Siswa Terbaik Bulan Ini (Oktober 2015)

Siswa Terbaik Bulan Ini (Oktober 2015)-- Sebagaimana tahun sebelumnya, siswa terbaik dipilih dari kelompok terbaik bulan ini berdasarkan keaktifan kalian di kelas yang ditandai dengan banyaknya perolehan bintang.

NO SEKOLAH KELAS KELOMPOK JLH BINTANG NAMA SISWA NILAI
1
SMPN 2 MU
IX
III
38
NOR SAFITRI
79
2
SMPN 2 TANTA
IX
II
12
SYNTIA PIRENI
74

Selamat buat yang terpilih dan buat yang belum terpilih masih ada kesempatan bulan depan.........

Contoh Soal UAS Kelas VIII Semester Ganjil (Kurikulum 2013)

Kutipan teks fabel berikut ini untuk menjawab soal no. 1 dan 2!
Kupu-Kupu Berhati Mulia
(1) Pada suatu pagi sang Semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam Lumpur. Sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”

(2) Untunglah saat itu ada seekor Kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.

1. Kutipan teks cerita bernomor (1) tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

2. Kutipan teks cerita bernomor (2) tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
b. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Paman Belalang
“Hore!” Teriak para serangga ketika melihat kodok-kodok itu pergi. Sambil menari-nari mereka mengangkat tubuh Paman Belalang dan melempar-lemparnya ke udara. Kakek Cacing mengucapkan terima kasih kepada Paman Belalang yang sudah menyelamatkan desa. Semenjak itu, Paman Belalang tidak menjadi pemurung lagi. Ia menyadari dirinya masih berguna walaupun telah kehilangan kakinya. Setiap malam ia pun bergabung dengan para serangga lainya untuk berpesta. Paman Belalang selalu bermain gitar dan bernyanyi riang. Para serangga pun sangat menyukainya. Begitu juga dengan Lodi dan Roro yang sekarang menjadi sahabat paman. Mereka selalu ikut berpetualangdengan Paman Belalang dan perahunya.

Kutipan teks cerita tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda

4. Pernyataan berikut merupakan isi bagian reorientasi dalam teks biografi adalah ….
a. Dr. Abraham Samad, S.H., M.H. dilahirkan pada tanggal 27 November 1967 di Makassar. Abraham Samad memasuki SMA Katolik Cendrawasih, Makassar, tahun 1983. Setelah menyelesaikan studinya di SMA, Abraham kemudian melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Pilihannya saat itu Fakultas Hukum. Abraham pun mendaftar di Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin dan diterima di sana.
b. Setelah menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin Makassar tahun 1992, Abraham Samad melanjutkan studi Magisternya di Universitas yang sama. Sejak tahun 1996, Abraham Samad melakoni profesi sebagai advokat.
c. Abraham Samad mendirikan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang diberi nama Anti Coruption Committee (ACC). LSM ini bergerak dalam kegiatan pemberantasan korupsi, seperti melakukan kegiatan pembongkaran kasus–kasus korupsi, khususnya di Sulawesi Selatan.
d. Sosok Abraham Samad memang pantas dijadikan seorang inspirasi dalam memberattas korupsi. Sifatnya yang tegas mampu membantu masyarakat dalam memberatas korupsi yang ada. Semoga pada kemudian hari lahir tokoh–tokoh Abraham Samad lain.

5. Simak teks biografi berikut:
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian apa dari struktur teks biografi?
a. orientasi
b. peristiwa/masalah
c. reorientasi
d. koda

6. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian dari....
a. orientasi
b. peristiwa/masalah
c. reorientasi
d. koda

Teks berikut untuk menjawab soal no.7 dan 8!
Teks A
Anjing terkecil bernama Scooter. Tinggi badan anjing ini hanya tiga inci atau sekitar 7,2 cm. Warna bulunya putih. Scooter dapat duduk di atas sebuah cangkir. Binatang mini ini berasal dari Auckland, Selandia Baru. Karena badan si mini yang kecil, Cheril McKnight, pemiliknya, hanya menggunakan cangkir telur untuk memberi makan. Tempat tidur anjing itu pun hanya sebesar kotak sepatu.
Teks B
Pada suatu hari, terjadi pertemuan antara kerbau dan ular di hutan. Keduanya terlibat percakapan. Ular memulai pembicaraan. Ia mengejek kerbau. “Wahai Saudaraku, apakah kekuatanmu sebanding dengan badanmu yang besar? Jangan sampai hanya badanmu saja yang besar sedang kekuatanmu tidak seberapa.”

7. Jenis teks pada dua kutipan di atas adalah ....
a. Teks A merupakan teks fabel dan teks B merupakan teks cerita
b. Teks A merupakan teks biografi dan teks B merupakan teks deskripsi
c. Teks A merupakan teks deskripsi dan teks B merupakan teks fabel
d. Teks A merupakan teks cerita dan teks B merupakan teks biografi

8. Struktur teks pada dua kutipan teks di atas adalah ....
a. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian koda
b. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian deskripsi bagian
c. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian komplikasi
d. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian orientasi

Teks berikut untuk menjawab soal no.9 dan 10!
Teks A
Seto Mulyadi (lahir di Klaten, 28 Agustus 1951; umur 63 tahun) atau biasa dikenal sebagai Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Kak Seto identik dengan si Komo, boneka ciptaannya yang kerap tampil di acara televisi sekitar tahun 1990. Dalam acara tersebut Si Komo tidak tampil sendirian melainkan ditemani oleh karakter lain. Seperti Belu si bebek, Dompu si domba, Piko si sapi, serta Ulil si ulat. Nama-nama itu merupakan akronim dan memiliki singkatan, seperti Dompu = domba putih, Belu = bebek lucu, Ulil = ulat jahil.
Teks B
Antara keduanya memiliki persamaan yaitu bisa yang sama-sama mematikan. Lidah mereka juga sama-sama bercabang ditambah kegesitan yang hampir sama. Meski si ular jelas lebih unggul dalam masalah kelincahannya, tetapi kelebihan sang komodo adalah tubuh yang sangat kuat yang begitu mematikan bagi tubuh lunak si ular itu. Antara si ular dan sang komodo masih sama sama saling menatap dan belum ada salah satu dari mereka yang mulai menyerang meski satu sama lain sudah siap saling menyerang.

9. Jenis teks pada dua kutipan di atas adalah ....
a. Teks A merupakan teks fabel dan teks B merupakan teks cerita
b. Teks A merupakan teks biografi dan teks B merupakan teks fabel
c. Teks A merupakan teks deskripsi dan teks B merupakan teks fabel
d. Teks A merupakan teks cerita dan teks B merupakan teks biografi

10. Struktur teks pada dua kutipan teks di atas adalah ....
a. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian koda
b. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian deskripsi bagian
c. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian komplikasi
d. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian orientasi

11. Bacalah teks cerita fabel berikut ini!
Kelinci Sang Penakluk
Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.
Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada sang singa yang ganas itu.
“Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata si kelinci.
Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut, “Mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”
“Ya sang raja, dia ada di dalam sumur itu.”
Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci sang singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.

Kekurangan struktur teks pada cerita tersebut adalah pada bagian…..
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

12. Bacalah teks berikut ini!
Anjing yang Nakal
Si anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga. Seekor anak anjing bertanya, “Mengapa kamu selalu berlari ke sana-kemari dengan loncengmu?”
“Ya, aku bangga pada lonceng di leherku. Tidak setiap anjing punya lonceng sepertiku.”
Pada suatu ketika anjing tua berkata kepada anjing berlonceng, “ Mengapa kamu selalu memamerkan diri dengan loncengmu?”
“ Ya, karena tidak setiap anjing memiliki lonceng sepertiku”
“Sebenarnya kamu harus malu pada loncengmu. Lonceng itu tidak patut kamu banggakan. Bahkan, itu aib. Sebenarnya majikanmu memberi lonceng itu agar orang berhati-hati dengan kehadiranmu. Lonceng itu adalah pemberitahuan kepada semua orang agar hati-hati dan waspada akan kedatanganmu karena kamu anjing yang tak tahu aturan dan sering menggigit tumit orang,” kata anjing tua.
Setelah mendengar hal itu, anjing berlonceng tidak mau lagi berlari-lari. Meskipun memakai lonceng, dia tidak berani lagi memamerkan loncengnya karena banyak anjing lain yang mengetahui aibnya.

Kekurangan struktur teks pada cerita tersebut adalah pada bagian…..
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

Simak teks berikut untuk menjawab soal no. 13 dan 14!
Burung Gagak yang Haus
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi tidak menemukannya. Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya.ia senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Gagak itu lalu berpikir keras sebentar. Ketika menengok ke kanan dan ke kiri, ia melihat beberapa kerikil. Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu memasukan setiap kerikil itu ke dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh karena itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut.
Dikutip:http://www.rumahdongeng.com./cerita-anak.php?id=203

13. Mengapa gagak tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam tempayan?
a. Karena airnya ada di dalam tempayan
b. Karena leher tempayan terlalu sempit
c. Karena kepala gagak terlalu besar
d. Karena airnya terlalu sedikit

14. Untuk apa gagak memunguti kerikil?
a. Untuk melempari tempayan agar pecah
b. Untuk melempari mangsanya
c. Untuk dimasukkan ke dalam tempayan
d. Untuk dimasukkan ke dalam mulutnya

Kutipan fabel berikut untuk soal no. 15 dan 16!
Kelinci Sang Penakluk
Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.
Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada sang singa yang ganas itu.
“Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata si kelinci.
Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut, “Mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”
“Ya sang raja, dia ada di dalam sumur itu.”
Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci sang singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.

15. Dari teks fabel di atas ringkasan teks fabel yang tepat adalah…
a. Singa sang raja hutan yang membuat peraturan tidak mau lagi berburu dan mengharuskan binatang lain yang harus suka rela menjadi mangsa, dan kelinci yang cerdik dapat mengalahkan singa
b. Kelinci rela berkoban demi bintang lain tapi berkat kecerdikannya dapat mengalahkan singa
c. Singa yang tertipu oleh kecerdikan kelinci sehingga jatuh dalam jurang
d. Kelinci mengalahkan singa yang malas mencari mangsa, karena singa bisa ditipu kecerdikan kelinci.

16. Manakah tema yang tidak tepat untuk teks fabel di atas?
a. Singa yang malang
b. Kecerdikan
c. Keberanian
d. Kebodohan

17. Simak kutipan teks cerita fabel berikut:
.....
Masalahnya, Jiji terlalu tinggi untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan padanya. Jiji terlalu tinggi untuk menjadi kondektur bus. Ketika berdiri di dalam bus, ia harus menekuk leher dan itu membuat lehernya nyeri. Ia juga terlalu tinggi untuk menjadi sopir truk. Lehernya terlalu panjang di ruang kemudi. Saat ia tekuk, hidungnya menyentuh kemudi truk. “Hm, sepertinya, aku hanya cocok untuk melakukan pekerjaan di luar ruangan. Ya, ya, “gumam Jiji pada suatu pagi, sambil matanya menerawang memperhatikan sekitarnya.
Topik kutipan teks cerita fabel di atas yang benar adalah ....
a. Badan Jiji terlalu besar untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan padanya.
b. Jiji ditawari jadi kondektur bus, namun lehernya yang panjang itu harus ditekuk jika berada di dalam bus, dan itu membuat lehernya nyeri.
c. Jiji ditawari jadi sopir taksi, namun lehernya tertekuk jika duduk di ruang kemudi.
d. Sahabatnya, si Kus Tikus yang bekerja sebagai tukang cat rumah begitu ulet dan rajin.

Kutipan puisi berikut untuk soal nomor 18 dan 19!
(Puisi Karya Aldika Restu Pramuli)
Baru saja lahir
Kupu-kupu kecil dari sebuah kepompong mungil
Sayap-sayapnya elok
Kuning mencolok
Berhiaskan hijau volkadot
Kepompong telah menjelma makhluk
. . .
Bunga-bunga pun siap jadi teman baik
Bagi si kupu-kupu kecil yang cantik

18. Judul yang tepat untuk puisi di atas adalah….
a. Kelahiran kupu-kupu
b. Kupu-kupu Kecil
c. Bunga-bunga
d. Kepompong

19. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang puisi di atas adalah….
a. Bersayap cantik
b. Kemana engkau terbang
c. Baru saja lahir
d. Metamorfosa telah sampai di batas titik

20. Perhatikan penggalan puisi berjudul ”Gajah” berikut!
Anak-anak, pernahkah kamu melihat gajah?
Di kebun binatang atau dalam buku sekolah?
Binatang ini badannya besar sekali
Dan lihatlah, juga teramat tinggi
Kedua telinganya lebar melambai-lambai
Hidungnya panjang, bernama belalai
Tema kutipan puisi tersebut adalah….
a. Kekaguman terhadap gajah
b. Gajah binatang yang besar
c. anak-anak melihat gajah
d. deskripsi binatang gajah

Teks berikut untuk soal nomor 21 dan 22!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.

21. Mengapa Raden Mas Soewardi Soeryaningrat mengganti namanya?
a. karena berasal dari lingkungan keratin
b. karena ia sangat sederhana
c. karena ia ingin dekat dengan rakyatnya
d. karena ia dapat dekat dengan rakyatnya

22. Kapan dan di mana Ki Hajar Dewantara dilahirkan?
a. Di keraton Yogyakarta tanggal 2 Mei
b. Di Solo tanggal tanggal 2 Mei
c. Di Yogyakarta tanggal 2 Mei 1889
d. Di Solo tanggal 2 Mei 1889

Kutipan biografi berikut untuk soal no. 23 dan no. 24!
B.J Habibie lahir tanggal 25 Juni 1936 di Pare –Pare, Sulawesi Selatan. Kegiatannya mengerjakan sesuatu dan gemar membaca. Habibie dan putra-putra Indonesia yang bekerja di Industri Pesawat terbang Nusantara (IPTN) menciptakan CN – 235 dan N-250. B.J Habibie antara lain mendapat kehormatan dari Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar, Jerman Barat, tahun 1983.

23. Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah…..
a. Pencipta pesawat terbang CN – 235 dan N – 250
b. Bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)
c. Pegawai lembaga penerbangan dan Angkasa Luar, Jeman Barat
d. Terlahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan

24. Sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah………
a. Mengerjakan sesuatu bersama-sama dan gemar menulis
b. Mengerjakan sesuatu dan gemar membaca
c. Tidak berbuat apa-apa, tetapi gemar berbicara
d. Gemar berbicara dan mengerjakan sesuatu dengan teman

25. M. Mahfud tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Hukum UI pertama yang meraih gelar doktor pada tahun 1993. Dia meloncat mendahului mantan dosen dan senior-seniornya di UI. Di dukung oleh karya tulisnya yang banyak Lektor Muha Mahfud melompat lagi langsung menjadi guru besar. Jika di hitung dari awal menjadi dosen sampai meraih gelar guru besar, ia hanya membutuhkan waktu 12 tahun. Mahfud memegang rekor tercepat dalam sejarah pencapaian gelar Guru Besar. Padahal pada umumnya seseorang bisa memperoleh gelar guru besar minimal membutuhkan waktu 20 tahun sejak awal kariernya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah ...
a. M.Mahfud meraih gelar doktor pada th 1993.
b. M. Mahfud menjadi dosen di Fakultas Hukum UI.
c. Meraih gelar guru besar sebagai rekor tercepat dalam sejarah.
d. Karya tulisnya sangat banyak saat jadi dosen.

Kutipan puisi kepahlawan berikut untuk menjawab soal no. 26 dan 27 !
Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.
…..

26. Puisi karya Chairil Anwar ini berjudul ………
a. Pahlawan
b. Perjuangan
c. Diponegoro
d. Negeriku

27. Amanat penggalan puisi di atas adalah …
a. maju terus mengejar mimpi
b. pupus harapan di medan perang
c. semangat membela Negeri Tercinta
d. bagimu negeri

28. Perhatikan kutipan puisi kepahlawanan berikut!
Kau tak pernah meminta imbalan
Kau tak pernah mengeluh
Meskipun tulang dan badanmu mulai rapuh
Tak pernah
Dan tak pernah kau hiraukan
Karena hanya satu dan satu tujuanmu
Yaitu membuat Indonesia merdeka dan sejahtera
....
(Ki Hajar Dewantoro, Karya Nur Laili Pangestika)
Unsur yang menonjol pada larik kedua dan ketiga kutipan puisi Ki Hajar Dewantara di atas adalah ....
a. tema
b. citraan
c. rima
d. majas

29. Perhatikan kutipan teks biografi berikut!
Chairil Anwar adalah sosok penyair yang selalu berusaha menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia dalam meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Upaya itu tercermin dalam puisinya berjudul “Karawang-Bekasi”. Sementara itu, dalam karyanya berjudul “Diponegoro”, Chairil Anwar berusaha mengajak para pembacanya untuk berjuang. Puisi ini kemudian dikenal dengan puisi perjuangan. Adapun dalam puisi “Aku” Chairil Anwar mencoba mengapresiasi dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka lewat sebaris kata “Aku ini binatang jalang”.
Gagasan utama dari kutipan teks biografi di atas adalah . . . .
a. Upaya Chairil Anwar untuk mengapresiasi perjuangan bangsa Indonesia tercermin dalam puisinya berjudul “Karawang-Bekasi”.
b. Puisi “Aku” Chairil Anwar mencoba mengapresiasi dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka lewat sebaris kata “Aku ini binatang jalang”.
c. Dalam karyanya berjudul “Diponegoro”, Chairil Anwar berusaha mengajak para pembacanya untuk berjuang.
d. Chairil Anwar adalah sosok penyair yang selalu berusaha menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia dalam meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

30. Gisela : Yang pasti kita jangan bekerja kelompok di rumah Ikal, rumah dia kan kecil dan kumuh,lagi pula aku
nggak boleh sama orang tuaku jika bermain ke tempat kumuh seperti itu.
Joe : Iya betul sekali itu, pasti rumah Ikal itu bau banget dan sempit sekali, pokoknya aku tidak akan mau kerja
kelompok jika di rumah Ikal!
Lucy : Teman-teman, kalian jangan ngomong seperti itu, belum tentu apa yang kalian ucapkan itu benar, lagian
tujuan kita itu untuk belajar bukan bermain!
Ikal : Sudahlah tidak apa-apa, perkataan mereka itu benar kok, kalau kita belajar di tempat yang tidak nyaman
kan juga memengaruhi tugas kita juga .
Joe : Bagaimana kalau di rumah Lucy saja!
Watak Ikal pada penggalan naskah drama di atas adalah ….
a. Iri hati
b. rendah hati
c. besar hati
d. tinggi hati

31. Simak kutipan teks fabel yang masih acak berikut!
Calon Raja Hutan
Pengarang: Gamal
1) Di suatu senja, ketika semua hewan sedang istirahat, terdengar kegaduhan. Pembuat Kegaduhan itu tak lain adalah harimau, gajah, dan beruang. Mereka berdebat saling menonjolkan diri. Tak satu pun di antara mereka yang mau mengalah. Masing-masing merasa dirinyalah yang paling pantas menjadi raja.
2) Sepeninggal singa, kehidupan di hutan menjadi kacau. Penyebab kekacauannya adalah hariamu, gajah, dan beruang. Ketiganya ingin menggantikan kedudukan singa menjadi raja hutan, tetapi semua penghuni hutan tidak menyukai mereka. Ketiganya memiliki perangai yang amat buruk. Mereka sombong, iri hati, dan pandai memfitnah.
3) Disebuah hutan rimba tinggallah beraneka macam binatang. Mereka hidup dengan rukun dan damai di bawah pimpinan seekor singa yang yang bijaksana. Akan tetapi, singa itu kini sudah tua dan sakit-sakitan. Ia sudah tak kuat lagi memimpin. Benarlah, tak berapa lama kemudian, singa itu pun mati. Semua penghuni hutan berduka. Mereka kehilangan pemimpin yang dicintai.
4) Semua penghuni hutan merasa kesal melihat keadaan itu. Akhirnya, mereka mengajukan usul. Harimau, gajah, dan beruang harus mengadu kekuatan, ketangkasan, dan keberanian mereka. Siapa di antara mereka yang paling tangkas, kuat, dan berani, dialah kelak yang akan dipilih menjadi raja.
Urutan yang benar teks cerita fabel di atas agar runtut/urut adalah…
a. 1),2),3),4)
b. 4),1),2),3)
c. 3),2), 1),4)
d. 3),1),2),4)

Kutipan cerita fabel di bawah ini untuk soal nomor 32, 33, dan 34.
Rama Harimau
Sumber: Repro KR
1) “Dimana-mana yang kuat akan selalu dapat bertahan hidup”,lanjutnya.
2) Di sebuah hutan rimba hiduplah seekor harimau besar yang dijuluki Rama Harimau. Rama Harimau terkenal sangat bijaksana dan baik hati. Meskipun ia dikenal sebagai hewan yang kuat, tetapi ia tidak sombong dengan kelebihannya itu. Karena itulah ia dipilih sebagai pemimpin seluruh binatang.
3) Rama Harimau mempunyai putra namanya si Loreng. Si loreng dibenci binatang di hutan. Selain sangat jahat, dia juga sangat sombong. Ia sering menindas binatang yang ada di hutan. Suatu hari ia si Loreng menemukan sarang semut merah. Segera sarang semut itu ia tutup menggunakan batu.
4) “Biar saja semut itu mati, lagi pula para semut memang terlalu lemah untuk hidup”, kata si Loreng dengan sombong.

32. Urutan yang benar teks cerita fabel di atas adalah…
a. 4), 1),3),2)
b. 2),3),4),1)
c. 2),3),1)4)
d. 3),1),2),4)

33. Loreng memilki watak…
a. Baik
b. Jujur
c. Jahat
d. serakah

34. Konflik tergambar dalam kutipan cerita…
a. Loreng tidak mau menuruti perintah Rama Harimau
b. Loreng dibenci oleh binatang-binatang hutan
c. Loreng bermain bersama para semut
d. Loreng berbadan besar

35. Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1) Di perjalanan menuju Belanda, Anggun singgah di Paris, Prancis. Anggun akhirnya membatalkan niatnya ke Belanda lalu menetap dan memulai karier di Paris.
2) Anggun memulai karier internasionalnya pada usia 19 tahun pada tahun 1994. Ia menjual perusahaan rekamannya dan meninggalkan segala popularitas yang dimilikinya di Indonesia.
3) Kemudian,Anggun menetap di London selama setahun. Selanjutnya, Anggun berpindah ke Belanda.
4) Anggun Cipta Sasmi lahir di Jakarta, pada tanggal 29 April 1974. Ia penyanyi Indonesia yang sekarang memiliki kewarganegaraan Prancis. Hingga saat ini ia masih satu-satunya penyanyi Indonesia yang berhasil menaklukan pasar musik internasional.
5) Pada tahun 1996, Anggun bertemu dengan Erick Benzi, salah seorang produser besar Prancis yang pernah menangani album sejumlah penyanyi terkenal. Benzi terpikat oleh kemampuan vokal Anggun dan menawarkannya rekaman album solo di Prancis.
6) Anggun memang patut dibanggakan. Anggun telah mengangkat nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan prestasinya di dunia musik.

Susunan yang tepat agar menjadi teks biografi runtut adalah . . . .
a. 1) - 2) -3) - 4) - 6) - 5)
b. 2) - 3) - 5) - 1) - 6) - 4)
c. 3) - 4) - 6) - 2) - 5) - 1)
d. 4) - 2) - 3) - 1) - 5) - 6)

36. Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1) Umumnya acara massal tersebut dilakukan di luar gedung.
2) Bersama Grup Musik Kiai Kanjeng, Cak Nun rata-rata 10-15 kali perbulan berkeliling ke berbagai wilayah Nusantara.
3) Dalam pertemuan tersebut mereka melakukan berbagai dekonstruksi pemahaman atas nilai-nilai, pola-pola komunikasi, metode perhubungan kultural, pendidikan cara berpikir, serta pengupayaan solusi-solusi masalah masyarakat.
4) Muhammad Ainun Nadjib biasa dikenal Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun, lahir di Jombang, Jawa Timur, 27 Mei 1953.
5) Di samping itu, secara rutin bersama komunitas Masyarakat Padang Bulan aktif mengadakan pertemuan sosial.
Susunan yang tepat agar menjadi teks biografi runtut adalah . . . .
a. 4) – 1) – 2) – 5) – 3)
b. 4) – 2) – 1) – 5) – 3)
c. 5) – 1) – 2) – 4) – 3)
d. 5) – 2) – 1) – 4) – 3)

37. Simak kutipan identitas tokoh berikut:
1). Nama: Lucia Francisca Susi Susanti
2). TTL : Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971
3). Profesi : mantan pemain bulu tangkis Indonesia.
4). Suami : Alan Budikusuma (sama-sama meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992)
5). Anak : Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
Paragraf yang tepat berasarkan kutipan identitas tokoh di atas adalah ....
a. Lucia Francisca Susi Susanti, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
b. Lucia Francisca Susi Susanti, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, saat meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
c. Lucia Francisca Susi Susanti adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Ia lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 11 Februari 1971. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Mereka memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
d. Lucia Francisca Susi Susanti adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Mereka lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 11 Februari 1971. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).

Teks berikut untuk soal no. 38 dan 39!
Dihutan belantara hiduplah seekor Landak. Namanya landa. Jarang sekali dia bermain dengan binatang lain. Si Landak tidak mau bermain dengan binatang lain karena khawatir duri yang ada ditubuhnya akan menusuk temannya.
Setiap hari landa bermain sendiri. Mencari makan pun dia hanya berani pada malam hari disaat binatang lain tidur pulas. Hatinya sedih karena tidak mempunyai teman yang bisa di ajak berbicara dan bermain.

38. Perbaikan atas kesalahan penggunaan kata depan di pada kutipan fabel tersebut adalah ....
a. dihutan, di saat, di ajak
b. di hutan, di tubuhnya, disaat
c. di hutan, di tubuhnya, di saat
d. dihutan, disaat, di ajak

39. Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital pada tokoh dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
a. Landak, Landa
b. landak, landa
c. Landak, landa
d. landak, Landa

40. Simak kutipan teks fabel berikut!
Kelelawar yang Pengecut
Disebuah padang rumput diAfrika seekor singa sedang menyantap makanan.Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanan milik singa.Sang raja hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung.
“Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita.Usir mereka semua,jangan disisakan!” kata sang raja hutan.Binatang setuju lain sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung.
Kesalahan penggunaan awalan di- terdapat pada kata- kata . . . .
a. disebuah dan diAfrika
b. diperlakukan dan diAfrika
c. disisakan dan diperlakukan
d. disebuah dan diperlakukan

41. “Kura-kura melukis pemandangan gunung.”
Kalimat pasif yang tepat dari pengubahan kalimat aktif tersebut adalah . . . .
a. ”Pemandangan gunung itu dilukis oleh kura-kura.”
b. ”Pemandangan gunung terlukis dengan kura-kura.”
c. ”Kura-kura melukis pemandangan gunung.”
d. ”Gunung itu terlukis oleh kura-kura.”

42. Perhatikan kata-kata berikut!
1). meraung 2). memanggil 3). mengaum 4).memakai 5). melaju
Yang termasuk kata kerja transitif pada kata di bawah ini ...
a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4

43. Perhatikan kalimat berikut!
1) Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
2) Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur.
3) Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
4) Kepompong hanya bisa menggantung di ranting itu.
Kalimat yang mengandung kata keterangan waktu dan tempat adalah . . . .
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4

44. Kalimat yang mengandung konjungsi intrakalimat menyatakan hubungan ‘kelanjutan’ adalah…
a. Ni wayan Mertayani hidup dibawah tekanan ekonomi, tetapi ia masih mempunyai cita-cita.
b. Sepulang sekolah, Mertayani membantu ibunya berjualan, lalu mencari rongsokan di pinggir pantai.
c. Ibu Mertayani senang dan bangga terhadap prestasi yang dicapai anaknya.
d. Mertayani mandiri bekerja sambil sekolah setelah ayahnya meninggal. Akan tetapi, ia tidak pernah malu terhadap pekerjaannya.

45. Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J. Habibie lahir di Pare-pare, Sulawesi selatan, pada 25 Juni 1963. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tutin Marinin Puspowardojo. Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School.
Berdasarkan cuplikan biografi di atas yang merupakan rujukan kata adalah kata ….
a. Atau
b. Pada
c. Dari
d. Beliau

46. Perhatikan kutipan fabel berikut!
{1} Kambing kecil mulai tumbuh dan membuat dia berfikir bahwa dia sudah dewasa. {2} Dia dapat menjaga dirinya sendiri. {3} Suatu sore segerombolan kambing pulang ke peternakan. {4} Induk kambing memanggil anaknya.
Kata kerja intransitif pada paragraf di atas di tandai nomor
a. {1} dan {2}
b. {2} dan {4]
c. {3} dan {4}
d. {1} dan {3}

47. Di antara kalimat dibawah ini yang termasuk kalimat tunggal adalah ….
a. Paman Arman beserta keluarga makan bakso bersama
b. Paman Andi pergi ke pasar
c. Andi dan Arman pergi kesekolah bersama
d. Anisa pergi ke tempat teman ibunya setelah selesai sekolah.

48. Simak dua kalimat tunggal berikut!
- puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti
- Susi Susanti tidak pernah sombong
Gabungan kedua kalimat tersebut menjadi kalimat majemuk yang benar adalah . . . .
a. Puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti dan Susi Susanti tidak pernah sombong.
b. Puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti dengan demikian Susi Susanti tidak pernah sombong.
c. Puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti tetapi ia tidak pernah sombong.
d. Puluhan gelar tingkat internasional sudah ia raih sehingga dia tidak pernah sombong

49. Sebagai pahlawan yang dijuluki bapak dari pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya di kenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi para rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
Manakah revisi yang benar sesuai dengan teks di atas?
a. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi para rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
b. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
c. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak dari Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
d. Sebagai pahlawan yang dijuluki bapak pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

50. Alur hidup Ni Wayan Mertayani dapat dikatakan hampir mirip dengan Anne Frank, wartawati keturunan Yahudi. Keduanya sama-sama hidup dalam tekanan, tapi penuh harapan dan cita-cita. Anne Frank hidup dan besar di bawah tekanan tentara nazi, sedangkan Mertayani hidup dan besar di bawah tekanan ekonomi.
Ringkasan yang tepat atas kutipan bagian orientasi teks biografi di atas adalah . . . .
a. Alur hidup Ni Wayan Mertayani mirip dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Mertayani hidup di bawah tekanan tentara nazi, Anne Frank hidup di bawah tekanan ekonomi.
b. Alur hidup Ni Wayan Mertayani sama dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Anne Frank hidup di bawah tekanan tentara Israel, Mertayani hidup di bawah tekanan ekonomi.
c. Alur hidup Ni Wayan Mertayani sama dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Bedanya Mertayani hidup di bawah tekanan tentara nazi, Anne Frank hidup di bawah tekanan ekonomi.
d. Alur hidup Ni Wayan Mertayani mirip dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Bedanya, Anne Frank hidup di bawah tekanan tentara nazi, Mertayani hidup di bawah tekanan ekonomi

Hak cipta: MGMP SMP Kab. Tabalong

5W1H Suyadi, Pak Raden dari Serial Si Unyil, Meninggal Dunia

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa Di mana, dan Kapan
Bagi generasi yang tumbuh dengan serial boneka Si Unyil, Pak Raden adalah sosok legendaris. Kini datang kabar duka itu. Pemeran Pak Raden dalam serial kartun boneka Unyil, Suyadi meninggal dunia dalam usia 82 tahun, di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015).

Siapa
Kabar tersebut muncul dari pesan singkat yang disampaikan asisten Suyadi, Prasodja Chusnanto.
Nama Pak Raden terkenal berkat serial boneka Si Unyil pada 1980-an. Pak Raden terkenal dengan kumisnya yang tebal dan mengenakan tongkat.

Mengapa dan Bagaimana
Sebelum meninggal dunia, Pak Raden memang sudah mengalami berbagai gangguan kesehatan. Ditemui pada 2013, Pak Raden tengah berjuang melawan penyakit persendian yang dialaminya. Meski harus menggunakan kursi roda saat beraktivitas, Pak Raden ia tetap memiliki semangat tinggi untuk berkarya. "Penyakitnya memang penyakit orangtua, tapi semangat Pak Raden tetap semangat anak muda," ujarnya kala itu. Beliau lahir di Jember, Jawa Timur, 28 November 1932.

Sumber: Liputan6
Baca juga:

5W1H Pimpinan DPR Pakai Masker Dituding Pencitraan

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Kapan
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat yang mengenakan masker saat Sidang Paripurna penutupan Masa Sidang I 2015-2016 dihujani protes oleh anggota dewan.

Siapa
Pimpinan DPR yang dimaksud itu adalah Ketua DPR Setya Novanto, beserta 4 Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Fadli Zon, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto.

Mengapa dan Siapa
Menurut sejumlah anggota dewan, aksi 5 pimpinan DPR itu tidak patut dilakukan di sidang paripurna. Anggota DPR Fraksi PDIP Henry Yosodiningrat pun meminta agar para pimpinan legislatif itu tidak melakukan hal yang tak perlu di ruang sidang. "Saya minta masker itu dilepas. Besok gunakan cadar, gunakan topi koboi. Jangan lakukan hal ‎yang tidak patut di ruang sidang," kata Henry.

Kritik juga disampaikan oleh anggota DPR Fraksi Nasdem Irma Suryani. Menurut dia, tidak pantas para pimpinan memakai masker saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bahkan, anggota DPR Fraksi Nasdem Johnny G Plate menilai aksi simbolis itu terlalu membuang waktu. Padahal agenda yang mau disidangkan rapat paripurna ini cukup penting, yakni pengesahan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016.
"‎Waktu kita di ruang sidang digunakan untuk yang lebih penting, pengesahan APBN kita‎," tegas Johnny.
Wajar Tidak wajar
Bagaimana
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat kompak menggunakan masker saat sidang Paripurna Penutupan Masa Sidang I 2015-2016 . Ketua DPR Setya Novanto beserta 4 Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Fadli Zon, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto yang mengenakan masker itupun mendapat hujan interupsi.
Sebagian besar anggota dewan meminta agar pimpinan DPR mencopot maskernya. "Copot...copot..," teriak para anggota DPR itu.
Kemudian, Setya Novanto, Taufik Kurniawan, dan Fadli Zon menurunkan maskernya, melingkar di leher. Sementara itu, Agus Hermanto dan Fahri Hamzah tetap memakai masker.

Setya Novanto menjelaskan aksi ini sebagai wujud simpati terhadap korban bencana asap."Pimpinan juga turut berduka dan prihatin atas telah jatuhnya korban jiwa sebagai akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan," kata Setya Novanto setelah mencopot maskernya.

‎Setya berharap kabut asap yang telah menganggu kesehatan dan berbagai aktivitas masyarakat ini dapat segera diatasi dan tidak terulang kembali. DPR, lanjut dia, telah meminta pemerintah untuk mengatasinya dengan sungguh-sungguh.
"Melakukan penegakan hukum secara tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan, serta mencegah bertambahnya korban jiwa," kata Setya.
Sumber: Liputan6
Baca juga:

Contoh Teks Cerita Pendek tentang Mimpi Basah

Contoh Teks Cerita Pendek tentang Mimpi Basah-- Teks cerita pendek adalah teks yang berbentuk cerita (naratif) yang pendek. Teks cerita pendek memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: orientasi (kapan, siapa, dan di mana), komplikasi (masalah apa yang terjadi dan mengapa terjadi), dan resolusi; 2. Memuat informasi yang bersifat naratif; 3. Termasuk dalam kategori teks jenis sastra (Misal: menggunakan kata-kata kiasan, gaya bahasa, dsb).
Cerpen ini merupakan contoh cerpen berdasarkan pengalaman pribadi (pengalaman mimpi basah semasa jadi anak kost) namun diberi tambahan imajinasi. Cerpen yang saya tulis semasa SMA dulu ini, saya ketik apa adanya agar jiwa remajanya tetap terasa sesuai dengan kalian.
Bahasanya juga belum baku. Tentu tugas kalian mengubahnya menjadi kalimat dengan bahasa yang baku.
Silakan disimak.....
MIMPI BASAH
Kost kami heboh! Bukan karena si Imus merengek-rengek minta kawin, tapi kompeni Belanda menyerang kembali. Yah, setelah lebih dari setengah abad kompeni itu hengkang dari negara Pancasila ini, kini mereka datang lagi. Bukan menjajah Indonesia, tetapi berniat menduduki dan menguasai kost-kost yang ada di kompleks Pasar Baru. Entah apa alasan dan sebab-musababnya. Kami, para anak kost tentu nggak mau tinggal diam. Sorry kalau mau nguasain kost gue. Sampai titik air kencing yang penghabisan sekalipun, bakal gue pertahanin.

Anehnya, penduduk sekitar yang non-kost kok kayaknya
cuek banget sama kami-kami. Yang punya kost juga.
Kan kalau ancaman pada satu bagian kecil wilayah,
berarti juga ancaman bagi seluruh Indonesia!
Ini dalam pelajaran PMP, lho (sekarang: PKn).
Apakah mereka disogok sama keju, roti, atau
oleh-oleh dari luar negeri lainnya, entahlah.
Yang jelas, sekarang gue lihat melalui
lubang kunci rumah, tuh para kompeni
lagi menuju kost gue setelah barusan
nguasain kostnya Andi Azis dan Didik.
Gue berpandangan sama Imus dan Harun
yang juga ngintip lewat jendela.
"Gimana akal kita?” tanya Harun dengan
suara gemetar. Tangannya memegangi
selangkangannya. Gue lihat celana
dan lantai udah basah oleh air ‘PDAM’
yang ia keluarkan. Saking takutnya,
tuh anak sampai terkencing-kencing.
Kalau Imus? Wah, tuh anak tabah juga.
Ia malah ngambil senapan anginnya yang ia
simpan di bawah dipannya. Setelah dipompa,
ia bidikkan ke arah para kompeni lewat dinding kost yang bolong. Dor!

        “Kompeninya nggak mempan ditembak!” ujarnya.
        “Bukannya nggak mempan, tapi nggak kena!” celutuk Harun. Masih sempat ngeledek juga tuh anak.
        “Benar! Sumpah! Gue kan tiap hari latihan!” Imus membela diri.
        “Udaaah. Cepat bidik lagi. Keburu kompeninya datang,” desak gue, rada-rada cemas.
        Setelah dipompa lima kali, dibidik lagi. Tetap kompeninya nggak apa-apa.
        Kali ini dipompa lagi sampai sepuluh kali. Mompanya bertiga lagi. Dibidik...... Dor! Tapi tetap aja kompeni yang udah sampai di halaman kost itu nggak apa-apa.
        “Waduh!” Imus menepuk dahinya sendiri. “Pelurunya belum diisi!” ujarnya.
        “Huuu!” Berbarengan gue dan Harun ngeledek.
        Brak! Tiba-tiba daun pintu didobrak. Gue hampir aja tertimpa sama daun pintu yang ambruk itu.
                Seorang kompeni berkumis tebal masuk dengan pistol di tangan diikuti anak buahnya.
                “Jangan bergerak. Angkat tangan dan kaki!”
                Perintah konyol! Kami terpaksa duduk di lantai yang basah oleh ‘air’ si Harun guna menuruti perintah itu. Kalau berdiri, gimana ngangkat kakinya? Yaaa... terpaksa duduk, walaupun baunya .... walah minta ampun! Coba bayangkan, capek banget ngangkat kaki sambil duduk.
                Si Kumis terkikik.
                “Hik... hik ... hik.....! Hei, kamu orang sekarang harus tunduk ama kompeni. And siapa yang membangkang, bisa pecah kamu orang punya kepala,” ujarnya dengan logat yang lucu kami dengar.
                Gue dan Imus berpandangan. Bukannya takut. Tapi rasanya kami kenal sama suara dan wajah si Kumis ini. Kayak suara Bain. Ya, benar! Itu suara Bain!! Uh, pantes sejak kemarin tuh anak anak nggak muncul-muncul batang hidungnya. Rupanya sekarang udah jadi pengkhianat kost Pasar Baru.
                “Eh lu, Bain. Lu digaji berapa ama kompeni-kompeni itu, heh?” Imus langsung nyerocos.
                “He he he. Kalian mengenali gue juga rupanya......,” Si Kumis yang ternyata si Bain itu mencopot kumis palsunya, sambil tidak henti-hentinya terkekeh. Kumis itu ia buang ke lantai berbaur dengan bekas air kencing si Harun.
                “Pengkhianat.....,” desis gue. Jadi benci setengah mati sama tuh anak.
                “Diam!! Buritmu kaya muhaku. Eh salah, Muhamu kaya buritku....! Gue kagak mau disebut pengkhianat. Gue bukan pengkhianat. Gue Cuma ikut sama kompeni!” Mata Bain melotot. Sewot benar dia.
                “Sama aja!” sembur gue.
                “Diam!” Bain nodongin pistolnya ke arah gue. “Sekali lagi ngatain gue pengkhianat, gue tembak lu.”
                “Pengkhianaaaaat!” Gue teriak seserak-seraknya. Gue kira tuh anak nggak bakalan sampai hati  nembak gue. Nyatanya..... Duar! Pelurunya bersarang di dahi gue. Gue mengaduh sekuat-kuatnya. Duh.... matilah gue (yah slesai deh ceritanya). Seperti halnya orang yang ditembak, seperti di film-film, pasti tangannya mencengkram bagian yang ditembak. Nah, gitu juga gue. Tangan gue langsung ke dahi. Gue lihat tangan gue berdarah! Merah! Tapi.... gue merasa nyawa gue belum melayang. Dan dahi gue juga tidak terasa panas, walau sakit dikit. Aneh! Gue kebal! Padahal gue merasa nggak pernah belajar ilmu kebal, lho. Tapi... kok darah gue baunya sedap? Refleks aja gue yang emang belum makan seharian langsung nyicipin tuh ‘darah’. Eh enak, gurih. Sebentar aja udah habis gue jilat. Imus tercengang melihat kelakuan gue, terlebih-lebih Bain. Sedangkan Harun... ya ampun, tuh anak udah jatuh pingsan di lantai!!
                “Hah? Di, lu tahan peluru?” pekik Bain takjub.
                Si Imus berdecak kagum.
                “Tuan Pribumi,” tiba-tiba salah seorang serdadu kompeni yang sejak tadi diam saja, nyelutuk. “Itu bukannya peluru asli!” sambungnya, ditujukan pada Bain.
                “Bukan peluru asli? Lalu?”
                “Itu adalah peluru plastik yang di dalamnya berisi saus tomat,” serdadu yang lain ikut menjelaskan.
                “Ooo, pantes,” Si Bain ngangguk-ngangguk.
                Gue Cuma nyengir. “Lagi dong. Tembakannya man...na?” ledek gue, menirukan iklan Xoncee.
                Mendadak, salah seorang serdadu kompeni yang berjaga di luar kost, masuk. “Tuan pribumi! Meneer Yansen datang!” ujarnya.
                Si Bain tergugup. Memegangi atas bibirnya, lalu berjongkok dan memungut kumis palsunya yang ia buang tadi. Lantas dipasangnya. “Ih, bau pesing. Ah, masa bodoh lah,” gumamnya.
                Tepat pada saat itu, seorang lelaki berpakaian serba putih, masuk.
                Ei, bagaimana itu hasil kerjamu, wahai orang pribumi?” si Meneer berkata. Nah, ini baru logat Belanda asli.
                “Eh.... Oh, begini Tuan.... ha ha hacis!!” Si Bain bersin. Pasti karena bau pesing yang melekat di kumis palsunya.
                “God verdoome! Saya bukan Tuan Hacis! Tuan Yansen itu saya punya nama. You ingat?”
                “Oh, iy.. iyya, Tuan Yansen. Anu Tuan.... itu, hacis..., eh salah. Maksud saya, pembangkang-pembangkang alias ekstremis-ekstremis itu sudah tertangkap, Tuan..... hacis!!” Lagi-lagi si Bain bersin.
                “God verdoome. Hacis lagi, hacis lagi.”
                “Huh, dasar bungul. Tambuk. Kada tahu urang lagi bersin....,” maki Bain sambil mengendus-endus.
                “Hah? Apa kamu orang bilang?”
                “Oh tidak, Tuan. Saya bilang, Tuan hebat, gagah, dan baik hati.”
“Ho ho ho...,” Meneer Yansen kesenangan. “Trima kasih, trima kasih. Kamu orang bakal dapat hadiah nasi bungkus.....,” ujarnya, menepuk-nepuk pundak Bain.
                Gue, Imus, dan Harun yang udah siuman tak henti-hentinya cekikikan ngeliat adegan itu.
                “Pasukaaaan! Ikat itu ekstremis-ekstremis. And bawa ke tengah pasar itu punya tempat,” Meneer Yansen memberi perintah.
                “Baik, Tuan!”
                Gue, Imus, dan Harun nggak bisa berbuat apa-apa. Habis, kayaknya pistol yang dipegang para kompeni itu, kecuali pistol Bain, adalah pistol beneran (wah payah, mental kerupuk, nih).
                Kami digiring kayak sapi ke tengah pasar. Dan rupanya, di sana udah banyak teman-teman kost yang lain. Seperti Guntur, Ami, Ngadianto, Azis, Didik, Agus HP, dan lainnya. Mereka udah terikat pada masing-masing tiang yang ada di tengah pasar. Kayaknya akan diadakan hukuman tembak sampai mati. Hi... gue bergidik. Mendingan gue dijajah, disuruh ngerjain ini itu daripada ditembak mati (Terbalik! Seharusnya, lebih baik mati daripada harus dijajah!).
                “Halo....,” si Agus masih juga menyapa gue. Padahal lehernya kayaknya kenceng banget diikat.
                “Halo juga....,” sambut gue lemah.
                Gue, Imus, dan Harun diikat pada tiang yang tersisa. Menit berikutnya, masing-masing serdadu kompeni mengambil ‘stand’ dan siap menembak kami. Sementara para penduduk sekitar pasar maupun yang jauh berdatangan bagai air bah. Bahkan gue lihat, malah ada yang datang satu truk, entah dari desa mana, padahal Cuma mau ngeliat kami ditembak mati. Satu-persatu air mataku bergulir. Ingat mama, abah, keluarga, guru, teman, pacar...., oh!
                Meneer Yansen berkata: “Lelaki yang punya itu jerawat jangan ditembak dulu! “ Tentu yang dimaksud olehnya adalah gue.
                Ia lantas memberi komando, “ Satu, dua, tiga!” Dan ......
                Dar!!!!!
                Letusan senjata api menggema.
                Gue teriak. Erangan teman-teman lebih keras lagi. Masing-masing meregang nyawanya yang melayang kayak layangan putus. Gue lihat, ada yang kena kepala, leher, dada, perut, selangkangan....
                Lagi-lagi gue bergidik. Dan tanpa gue sadari, celana gue basah!
                “Sekarang, giliran kamu orang!” ujar Meneer Yansen.
                Rupanya, ia sendiri yang akan menembak gue. Gue berontak, meronta, dan teriak: “Gue kagak mau mati bujaaaang!”
ooOOoo
                Gue masih berontak. Sekuat tenaga. Dan.... Ketika gue membuka mata, ternyata gue masih berada di kamar kost gue. Tapi, celana dan kasur gue basah! Gue ngompol!
                Sekonyong-konyong, telinga gue dengar suara dari rumah sebelah: “Lapor komandan, Belanda sedang menuju kemari.....”
                Hah? Gue tersentak. Langsung berdiri dan teriak, “Serrbuuuuuu!”
                (Padahal suara tadi adalah suara dari adegan film perjuangan di TV)
Sebamban, Rabu 26 Oktober 1994

Struktur teks:
- Orientasi: "Kost kami heboh......dst".
- Komplikasi: “Kompeninya nggak mempan....dst".
- Resolusi: "Gue masih berontak......dst".

(Foto ilustrasi:Google)

Tags: #contoh teks cerpen #contoh teks cerpen dan strukturnya #contoh teks cerpen singkat #contoh cerpen persahabatan #contoh teks cerpen fabel #contoh cerpen #struktur teks cerpen

Perbedaan Teks Fiksi Sejarah dengan Teks Sejarah

Non-fiksi adalah klasifikasi untuk setiap karya informatif yang pengarangnya dengan itikad baik bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disajikan. Sebuah cerita yang pengarangnya tidak mengklaim tanggung jawab kebenaran maka diklasifikasikan sebagai fiksi.

Dalam hal membedakan teks fiksi sejarah dengan teks sejarah adalah:
1. Teks Fiksi Sejarah adalah teks cerita fiksi yang mengambil latar belakang sejarah.
Teks ini memuat cerita fiksi (bukan sebenarnya) baik tokoh maupun peristiwa, namun menjadikan latar sejarah sebagai bagian cerita. Andai mengambil contoh sinema (film), maka animasi kartun "Battle of Surabaya" dan film "Naga Bonar" termasuk kategori ini.

2. Teks Sejarah
Teks ini memuat cerita yang benar adanya, bersifat faktual. Tokoh dan peristiwa yang terjadi di dalamnya benar-benar ada dan pernah terjadi. Contoh: buku Habibie dan Ainun

Contoh Soal Menggunakan Kata Bentukan (Sesuai Kaidah Bentukan Kata)

Materi soal bentukan kata dalam pelajaran B.Indonesia Kurikulum 2013 meliputi imbuhan, kata ulang, dan kata majemuk. Jika suatu kata telah mengalami proses morfologis sehingga membentuk kata baru ataupun makna baru, itulah yang dinamakan dengan bentukan kata.
Berikut contoh-contoh soalnya:

1. Dua orang anak sedang bermain dakon. Keduanya duduk .... di sebuah pendopo rumah.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
a. menghadap
b. dihadapkan
c. berhadapan
d. menghadapkan

2. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan .... timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan .... biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat .... masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. tumbuhan - berkembang - menciptakan
b. berhubungan - berkembang - menciptakan
c. berhubungan - memamah - menciptakan
d. berhubungan - berkembang - mewujudkan

3. Dengan perahu karet, setiap kelompok didampingi dua orang pendamping ahli .... dayung.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a. menggayuh
b. mengayuh
c. mengkayuh
d. megayuh

4. Ketika bertemu, mereka langsung . . . .
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a. bersalam-salaman
b. bersalaman
c. menyalami
d. menyalam-nyalami

Contoh Soal Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca

1. Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekedar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.
Ejaan yang perlu diperbaiki pada kata bernomor yang terdapat pada paragraf tersebut adalah . . . .
a. (1) sekedar seharusnya sekadar
b. (2) souvenir seharusnya sovenir
c. (3) bertaraf seharusnya bertarap
d. (4) tren seharusnya trend

2. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat, yang sangat populer di Indonesia. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960 an, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ....
a. antara "1960" dan "an" harus diberi tanda hubung
b. antara "Sunda" dan "Jawa Barat" seharusnya memakai tanda hubung
c. sesudah "Jaipongan adalah" seharusnya diberi tanda titik dua
d. antara "Nusantara" dan "khususnya" tak perlu pakai tanda baca koma

3. Simak kutipan teks deskripsi berikut!
Pasar ini juga tempat yang tepat untuk berburu barang antik. Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai 3 pasar bagian timur. Di tempat itu wisatawan bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ....
a. antara "60" dan "an" harus diberi tanda hubung/ tanda pisah
b. antara "60" dan "an" diberi jarak satu karakter
c. sesudah "Di tempat itu" seharusnya diberi tanda koma
d. sesudah "Di tempat itu" diberi koma; dan antara "60" dan “an” diberi tanda hubung

Contoh Soal Menggunakan Tanda Baca

Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat melengkapi dengan tanda baca yang tepat.
1. Ani apa yang kamu lakukan
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. Titik ( . ) dan Tanya ( ? )
b. Tanya ( ? ) dan Seru ( ! )
c. Seru ( ! ) dan Titik ( . )
d. Koma ( , ) dan Tanya ( ? )

Petikan "Syair Perahu" (Karya: Hamzah Fansuri)

Syair Perahu merupakan salah satu dari jenis­-jenis syair yang berkenaan dengan agama ciptaan Hamzah Fansuri yang hidup pada pertengahan kurun yang kedua Masehi ke XVI di negeri Acheh, di Barus atau Panchor, Sumatera Utara, di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Pada tahun 1726, Francois Valentijn dalam bukunya Oud en Nieuw Oost-Indie (Hindia Timur Lama dan Baharu) pada bab mengenai Sumatera, menyebut Hamzah Fansuri sebagai seorang penyair yang dilahirkan di Fansur.


Syair Perahu
Inilah gerangan suatu madah
mengarangkan syair terlalu indah,
membetuli jalan tempat berpindah,
di sanalah i'tikat diperbetuli sudah

Wahai muda kenali dirimu,
ialah perahu tamsil tubuhmu,
tiadalah berapa lama hidupmu,
ke akhirat jua kekal diammu.

Hai muda arif-budiman,
hasilkan kemudi dengan pedoman,
alat perahumu jua kerjakan,
itulah jalan membetuli insan.

Perteguh jua alat perahumu,
hasilkan bekal air dan kayu,
dayung pengayuh taruh di situ,
supaya laju perahumu itu

Sudahlah hasil kayu dan ayar,
angkatlah pula sauh dan layar,
pada beras bekal jantanlah taksir,
niscaya sempurna jalan yang kabir.

Perteguh jua alat perahumu,
muaranya sempit tempatmu lalu,
banyaklah di sana ikan dan hiu,
menanti perahumu lalu dari situ.

Muaranya dalam, ikanpun banyak,
di sanalah perahu karam dan rusak,
karangnya tajam seperti tombak
ke atas pasir kamu tersesak.

Ketahui olehmu hai anak dagang
riaknya rencam ombaknya karang
ikanpun banyak datang menyarang
hendak membawa ke tengah sawang.

Muaranya itu terlalu sempit,
di manakan lalu sampan dan rakit
jikalau ada pedoman dikapit,
sempurnalah jalan terlalu ba'id.

Baiklah perahu engkau perteguh,
hasilkan pendapat dengan tali sauh,
anginnya keras ombaknya cabuh,
pulaunya jauh tempat berlabuh.

Lengkapkan pendarat dan tali sauh,
derasmu banyak bertemu musuh,
selebu rencam ombaknya cabuh,
La ilaha illallahu akan tali yang teguh.

Barang siapa bergantung di situ,
teduhlah selebu yang rencam itu
pedoman betuli perahumu laju,
selamat engkau ke pulau itu.

La ilaha illallahu jua yang engkau ikut,
di laut keras dan topan ribut,
hiu dan paus di belakang menurut,
pertetaplah kemudi jangan terkejut.

Laut Silan terlalu dalam,
di sanalah perahu rusak dan karam,
sungguhpun banyak di sana menyelam,
larang mendapat permata nilam.

Laut Silan wahid al kahhar,
riaknya rencam ombaknya besar,
anginnya songsongan membelok sengkar
perbaik kemudi jangan berkisar.

Itulah laut yang maha indah,
ke sanalah kita semuanya berpindah,
hasilkan bekal kayu dan juadah
selamatlah engkau sempurna musyahadah.

Silan itu ombaknya kisah,
banyaklah akan ke sana berpindah,
topan dan ribut terlalu 'azamah,
perbetuli pedoman jangan berubah.

Laut Kulzum terlalu dalam,
ombaknya muhit pada sekalian alam
banyaklah di sana rusak dan karam,
perbaiki na'am, siang dan malam.

Ingati sungguh siang dan malam,
lautnya deras bertambah dalam,
anginpun keras, ombaknya rencam,
ingati perahu jangan tenggelam.

Jikalau engkau ingati sungguh,
angin yang keras menjadi teduh
tambahan selalu tetap yang cabuh
selamat engkau ke pulau itu berlabuh.

Sampailah ahad dengan masanya,
datanglah angin dengan paksanya,
belajar perahu sidang budimannya,
berlayar itu dengan kelengkapannya.

Wujud Allah nama perahunya,
ilmu Allah akan [dayungnya]
iman Allah nama kemudinya,
"yakin akan Allah" nama pawangnya.

"Taharat dan istinja'" nama lantainya,
"kufur dan masiat" air ruangnya,
tawakkul akan Allah jurubatunya
tauhid itu akan sauhnya.

Salat akan nabi tali bubutannya,
istigfar Allah akan layarnya,
"Allahu Akbar" nama anginnya,
subhan Allah akan lajunya.

"Wallahu a'lam" nama rantaunya,
"iradat Allah" nama bandarnya,
"kudrat Allah" nama labuhannya,
"surga jannat an naim nama negerinya.

Karangan ini suatu madah,
mengarangkan syair tempat berpindah,
di dalam dunia janganlah tam'ah,
di dalam kubur berkhalwat sudah.

Kenali dirimu di dalam kubur,
badan seorang hanya tersungkur
dengan siapa lawan bertutur?
di balik papan badan terhancur.

Di dalam dunia banyaklah mamang,
ke akhirat jua tempatmu pulang,
janganlah disusahi emas dan uang,
itulah membawa badan terbuang.

Tuntuti ilmu jangan kepalang,
di dalam kubur terbaring seorang,
Munkar wa Nakir ke sana datang,
menanyakan jikalau ada engkau sembahyang.

Tongkatnya lekat tiada terhisab,
badanmu remuk siksa dan azab,
akalmu itu hilang dan lenyap,
tanpa ada tujuan yg tetap,

Munkar wa Nakir bukan kepalang,
suaranya merdu bertambah garang,
tongkatnya besar terlalu panjang,
cabuknya banyak tiada terbilang.

Kenali dirimu, hai anak dagang!
di balik papan tidur telentang,
kelam dan dingin bukan kepalang,
dengan siapa lawan berbincang?

La ilaha illallahu itulah firman,
Tuhan itulah pergantungan alam sekalian,
iman tersurat pada hati insan,
siang dan malam jangan dilalaikan.

La ilaha illallahu itu terlalu nyata,
tauhid ma'rifat semata-mata,
memandang yang gaib semuanya rata,
lenyapkan ke sana sekalian kita.

La ilaha illallahu itu janganlah kaupermudah-mudah,
sekalian makhluk ke sana berpindah,
da'im dan ka'im jangan berubah,
khalak di sana dengan La ilaha illallahu.

La ilaha illallahu itu jangan kaulalaikan,
siang dan malam jangan kau sunyikan,
selama hidup juga engkau pakaikan,
Allah dan rasul juga yang menyampaikan.

La ilaha illallahu itu kata yang teguh,
memadamkan cahaya sekalian rusuh,
jin dan syaitan sekalian musuh,
hendak membawa dia bersungguh-sungguh.

La ilaha illallahu itu kesudahan kata,
tauhid ma'rifat semata-mata.
hapuskan hendak sekalian perkara,
hamba dan Tuhan tiada berbeda.

La ilaha illallahu itu tempat mengintai,
medan yang kadim tempat berdamai,
wujud Allah terlalu bitai,
siang dan malam jangan bercerai.

La ilaha illallahu itu tempat musyahadah,
menyatakan tauhid jangan berubah,
sempurnalah jalan iman yang mudah,
pertemuan Tuhan terlalu susah.

Sumber: Wikipedia

Tema dan Pesan "Syair Bidasari Lahir"

Syair Bidasari ialah kesusasteraan Melayu klasik bergenre syair romantik yang amat popular dalam masyarakat Melayu abad ke-18 dan ke-19. Tarikh teksnya dikarang dipercayai seawal 1750 Masihi (M). Ia dikarang oleh pengarang asalnya berdasarkan hikayat di Kembayat Negara (Champa), menurut rangkap pertama syair. Para sejarawan percaya bahawa Kembayat Negara ialah Champa.

Manuskrip terawal ditemui, setakat ini, bertarikh 1814 M, namun tajuk syair ini telah disebut oleh Dr. J. Leyden pada 1807 M ketika beliau mengembara ke seluruh rantau Melayu, yang menggambarkan karya ini telah wujud lebih awal daripada tarikh manuskrip (1814 M) itu. Syair Bidasari ialah karya asli Melayu dan dikatakan berasal dari Palembang berdasarkan beberapa faktor linguistik, menurut Van Hoƫvell.

Syair ini diterbitkan dan dibahas oleh H. C. Klinkert di Leiden pada tahun 1886 dalam Drie Maleische Gedichten of Sjair Ken Tamboehan, Jatim Nestapa en Bidasari. Syair ini sempat populer di Eropa pada abad ke-19, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda, dan disadur dalam bentuk prosa ke dalam bahasa Perancis.
Syair ini memiliki tema Suka-cita berlebihan seorang raja atas kelahiran putrinya yang berujung kedukaan. Pesannya adalah 1) Syukurilah segala anugerah dengan cara yang sederhana, 2) Janganlah merayakan sesuatu secara berlebihan.

SYAIR BIDASARI LAHIR

Dengarlah kisah suatu riwayat
Raja di desa negeri Kembayat
Dikarang fakir dijadikan hikayat
Dibuatkan syair serta berniat

Adalah raja sebuah negeri
Sultan Agus bijak bestari
Asalnya baginda raja yang bahari
Melimpah pada dagang biaperi

Kabarnya orang empunya termasa
Baginda itulah raja perkasa
Tiadalah ia merasa susah
Entahlah kepada esok dan lusa

Seri padukan sultan bestari
Setelah ia sudah beristri
Beberapa bulan beberapa hari
Hamillah puteri permaisuri

Demi ditentang duli mahkota
Makinlah hati bertambah cinta
Laksana mendapat bukit permata
Menentang istrinya hamil serta

Beberapa lamanya di dalam kerajaan
Senantiasa ia bersuka-sukaan
Datanglah masa beroleh kedukaan
Baginda meninggalkan takhta kerajaan

Datanglah kepada suatu masa
Melayanglah unggas dari angkasa
Unggas garuda burung perkasa
Menjadi negeri rusak binasa

Datang menyambar suaranya bahna
Gemparlah sekalian mulia dan hina
Seisi negeri gundah gulana
Membawa dirinya barang ke mana

Baginda pun sedang dihadap orang
Mendengarkan gempar seperti perang
Bertitah baginda raja yang garang
Gempar ini apakah kurang

Contoh Soal Menentukan Bagian Teks

1. 4. Pernyataan berikut yang merupakan bagian definisi umum dari teks laporan hasil observasi adalah….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengatahuan, pendidikan, dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelastarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan menerangkan pengetahuan
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air, energi air panas, dan angin wisata alam.

2. (1) Curuk Cijalu terletak di Kecamatan Sagalaherang, berjarak 37 km dari kota Subang ke arah selatan (1 jam perjalanan) dan sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah utara (1,5 km perjalanan). (2) Seperti namannya, curug (air terjun, bahasa Sunda), merupakan sepasang air terjunyang tumpahan airnya mengalir derasmembelah bukit di puncak Gunung Sunda, sekitar 800 meter di atas permukaan laut. (3) Tumpahan air itu menyajikan panorama indah pada birunya langit, sejuknya udara, dan hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. (4) Belum lagi percikan air terjun yang dingin, sejuk dan putih, membuat para wisatawan tak tahan lagi ingin segera bermandi ria di bawahnya.
Pada teks di atas, kalimat definisi terdapat pada ….
a. kalimat ke-1
b. Kalimat ke-2
c. kalimat ke-3
d. kalimat ke-4

3. Pernyataan berikut yang merupakan kalimat definisi adalah ….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan diikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelestarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat peenelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, seperti untuk pengamatan fenomena alam dan lain-lain.

Contoh Soal UAS Kelas VII Semester Ganjil (Kurikulum 2013)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Simak teks laporan hasil observasi berikut:
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
a. definisi umum
b. deskripsi bagian
c. deskripsi manfaat
d. penutup

2. Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.
a. definisi umum
b. deskripsi bagian
c. deskripsi manfaat
d. penutup

3. Simak teks laporan hasil observasi berikut:
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur teks....
a. definisi umum
b. deskripsi bagian
c. deskripsi manfaat
d. penutup

Teks berikut untuk soal no. 4 dan 5
Prestasi belajar merupakan kemampuan siswa dalam memenuhi tuntutan akademis. Peranan perhatian orang tua dalam lingkungan keluarga yang penting adalah memberikan pengalaman pertama pada masa anak-anak. Hal ini dikarenakan pengalaman pertama merupakan merupakan faktor penting dalam perkembangan pribadi dan menjamin kehidupan emosional anak. Siswa yang mendapat perhatian baik dari orang tuanya mendapat prestasi belajar lebih baik dibanding siswa yang kurang mendapat perhatian dari orang tua.

4. Bagian definisi umum pada kutipan laporan observasi di atas adalah
a. Kalimat pertama
b. Kalimat kedua
c. Kalimat ketiga
d. Kalimat keempat

5. Bagian deskripsi manfaat pada kutipan laporan observasi di atas adalah…
a. Kalimat pertama
b. Kalimat kedua
c. Kalimat ketiga
d. Kalimat keempat

6. Pernyataan yang mengandung unsur definisi adalah...
a. Tari gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama gambyong.
b. Gerakan dalam tari gambyong, antara lain srisig, nacah, miring, kengser, gerak embat, atau entrag, gerak sekaran mlaku, dan gerak sekaran mandheg.
c. Gamyong seorang penari yang mahir dalam menari dan memiliki suara merdu, hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta
d. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak kebawah dan ke atas

7. Simak teks Laporan hasil observasi berikut:
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Mengapa Indonesia disebut paru-paru dunia?
a. karena Indonesia memiliki hutan lebat
b. karena Indonesia memiliki oksigen yang banyak
c. karena Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen
d. karena Indonesia memiliki hutan lebat, oksigen, tumbuh-tumbuhan, dan hewan

8. Simak kutipan teks laporan hasil observasi berikut:
Perpustakaanku berukuran 30 meter persegi. Di dalamnya terdapat beberapa kelompok buku. Kelompok buku tersebut adalah fiksi, nonfiksi, pengetahuan umum, dan referensi. Setiap hari pengunjung perpustakaanku rata-rata 50 orang. Jumlah pengunjung yang begitu banyak bisa dilayani oleh satu orang pustakawan.
Berapa jumlah pustakawan yang ada di perpustakaanku?
Jawaban pertanyaan tersebut yang tepat adalah . . . .
a. Tiga puluh orang
b. Lima puluh orang
c. Satu orang
d. Dua orang

9. Simak kutipan teks deskripsi berikut:
Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.
BPost, 12 September 2004
Mengapa Tanjung Puri sepi pengunjung?
Jawaban atas pertanyan di atas yang sesuai dengan isi bacaan adalah . . . .
a. Karena Suriansyah yang mengatakan.
b. Karena lokasinya jauh dari kota
c. Karena warga Tanjung malas ke sana.
d. Karena warga Tanjung tidak suka makan-makan.

10. Simak teks deskripsi berikut:
Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Redet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).
Berasal dari bahasa apa nama gerak dalam tari Saman?
a. bahasa Gayo
b. bahasa Arab
c. bahasa Melayu
d. bahasa Indonesia

11. Dari kutipan teks soal no.10, siapakah yang menyanyikan saur?
a. seorang penari
b. semua penari
c. penyanyi Arab
d. penyanyi solo diikuti semua penari

12. Dari kutipan teks soal no.10, nyanyian syair lagu tari Saman berasal dari bahasa apa?
a. bahasa Indonesia dan Gayo
b. bahasa Arab dan Indonesia
c. bahasa Melayu dan Gayo
d. bahasa Gayo dan Arab

13. Perhatikan daftar kata berikut!
1. koreografi
2. resepsi
3. mahir
4. tarian
Makna istilah dari daftar kata di atas yang tepat adalah ....
a. tarian artinya seni mencipta dan menggubah tari (balet); seni tari (balet)
b. resepsi artinya pertemuan (perjamuan) resmi yg diadakan untuk menerima tamu (pada pesta perkawinan, pelantikan)
c. koreografi artinya sangat terlatih (dlm mengerjakan sesuatu); cakap (pandai) dan terampil
b. mahir artinya jenis tari; gaya tari

14. Perhatikan beberapa kata berikut:
1) daun
2) batang
3) dahan
4) akar
Kalimat definisi yang tepat adalah ....
a. Daun merupakan bagian tanaman yg tumbuh berhelai-helai pada ranting (biasanya hijau) sebagai alat bernapas dan mengolah zat makanan
b. Batang adalah bagian tumbuhan yg berada di dalam tanah
c. Dahan ialah bagian batang pohon yg tumbuh di akar
d. Akar termasuk bagian tumbuhan yg biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat hembusan angin dan mengolah zat makanan

15. Kalimat definisi yang tepat adalah ....
a. Manusia adalah makhluk yang berkembang biak dan dapat membentuk sebuah peradaban.
b. Manusia adalah makhluk yang berpikir dan dapat membentuk sebuah peradaban.
c. Manusia adalah makhluk yang berpikir dan dapat membentuk sebuah keluarga.
d. Manusia adalah makhluk yang berkembang biak dan dapat membentuk sebuah masyarakat.

16. Perhatikan gambar berikut:
Deskripsi yang tepat atas keseluruhan gambar tersebut adalah....
a. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya jernih. Di sebelah kiri dan kanannya terdapat sebuah rumah berwarna kuning yang menyejukkan mata.
b. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya putih jernih. Di sebelah kiri dan kanannya tumbuh subur pohon kelapa dan pinus yang hijau menyejukkan mata. Ada sebuah rumah berwarna kuning di dekatnya.
c. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya jernih mengairi sawah-sawah yang ada di dekatnya. Di sebelah kiri dan kanannya tumbuh subur tetumbuhan yang hijau menyejukkan mata. Ada sebuah rumah berwarna kuning di dekatnya.
b. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya putih jernih. Di sebelah kiri dan kanannya tumbuh subur tetumbuhan yang hijau menyejukkan mata. Ada sebuah rumah berwarna kuning di dekatnya.

17. Deskripsi benda yang bertanda panah pada gambar soal no.16 di atas sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah....
a. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hilir dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hulu. Air bermanfaat bagi manusia untuk minum.
b. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hulu dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hilir. Air bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan saja.
c. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hulu dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hilir. Air bermanfaat bagi manusia untuk diminum, mandi, pengairan, dan lain-lain.
d. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hulu yang berwarna keruh dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hilir yang berwarna bening. Air bermanfaat bagi manusia untuk minum.

18. Perhatikan kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
1) Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi.
2) Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi, ekonomi, pariwisata, dan menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
3) Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
4) Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah ....
a. 4 - 1 - 3 – 2
b. 3 - 1 - 4 – 2
c. 4 - 2 - 3 – 1
d. 3 - 2 - 4 - 1

19. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
1) Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.
2) Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
3) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi adalah ....
a. 1 - 3 – 2
b. 3 - 1 – 2
c. 2 - 3 – 1
d. 3 - 2 - 1

20. Perhatikan teks laporan hasil observasi berikut!
1) Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
2) Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya. Dengan mempelajarinya, kita akan semakin mencintai keberagaman budaya bangsa kita yang sangat kita cintai ini.
3) Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Ini dikarenakan di kota inilah Anda dapat menikmati versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa. Gamelan Jawa adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
4) Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah ....
a. 1 – 3 – 2 – 4
b. 3 – 1 – 4 – 2
c. 2 – 3 – 1 – 4
d. 4 – 3 – 2 – 1

21. Simak teks laporan hasil observasi berikut!
1) Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Siapapun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya. Hal ini sangat penting, karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi. Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita. Tapi mereka tetap harus kita ajarkan mengenai manfaat menjaga lingkungan.
2) Dari hasil pengamatan yang dilakukan di lingkungan sekitar, masalah lingkungan disebabkan oleh dua faktor: ulah manusia dan faktor alam. Perhatikan saja, kerusakan alam juga disebabkan oleh pengaruh cuaca, iklim, sifat alam, dan faktor alam lainnya misalnya gunung meletus, banjir bandang, gempa bumi, kekeringan panjang, dan lain sebagainya.
3) Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi lingkngan biotik dan abiotik. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
4) Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya.
Urutan teks yang sesuai struktur yang tepat adalah . . . .
a. 1 – 3 – 2 – 4
b. 3 – 1 – 4 – 2
c. 2 – 3 – 1 – 4
d. 4 – 3 – 2 – 1

Gambar berikut untuk soal no. 22 dan 23
22. Kata yang tepat melabeli gambar di atas yang menyangkut bentuk dan kegunaannya adalah….
a. perahu,panjang,berjualan
b. perahu,bulat,berjualan
c. perahu,berjualan
d. perahu, bulat

23. Deskripsi yang tepat bedasarkan gambar tersebut adalah….
a. Perahu adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara Kuin
b. Perahu adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar gunung. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara Kuin
c. Kapal adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari plastik. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara Kuin
d. Kapal adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara sungai

24. Pernyataan berikut yang merupakan bagian definisi umum dari teks laporan hasil observasi adalah….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian ,perkembangan ilmu pengatahuan ,pendidikan,dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelastarian habitat hewan dan tunmbuhan yang hidup di wilayah Indonesia
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengangkan pengatahuan
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengatahuan ,misalnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air, energi air panas, dan angin wisata alam.

25. (1) Curuk Cijalu terletak di Kecamatan Sagalaherang, berjarak 37 km dari kota Subang ke arah selatan (1 jam perjalanan) dan sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah utara (1,5 km perjalanan). (2) Seperti namannya, curug (air terjun, bahasa Sunda), merupakan sepasang air terjunyang tumpahan airnya mengalir derasmembelah bukit di puncak Gunung Sunda, sekitar 800 meter di atas permukaan laut. (3) Tumpahan air itu menyajikan panorama indah pada birunya langit, sejuknya udara, dan hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. (4) Belum lagi percikan air terjun yang dingin, sejuk dan putih, membuat para wisatawan tak tahan lagi ingin segera bermandi ria di bawahnya.
Pada teks di atas, kalimat definisi terdapat pada ….
a. kalimat ke-1
b. Kalimat ke-2
c. kalimat ke-3
d. kalimat ke-4

26. Pernyataan berikut yang merupakan kalimat definisi adalah ….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan diikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelestarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat peenelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, seperti untuk pengamatan fenomena alam dan lain-lain.

27. Istilah lain dari observasi adalah….
a. pengindraan
b. penelitian
c. pencatatan
d. pengamatan

28. Perhatikan gambar berikut!
Deskripsi tentang busana yang dipakai penari Saman yang tepat adalah ....
a. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.
b. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala dipakai topong gelang dan sapu tangan. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai bulang teleng dan sunting kepies.
c. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas dua bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.
d. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala, badan, dan tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

29. Perhatikan gambar penari Kecak berikut!
Deskripsi umum dari gambar tersebut adalah . . . .
a. Tari Kecak dimainkan oleh sepuluh laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari punggung mereka.
b. Tari Kecak dimainkan oleh sepuluh laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan sarung kotak-kotak seperti papan catur melingkari paha mereka.
c. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka.
d. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat tangannya. Para penari itu mengenakan sarung kotak-kotak seperti papan catur melingkari bahu mereka.

30. Simak kalimat berikut!
1) Sentra kerajinan batik ini tersebar baik di wilayah Kodya Pekalongan maupun di Kabupaten Pekalongan.
2) Kerajinan batik di Pekalongan ini berkembang sangat pesat.
3) Pekalongan terkenal sebagai kota batik.
4) Bahkan, produk batik telah diekspor kemancanegara, seperti Australia, Amerika, Timur Tengah, Jepang, Cina, Korea, dan Singapura.
5) Ada beberapa jenis kerajinan batik yang diproduksi oleh masyarakat Pekalongan.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks hasil observasi yang sistematik jika disusun dengan urutan……
a. 1)-2)-3)-4)-5)
b. 1)-3)-5)-2)-4)
c. 2)-3)-1)-5)-4)
d. 3)-2)-4)-1)-5)

31. Perhatikan deskripsi bagian dari teks deskripsi Tari Kecak yang acak berikut!
1) Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies.
2) Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang.
3) Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
4) Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.
5) Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan……
a. 1)-2)-3)-4)-5)
b. 1)-3)-5)-2)-4)
c. 2)-3)-1)-5)-4)
d. 3)-2)-4)-1)-5)

32. Perhatikan kutipan suatu bagian teks deskripsi yang acak berikut!
1) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.
2) Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.
3) Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong.
4) Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan……
a. 1)-2)-3)-4)
b. 1)-3)-2)-4)
c. 2)-3)-1)-4)
d. 3)-2)-4)-1)

33. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi.
Deskripsi bagian dari deskripsi umum pada kutipan di atas yang tepat adalah ....
a. Pasar ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaannya mempunyai makna filosofis.
b. Wilayah Pasar Beringharjo mulanya merupakan hutan beringin.
c. Tak lama setelah berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tepatnya tahun 1758, wilayah pasar ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya.
d. Bagian depan dan belakang bangunan pasar sebelah barat merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan lidah dengan jajanan pasar.

34. Tari Saman adalah tarian suku Gayo (Daerah Kabupaten Gayo Lues), Aceh.
Deskripsi bagian dari kalimat di atas adalah . . . .
a. Tarian ini merupakan gambaran kisah Ramayana tatkala barisan kera membantu Rama melawan Rahwana.
b. Tarian tersebut diiringi nyanyian syair dalam bahasa Arab dan bahasa Gayo.
c. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.
d. Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.

35. Kata yang dicetak tebal pada kalimat berikut ini yang bukan kata berimbuhan adalah….
a. Sesuatu yang harus dilompati adalah kotak-kotak yang digambar di atas tanah.
b. Gacuk adalah benda pipih yang dilemparkan ke setiap kotak.
c. Permainan gacuk hingga kini masih dapat ditemui sampai sekarang.
d. Setiap peserta berlomba untuk dapat melemparkan gacuk.

36. Dua orang anak sedang bermain dakon. Keduanya duduk (hadap) di sebuah pendopo rumah.
Jenis imbuhan yang tepat untuk melengkapi kata hadap tersebut adalah….
a. meng-
b. di-kan
c. ber-an
d. me-kan

37. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata berawalan (prefiks) yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. lingkungan
b. berhubungan
c. berkembang
d. menciptakan

38. Kalimat yang mengandung konjungsi menyatakan hubungan ‘kelanjutan’ adalah . . . .
a. Ni Wayan hidup di bawah tekanan ekonomi, tetapi ia masih mempunyai cita-cita.
b. Sepulang sekolah, Mertayani membantu ibunya berjualan, lalu mencari rongsokan di pinggir pantai
c. Ibu Mertayani senang dan bangga terhadap prestasi yang dicapai anaknya.
d. Semenjak ayahnya meninggal, Mertayani mandiri bekerja sambil sekolah.

39. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Kata hubung yang dominan digunakan dalam kutipan teks di atas menyatakan hubungan ....
a. penambahan
b. perlawanan
c. sebab-akibat
d. pemilihan

40. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. sehingga
d. atau

41. Mengajak anak-anak menyelamatkan lingkungan secara tidak langsung telah menanamkan rasa cinta dan pentingnya menghargai lingkungan hidup. Kebiasaan ramah lingkungan yang ditanamkan sejak dini diharapkan dapat menjadi gaya hidup anak pada usia dewasa.
Yang bukan termasuk kelompok kata atau frasa yang terdapat dalam teks hasil observasi tersebut, kecuali . . . .
a. lingkungan hidup
b. ramah lingkungan
c. gaya hidup
d. usia dewasa

42. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Frasa yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. Indonesia merupakan
b. hutan lebat
c. tumbuhan dan hewan
d. dan komodo

43. Dengan perahu karet, setiap kelompok didampingi dua orang pendamping ahli mengkayuh dayung.
Bentuk baku dari kata mengkayuh yang terdapat dalam kalimat di atas adalah ...
a. menggayuh
b. mengayuh
c. mengkayuh
d. Megayuh

44. Recyling atau daur ulang adalah proses mengumpulkan dan memproses bahan yang tidak terpakai.
Yang dikatagorikan sebagai sampah kemudian merubahnya menjadi produk baru. Daur ulang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ...
a. mengumpulkan
b. memproses
c. Merubahnya
d. Bermanfaat

45. Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekadar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.
Kata tidak baku yang terdapat pada paragraf tersebut ditandai nomor . . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

46. Ani apa yang kamu lakukan
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. Titik ( . ) dan Tanya ( ? )
b. Tanya ( ? ) dan Seru ( ! )
c. Seru ( ! ) dan Titik ( . )
d. Koma ( , ) dan Tanya ( ? )

47. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat, yang sangat populer di Indonesia. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960 an, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ....
a. antara "1960" dan "an" harus diberi tanda hubung
b. antara "Sunda" dan "Jawa Barat" seharusnya memakai tanda hubung
c. sesudah "Jaipongan adalah" seharusnya diberi tanda titik dua
d. antara "Nusantara" dan "khususnya" tak perlu pakai tanda baca koma

48. Simak kutipan teks deskripsi berikut!
Pasar ini juga tempat yang tepat untuk berburu barang antik. Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai 3 pasar bagian timur. Di tempat itu wisatawan bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ....
a. antara "60" dan "an" harus diberi tanda hubung/ tanda pisah
b. antara "60" dan "an" diberi jarak satu karakter
c. sesudah "Di tempat itu" seharusnya diberi tanda koma
d. sesudah "Di tempat itu" diberi koma; dan antara "60" dan “an” diberi tanda hubung

49. Karena dimarahi oleh ayahnya, Rojali kabur dan tidak pulang seharian.
Kalimat di atas yang termasuk unsur kebahasaan ditandai dengan ....
a. kata ganti
b. konjungsi
c. pengulangan
d. kata majemuk

50. Andi rajin belajar …… mendapat juara kelas.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. sehingga
d. akibatnya

Hak cipta: MGMP B.Indonesia SMP Kab. Tabalong
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara