Siswa Terbaik Bulan Ini (Agustus 2015)

Siswa Terbaik Bulan Ini (Agustus 2015)-- Berdasarkan hasil pembelajaran selama bulan Agustus dan banyaknya perolehan bintang yang dikumpulkan oleh kelompok yang mengindikasikan keaktifan kelompok, Bapak ingin menyampaikan selamat buat siswa-siswi yang namanya tertulis di sini. SEMOGA MENJADI PEMICU UNTUK TERUS MENJADI YANG TERBAIK!!!! Buat siswa lainnya, jangan kecewa, masih ada kesempatan bulan berikutnya.... Semangat!!!!!!

Kelas 9 SMPN 2 MU: NURUL AMALIA (Kelompok 1) 79
Kelas 9 SMPN 2 Tnt: LISA DEWI (Kelompok 4) 86

Buat yang lain, masih ada kesempatan....

Apa dan Mengapa Ada Orang yang Memiliki Nama "Tuhan"

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut ini Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berikan contoh berita yang disusun kembali dengan fokus membahas fenomena apa dan mengapa. Namun, di dalam berita ini sudah memuat unsur lain yaitu di mana, kapan, siapa, dan bagaimana:
Apa
Seorang lelaki asal Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, yang diketahui bernama Tuhan, menimbulkan polemik di masyarakat. Meski begitu, nama itu dinilai bisa saja dipengaruhi oleh bahasa tutur milik Suku Using (ada juga yang menyebutnya Suku Osing), suku asli di Kabupaten Banyuwangi. Sehari-hari, laki-laki yang berprofesi sebagai tukang kayu tersebut dipanggil Tohan.

Mengapa
Hal tersebut dijelaskan Antariksawan Yusuf, pemerhati bahasa Using, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/8/2015).
"Mayoritas masyarakat yang tinggal di Kecamatan Licin adalah Suku Using. Bisa jadi, nama Tuhan dipengaruhi oleh bahasa tutur. Ini sama saja dengan 'Using' yang pelafalannya seperti menyebutkan huruf 'o'," urai Yusuf.

Menurut dia, di dalam tutur bahasa Using memang terdapat huruf seperti "o" atau "e" yang ditulis menjadi "u" atau "i". Ia mencontohkan kata "toles" yang dalam bahasa bakunya "tulis", maka jika diberi imbuhan akan menjadi "ditolisi" (ditulisi).
"Hal serupa juga ada dalam bahasa 'mulih' yang artinya adalah pulang. Nah, dalam pengucapannya, itu menjadi 'moleh'. Pada saat orang bilang 'muliho', maka jadi 'moleho'. Penulisan yang benar pun adalah 'Using' bukan 'Oseng'," ujar lelaki yang menulis novel dalam bahasa Using yang berjudul Nawi bkl Inah tersebut.

Menurut Yusuf, wajar saja kalau lelaki yang sehari-hari dipanggil "Tohan" ditulis "Tuhan". Sebab, ini mengikuti kaidah bahasa Using.
"Dalam bahasa Using, 'tuhan' tidak berarti apa-apa karena orang Using menyebutnya 'Pengeran' atau 'Gusti Allah' kalau merujuk kepada Tuhan yang disembah," urai Antariksawan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur mengimbau agar warga Kabupaten Banyuwangi tersebut mengganti namanya. Menurut Ketua MUI Jawa Timur KH Abdusshomad Bukhori, nama Tuhan dinilai kurang baik secara etika agama. Namun, Tuhan mengaku enggan mengubah namanya. "Nama saya adalah pemberian dari orangtua, jadi saya tidak akan menggantinya," ucap Tuhan.

Sumber: Kompas

Langkah-langkah (Cara) Menceritakan Kembali Cerpen yang Dibaca

Cerpen adalah karya fiksi yang hanya berisi satu tema, satu peristiwa, tokohnya sedikit, dan dibaca selesai dalam sekali duduk. Di kelas nanti, kalian akan menceritakan kembali secara lisan cerpen yang dibaca. Banyak yang akan kita dapatkan dari membaca cerpen. Salah satunya tentu kita bisa mengambil hikmah atau nilai-nilai moral yang terdapat dalam cerpen itu.

Setelah membaca lembaran sebuah cerpen yang akan dibagikan oleh guru, kalian diminta menceritakannya kembali secara lisan dengan menggunakan kaliat/ kata-kata kalian sendiri. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:
1. Bacalah cerpen tersebut secara saksama.
2. Mencatat unsur intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat)
3. Menentukan ide-ide pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen.
4. Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menceritakan kembali cerpen yang dibaca:
1. Isi cerita kamu sesuai dengan isi cerpen yang dibaca
2. Kalimat yang kamu gunakan adalah kalimat buatan kamu sendiri, bukan kalimat dari cerpen aslinya.
3. Menggunakan struktur kalimat yang jelas dan mudah dipahami.

Selamat belajar...

Apa dan Bagaimana Pelemahan Rupiah Untungkan Sektor Perikanan dan Pariwisata

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut ini Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berikan contoh berita yang disusun kembali dengan fokus membahas fenomena apa dan bagaimana. Namun, di dalam berita ini sudah memuat unsur lain yaitu di mana, kapan, siapa, dan mengapa:
Apa
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sejak beberapa hari terakhir bulan Agustus ini melemah hingga menyentuh Rp14 ribu. Kondisi tersebut sempat membuat kekhawatiran gejolak ekonomi mengingat mahalnya harga beberapa barang tertentu, khususnya bagi pelaku usaha yang mengandalkan impor sebagai bahan baku serta importir. Namun bagi eksportir dan beberapa pelaku pariwisata, menguatnya mata uang dolar AS malah memberikan dampak positif. Di saat banyak sektor industri lain terpuruk karena menanggung efek pelemahan nilai tukar rupiah itu, dua sektor ini justru mendapat keuntungan, yaitu perikanan dan pariwisata.
Kok bisa? Bagaimana rasionalitasnya?

Bagaimana
Sektor Perikanan
Dengan melemahnya rupiah, sejumlah perusahaan perikanan yang berorientasi ekspor justru memanfaatkan momentum ini untuk bisa menggenjot penjualan ekspor mereka hingga akhir tahun. Lihat saja, PT Dharma Samudera Fishing Industry Tbk yang memasang target ekspor tahun ini tumbuh 20 persen di atas realisasi tahun lalu menjadi 25 juta dollar AS. Maklum, 95 persen penjualan emiten dengan kode DSFI ini adalah ekspor.

Hanya saja, Herman Sutjiamidjaja, Direktur Dharma Samudera membantah jika perusahaannya disebut tengah berusaha mengambil untung dari kejatuhan rupiah. "Memang pasarnya saat ini cukup mendukung sehingga ekspor bisa ditingkatkan," ujarnya kepada Kontan, Selasa (25/8/2015). Menurut Herman, kinerja perusahaan tahun ini didorong bukan karena pelemahan rupiah melainkan pemberantasan illegal fishing yang digaungkan pemerintah sejak awal tahun ini. Pasalnya, sejak tidak ada kapal eks asing beroperasi di perairan Indonesia, hasil tangkapan nelayan yang memasok ikan ke perusahaan meningkat 20 persen-30 persen. Apalagi, hasil tangkapan ikan negara tetangga pun berkurang sehingga pasar ekspor menjadi minim kompetitor.

Sebagai catatan, DSFI membukukan penjualan 1.848 ton atau senilai Rp 136,54 miliar selama semester I-2015. Sebanyak 1.548 ton atau senilai Rp 131,47 miliar di antaranya untuk ekspor, sisanya lokal. DSFI juga berhasil mencetak laba bersih Rp 3,78 miliar.

Berbeda dengan DSFI, PT Central Proteina Prima Tbk justru tidak mau buru-buru merevisi target ekspor tahun ini. Yulian Riza, Corporate Communication CPRO mengatakan, perusahaannya tetap mempertahankan porsi ekspor di angka 31 persen dari target penjualan perusahaan tahun ini senilai Rp 10 triliun.

Yulian mengakui jika perusahaannya diuntungkan atas pelemahan nilai kurs ini. Namun di sisi lain, perusahaan juga mesti mengimpor bahan baku pakan serta mesin pengolahan yang memakan 50 persen dari belanja perusahaan.

Untuk itu, ketimbang memperbesar volume ekspor, CPRO lebih memilih untuk memperluas pasar ekspor sebagai strategi menjaga kinerja perusahaan. "Penjajakan pasar baru pasti ada. Saat ini kami sedang menjajaki Eropa Timur," ujar Yulian.

Selama semester I-2015, CPRO mencatatkan penjualan Rp 4,64 triliun. Namun rugi bersih perusahaan justru membengkak dari Rp 107,37 miliar pada semester I-2014 menjadi Rp 307,85 miliar karena imbas pelemahan rupiah di pertengahan tahun (Sumber).

Sektor Pariwisata
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, penguatan mata uang dollar AS menguntungkan sektor pariwisata, termasuk mendongkrak pertumbuhan pariwisata di Bali.
"Produk ekspor dan pariwisata meningkatkan daya saing. Daya saing harga kita akan semakin baik," kata Arief, saat ditemui di Sanur, Denpasar, Rabu (26/8/2015).

Menurut dia, dengan penguatan nilai mata uang dolar AS menjadikan wisatawan mancanegara bisa lebih banyak menikmati atraksi dan pilihan wisata lainnya. Hal itu mampu mendongkrak pertumbuhan pariwisata di Bali khususnya sekitar 10 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang mencapai empat persen.
"Ini positif untuk pertumbuhan pariwisata di Bali. Bahkan di beberapa negara lain di ASEAN relatif menurun (pertumbuhan pariwisata)," tuturnya.
Dia memproyeksikan bahwa daya saing harga di Indonesia juga meningkat hingga masuk tiga besar di dunia (Sumber).

Sumber: Kompas

Menyanyikan Puisi yang Sudah Dimusikalisasi

Tak berapa lama lagi, kalian akan menampilkan puisi dalam bentuk musikalisasi puisi. Yang dimaksud musikalisasi puisi adalah menyajikan puisi dengan iringan musik atau dinyanyikan (Ada istilah dramatisasi puisi, nah itu maksudnya puisi diubah menjadi drama).

Kegiatan yang dapat digolongkan ke dalam musikalisasi puisi dapat kalian lakukan dengan cara:
1. Pembacaan puisi dengan iringan musik
2. Menyanyikan puisi dengan menggunakan notasi (titi nada/ tangga nada) lagu yang sudah ada
3. Pemberian titi nada atau tangga nada pada baris-baris puisi sehingga puisi tersebut dapat dinyanyikan.

Ketiga jenis kegiatan tersebut cukup populer dilakukan. Namun, untuk memberi titi nada pada baris-baris puisi belum banyak dilakukan orang. Beberapa nama penyanyi yang terkenal seperti Ebiet G. Ade. Franky Sahilatua, dan Bimbo merupakan penyanyi yang terkenal. Syair lagunya puitis, kental dengan makna. Lagu yang mereka nyanyikan betul-betul layak disebut puisi. Selain mereka, kita juga dapat temui lagu puitis yang dinyanyikan oleh grup band Padi dan Noah (dulu Peterpan).
Beberapa hal yang harus diperhatikan jika kalian akan memusikalisasikan puisi:
1. Tentukan lagu yang menurutmu cocok
2. Gantilah syair lagu tersebut dengan syair puisi
3. Jumlah suku kata per baris antara syair asli dengan syair puisi harus sama, jika memungkinkan lakukan parafrase (menambah kata-kata tanpa mengubah puisi)
4. Usahakan setiap baris diakhiri dengan persajakan yang teratur
5. Jumlah baris dalam setiap bait sama dengan syair aslinya
6. Jumlah bait keseluruhan puisi sama dengan syair aslinya

5W1H Berita Film Animasi Pertama Indonesia: Battle of Surabaya

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Bertahun-tahun film animasi yang beredar di Indonesia didominasi buatan Amerika. Tapi, tak lama lagi, penikmat film Tanah Air bisa menonton Battle of Surabaya, film animasi layar lebar produksi anak negeri.

Di mana
Film Battle of Surabaya digarap di studio animasi milik STMIK Amikom Yogyakarta, MSV Pictures.

Kapan
Film animasi Battle of Surabaya ini akan hadir di layar bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 20 Agustus 2015, 3 hari setelah perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015. Film yang digarap selama tiga tahun dan merupakan film perdana MSV Pictures ini adalah film animasi 2D dengan tema sejarah bangsa Indonesia.

Siapa
Battle of Surabaya menjadi film pertama Indonesia yang dilirik oleh production house internasional sekelas Walt Disney Pictures. Menurut penuturan Aryanto Yuniawan, nantinya film ini akan mendapat dukungan dari segi teknis dan mendapat bantuan distribusi film di seluruh jaringan Disney di dunia.

Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-70, Telkomsel sebagai perusahaan yang Paling Indonesia, juga mendukung film Battle of Surabaya yang merupakan kreasi anak bangsa untuk Indonesia.
Salah satunya bentuk dukungan yang Telkomsel lakukan yaitu dengan bekerjasama dengan MAV Picture mengadakan roadshow nonton bareng Battle of Surabaya bersama komunitas anak muda di berbagai kota di Indonesia, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Mengapa
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, “ Telkomsel mendukung penuh kehadiran para animator lokal, dan karya anak bangsa pada umumnya sehingga mereka bisa mendapatkan tempat sampai ke tingkat dunia. Hal ini merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk membangun ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satunya adalah dengan mendukung industri kreatif digital lokal serta para pelakunya.”

Bagaimana
Dalam masa penggarapannya bersama sutradara Aryanto Yuniawan, trailer film ini telah meraih berbagai penghargaan seperti Digital Animation INAICTA (Indonesia Information and Communication Technology Award) dan Idigo Fellowship tahun 2012, People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2014,dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, menceritakan tentang petualangan Musa, remaja penyemir sepatu yang menjadi kurir untuk pejaung Arek-Arek Suroboyo & TKR dalam bentrokan berat yang terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya. Musa diyakini menjadi kurir surat dan kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari radio yang didirikan oleh Bung Tomo. Cerita ini diadaptasi dari pertempuran sengit pada saat itu, tetapi ada juga karakter fiksi yang sengaja dirancang untuk memperkuat pesan dari film Battle of Surabaya.

Sumber: Tribun

5W1H Berita Mengenal Kampung Pulo yang Digusur Pemprov DKI (Galeri Foto)

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, dan Siapa
Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur merupakan salah satu wilayah yang diincar oleh Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (Pemprov DKI) untuk digusur sebab banyak warga yang ternyata tak memiliki surat tanah asli. Namun, penggusuran itu mendapat perlawanan dari warga.

Bintang.com mengajak kamu mengenal lebih jauh Kampung Pulo. Seperti apa? Berikut rangkumannya.

Mengapa
Disebut Kampung Pulo sebab dikelilingi kali. Mirip sebuah pulau.

Kapan
Kampung Pulo sudah ada sejak zaman Belanda. Dulu banyak kaum kolonial melakukan aktifitas dagang di Jatinegara

Bagaimana
Kampung Pulo dulunya tempat penambangan pasir. Kampung Pulo sudah banjir dari dulu, terutama jika ada air luapan dari Bogor. Dulu, banyak ikan yang ada di Kali Ciliwung seputar Kampung Pulo. Ada Gurame, Tawas, Sapu-sapu, Lele, bahkan Udang. Pertambahan penduduk Kampung Pulo semakin banyak. Kampung Pulo pernah disebut Indonesia kecil karena didiami berbagai etnis dan suku

Itu tadi sejumlah fakta untuk mengenalkan kamu pada Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Bintang.com doakan semoga ada jalan tengah yang baik bagi semua pihak, ya. Amin.

Dimodifikasi dari: bintang.com

5W1H Berita Kecelakaan Pesawat Trigana Air PK-YRN di Papua

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, dan Kapan
Pesawat Trigana Air PK-YRN mengalami kecelakaan saat terbang dari Bandara Sentani, Jayapura, menuju Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Pesawat milik Trigana Air dengan rute penerbangan Jayapura (Sentani)-Oksibil itu hilang kontak pada Minggu (16/8/2018) pukul 14.55 WIB.

Siapa
Pesawata Trigana Air PK-YRN membawa 54 penumpang dan kru pesawat. Pesawat itu juga dikabarkan membawa uang tunai sebesar Rp 6,5 miliar yang menurut rencana akan digunakan untuk membayar Simpanan Keluarga Sejahtera sebagai kompensasi kenaikan BBM bagi warga di 8 distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang. Uang tersebut diantar oleh empat pegawai PT Pos Cabang Jayapura yaitu MN Aragae, Agustinus Luanmasse, Yustinus Huruluen, dan Teguh Sane.

Mengapa
Pihak Kementerian Perhubungan belum bisa memastikan penyebab jatuhnya pesawat Trigana Air di Papua, Minggu (16/8/2015).
"Mengenai penyebabnya menunggu KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi)," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Minggu malam.

Bagaimana
Suprasetyo mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat, pesawat jenis ATR 42 itu jatuh di Distrik Okbape, Pegunungan Bintang setelah menabrak Gunung Tangok, pada Minggu sore.

Penemuan yang disampaikan oleh pihak Kementerian Perhubungan adalah berdasarkan laporan dari masyarakat. Mengenai kondisi pesawat dan seluruh awak juga penumpang akan dijelaskan setelah proses pencarian dan evakuasi yang akan dilanjutan esok pagi.
"Soal ketiadaan radar GPS, itu hasil investigasi KNKT," lanjut Suprasetyo.

Tim SAR Gabungan yang beranggotakan 58 personel berhasil melakukan kerja cepat dan menemukan 54 jenazah penumpang dan kru pesawat Trigana Air PK-YRN, serta kotak hitam pesawat, Selasa (18/8/2015) siang.

Anggota Tim SAR Gabungan melalui jalur darat yang dipimpin Komandan Yonif 133/Yudha Sakti, Letkol Inf Arif Hidayat, mencapai lokasi jatuhnya pesawat di daerah perbukitan pada ketinggian 8.300 kaki setelah berjalan kaki selama 4 jam sekitar pukul 10.00 WIT. Setelah bekerja cepat sekitar 2 jam, Tim SAR Gabungan yang bekerja di jalur darat dan udara berhasil mengumpulkan 54 jenazah penumpang dan kru pesawat.

Berselang beberapa waktu kemudian, Komandan Seksi Yonif 133 Sertu Agus Harahap berhasil menemukan kotak berwarna oranye atau yang lebih dikenal dengan sebutan "black box" (kotak hitam) pesawat. Kotak itu menjadi salah satu bagian penting yang jadi target pencarian, karena berisi rekaman penerbangan (Flight Data Recorder) dan rekaman percakapan di kokpit pesawat (Cockpit Voice Recorder).

Dimodifikasi dari: berbagai sumber
Foto: Kompas

5W1H Berita Pergantian Enam Menteri Kabinet Kerja

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Siang ini, Presiden Joko Widodo resmi melantik lima menteri baru di Kabinet Kerja berdasarkan Keppres 79/P 2015 dan satu Seskab berdasarkan Keppres 80/P 2015 di sisa jabatan 2014-2019.

Siapa
Kelima menteri dan satu seskab tersebut adalah Rizal Ramli, Thomas Lembong, Sofyan Djalil, Luhut Binsar Panjaitan, Darmin Nasution, dan Pramono Anung.

Rizal Ramli diangkat sebagai Menko Maritim menggantikan Indroyono Soesilo. Sementara itu, Thomas Lembong menggantikan Mendag Rahmat Gobel, Luhut Binsar Panjaitan menggantikan Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Darmin Nasution menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian, Sofyan Djalil menggantikan Kepala Bappenas/Menteri PPN Andrinof Chaniago.
Selain mengganti para menteri, Jokowi-sapaan Joko Widodo, juga mengganti orang dekatnya, yaitu Seskab Andi Widjajanto.
"Berdasarkan Keppres 80/P 2015 memberhentikan dengan hormat saudara Andi Widjajanto sebagai Seskab disertai ucapan terima kasih atas pengabdian. Dan mengangkat Pramono Anung sebagai sekretaris kabinet. Diberi hak keuangan dan fasilitas lain sebagai menteri," imbuh Deputi Administrasi.

Saat pelantikan tidak terlihat mantan-mantan menteri yang telah dicopot dari jabatan di Kabinet Kerja. Hadir di acara pelantikan antara lain Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Di mana dan Kapan
Enam menteri Kabinet Kerja tersebut akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo, pukul 13.00 WIB, di Istana Negara, Jakarta.

Mengapa
Isu perombakan kabinet telah berembus sejak pemerintahan Jokowi-Kalla berjalan selama 6 bulan.
Sejumlah menteri dianggap tidak menunjukkan performa kinerja yang menjanjikan.
Jokowi, dalam sejumlah kesempatan, mengatakan, ia memiliki parameter penilaian tersendiri terhadap kinerja para menterinya di Kabinet Kerja.

Bagaimana
Keputusan reshuffle ini diambil setelah Presiden Jokowi melakukan pertemuan empat mata dengan Kalla, Selasa (11/8/2015) malam, di Istana Negara, Jakarta. Sebelum pertemuan empat mata Jokowi-Kalla, berlangsung rapat dengan sejumlah menteri.
Terlihat hadir di Istana, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri PPN dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Seusai rapat, Gobel mengatakan, dalam rapat itu, pemerintah membahas mengenai kebijakan impor sapi yang diberikan kepada Badan Urusan Logistik (Bulog).
Kebijakan itu dikeluarkan untuk menekan lonjakan harga daging sapi yang telah menembus Rp 120.000 per kilogram.

Dimodifikasi dari: Tribunnews dan jpnn

5W1H Berita Bocoran Film Ada Apa dengan Cinta? 2

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Salah satu momen paling meriah dan paling heboh di Popcon Asia 2015 adalah talkshow film Ada Apa Dengan Cinta? 2 di hari kedua, Sabtu (8/8/2015) lalu. Di acara itu pun, terungkap 4 bocoran Ada Apa Dengan Cinta? 2. Apa saja? Simak uraian berikut:

Di mana
Tak hanya mengambil setting di Jakarta, tapi kali ini AADC2 bakalan mengambil setting tempat di Yogyakarta dan juga New York.
"Di akhir cerita film pertama, Rangga kan pergi New York. Jadi pasti akan ada setting New Yorknya. Terus juga feel-nya New York itu sama seperti Yogyakarta. Banyak seninya," beber Riri Riza, yang didaulat sebagai sutradara AADC2.
"Iya, jadi Yogyakarta-Jakarta-New York," tegas Mira yang jadi produser untuk film kedua ini.

Kapan
Yang pasti, film ini akan dirilis tahun depan. Plus produksinya sendiri akan dimulai Oktober nanti.
"Ya produksinya sendiri nanti akan dimulai Oktober," kata Mira disambut riuh penonton.

Siapa
Dihadiri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza, serta dipandu oleh MC yang juga aktor di film pertamanya, Dennis Adhiswara, talkshow tersebut berjalan alot dan tentu aja mengundang banyak antusias para pengunjung yang penasaran akan seperti apa di sekuelnya nanti.
- Wajah Lama Kembali Lagi
Ya, sudah dipastikan kalau pemeran yang ada di film pertama seperti Cinta dan Rangga, dipastikan bakal balik lagi.
"Pemeran Cinta kita akan tetap diperankan Dian Sastro. Dan Rangga kita juga akan tetap diperankan Nicholas Saputra," terang Mira.
"Berarti yang anter ke bandara bakal balik lagi kan?" cerocos Dennis.
"Iya dong. Kan semua pemeran balik lagi. Mamet kan juga penting, hahaha..." sahut Mira disambut tawa peserta talkshow.

Mengapa
Fakta lainnya adalah bakal tetap ada puisi di dalam AADC2. Mengapa? Tentunya karena si Rangga masih ada di film ini.
"Kayaknya kalau nggak ada puisi Rangga agak gimana gitu ya? Hehehe," beber Mira.
Hmmm... puisi karya Chairil Anwar lagi?

Bagaimana
Buat urusan soundtrack, dua sosok penting untuk lagu film yang pertama kali tayang 8 Februari 2002 lalu ini bakal balik lagi. Nggak lain nggak bukan adalah Melly Goeslaw dan Anto Hud.
"Untuk soundtrack, udah dikonfirmasi kalau mbak Melly dan mas Anto akan balik lagi terlibat di soundtrack AADC2 nanti," bocor Mira yang disambut heboh Dennis Adhiswara.
Wah tak sabar nih jadinya buat nonton tahun depan!

Dimodifikasi dari: Tribunnews

Kumpulan Berita Terkini Lengkap dengan 5W1H

Dalam kegiatan menyimak atau menulis berita, tidak terlepas dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan: Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya bisa menjawab pertanyaan 5W1H. 5W1H merupakan kependekan dari What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun berdasarkan 5W1H. Silakan pilih dengan meng-klik judul-judul berita berikut (4 Update Terbaru):



Referensi berita seluruhnya dari media nasional online

Tags: #contoh berita #contoh berita singkat #contoh berita kecelakaan #contoh berita kebakaran #contoh teks berita #contoh berita terbaru #contoh berita bahasa inggris #contoh berita acara kehilangan #contoh berita 2015

5W1H Berita Heboh Bule Cantik Menikah dengan WNI

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Kapan
Pernikahan antara Bayu Kumbara dan Jennifer Brocklehurst, dara cantik asal Inggris, Sabtu (8/8) lalu memang membuat heboh di media sosial. Ya, keduanya punya perbedaan yang sangat mencolok. Lihat saja foto di atas.

Siapa dan Di mana
Bayu dan Jen memang dua manusia yang berasal dari dua budaya yang sangat berbeda. Bayu adalah pria asal Padang yang merupakan alumnus Universitas Andalas 2007, Jurusan Antropologi. Dia bekerja di Authentic Sumatra- Ricky's Beach House, Lembaga Perlindungan Anak Sumatera Barat dan Ruandu Foundation.
Sementara Jen adalah perempuan asal Inggris. seorang sarjana sejarah di sebuah universitas di Inggris.

Mengapa dan Bagaimana
Bayu dan Jennifer Brocklehurst (Jeni) berjumpa di cottage, Ricky's Beach Hotel, Sungai Pinang, Tarusan, tempat dimana Bayu menjadi koki di sana. Cinta kemudian bersemi di antara mereka. Termasuk saat Jeni harus kembali ke Inggris, Bayu dan Jeni harus melakoni long distance relationship alias pacaran jarak jauh.
Singkat cerita, Jeni kembali dan meminta Bayu untuk mau hidup bersamanya. Bayu juga mau, namun meminta Jeni mengikuti dia, kepercayaan dan kehidupannya.
Bayu juga ingin hidup bersama tetapi harus ada ikatan. Mereka akhirnya sepakat akan menikah dan Jeni juga mau jadi mualaf.

Selain soal perbedaan fisik, cerita percintaan mereka hingga sampai di pelaminan memang menarik. Ya, pernikahan yang mereka jalani tidaklah mudah.
Bukan mengenai adat istiadat setempat yang menjadi kesulitan. Jen mengungkapkan bahwa biayalah yang menjadi permasalahan utama demi bisa mengikat janji sehidup semati dengan Bayu.

Demi bisa menikah dengan pujaan hatinya, Jen yang kini tinggal di Indonesia bekerja keras untuk mengumpulkan uang. Namun gaji yang Jen dan Bayu terima belum cukup untuk memenuhinya. Ya, keduanya harus menikah dengan adat Minang yang dikenal cukup menghabiskan banyak uang. Jen, sapaan akrab Jennifer berangan-angan bisa mengumpulkan dana sampai GBP 2.500 (poundstreling) atau sekitar Rp 52 juta demi bisa menikah dan menjadi pendamping Bayu.

Namun meski sudah berkerja keras bersama sang calon suami, target itu tak terpenuhi. Dia hanya bisa mengumpulkan GBP 1.500. Tapi di menit-menit akhir keduanya bisa mengumpulkan uang yang diharapkan. Keduanya pun menikah di Sumatera Barat, Sabtu (8/8).

Dimodifikasi dari: jpnn.com

Tahun 2016, Soal Ujian Nasional (UN) Akan Berubah

Soal-soal untuk ujian nasional menurut rencana akan berubah mulai 2016 guna menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi murid. Untuk menghasilkan butir-butir soal yang lebih berkualitas, model naskah soal akan dibuat sekelas The Graduate Record Examination dan The Scholastic Aptitude Test.
”Nanti akan kami undang para pembuat naskah soal GRE (The Graduate Record Examination) dan SAT (The Scholastic Aptitude Test) untuk memberikan pelatihan. Namun, ini baru akan kami lakukan tahun depan (2016),” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Sabtu, 10 Januari 2015 silam.

Secara terpisah, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Zainal Arifin Hasibuan mengatakan, meski fungsi UN sebagai penentu kelulusan sudah dihapus, fungsi-fungsi lain tetap dipertimbangkan, seperti sebagai alat pemetaan kondisi pendidikan di Indonesia. Penyelenggaraan UN diharapkan lebih bersih dari berbagai kecurangan.

Dilaksanakan Tiga Tahap
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan tiga tahapan ujian nasional (UN) di tahun 2016. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno pada rapat koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala LPMP, dan Kepala P4TK seluruh Indonesia:
- UN pertama, merupakan ujian perbaikan bagi peserta UN tahun 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran, dan berkeinginan memperbaikinya.
- UN kedua, merupakan ujian utama tahun 2016 dengan kisi-kisi baru.
- UN ketiga, merupakan perbaikan bagi peserta UN tahun 2016.

Totok menyebutkan tanggal-tanggal penting untuk pelaksanaan ketiga UN 2016 tersebut:
- UN pertama yang dijadwalkan adalah UN perbaikan 2015 yang akan dilaksanakan pada 22 Februari 2016.
- Untuk UN utama 2016 akan dilaksanakan mulai 4 April.
- UN perbaikan tahun 2016 akan dilaksanakan awal Juni atau September.

Materi Ujian

Untuk materi ujian, kata Totok, disesuaikan dengan jenis soal UN:
- UN perbaikan tahun 2015 materi ujiannya sesuai dengan kisi-kisi UN 2015.
- UN utama 2016 materi ujiannya ada tiga, yaitu irisan kurikulum KTSP dan K13, kisi-kisi UN yang dikeluarkan BSNP (bersifat makro), dan sesuai dengan ketuntasan kurikulum.
- UN perbaikan 2016, materinya sama dengan UN utama 2016 (dikutip Okezone, Selasa, 14 Juli 2015 dari laman Kemendiknas).

UN Berbasis Komputer

Dari sisi pelaksanaan, Totok menjelaskan, UN perbaikan 2015 akan dilakukan dengan berbasis komputer. Ujian akan dilaksanakan di SMA/SMK di domisili siswa saat ini dan siswa dapat mendaftar secara online ke dinas provinsi.

Untuk UN utama di 2016 akan dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan berbasis kertas dan komputer. Sedangkan untuk UN perbaikan 2016, mekanismenya sama dengan UN perbaikan 2015, yaitu berbasis komputer dan pendaftaran dilakukan secara online di dinas provinsi.

Terkait dengan rencana penggunaan hasil ujian nasional (UN) sebagai salah satu ”tiket masuk” perguruan tinggi negeri melalui jalur nontes, Anies menegaskan, hal itu belum ada keputusan. Sejak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) terpisah, persoalan itu tak mudah diselesaikan karena butuh penyesuaian di antara dua kementerian. ”Nanti akan disinkronkan dengan kebutuhan Kemristekdikti,” ujar Anies.

Nilai hasil UN masih dapat dikatakan dipercaya oleh perguruan tinggi negeri, paling tidak hasil UN tahun lalu, karena pelaksanaan yang relatif ”bersih” dari kecurangan. UN yang merupakan tes dengan soal-soal berstandar nasional dianggap lebih obyektif dibandingkan dengan nilai rapor hasil penilaian guru dan sekolah. Pengalaman perguruan tinggi negeri tersebut dikemukakan Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab, saat dihubungi, Sabtu.

Jika penyelenggaraan UN bisa dipercaya karena bersih dari kecurangan, lanjut Rochmat, perguruan tinggi negeri bersedia mengakui dan menggunakan hasil UN sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam penerimaan calon mahasiswa baru, terutama untuk seleksi penerimaan calon mahasiswa tanpa tes.
”Selama tesnya terstandar dan kredibel, itu lebih baik daripada hanya nilai guru di rapor. Standar setiap sekolah beda-beda sehingga nilai 9 di rapor sebuah sekolah A tidak akan sama dengan nilai 9 di sekolah B. Tidak adil memperbandingkan rapor antarsekolah,” kata Rochmat.

Sumber: Kompas dan Okezone

5W1H Berita Pembunuhan Hayriantira (Rian), Asisten Presiden Direktur PT XL Axiata

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Siapa
Terkuak sudah misteri hilangnya Hayriantira (37), asisten Presiden Direktur PT XL Axiata. Wanita yang akrab disapa Rian ini ternyata dibunuh oleh kekasihnya, Andy Wahyudi (39) di Hotel Cipaganti, Garut, Jawa Barat.

Di mana dan Kapan
Menurut Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Khrisna Murti kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/8/2015), korban dibunuh di Hotel Cipaganti, Garut, pada Oktober 2014 silam oleh tersangka.

Mengapa
AW mengaku membunuh korban dengan cara membekap mulutnya hingga tewas dan setelah itu mayat korban dimasukkan ke dalam bak mandi.
Dari CCTV hotel juga terlihat mobil Rian keluar dari hotel menggunakan pelat nomor palsu.
"Sejauh ini tersangka mengaku membunuh korban karena persoalan pribadi," ujar AKBP Herry. Polisi masih menyelidiki kemungkinan motif lain atau keterlibatan pihak lain.

Bagaimana
Sementara itu, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Garut terkait penemuan mayat korban.
"Kami menghubungi Polres Garut, apakah ada korban pembunuhan seorang wanita di Hotel Cipaganti dan ternyata memang benar ada," kata Herry.

Penemuan mayat korban dengan keterangan tersangka ada kecocokan. Tersangka, kepada polisi, mengaku bahwa mayat korban dimasukan ke dalam bak mandi di dalam kamar hotel tersebut.
"Dan ternyata keterangan tersangka ini cocok dengan temuan mayat di Hotel Cipaganti yang ditangani Polres Garut saat itu, posisi di mana korban juga ditemukan tewas di TKP cocok dengan keterangan tersangka," imbuhnya.

Dimodifikasi dari: detik

5W1H Berita Livi Zheng Sutradara Indonesia yang Tembus Hollywood

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Sutradara muda asal Indonesia berhasil menorehkan prestasinya di dunia perfilman Amerika. Film perdana Livi Zheng, "Brush with Danger", mendapat tanggapan baik dari pecinta film Hollywood.

Di mana
Pengambilan gambar "Brush with Danger" dilakukan di Seattle, Washington dan Los Angeles, California.

Kapan
Sebelum diputar secara serentak di seluruh Amerika pada 19 September 2015 mendatang, film ini akan diputar secara terbatas di New York. Film yang juga dibintangi Norman Newkirk, Nikita Breznikov, Michael Blend dan Stephanie Hilbert itu rencananya akan diputar di Indonesia akhir tahun ini.

Siapa
Livi merupakan sineas Indonesia pertama yang menjadi sutradara film yang diproduksi oleh Hollywood. Tak hanya itu, sineas berusia 25 tahun ini juga menjadi penulis naskah dan produser dalam film tersebut. Selain itu, Livi juga membintangi "Brush with Danger" bersama sang adik, Ken Zheng.
Zheng lahir di Jawa Timur, Indonesia pada 3 April 1989. Pada usia empat tahun, ia dan keluarganya berpindah ke Jakarta, Indonesia. Zheng memiliki satu adik, Ken yang juga terlibat dalam film dan seni bela diri. Ia dan saudaranya berpindah ke Beijing ketika ia berusia lima belas tahun, dan ke Amerika Serikat ketika ia berusia delapan belas tahun.

Mengapa
Torehan prestasi Livi di dunia perfilman Amerika ini tentu membanggakan bagi Indonesia terutama dunia perfilman Indonesia karena film perdana Livi tersebut masuk nominasi Piala Oscar tahun ini.

Bagaimana
"Brush with Danger" bercerita tentang kakak beradik Alice dan Ken yang terpaksa meninggalkan negara kelahirannya di Tiongkok dan bersembunyi di tempat pengapalan container untuk memulai kehidupan baru. Alice dan Ken yang dijebak oleh kolektor seni Jutus Sullivan (diperankan Norman Newkirk) dalam kasus pencurian lukisan Van Gogh sehingga mereka harus melarikan diri dari kejaran polisi dan juga kelompok kriminal.

Sukses dengan "Brush with Danger", Livi saat ini kembali menyutradarai film Hollywood keduanya. Film ini akan dibintangi oleh Tony Todd, John Savage, Keith David dan aktris cilik TV seri "The Nanny", Madeline Zima.

Dimodifikasi dari: wowkeren dan wikipedia
Foto: wowkeren

5W1H Berita MUI Fatwakan BPJS Kesehatan adalah Haram

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, di mana, Kapan, dan Siapa
MUI pada 9 Juni 2015 mengeluarkan fatwa bahwa program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak sesuai syariah Islam. Sidang Pleno Ijtima Ulama Komisi Fatwa Se-Indonesia V yang dipimpin Ketua Bidang Fatwa MUI Ma'ruf Amin, membahas program termasuk modus transaksional yang dilakukan BPJS Kesehatan dari perspektif ekonomi Islam dan fiqh mu'amalah, dengan merujuk pada Fatwa Dewan Syari'ah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan beberapa literatur.

Mengapa
"Nampaknya bahwa secara umum program BPJS Kesehatan belum mencerminkan konsep ideal jaminan sosial dalam Islam, terlebih lagi jika dilihat dari hubungan hukum atau akad antar para pihak," tulis dokumen hasil sidang yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi mui.or.id, Rabu (29/7/2015).

Bagaimana
Dalam poin 'Ketentuan Hukum Dan Rekomendasi', sidang memutuskan, penyelenggaraan jaminan sosial oleh BPJS Kesehatan, terutama yang terkait dengan akad antarpara pihak, tidak sesuai dengan prinsip syari'ah. "Karena mengandung unsur gharar, maisir dan riba."

MUI pun mendorong pemerintah untuk membentuk, menyelenggarakan, dan melakukan pelayanan jaminan sosial berdasarkan prinsip syari'ah dan melakukan pelayanan prima.

Referensi: Liputan6

Contoh Teks Tantangan “Kenaikan Harga BBM”

Contoh Teks Tantangan “Kenaikan Harga BBM”-- Teks Tantangan adalah jenis teks yang memuat informasi yang memuat bantahan terhadap hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat disertai argumen dan data-data yang memperkuat bantahan.

Teks ini memiliki ciri: 1). Strukturnya terdiri atas: Isu, Argumen (menentang), dan Simpulan/Saran. 2). Memuat informasi yang memuat bantahan terhadap hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat disertai argumen dan data-data yang memperkuat bantahan. 3). Ciri-ciri kebahasaan: Kalimat kompleks, kata rujukan, kata hubung, pilihan kata.
Berikut contoh teksnya:
Sebanyak 10 ribu buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Indonesia (MPBI), terdiri dari KSPI, KSPSI, KSBSI dan Federasi SP lainnya hari ini (17/6/2013) kembali turun aksi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan mengepung gedung DPR RI, di mana akan dilakukan sidang paripurna DPR terkait pembahasan APBN-P 2013. Seperti diketahui, pemerintah memastikan akan menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar pada pekan ini. Rencananya harga premium akan naik Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Saat ini kedua jenis BBM tersebut dijual dengan harga Rp 4.500 per liter.

Menurut para pendemo, langkah pemerintah menaikkan harga BBM, dibarengi pembagian Bantuan Langsung Sementara (BLSM) pada masyarakat miskin adalah tindakan pembodohan dan tidak produktif. Kenaikan harga BBM juga merupakan tindakan yang tidak pro rakyat kecil terutama buruh.
Kenaikan harga BBM itu membuat daya beli buruh turun. Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 500 ribu- Rp 700 ribu akan tergerus atau sia-sia karena harga sembako naik, sewa rumah dan kontrakan naik, transportasi naik dan inflasi akan naik di atas 10%. Dampaknya pada 44 Juta buruh formal akan jadi miskin lagi jadi buruh akan makin menderita.

Kenaikan BBM juga menunjukkan bahwa pemerintah gagal dalam mengelola keuangan negara. Pemerintah dianggap gagal dalam mengoptimalkan potensi pajak, dari 60 juta orang dengan penghasilan kena pajak, baru sekitar 8.8 juta atau 14,7% yang membayar pajaknya. Dan dari 5 juta badan usaha yang mendaftarkan dirinya sebagai wajib pajak, baru 520 ribu atau 10,4 % saja yang membayar pajaknya. Penerimaan pajak penghasilan (pph ) turun dari Rp 584.9 triliun menjadi Rp 530,7 triliun, turun Rp 54,1 triliun ditambah kasus korupsi yang terjadi di Dirjen Pajak.

Berdasarkan pemeriksaan BPK 2012, dana bantuan sosial yang bermasalah sebesar Rp 31,66 triliun, jadi aparat yang korup yang jadikan rakyat sengsara. Untuk itu, masih banyak cara untuk menekan defisit anggaran.

Kenaikan BBM juga menunjukkan bahwa pemerintah gagal dalam mengelola kebijakan energi. Pemerintah telah mengorbankan rakyat untuk kepentingan asing, karena minyak yang dikelola oleh pertamina hanya sekitar 14% dari total yang ada dan selebihnya dikuasai swasta dan asing, sehingga Indonesia harus mengimpor minyak, di saat yang sama Indonesia juga mengekspor. Pemerintah juga tidak serius membangun kilang minyak untuk meningkatkan kapasitas produksi Pertamina dan tidak serius menyiapkan gas sebagai energi alternatif.

Pemberian BLSM Rp 150 ribu per bulan untuk setiap keluarga, artinya tiap keluarga dengan empat orang dapat bantuan Rp 1.250 per orang per hari. Sedangkan kenaikan BBM Rp 2.000 per liter, ditambah naiknya harga sembako, transportasi, dan kontrakan yang bila dihitung tidak akan kurang dari Rp 400 ribu per keluarga.
Rakyat miskin akan tekor Rp 250 ribu per bulan bila subsidi BBM diganti BLSM. BLSM hanya diberikan selama empat bulan. Sedangkan imbas dari kenaikan BBM akan selamanya dirasakan rakyat miskin dan buruh. Apalagi, kenaikan harga BBM ini menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, pasti kenaikan harga akan berlipat-lipat.
Selain itu, pemberian BLSM sebagai penganti subsidi BBM kepada rakyat miskin juga sarat kepentingan politis, pemberian BLSM ini akan dimanfaatkan partai penguasa untuk menarik dukungan masyarakat, kenaikan harga BBM dan pemberian BLSM hanya untuk kepentingan para politisi dan pencitraan para pejabat di mata rakyat.

Sebaiknya, pemerintah harus mempertimbangakan matang-matang saat memutuskan kenaikan harga BBM. Jangan terlalu tinggi dan harus dibarengi dengan kontrol yang kuat agar kenaikan itu tak berimbas pada kenaikan harga barang, transportasi, dan lain-lainnya. Pemerintah perlu memikirkan kebijakan strategis lain untuk memperbaiki perekonomian, bukan hanya memikirkan kenaikan harga BBM.
Struktur teks:
Bagian Isu: "Sebanyak 10 ribu buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Indonesia (MPBI), terdiri dari.....dst."
Bagian Argumen (menentang): "Menurut para pendemo, langkah pemerintah.....dst."
Bagian Simpulan: "Sebaiknya, pemerintah harus mempertimbangakan......dst."

Sumber teks: Liputan6

Contoh Teks Tanggapan Kritis “Perlukah Pesawat Kepresidenan”

Contoh Teks Tanggapan Kritis “Pesawat Kepresidenan”-- Teks Tanggapan Kritis adalah jenis teks yang menanggapi secara kritis permasalahan di sekitar tempat tinggal kita. Sebelum memberikan tanggapan kritis terhadap sesuatu (misalnya menanggapi teks atau artikel), kita harus memahami dulu fakta atau hal yang akan kita tanggapi. Tanggapan kita dapat menguatkan atau melemahkan pandangan dan pendapat yang ada di dalam teks yang ditanggapi. Bahkan, kita bisa menolak pandangan dan gagasan dalam artikel itu melalui alasan yang didukung data akurat. Pandangan-pandangan itu kita tulis dengan dasar dan referensi yang tepat agar tidak menjadi sebuah tanggapan yang tidak dapat diterima orang lain.

Tanggapan kritis, baik tanggapan untuk mendukung maupun menolak pendapat yang sudah ada, disampaikan melalui bahasa lisan atau bahasa tulisan. Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Evaluasi, Deskripsi teks, Penegasan ulang (Versi buku siswa). Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Evaluasi, Tafsiran, dan Simpulan (Versi Silabus). 2. Memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan. 3. Ciri-ciri bahasa: Kalimat kompleks, Konjungsi, Kata rujukan, Kata hubung, Pilihan kata.

Berikut contoh teksnya:
Indonesia kini memiliki pesawat kepresidenan. Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.

Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik.

Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional.
Pada zaman Presiden Gus Dur sudah ada wacana pembelian pesawat kepresidenan itu, tetapi dengan mempertimbangkan biaya yang sangat tinggi akhirnya rencana tersebut tidak direalisasikan. Apakah fakta tersebut tepat sebagai alasan? Hitungan dan efektivitasnya dapat diuraikan dengan jelas. Pesawat itu dibeli dengan harga Rp820 miliar dan mulai dibuat sejak 2011. Pesawat itu mampu terbang sekitar 10—12 jam, mampu menghalau peluru kendali, dapat mendarat di bandara kecil, bisa memuat rombongan Presiden hingga
50 orang, dan memiliki peralatan navigasi, komunikasi, sistem keamanan, isolasi kabin, dan hiburan khusus selama penerbangan. Dari total US$91,2 juta atau Rp820 miliar biaya yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia untuk membeli BBJ2, US$58,6 juta dialokasikan untuk badan pesawat, US$27 juta guna interior kabin, US$4,5 juta bagi sistem keamanan, dan US$1,1 juta untuk biaya administrasi.

Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) jilid dua, wacana ini kembali muncul. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp114 miliar per tahun. Sekretaris Negara mengklaim bahwa jauh lebih
murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri daripada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia seperti yang selama ini dilakukan. Sistem carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan, biaya terus meningkat. Pada 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp75 miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp180 miliar.




Alasan berikutnya jelas bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang mau tidak mau Presiden harus memiliki pesawat sendiri. Tidak mungkin Presiden menggunakan pesawat komersial karena jadwalnya sangat terbatas. Pandangan bahwa memiliki pesawat
kepresiden bukan merupakan prioritas juga dapat dibantah karena saat ini perekonomian Indonesia sudah stabil. Pertumbuhan cukup baik sehingga operasional dapat ditutupi. Pembelian pesawat kepresidenan juga bukan hal yang menghilangkan kepekaan terhadap rakyat. Kepekaan kepada rakyat dapat ditunjukkan secara langsung dengan mengeluarkan kebijakan yang memihak kepada rakyat, khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional.

Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.

Struktur teks:
Bagian Evaluasi: "Indonesia kini memiliki pesawat kepresidenan. Meskipun tidak.....dst."
Bagian deskripsi: "Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat.....dst."
Bagian penegasan ulang: "engan demikian, pembelian pesawat kepresidenan......dst."

Sumber: Buku Siswa IX Depdikbud

Tags: # contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya #contoh teks tanggapan kritis singkat #contoh teks tanggapan kritis fenomena alam #contoh teks tanggapan kritis tentang sekolah #teks tanggapan kritis tentang pendidikan #struktur teks tanggapan kritis #cerita teks tanggapan kritis

Imaji dalam Puisi

Imaji dalam Puisi--
Istilah Imaji sama dengan citraan atau penginderaan. Imaji/ Citraan adalah efek yang ditimbulkan oleh kata atau susunan kata dalam puisi terhadap pancaindera manusia.

Macam-macam Imaji:

Imaji Visual:
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera penglihatan kita (mata).
Contoh: Tinggal kedip lilin di kelam sunyi

Imaji Auditif:
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera pendengaran kita (telinga).
Contoh: Aku masih menyebut nama-Mu

Imaji Cium:
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera penciuman kita (hidung.
Contoh: Harum semerbak mewangi

Imaji Rabaan:
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera peraba kita (kulit).
Contoh: Cahaya-Mu panas suci

Imaji Cecapan/ Rasa:
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera pengecap kita (lidah) atau jika memberi efek pada perasaan (hati).
Contoh:
- Semanis gula, sepahit empedu
- Aku hilang bentuk, remuk.

Telah Berpulang Murid Saya, Teman Kalian: RATU NIAH

Foto: Ratu sewaktu di kelompok saat kelas 8a

Telah berpulang ke rahmatullah
murid saya dan teman kalian juga
RATU NIAH
(sekarang kelas 9 di SMPN 2 Tanta)
Sebelum meninggal, ia menderita sakit DBD.
Menurut pelacakan saya, ia mulai sakit saat UAS (UKK) berlangsung dan sakit itu terus dideritanya hingga awal tahun pelajaran 2015/2016.
Jumat malam (31 Juli 2015) sekitar pukul 19.30 WITA, ia menghembuskan nafasnya yang terakhir.
Almarhumah dikebumikan Sabtu siang (1 Agustus 2015)
(tanpa kehadiran saya)
....
Selamat jalan, Nak.... Semoga Allah SWT mengampuni dosamu. Doa Bapak dan teman-teman menyertaimu....
(Ratu berdiri paling kiri, foto terakhir sebelum saya pindah ke SMPN 2 Muara Uya)

Inilah Nada/ Irama Lagu "Mengheningkan Cipta" yang Benar

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Inilah Nada/ Irama Lagu "Mengheningkan Cipta" yang Benar--
Senin, 17 Agustus nanti, kita akan mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke-70. Seperti pada upacara bendera setiap senin, kita juga menyanyikan lagu "Mengheningkan Cipta". Namun, tahukah kalian, lagu yang kalian nyanyikan itu masih 'tergelincir salah' alias kurang tepat nada/ iramanya? Yang paling nampak adalah ketika larik ".... bela nusa bangsa.....", selalu nadanya seperti itu.

Nah, coba cek melalui tombol play (tanda segitiga) berikut dan dengarkan nada/ irama saat larik "....Nan gugur remaja di ribaan bendera, BELA NUSA BANGSA....":
(Lagu bisa di-download (unduh) melalui tombol dengan tanda panah ke bawah).
Kesalahan sedikit saja tetap tak bagus apalagi untuk sebuah lagu kebangsaan kita....

Sumber
Daftar Isi Blog ringkasan materi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, contoh soal, hasil belajar siswa, dan info pendidikan. Copas ke blog lain? Cantumkan link sumber!