnya. Ide untuk menghidupkan kenangan Masha di film ini adalah ide jenius.
Si pembuat cerita mengubah semua kenangan buruk menjadi sebuah film menarik dan lucu hingga akhirnya menjadi idola di seluruh dunia.

Sumber: http://m.tribunnews.com/seleb/2015/12/12/ada-kisah-yang-menguras-airmata-dibalik-lucunya-masha-and-the-bear

Inilah Tanda Bahwa Masa Kuliahmu Tak Sia-Sia

Banyak yang menyebut bahwa kuliah adalah masa keemasan. Sebab, di masa tersebut seseorang bisa mengembangkan potensi sekaligus mencari jati diri. Kuliah tidak cuma mengejar nilai semata. Berikut ini beberapa tanda bahwa selama kuliah waktumu tak terbuang sia-sia.

1. IPK memuaskan
Setiap mahasiswa punya target masing-masing soal nilai. Sehingga setiap mahasiswa juga punya kriteria tersendiri berapa IPK yang menurutnya memuaskan.

2. Banyak pengalaman
Saat jadi mahasiswa, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang. Bergabunglah dalam sebuah organisasi yang sesuai dengan passion-mu. Tak hanya organisasi, beberapa pengalaman berharga juga bisa didapatkan dengan magang, freelance, volunteer, atau ikut kepanitiaan.

3. Pergaulan luas
Carilah teman sebanyak mungkin. Jangan cuma kenal dengan teman sejurusan atau seangkatan, tapi juga harus kenal dengan teman lintas jurusan atau kakak kelas. Ini berguna untuk membangun jaringan.

4. Menyelesaikan masalah
Memasuki usia dewasa, kamu akan mulai menghadapi masalah dan harus bisa cari jalan keluarnya. Masa kuliah adalah saat bagimu untuk bisa mengambil keputusan dengan bijak guna menghasilkan solusi terbaik.

5. Punya karya
Ciptakanlah karya ketika kamu kuliah. Hal ini membuktikan bahwa selama kuliah kamu tak hanya jago teori, tapi juga bisa menghasilkan karya. Selain jadi menjadi kebanggan, karyamu itu juga bisa menjadi portofolio pada bidang pekerjaan yang diinginkan.

6. Rendah hati dan peduli
Percuma pintar tapi tak peduli dan peka terhadap keadaan sekitar. Tetaplah rendah hati saat sudah mencapai kesuksesan sehingga kamu tetap menjadi pribadi yang menyenangkan di tengah masyarakat.

7. Lulus tepat waktu
Nah, ini adalah bukti nyata bahwa kamu tak menyia-nyiakan masa kuliahmu. Sesibuk apa pun dirimu dalam kegiatan kampus, tugas utama mahasiswa adalah harus bisa lulus tepat waktu.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/13/65/1266411/tujuh-bukti-masa-kuliahmu-tak-sia-sia
Foto: www.livingwell.co.id

Menulis Laporan Hasil Observasi

Laporan dapat dipahami sebagai sebuah karya yang ditulis dengan cara membahas suatu topik secara terperinci atau mendetail. Laporan berisi tentang deskripsi kegiatan yang telah dilakukan atau peristiwa yang pernah dialami. Tulisan laporan berisi susunan sejumlah kejadian atau peristiwa yang disusun berdasarkan urutan waktu. Susunan seperti itu disebut susunan kronologis. Biasanya, sebuah laporan bertujuan untuk menggambarkan konsep, acara, atau untuk menempatkan argumentasi yang akurat terhadap sebuah topik.

Laporan dapat diartikan sebagai berita. Oleh karena itu, penyusunan sebuah laporan dapat menggunakan panduan dalam menulis berita seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya. Laporan dapat disusun berdasarkan 5 w + 1H (who, where, what, when, why, dan how), yaitu siapa yang teriibat, di mana tempat kejadian, apa peristiwa atau kejadian yang terjadi,kapan terjadi, mengapa terjadi, dan bagaimana kejadiannya.

Observasi adalah kegiatan pengamatan atau peninjauan terhadap suatu objek. Pengamatan itu dilakukan secara cermat dan teliti. Tujuannya adalah mengumpulkan fakta-fakta yang berkaitan dengan objek yang diamati. Kemudian, fakta-fakta tersebut dilaporkan dalam bentuk tulisan. Itulah yang disebut dengan laporan observasi.

Tags: #contoh kritik terhadap isi laporan #cara memberikan kritik terhadap laporan #apa perbedaan buku fiksi dengan buku nonfiksi #hal hal yang biasanya ada pada bagian isi surat lamaran pekerjaan #contoh kritik dan saran #pengertian kritik dan saran #kritik dan saran dalam makalah #contoh kritik dan saran dalam laporan #kritik dan saran untuk guru

Cara Pengolahan Nilai Kompetensi Sikap dalam Kurikulum 2013 Hasil Revisi

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Cara Pengolahan Nilai Kompetensi Sikap dalam Kurikulum 2013-- Dalam kurikulum 2013, nilai setiap mata pelajaran terdiri atas nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada akhirnya, nanti untuk menetapkan apakah seorang siswa dapat naik kelas atau tidak.

Pelaporan penilaian Sikap merupakan tanggung jawab guru mapel Agama-Budi Pekerti dan mapel PPKn saja. Guru mapel lain bisa memberi masukan kepada dua mapel tersebut jika ada siswa yang berperilaku mencontek, misalnya, saat berlangsungnya proses pembelajaran di mapelnya tersebut. Guru BK juga berperan dalam memberikan masukan penilaian Sikap ini kepada wali kelas.

Prinsip Penilaiannya: Sahih, Objektif, Adil, Terpadu, Ekonomis, Transparan/Terbuka, Menyeluruh dan kesinambungan/Holistik, Sistematis, Akuntabel, Edukatif.

Mekanisme Penilaian:
1. Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan sebagai sumber informasi utama dan pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas atau guru kelas;
2. hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi;

Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap:
Kompetensi Sikap adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku (berlaku hanya untuk mapel Agama-Budi Pekerti dan mapel PPKn).

Penilaian dilakukan berdasarkan indikator yang diturunkan dari KD.

Teknik Penilaian:
- Observasi/ pengamatan (sumber utama)
- Penilaian diri (penunjang)
- Penilaian antarpeserta didik/ teman sebaya (penunjang)

1. Observasi
Observasi dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrumen yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
- Observasi langsung: dilaksanakan oleh guru mapel Agama-Budi Pekerti dan mapel PPKn.
- Observasi tidak langsung: dengan bantuan orang lain, seperti guru lain, orang tua/wali, peserta didik, dan karyawan sekolah.

2. Penilaian Diri
- Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi.
- Berupa lembar penilaian diri menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
- Dapat disusun dalam bentuk skala Likert atau skala Semantic Differential.

3. Penilaian Antarpeserta Didik
- Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi.
- Menggunakan daftar cek dan skala penilaian (rating scale) dengan teknik sosiometri berbasis kelas (dapat digunakan salah satu atau kedua-duanya).

Pelaksanaan Penilaian:
1. Tahap Pelaksanaan
- Awal semester (pendidik menginformasikan tentang kompetensi sikap yang akan dinilai) sikap generik dan sikap sesuai dengan KD mata pelajaran
- Mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan KI, KD, dan indikator kompetensi sikap yang telah ditetapkan dalam RPP.
- Menyusun rencana penilaian kompetensi sikap yang memuat teknik dan waktu/periode penilaian untuk setiap materi pokok

2. Mekanisme Pelaksanaan
- Menjelaskan kepada peserta didik tentang kriteria penilaian dan bentuk instrumen yang akan digunakannya.
- Memeriksa dan mengolah hasil penilaian dengan mengacu pada pedoman penskoran yang telah ditetapkan.
- Menginformasikan nilai sikap kepada peserta didik pada setiap akhir periode tertentu.
- Menetapkan nilai akhir kompetensi sikap berdasarkan kecenderungan sikap peserta didik dari satu periode ke periode berikutnya, terutama periode menjelang akhir semester.

3. Pengolahan Nilai
- Akhir semester, guru mata pelajaran Agama-Budi Pekerti, mapel PPKn, dan wali kelas melaporkan hasil penilaian sikap spiritual dan sosial secara integratif.
- Laporan penilaian sikap dibuat guru dalam bentuk nilai akhir, dinyatakan dalam bentuk nilai capaian berupa predikat sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K), serta deskripsi.

Contoh Perhitungan Nilai Kompetensi Sikap

Pengolahan Nilai Sikap Antarmata Pelajaran (Berupa Deskripsi)
- Dirumuskan oleh wali kelas setelah berdiskusi dengan guru mata pelajaran.
- Bersumber dari nilai capaian dan deskripsi setiap mata pelajaran.
- Menguraikan kelebihan sikap peserta didik dan sikap yang masih perlu ditingkatkan apabila ada, serta rekomendasi untuk peningkatan.

Pelaporan:
a. Dilakukan oleh pendidik secara berkala kepada peserta didik, orang tua/wali, dan satuan pendidikan.
b. Pelaporan kepada orang tua/wali peserta didik:
- Dapat dilakukan melalui peserta didik, dan orang tua/wali menandatangani hasil penilaian tersebut.
- Dapat dilakukan secara berkala setiap tengah semester dan akhir semester.
- Berupa laporan hasil penilaian tengah semester dan buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik.

Nilai Kompetensi Sikap ini direkap dengan nilai Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sehingga menjadi nilai rapor (LHPKPD).

Laporan hasil penilaian berbentuk predikat dan deskripsi disampaikan kepada kepala sekolah/madrasah dan pihak lain yang terkait (misal: wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling, dan orang tua/wali) pada periode yang ditentukan dan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik (LHPKPD).

Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial) diperoleh berdasarkan:
-Hasil pembelaran langsung (direct-teaching) mapel Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan Mael PPKn)
-Hasil pembelajaran tidak langsung (indirect-teaching) dari semua mata pelajaran
-Penilaian diberikan dalam bentuk deskriptif

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan:
-Menggunakan skala 0-100
-KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 0-100

Sumber: Kemendikbud
Update: 21 Mei 2016 (hasil dari Pelatihan Instruktur Kabupaten, tanggal 16-21 Mei 2016)

17 Besar Nilai UAS Sem.Ganjil TP 2015/2016 (SMPN 2 Tanta)

Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada siswa kelas IX SMPN 2 Tanta berikut:
1.DESY YANTI 88
2.PATIMAH 86
3.ATY YANG MEIY 84
4.ANNISA 82
5.INDAH F. 82
6.SYNTIA PIRENI 82
7.LAURA OKSIN KAWALO 82
8.LISA DEWI 80
9.MAHRITA 80
10.ANNISA AYUNI 78
11.M. SYAHYUDA 78
12.RIKA AKANA 78
13.VINTALELO HAWINI 78
14.DEVI YANTI 74
15.SEPRIANTO EDY 72
16.WINIE KATRIANI 70
17.ANISA SRI RAHAYU 70

Selamat

Cara Pengolahan Nilai Kompetensi Pengetahuan dalam Kurikulum 2013 Hasil Revisi

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Cara Pengolahan Nilai Kompetensi Pengetahuan dalam Kurikulum 2013--
Dalam kurikulum 2013, nilai setiap mata pelajaran terdiri atas nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada akhirnya menetapkan apakah seorang siswa dapat naik kelas atau tidak.

Prinsip Penilaiannya: Sahih, Objektif, Adil, Terpadu, Ekonomis, Transparan/Terbuka, Menyeluruh dan kesinambungan/Holistik, Sistematis, Akuntabel, Edukatif.

Penilaian Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
Penilaian Pencapaian Kompetensi Pengetahuan adalah penilaian potensi intelektual yang terdiri atas tingkatan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Penilaian dilakukan berdasarkan indikator yang diturunkan dari KD.

Cakupan Penilaian:
a. Pengetahuan Faktual: istilah, pengetahuan khusus dan elemen-elemennya berkenaan dengan pengetahuan tentang peristiwa, lokasi, orang, tanggal, sumber informasi, dan sebagainya.
b. Pengetahuan Konseptual: prinsip (kaidah), hukum, teorema, atau rumus yang saling berkaitan dan terstruktur dengan baik; meliputi pengetahuan klasifikasi dan kategori, pengetahuan dasar dan umum, pengetahuan teori, model, dan struktur
c. Pengetahuan Prosedural: urutan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu, pengetahuan dari umum ke khusus dan algoritma, pengetahuan metode dan teknik khusus, dan pengetahuan kriteria untuk menentukan penggunaan prosedur yang tepat.

Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
1. Tes tertulis
a. Memilih jawaban, dapat berupa: pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, dan sebab akibat.
b. Mensuplai jawaban, dapat berupa: isian atau melengkapi, jawaban singkat dan uraian.
Soal uraian yang menjadi penilaian autentik adalah soal-Soal yang menghendaki siswa merumuskan jawabannya sendiri, misalnya mengemukakan pendapat, berpikir logis dan menyimpulkan.
2. Tes lisan
3. Penugasan, berupa PR dan/atau proyek yang dikerjakan secara individu atau kelompok
4. Teknik lain, misalnya: Portofolio, observasi (terhadap diskusi, tanya jawab, dan percakapan)

Pelaksanaan Penilaian
1. Rincian Pelaksanaan Penilaian:
a. Ulangan Harian (Penilaian Proses)
Cakupan Penilaian: Seluruh indikator dari satu atau lebih kompetensi dasar (KD).
Teknik yang memungkinkan: Tes tulis, Tes lisan, Penugasan.
Bentuk instrumen: Pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Daftar pertanyaan. Pekerjaan rumah dan/atau tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.

b. Ulangan Tengah Semester
Cakupan Penilaian: Seluruh indikator dari satu atau lebih kompetensi dasar (KD).
Teknik yang memungkinkan: Tes tulis.
Bentuk instrumen: Pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.

c. Ulangan Akhir Semester
Cakupan Penilaian: Seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Teknik yang memungkinkan: Tes tulis.
Bentuk instrumen: Pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.

2. Pengolahan Penilaian
a. Nilai Harian (Penilaian Proses)
- Dilakukan dengan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung.
- Penyekoran tes uraian (Lisan dan tulis) dan penugasan agar objektif, dilakukan berdasarkan kunci jawaban dan bobot jawaban tertentu untuk tiap soal yang disusun dalam bentuk rubrik.
- Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes uraian dan penugasan dihitung dengan rumus:

b. Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
- Dilakukan dengan teknik penilaian tertulis, dapat berbentuk pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, uraian, maupun jawaban singkat.
- Dilakukan penilaian dengan cara yang relevan untuk tiap teknik yang dipilih (seperti pada penilaian harian).

Pelaporan Penilaian
Dilaporkan melalui “Laporan Penilaian Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik”
Diolah berdasarkan:
1) Nilai Ulangan Harian (NUH) = Rerata nilai ulangan dan/atau penugasan
2) Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS)
3) Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS)

Dihitung dengan rumus:

Contoh Pengolahan Nilai

Pembobotan 2 : 1 : 1 (NUH : NUTS : NUAS)= Jumlah=4
(Nilai Harian disarankan untuk diberi bobot lebih besar daripada UTS dan UAS karena lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik)

Nilai Ulangan Harian: 1, 2 dan 3 = 60, 75, 65
Penugasan 1, 2, dan 3 = 75, 70, 80
NUH= (60 + 75 + 65 + 75 + 70 + 80) : 6 = 70,8
Nilai Ulangan Tengah Semester = 75
Nilai Ulangan Akhir Semester= 65

Berdasarkan data di atas, diperoleh:
Nilai =[(2 x 70,8)+(1 x 75) + (1 x 65)] : 4
= (141,6 + 75 + 65) : 4
= 281,6 : 4
= 70,4
(Tanpa dikonversi lagi)

Nilai Kompetensi Pengetahuan ini direkap dengan nilai Kompetensi Sikap dan Kompetensi Keterampilan sehingga menjadi nilai rapor (LHPKPD).

Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial) diperoleh berdasarkan:
-Hasil pembelaran langsung (direct-teaching) mapel Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan Mael PPKn)
-Hasil pembelajaran tidak langsung (indirect-teaching) dari semua mata pelajaran
-Penilaian diberikan dalam bentuk deskriptif

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan:
-Menggunakan skala 0-100
-KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 0-100

Sumber: Kemendikbud
Update: 21 Mei 2016 (hasil dari Pelatihan Instruktur Kabupaten, tanggal 16-21 Mei 2016)

Cara Pengolahan Nilai Kompetensi Keterampilan dalam Kurikulum 2013 Hasil Revisi

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Cara Pengolahan Nilai Kompetensi Keterampilan dalam Kurikulum 2013--
Dalam kurikulum 2013, nilai setiap mata pelajaran terdiri atas nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada akhirnya menetapkan apakah seorang siswa dapat naik kelas atau tidak.

Prinsip Penilaiannya: Sahih, Objektif, Adil, Terpadu, Ekonomis, Transparan/Terbuka, Menyeluruh dan kesinambungan/Holistik, Sistematis, Akuntabel, Edukatif.

Penilaian Pencapaian Kompetensi Keterampilan
Pencapaian KI dan KD keterampilan mencakup keterampilan berpikir dan bertindak dalam ranah konkret dan abstrak.
Ranah konkret: aktivitas menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat.
Ranah abstrak: aktivitas menulis, membaca, menghitung, menggambar (misalnya grafik dan bangun datar atau ruang dalam matematika), menganalisis, dan mengarang.

Penilaian dilakukan berdasarkan indikator yang diturunkan dari KD.

Teknik dan Bentuk Instrumen

Teknik Penilaian:

1. Unjuk kerja/ Kinerja/ Praktik
Menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi
Dilakukan dengan cara mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu
Menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu, seperti: praktik shalat, praktik di laboratorium, bermain peran, menggambar alam benda, praktik olahraga, membuat karya kerajinan, memainkan alat musik, bernyanyi, dan membaca puisi/deklamasi.

2. Proyek
Kegiatan penyelidikan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil proyek dalam periode atau waktu tertentu.

3. Portofolio
Rekaman hasil pembelajaran dan penilaian yang memperkuat kemajuan dan kualitas pekerjaan peserta didik.

4. Produk
Penilaian kemampuan peserta didik membuat produk-produk, teknologi, dan seni.

5. Teknik lain, misal: tertulis

Penentuan Nilai Akhir Kompetensi Keterampilan
- Nilai disampaikan dalam rentang 0-100 (tanpa konversi)

Contoh Deskripsi:
Sudah terampil dalam menysun teks cerita fabel, biografi, dan prosedur, tetapi perlu meningkatkan penggunaan ungkapan-ungkapan yang bervariasi dan kepaduan dalam sebuah paragraf.

Nilai Kompetensi Keterampilan ini direkap dengan nilai Kompetensi Sikap dan Kompetensi Pengetahuan sehingga menjadi nilai rapor (LHPKPD).

Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial) diperoleh berdasarkan:
-Hasil pembelaran langsung (direct-teaching) mapel Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan Mael PPKn)
-Hasil pembelajaran tidak langsung (indirect-teaching) dari semua mata pelajaran
-Penilaian diberikan dalam bentuk deskriptif

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan:
-Menggunakan skala 0-100
-KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 0-100

Sumber: Kemendikbud
Update: 21 Mei 2016 (hasil dari Pelatihan Instruktur Kabupaten, tanggal 16-21 Mei 2016)

Cara Sukses Jadi Sarjana Cum Laude, Termuda, dan Tercepat

Tidak sedikit mahasiswa yang kurang memanfaatkan waktunya selama kuliah, hingga membuat sebagian akhirnya harus menunda kelulusan. Namun, tidak dengan mahasiswa-mahasiswa ini yang bisa menyelesaikan kuliah dengan hasil yang memuaskan.

Salah satunya Pinkan Bening Ajuba, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang meraih IP tertinggi yakni 3,89. Menurut dia, bukan hanya ranking yang harus dikejar, melainkan juga pendidikan itu sendiri.

"Saat sekolah dulu saya selalu memikirkan untuk dapat memperoleh ranking, namun malah hal itu tidak tercapai. Menurut saya, kuliah adalah untuk menggapai pendidikan yang lebih baik,” ungkapnya, seperti dikutip dari laman resmi UNY, Selasa (8/12/2015).

Sementara itu, mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya dengan waktu tercepat yakni Siti Hasanah berbagi tips mengenai keberhasilannya bisa lulus dengan waktu yang cepat. Selama ini dia selalu mengambil paket maksimal SKS pada setiap semesternya.

"Setelah itu sejak semester IV, saya selalu mengambil mata kuliah semester di atasnya. Pada semester VII, saya tinggal mengambil sedikit mata kuliah,” ujarnya.

Sedangkan bagi lulusan termuda yakni Dita Juwita Zuraida. Di usianya yang belum genap 21 tahun, putri pasangan H Zaenudin, S.E, M.M. dan Dra. Hj Ita Qonita, M.Si. ini sudah berhasil meriah gelar sarjana.

Ketika SMP, Dita bahkan hanya menjalani masa kuliahnya selama dua tahun. Hal itu disebabkan dirinya masuk ke kelas akselerasi.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/08/65/1263125/cara-sukses-jadi-sarjana-cum-laude-termuda-dan-tercepat

Trik Usir Stres Setelah Mengikuti UAS

Ujian akhir semester (UAS) kerap membuat siswa stres. Betapa tidak, tuntutan nilai yang harus dikejar cukup tinggi bila tidak ingin mendapat nilai rendah.

Nah, usai berjibaku mengerjakan UAS selama sepekan, saatnya mengusir stres dengan beberapa cara ini.

Istirahat

Selama mempersiapkan diri menghadapi UAS, kamu mungkin kerap bergadang sehingga waktu istirahat pun berkurang. Kurang tidur pasti akan berpengaruh pada kondisi badanmu, sehingga kini saatnya mengatur kembali waktu istirahat dengan baik.

Kumpul dengan teman

Ajaklah beberapa temanmu untuk berkumpul. Cara itu bisa menghilangkan stres akibat UAS. Bercerita dan bercanda dengan teman bisa membuat otakmu menjadi segar kembali.

Habiskan waktu bersama keluarga

Selama kuliah dan menjelang UAS, kamu mungkin selalu sibuk dengan berbagai aktivitas di kampus. Nah, sembari menghilangkan stres kamu bisa manfaatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga.

Manjakan diri

Menghilangkan rasa stres tidak hanya bisa dilakukan dengan orang lain, kamu bisa bisa menyiasatinya dengan memanjakan diri sendiri. Ambil me time untuk membaca, menonton atau melakukan wisata kuliner ke tempat-tempat favoritmu. (afr)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/09/65/1264075/trik-usir-stres-pasca-uas

Cara Mudah Dapatkan Judul Skripsi Menarik

Mahasiswa tingkat akhir di sebagian besar perguruan tinggi wajib membuat skripsi. Nah, kendala utama yang mereka hadapi biasanya adalah menentukan tema dan judul skripsi.

Kreativitas menjadi kata kunci. Pasalnya, mahasiswa tingkat akhir yang menulis skripsi tentu sangat banyak. Jika tidak kreatif, bisa jadi tema dan judul skripsi yang dipilih dianggap tidak menonjol oleh dosen pembimbing.

Jika kamu sedang kesulitan menentukan judul skripsi, cara-cara ini mungkin bisa membantu.

Sudut pandang spesifik

Untuk menghasilkan judul skripsi yang berbeda dari mahasiswa lain, kamu bisa memfokuskan angle penelitian secara spesifik. Pastikan juga kamu memiliki latar belakang yang kuat untuk tema pilihan tersebut. Kekhususan ini bisa membuatmu menonjol dan berbeda dengan mahasiswa tingkat akhir lainnya di angkatanmu,

Sesuai passion


Jangan memaksakan diri untuk mencari judul skripsi semenarik mungkin namun menyisihkan apa yang menjadi passion-mu. Ketahuilah terlebih dahulu apa paling kamu suka. Hal itu mungkin bisa menjadi dasar dari munculnya ide kreatif dalam membuat judul skripsi yang menarik. Mengikuti passion juga membuatmu lebih rileks dalam mengerjakan skripsi, karena menekuni sesuatu yang disukai.

Cari referensi

Jangan malas untuk mencari-cari referensi. Kamu bisa membaca berbagai skripsi yang sudah ada sebelumnya. Selain itu kamu juga bisa berdiskusi dengan teman, senior bahkan dosen untuk memberimu saran mengenai judul skripsi yang akan kamu kerjakan.

Cari yang mudah dikerjakan


Mengerjakan skripsi tidak harus mencari pembahasan yang begitu sulit dan rumit. Kamu bisa memulainya dengan memerhatikan masalah sederhana di lingkungan sekitar. Banyak juga hal yang dianggap sepele justru menjadi inspirasi penelitian dan skripsi yang menarik.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/09/65/1264123/cara-mudah-dapatkan-judul-skripsi-menarik

Inilah 7 Besar Nilai Ulangan Akhir Semester Ganjil TP 2015/2016 (SMPN 2 MU)

Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada siswa kelas IX SMPN 2 Muara Uya berikut:
1.NURUL AMALIA 86
2.AFRIZAL AJI PRATAMA 78
3.NOR SAFITRI 78
4.ASTRIANA SINULINGGA 76
5.AMOS JAYA ADIE SITINJAK 70
6.HANIA MEGA 70
7.JUWITA ANGGRAINI 70

Selamat

Keunggulan Pendidikan dengan Pendekatan STEAM

Saat ini sistem pendidikan di Indonesia belum memberikan racikan yang tepat. Hal tersebut ditandai oleh pemerintah yang kerap mengganti kurikulum dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Managing Director Putera Sampoerna Foundation, Nenny Soemawinata, berpendapat sistem pendidikan di Indonesia kurang memerhatikan pembentukan karakter anak didik. Di sekolah, siswa hanya diminta menghafal tanpa diajarkan bagaimana berpikir secara kritis dan analisis.

"Kurikulum 2013 yang menerapkan keaktifan dan kreativitas justru tidak bisa dilakukan secara serentak karena ada sekolah, guru, bahkan siswa yang belum siap," terangnya, belum lama ini.

Nenny menjelaskan, sistem pendidikan yang ada di Sampoerna Schools System menerapkan pendekatan STEAM (science, technlogy, engineering, art, and math) untuk mencetak lulusan yang memiliki keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Sekarang banyak perusahaan, walaupun itu bank merekrut lulusan dari jurusan IPA, seperti teknik. Pertimbangannya, orang yang dari IPA itu punya kemampuan analisis. Siswa jurusan IPS yang tidak punya nilai lebih dan hanya mengandalkan hafalan pasti mereka pusing waktu cari kerja," ucapnya.

Public Relation and Publicity Putera Sampoerna Foundation, Nurul Aini, menambahkan, pendekatan STEAM membangun para siswa untuk kreatif, kritis, dan punya kemampuan analisis. Sehingga, setelah lulus para siswa tak hanya pintar, tetapi juga sopan dan punya karakter.

Kendati demikian, Nurul menuturkan bahwa Sampoerna Schools System tetap menggunakan kurikulum di Indonesia yang berlaku. Namun, dalam praktiknya disisipi dengan STEAM dan digabung dengan kurikulum internasional.

"Para guru tentu sebelumnya sudah mengikuti pelatihan, bahkan hingga dikirim ke Amerika Serikat karena kita memang ada kerjasama dengan salah satu asosiasi pengajar di sana," pungkasnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/08/65/1263116/keunggulan-pendidikan-dengan-pendekatan-steam

5W1H Kesaksian Sudirman, Maroef, dan Novanto di Sidang MKD

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, dan Kapan
Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) telah memperdengarkan rekaman dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR, Setya Novanto dan memanggil pelapor Sudirman Said dan dua dari tiga pelaku dalam rekaman.
Dalam sidang perdana, Rabu (2/12/2015), MKD menghadirkan Menteri ESDM Sudirman Said sebagai terlapor. Di sidang kedua, Kamis (3/12/2015), MKD menghadirkan Presdir Freeport Maroef Syamsudin. Di sidang ketiga, Senin (7/12/2015), MKD menghadirkan Setya Novanto.
Saat sidang pertama dan kedua, MKD melakukan secara terbuka. Namun, saat sidang ketiga justru dilakukan tertutup. Kabarnya itu atas permintaan terlapor Setya Novanto yang kemudian ditindaklanjuti dengan voting para anggota MKD.

Apa, Siapa, dan Bagaimana
Dalam sidang perdana, Sudriman Said menyatakan, Setya Novanto mengondisikan permintaan saham dengan mencatut nama presiden dan wapres kepada PT Freeport Indonesia.
Selain itu, Setya juga disebut menekan Presdir PT Freeport Indonesia terkait saham.
Hal itu diungkap Sudirman berdasarkan rekaman dan transkrip pembicaraan antara Setya Novanto (SN), pengusaha M Riza Chalid (MR), dan bos PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoedin (MS).
"Kalau didengar (rekaman) secara utuh, meskipun yang mengatakan angka (saham) Riza, tapi yang mengondisikan, merespons, dan memberikan penekanan adalah Pak SN (Novanto)," jawab Sudirman, Rabu (2/12/2015).

Dalam sidang kedua, Maroef Sjamsuddin yang dicecar pertanyaan selama hampir 12 jam oleh anggota MKD, mengatakan bahwa dirinya tidak akan mengerti bahwa rekaman tersebut akan dibawa ke MKD.
"Saya tidak tahu kalau dibawa ke MKD. Saya hanya berikan rekaman saja kepada Pak Sudirman Said. Tapi kalau dia ingin berikan ke MKD, saya tidak mengerti," papar Presiden Direktur PT Freeport Indonesia itu dalam persidangan MKD, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/12/2015)
Maroef menceritakan bahwa pada awal Oktober dirinya hanya memberikan copy rekaman kepada Sudirman Said karena dia meminta rekaman tersebut yang pada awalnya sudah diberikan dalam bentuk ringkasan.
Anggota MKD, Zainut Tauhid sebelumnya mempertanyakan kepada Maroef hal tersebut, mengingat Sudirman Said pada persidangan mengaku bahwa pelaporan rekaman sudah seizin dari Maroef Sjamsuddin.
"Oh jadi Anda (Maroef) tidak tahu ya? Soalnya kemarin pak Sudirman mengaku bahwa dia sudah izin ke Bapak, baik tidak apa-apa kalau ternyata berbeda," kata Zainut.
Zainut juga sempat mempertanyakan kepada Maroef mengenai legalitas mantan Wakil Kepala BIN tersebut dengan melakukan rekaman terhadap pembicaraan ketiganya.
Sementara Maroef menyatakan bahwa dia merekam hanya untuk pribadinya.
"Ini untuk kepentingan pribadi saya. Bukan untuk dipublikasikan, pada awalnya," jawab Maroef.

Dalam sidang ketiga, Setya Novanto menyatakan keberatan dan menolak tuduhan telah menjanjikan penyelesaian kontrak PT Freeport Indonesia.
"Dan (saya) tidak pernah meminta PT Freeport memberikan saham yang disebutnya akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla," tegas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu, Senin (7/12/2015).
Setya Novanto mengaku selalu mengutamakan kepentingan nasional secara transparan dan tidak pernah bertindak yang merugikan kepentingan bangsa dan negara.
"Saya, Setya Novanto tidak pernah menjanjikan suatu keputusan kepada pimpinan PT Freeport Indonesia (Maroef Sjamsoeddin)," ujarnya.
"Saya tidak pernah meminta saham dalam bentuk apapun kepada pimpinan PT Freeport. Saya dengan tegas menyatakan tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji seperti yang dituduhkan oleh saudara pengadu Sudirman Said," Setya menambahkan.
Fakta itu juga, menurut Setya Novanto jelas-jelas telah diakui sendiri oleh Presiden Direktur PT Freeport Maroef Sjamsoeddin dalam kesaksiannya di muka persidangan MKD.
"Fakta bahwa, saya tidak pernah meminta saham PT Freeport Indonesia kepada saudara Maroef Sjamsoeddin jelas-jelas telah diakui sendiri oleh Maroef Sjamsoeddin dalam kesaksiannya di muka sidang MKD," tegasnya.
Setya Novanto juga menampik tuduhan telah memanggil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.
"Saya, Setya Novanto tidak pernah memanggil Pimpinan PT Freeport, melainkan saya yang diminta saudara Maroef Sjamsoeddin untuk bertemu pertama kalinya di kantor saya, di Gedung Nusantara III DPR RI," tampiknya.

Apa, Siapa, dan Kapan
Satu lagi, pelaku percakapan dalam rekaman, M. Riza Chalid, belum dipanggil.
"Kalau menurut informasi tadi pagi, Pak Riza Chalid sudah berada di luar negeri," kata Kepala Bagian Humas dan TU Ditjen Imigrasi, Heru Santosa Ananta Yudha, saat dihubungi Tribun, Jakarta, Selasa (8/12/2015). (Sumber)


Sumber:
http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/12/03/nih-transkip-lengkap-rekaman-pembicaraan-setya-novanto-riza-chalid-dan-maroef-sjamsoeddin?page=1
http://www.tribunnews.com/nasional/2015/12/07/setya-novanto-saya-tak-pernah-minta-saham-ke-freeport
http://www.tribunnews.com/nasional/2015/12/03/maroef-saya-tidak-tahu-sudirman-said-akan-melapor-ke-mkd

Ini Poin Penting Hadapi MEA

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang tinggal menghitung hari itu memang tidak mudah. Perlu persiapan yang matang agar kita bisa bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Menurut Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Trisno Raharjo, SH, MHum mengungkapkan bahwa ada poin penting yang bisa dilakukan untuk menghadapi MEA.

"Terkait dengan dorongan dalam memajukan bidang jasa, kemudian dari kegiatan jasa tersebut akan memunculkan usaha dalam bentuk produk, yang kemudian dengan munculnya produk-produk tersebut akan menimbulkan persaingan dunia bisnis," ungkapnya seperti dinukil dari laman UMY, Senin (7/12/2015).

Trisno memaparkan, dunia usaha diatur dengan baik maka bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Indonesia.

"Diharapkan, iklim bisnis pada masyarakat Asean akan menjadi lebih baik dalam menghadapi MEA. Selain itu, Indonesia dalam hal persaingan usaha memiliki keunggulan dan lebih siap dibandingkan negara lainnya, " ujarnya.

Selain itu, Komisioer Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KKPU), Drs Munrokhim Misanam, MA, Ec, PhD, menjelaskan bahwa ada sejumlah hal yang perlu untuk dibenahi, salah satunya pada persaingan di dunia usaha di masyarakat ASEAN. Diperlukan harmonisasi dalam persaingan yang terjadi antara negara-negara Asean.

“Ketentuan-ketentuan tersebut merupakan bagian dari intervensi pemerintah pada pasar, yaitu untuk membatasi jumlah perusahaan yang tersebar di dalam pasar usaha bisnis,” jelasnya.

Trisno menambahkan, walau Indonesia dirasa siap namun jangan sampai berimbas pada implemetasi yang kurang baik.

"Jangan sampai karena Indonesia dirasa paling siap, berimbas terhadap implementasinya yang tidak mendapatkan dukungan yang kuat bagi Indonesia sendiri maupun bagi ASEAN,” tambahnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/07/65/1262144/ini-poin-penting-hadapi-mea

Apa Itu Ilmu Genomik?

Mungkin ‘ilmu genomik’ masih asing di telinga mahasiswa apalagi masyarakat. Hal itu disebabkan perkembangannya yang begitu minim di kalangan masyarakat Indonesia.

Genomik merupakan sebuah studi mengenai seluruh genome dari suatu organisme. Hal itu tentu berbeda dengan Genetically Modified Organism (GMO), yang biasa dikenal dengan rekayasa genetik. Ilmu genomik ini berfokus pada gen-gen yang dimiliki oleh makhluk hidup. Baik itu pada tumbuhan, hewan, maupun manusia serta epic genetic.

Ahli Ilmu Genomik asal Indonesia, Arief Budiman, PhD mengungkapkan mengapa proyek pada genome diperlukan.

"Dengan proyek genome, kita bisa mengkatalogkan gen-gen pada makhluk hidup, gen seperti apa yang dapat menimbulkan penyakit atau menciptakan bibit unggul,” ungkapnya seperti dikutip dari laman UMY, Senin (7/12/2015).

Selain itu, manfaat yang didapat dari mempelajari ilmu genomik yakni kita bisa mengklarifikasikan gen. Di Indonesia, hanya ada segelintir orang yang mengerti mengenai ilmu genomik. Hal tersebut disebabkan sejumlah kendala.

"Kami baru melakukan penelitian genomik terhadap kelapa sawit di negara Malaysia karena proses perizinan oleh pemerintah di Malaysia tidak membutuhkan waktu dan proses yang lama. Berbeda dengan di Indonesia yang prosesnya panjang, sehingga saat ini yang dapat kami lakukan hanya sekedar penyampaian ilmu, belum pada tahap penelitian,” ujarnya.

Arif menyampaikan, banyak negara-negara yang sedang mengembangkan ilmu genomik tersebut, tujuannya agar menciptakan bibit-bibit unggul pada komoditi di negaranya.

"Amerika, Eropa, Jepang, Korea, China, Selandia baru, bahkan negara tetangga kita, Singapura dan Malaysia sudah mengembangkan ilmu genomik. Jepang mengembangkan genomik untuk padi, ulat sutra, jamur, alga merah,” imbuhnya.

Dunia global kerap memberi cap negatif pada genomik dulunya. Dianggapnya, ilmu genomik yang diaplikasikan pada kelapa sawit bisa merusak hutan. Padahal setelah Malaysia mencobanya, hutan-hutan menjadi subur serta kelestariannya pun semakin terjaga.

Indonesia sendiri masih minim akan informasi terkait dengan ilmu genomik. Arif berharap agar nantinya para mahasiswa bisa mengembangkannya.

"Bahwa kelak para mahasiswa dapat meneliti dan mengembangkan genomik untuk kemajuan komoditi Indonesia," pungkasnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/07/65/1262155/apa-itu-ilmu-genomik

10 Perusahaan di Indonesia yang Jadi Tempat Kerja Terfavorit

MENURUT Anda, apa saja ciri-ciri perusahaan impian? Gaji tinggi? Suasana kerja asyik? Brand name yang kuat? Semuanya itu dimiliki oleh perusahaan di daftar di bawah ini, plus berbagai fitur lainnya.

Popularitas beberapa perusahaan di antara pengguna situs Qerja.com ini merefleksikan minat tinggi pada mereka, dan tentu saja bukan tanpa alasan yang jelas.

Baik karena penasaran dengan jumlah kompensasi yang diberikan, layak tidaknya sebagai tempat kerja, hingga mengetahui ada tidaknya lowongan kerja yang sedang dibuka, sepuluh perusahaan berikut ini adalah yang paling banyak dicari infonya oleh pengguna Qerja.com.

1. Bank Mandiri

Klaim sebagai bank terbesar di Indonesia menempatkan Bank Mandiri di daftar perusahaan idaman para career seeker. Tidak mengherankan memang: Adanya berbagai keuntungan di luar gaji seperti jaminan kesehatan, dana pensiun, jaminan ketenagakerjaan serta kompensasi seperti bonus dan THR menjadi daya tarik tersendiri.

Para pegawai muda di Bank Mandiri akan menikmati pelatihan dan mentoring, bahkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Kesemuanya ini akan bermanfaat ketika mereka menaiki jenjang karier dalam perusahaan BUMN ini.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Para individu yang bekerja di BRI tidak perlu mengkhawatirkan perkara finansial karena bonus yang bisa didapatkan lebih dari sekali dapat mencapai nominal beberapa kali lipat dari gaji. Belum lagi THR dan insentif moneter bentuk lainnya.

Namun jika kompensasi keuangan bukan motivasi utama, lingkungan kerja yang bersahabat dan kental rasa kekeluargaan mungkin menjadi alasan utama bagi rating tinggi yang diberikan pegawai Bank Rakyat Indonesia.

3. Bank Central Asia (BCA)

Sebelum menjadi karyawan BCA, kandidat akan mendapatkan beberapa pelatihan yang durasinya dapat mencapai beberapa bulan. Walau begitu, pegawai tetap akan mendapat berbagai kemudahan dan fasilitas seperti suasana kerja minim tekanan, benefit berupa bonus tahunan dan asuransi, dan sistem kerja yang teratur.

Perusahaan ini juga terkenal memperhatikan kesejahteraan pegawainya dan meninggikan loyalitas, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman secara keseluruhan.

4. Chevron Pacific Indonesia

Pegawai Chevron Pacific Indonesia menikmati berbagai fasilitas yang mendukung keseimbangan hidup kerja dan hidup personal, seperti gym, kendaraan, dan tempat tinggal. Selain itu, remunerasi yang dibayarkan sesuai dengan tanggung jawab yang dipikul oleh pegawai, ditambah dengan biaya kesehatan yang tidak terbatas jumlahnya untuk pasangan dan anak-anak.

Di samping itu, Chevron Pacific Indonesia juga sangat mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pegawainya di lapangan maupun di belakang meja. Apakah ini berarti Chevron Pacific Indonesia adalah perusahaan impian? Ya, menurut kebanyakan pegawainya, tentu saja.

5. Freeport Indonesia

Sebagai perusahaan multinasional, Freeport menyediakan fasilitas kerja berstandar internasional dengan insentif moneter yang menarik, termasuk asuransi kesehatan. Beban kerja yang tidak terlalu berat dan nama besar yang akan dibawa para pegawainya dalam CV menjadikan perusahaan ini menjadi salah satu pilihan populer bagi mereka yang ingin membangun karier di dunia pertambangan Indonesia.

6. Go-Jek Indonesia

Inovatif dan revolusioner, perusahaan transportasi berbasis aplikasi digital ini selalu menarik perhatian media dengan berbagai langkahnya. Testimoni para pengemudi Go-Jek tentu sudah sering terdengar: fleksibel, santai, dan pendapatan yang kadang melebihi penghasilan pegawai kantor. Dengan fitur-fitur seperti ini, tentu tidak heran jika Go-Jek Indonesia menjadi opsi karier alternatif bagi individu dari berbagai industri dan latar belakang.

7. HM Sampoerna

Bagi kaum profesional yang mengutamakan adanya kompensasi adil, HM Sampoerna adalah tempat tepat untuk membentuk karier. Namun perusahaan ini tidak hanya menawarkan gaji tinggi dan tunjangan kesehatan memadai. Pekerjaan yang penuh dengan tantangan, suasana kerja yang adil dan nyaman, dan jenjang karier jelas memberi alasan tambahan bagi para pemain industri untuk membidik posisi di perusahaan ini.

8. NET Mediatama

Walau tergolong masih baru, perusahaan media modern ini bisa dibilang cukup populer di kalangan industri media. NET Mediatama menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang perkembangan para karyawannya, menjadikannya perusahaan yang tepat bagi karyawan muda.

Gaji dan benefit seperti asuransi kesehatan dan dana melahirkan yang ditawarkan NET Mediatama relatif lebih tinggi dari pesaingnya. Dengan tim yang kompak dan suasana kerja yang menyenangkan, Anda yang minim pengalaman pun akan cepat betah bekerja di perusahaan ini.

9. Pricewaterhousecoopers (PWC) Indonesia

Selain mendapatkan pengalaman kerja yang akan tampak prestisius di atas CV, pegawai PWC Indonesia sejak awal dipaparkan ke klien dari berbagai industri dengan berbagai jenis tantangan yang akan membangun profesionalisme mereka.

Paket remunerasi yang ditawarkan perusahaan ini mencakup medical benefit dan biaya transportasi tergolong besar dibanding KAP lainnya, bahkan untuk fresh graduate. Bagi individu yang ambisius dan tidak gentar jika dihadapkan dengan beban kerja tinggi, Pricewaterhousecoopers adalah tempat tepat untuk mengasah keahlian.

10. Unilever

Apa yang membuat Unilever populer di antara para kaum profesional di bidang FCMG dan lainnya? Mungkin suasana kerja nyaman, work-life balance yang diperhatikan oleh perusahaan, dan kompensasi moneter memadai.

Mungkin juga jenjang karier yang pasti, fasilitas lengkap, dan kesempatan terpapar pada orang-orang terbaik di industri ini. Apapun alasannya, menurut kesaksian para pegawainya, Unilever memang pantas mendapat gelar sebagai salah satu perusahaan terpopuler untuk membangun karier.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/07/65/1262413/10-perusahaan-di-indonesia-yang-jadi-tempat-kerja-terfavorit

Rakor, Mendikbud Bahas Kisi-Kisi UN

Sebagai persiapan Ujian Nasional (UN) 2016, Mendikbud Anies Baswedan mengadakan rapat koordinasi dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani. Salah satu yang dibahas adalah kisi-kisi ujian untuk semua jenjang pendidikan.

"Hasilnya, pada kisi-kisi UN 2016 kita bandingkan kompetensi dasarnya, baik pada siswa yang menggunakan Kurikulum 2013 maupun kurikulum 2006. Komponen dasar yang sama di antara kedua kurikulum itulah yang akan dijadikan soal pada ujian nasional nanti," ungkap Anies Baswedan di Kemenko PMK, Senin (7/12/2015).

Misalnya kisi-kisi matematika pada Kurikulum 2013 adalah tentang operasi pada bilangan bulat dan pecahan. Sedangkan di Kurikulum 2006 lebih membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat serta mengurutkan operasi bilangan bulat dan pecahan. Anies menyebut, yang akan diambil sebagai kisi-kisi-kisi yakni pada operasinya.

"Jadi kita bandingkan dua kompetensi tersebut dan diambil kompetensi yang sama. Kemudian dibuat soalnya," ujarnya.

Karena itulah, imbuh Anies, bisa jadi soal ujian dari kurikulum 2013 maupun 2006 akan sama karena mengambil kompetensi yang sama tadi. Anies menegaskan, kekhawatiran masyarakat akan perbedaan soal tidak beralasan karena mereka belum tahu materi UN yang akan dikeluarkan tersebut.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/07/65/1262556/rakor-mendikbud-bahas-kisi-kisi-un

Siswa Terbaik Bulan Ini (November-Desember 2015)

Siswa Terbaik Bulan Ini (November-Desember 2015)-- Hari ini Bapak anggap sebagai hari terakhir dari kegiatan proses pembelajaran. Bapak ingatkan kembali, penilaian siswa terbaik ini Bapak lakukan berdasarkan perolehan bintang terbanyak yang dikumpulkan setiap bulannya yang dikumpulkan dari tiap pertemuan di kelas. Kelompok yang meraih bintang terbanyak, satu di antara anggota kelompoknya akan dipilih sebagai siswa terbaik bulan ini. Nah, siswa yang dipilih sebagai siswa terbaik adalah siswa yang memiliki nilai tertinggi dari semua aspek penilaian. (Nilai UAS belum masuk berhubung belum dilaksanakan.)
NO SEKOLAH KELAS KELOMPOK JLH BINTANG NAMA SISWA NILAI
1
SMPN 2 MU
IX
I
19
AFRIZAL AJI PRATAMA
83
2
SMPN 2 TANTA
IX
IV
32
LISA DEWI
82

Pertahankan dan tingkatkan. Buat yang lain, jangan patah semangat, teruslah berusaha di semester depan.............

Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat dalam Cerpen dan Fabel

Indikator: Disajikan kutipan cerpen dan fabel, siswa dapat menentukan isi tersirat yang terkandung di dalamnya.

1. Ayah mengamati aku dari atas ke bawah. Ia berdiri dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
"Untuk apa bunga ini, heh."
Aku tidaktahu karena apa, telah mencintai bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
"Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau lqki-laki."
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
Dikutip dari: Kuntowijoyo, "Dilarang Mencintai Bunga-Bunga", Jakarta, Pustaka Firdaus, 1996.

Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah . . .
a. Ayah tidak ingin Buyung memiliki sifat lembut seperti perempuan.
b. Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga seperti dia.
c. Ayah tidak ingin jika bunga itu dipetik.
d. Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.

2. Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si merak semakin menjadi-jadi! Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu.
"Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak.
"Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikir kancil suatu hari.
Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.
Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip dari: Imam Musbikin, "Merak yang Angkuh" dalam Si Kodok dalam Tempayan, Yogyakarta, Mitra Pustaka, 2005

Isi tersirat kutipan fabel tersebut adalah . . .
a. Penghuni hutan hidup rukun meskipun ada salah satu penghuni yang sombong karena memiliki bulu indah.
b. Kancil dan teman-temannya selalu menghindari merak karena ia suka memamerkan bulu-bulunya.
c. Merak tidak disukai teman-temannya karena ia sombong, merasa tidak tertandingi kecantikannya.
d. Kancil dan teman-temannya membiarkan ulah merak yang suka memamerkan bulu-bulunya.

Jawaban: 1.a, 2.c
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara