Penggunaan Kata Sapaan dan Contohnya

Kata sapaan sering digunakan untuk menegur orang yang diajak berbicara. Penggunaan kata sapaan harus memerhatikan mitra bicara agar tidak terjadi kesalahan yang dapat mengganggu jalannya diskusi. Huruf pertama pada kata sapaari ditulis menggunakan huruf kapital, baik pada kalimat dalam teks dialog, narasi, ataupun deskripsi.

Berikut uraian singkat mengenai kata sapaan yang sering digunakan.
1) Kata sapaan berupa kata ganti orang pertama
Kata sapaan berupa kata ganti orang pertama digunakan untuk mengganti nama diri sendiri. Kata sapaan yang sering digunakan adalah aku dan saya. Namun, untuk situasi formal biasanya menggunakan kata saya.
Contoh:
Mengingat akan pentingnya kesehatan, saya sependapat bahwa penggunaan masker oleh para pekerja bersifat wajib.


2) Kata sapaan berupa kata ganti orang kedua
Kata sapaan berupa kata ganti orang kedua mengacu pada orang yang sedang kita ajak bicara. Kata sapaan ini digunakan pada percakapan langsung dengan lawan bicara. Sapaan yang digunakan, antara lain Anda dan kamu. Namun, untuk situasi formal, kata sapaan yang harus digunakan adalah Anda.
Contoh:
Pendapat yang Anda sampaikan memang benar. Oleh karena itu, saya setuju dengan Anda.

3) Kata sapaan berupa kata ganti orang ketiga
Kata sapaan berupa kata ganti orang ketiga mengacu pada orang lain yang sedang kita bicarakan dengan lawan bicara. Sapaan biasanya diletakkan di depan nama orang yang terlibat dalam pembicaraan tersebut. Bentuk sapaan untuk orang ketiga berbeda dengan orang kedua. Untuk sapaan bentuk kedua, pihak yang kita sapa merupakan orang yang berhadapan langsung dengan kita, sedangkan untuk sapaan bentuk ketiga, pihak yang kita sapa tidak harus berada atau bertatapan langsung dengan kita. Jadi, bisa saja pihak yang kita bicarakan tidak berada pada forum diskusi tersebut. Bentuk kata ganti orang ketiga berupa saudara, saudari, ibu, dan bapak merupakan sapaan yang sering digunakan karena sapaan tersebut memberikan kesan menghormati terhadap orang yang disapa.
Contoh:
- Pendapat yang disampaikan oleh Saudara Udin sudah sesuai dengan tema.
- Meskipun demikian, sanggahan yang diberikan oleh Bapak Ali masih harus dikaji ulang.

Jika kata sapaan digunakan bukan untuk menyapa orang ketiga atau orang yang dibicarakan secara langsung, maka bentuk penulisan huruf pertama pada kata sapaan tidak menggunakan huruf kapital.
Contoh:
- Bagi saudara yang ingin memberikan pendapat lagi, silakan langsung mengacungkan jari.
- Kami buka termin pertama untuk saudara-saudara. Silakan jika ingin bertanya atau memberikan pendapat.

Selamat belajar....

Bermain Peran dengan Improvisasi atau Naskah Drama yang Ditulis Siswa

Drama merupakan pertunjukan yang mengangkat gambaran kehidupan manusia. Drama merupakan miniatur kehidupan yang diangkat ke panggung. Bermain drama di atas panggung diawali dengan berbagai latihan, yaitu olah rasa, olah vokal, olah tubuh, musik, tari, dan seni lainnya yang mendukung. Pementasan drama dapat dimainkan berdasarkan teks atau tanpa teks dan cenderung spontanitas. Hal demikian itu disebut improvisasi.
Pada pementasan drama yang berdasarkan pada naskah dialog biasanya latar, pembabakan, dan karakterisasi tokoh sudah ditentukan dan harus dihapalkan, serta dilatih terus-menerus supaya harmonis dan padu. Pada permainan drama zaman dahulu, pementasan tidak berdasarkan pada naskah, namun pada inti dan akhir cerita. Dalam bermain drama tanpa pegangan naskah (improvisasi), sutradara hanya memberikan cerita pokok atau garis besar, alur cerita, dan memilih pemain.
Memerankan naskah drama dapat menjadi media ekspresi yang dapat melatih emosi. Dalam bermain peran, baik berdasarkan naskah, maupun tanpa naskah, pemain harus paham mengenai teknik akting. Hal-hal yang harus diperhatikan pemain di antaranya sebagai berikut:
a. Berperan sebagai tokoh dengan sungguh-sungguh.
b. Bisa bekerja sama dan kompak dalam permainan.
c. Tidak menyimpang dari jalan cerita.
d. Dialog dan pelafalan (intonasi dan artikulasi) jelas.
e. Anggota badan yang digerakkan mencerminkan karakter tokoh.

Dalam kegiatan mengekspresikan sebuah naskah drama ke dalam sebuah pertunjukan, ada hal-hal yang harus kita pelajari terlebih dahulu. Sebelum pentas, kita juga perlu latihan terlebih dahulu. Kegiatan latihan dalam pementasan drama merupakan wadah untuk mematangkan berbagai aspek pendukung pementasan. Jika kita diberi tugas sebagai seorang aktor dalam drama, manfaatkanlah waktu latihan untuk menghayati watak tokoh yang akan diperankan. Dengan demikian, kita akan dapat memerankan tokoh tersebut dengan baik.

Sebelumnya, untuk melatih penghayatan diperlukan latihan olah sukma. Untuk melatih gerak-gerik dan mimik, kita perlu melakukan latihan olah tubuh, sedangkan untuk melatih intonasi kita memerlukan latihan olah vokal.
Latihan-latihan tersebut sangat penting dilakukan agar saat pementasan berlangsung, tubuh aktor akan siap secara keseluruhan.
Dengan demikian, penonton tidak akan merasa jenuh.

Sebelum memerankan tokoh dalam sebuah drama, kita harus menghayati terlebih dahulu peran tersebut. Dengan demikian, kita akan bermain dengan sangat baik. Setelah kita memahami dan menghayati peran dalam drama, kita perlu melatih gerak-gerik (gestur), mimik (ekspresi wajah), dan intonasi dalam pelafalan dialog. Hal ini bertujuan agar penonton dapat menangkap pesan atau maksud yang hendak disampaikan oleh pemain.

1. Gerak-Gerik (Gestur)
Seorang pemain drama perlu mengontrol tubuhnya sendiri agar sesuai dengan peran yang akan diperankannya. Misalnya, saat kita berperan sebagai seorang guru yang berwibawa tentunya berbeda gestur saat kita berperan sebagai seorang kakek renta. Contoh lainnya adalah saat kita berperan sebagai seorang siswa yang baik dan pintar, tentunya berbeda dengan gestur siswa badung yang pemalas.
Untuk dapat menguasai gestur tokoh-tokoh tertentu dengan baik, kita perlu melakukan latihan olah tubuh. Di samping itu, kita pun perlu melakukan observasi atau pengamatan terhadap figur tokoh yang akan kita perankan. Misalnya, saat kita ditugasi
berperan sebagai seorang guru, kita dapat melakukan pengamatan terhadap guru kita.

2. Mimik atau Ekspresi
Latihan mengolah mimik pun merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Penonton dapat mengetahui suasana hati tokoh yang diperankan melalui mimik yang diperlihatkan oleh pemain. Contohnya, saat pemain berperan sebagai seseorang yang sedang bersedih, tidak
mungkin dia menunjukkan mimik atau ekspresi bahagia.

Agar mimik Anda dapat terlatih dengan baik, kita dapat melakukan kegiatan senam wajah setiap hari. Caranya, yaitu menggerak-gerakkan seluruh otot wajah kita hingga terasa pegal. Hal ini dapat membantu kita melenturkan otot-otot wajah kita sehingga mudah dibentuk untuk menampilkan ekspresi-ekspresi tertentu.

3. Intonasi
Intonasi dalam pelafalan dialog drama sangat diperlukan. Intonasi yang baik akan membuat penonton tidak jenuh dan permainan lebih hidup. Pengolahan intonasi dapat dilakukan dengan cara:
a. menaik-turunkan volume suara;
b. merendah-tinggikan frekuensi nada bicara;
c. mengatur tempo pengucapan;
d. mengatur dan menolah warna serta tekstur suara.

Saat mengekspresikan dialog drama, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yakni:
1. Memahami dialog drama dengan saksama.
2. Berkonsentrasi pada karakter atau watak yang telah kita dapatkan.
3. Mengontrol emosi.
4. Konsisten pada karakter yang telah kita pelajari.

Dalam ilmu seni peran, kegiatan-kegiatan tersebut terangkum dalam latihan olah sukma. Latihan olah sukma ialah salah satu bentuk latihan dasar yang bertujuan untuk memasukkan karakter tokoh tertentu ke dalam diri pemain. Dengan demikian, saat sedang memerankan suatu tokoh, pemain atau aktor tersebut benar-benar telah melepaskan karakter asli dalam dirinya selama pementasan berlangsung.

Adapun tahapan-tahapan latihan olah sukma adalah:
1. Konsentrasi, yakni pemusatan pikiran dalam mempelajari sebuah karakter.
Seorang aktor harus dapat berkonsentrasi penuh seakan mengubah keseluruhan dirinya menjadi peran tersebut.
2. Imajinasi, yakni kemampuan mengembangkan daya khayal.
Hal ini sangat diperlukan dalam pendalaman sebuah peran untuk menghidupkan sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Misalnya, membayangkan panggung sebagai sebuah taman yang dikelilingi pepohonan rindang. Latihan pengembangan imajinasi dapat dilakukan dengan cara:
a. Membayangkan benda yang tidak ada dan tidak dapat disentuh menjadi seolah-olah ada dan dapat disentuh.
b. Membayangkan sosok orang yang tidak ada menjadi seolah-olah ada dan dapat berinteraksi.
c. Membayangkan kejadian yang belum pernah ada dan dialami. Misalnya, membayangkan rasa sedih saat kehilangan seseorang yang kita sayangi.
3. Ingatan emosi, yakni meningkatkan kepekaan terhadap emosiemosi alamiah yang mungkin terjadi.
Caranya adalah dengan mengingat emosi-emosi dasar seperti tertawa, menangis, dan marah. Kemudian, mengombinasikan emosi, yakni tertawa, tiba-tiba marah, lalu menangis.
4. Relaksasi, yakni meringankan ketegangan pada tubuh akibat lelah saat latihan.
5. Observasi, yakni meninjau secara langsung karakter tokoh yang akan diperankan. Misalnya, mengamati kehidupan orang gila saat aktor akan bermain drama sebagai orang gila.

Soal dan Jawab Siklus Air (Pelajaran IPA)

Salah satu materi soal dalam pelajaran IPA adalah Siklus Air. Walau begitu, materi ini terkait dengan segala hal yang berhubungan dengan air dan fenomena alam lainnya. Berikut contoh soalnya:

1.Siklus air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke bumi disebut apa? Siklus air
2.Titik air di angkasa membentuk awan. Proses ini disebut apa? Daur air
3.Saat meletus, gunung berapi mengeluarkan cairan panas memijar yang disebut apa? Lava
4.Air di permukaan bumi menguap karena panas dari apa? Matahari
5.Asap yang bercampur udara dan terkena hujan dapat menimbulkan hujan apa? Hujan asam
6.Peristiwa bergetarnya bumi disebut apa? Gempa bumi
7.Pada proses daur air, uap air naik ke udara membentuk apa? Awan
8.Abu vulkanik gunung meletus menyebabkan tanah menjadi apa? Subur
9.Penebangan hutan secara liar dapat menyebabkan apa? Banjir dan tanah longsor
10.Air hujan yang meresap ke dalam tanah dapat menyuburkan tanah juga disimpan sebagai apa? Sumber air

Materi Ulangan Harian Ke-2 Semester Genap (Dua)

Materi Ulangan Harian Ke-2 Semester Genap (Dua)--
Kelas 7 Smt.2 (KTSP)
  1. Mengubah teks wawancara menjadi narasi
  2. Menulis pesan singkat (memo) sesuai dengan isi, dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun (Contoh Soal)
  3. Menanggapi cara pembacaan puisi
  4. Merefleksi isi, makna, citraan, dan gaya bahasa dalam puisi yang dibacakan (Contoh Soal)
  5. Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial masa kini (Contoh Soal)
  6. Membaca indah puisi
  7. Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan (Contoh Soal)

Kelas 8 Smt.2 (KTSP)
  1. Menulis teks berita
  2. Menulis slogan (Contoh), poster (Contoh)
  3. Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (Contoh Soal)
  4. Menjelaskan tema dan latar novel remaja (Contoh Soal)
  5. Mendeskripsikan alur novel remaja
  6. Mengomentari kutipan novel remaja
  7. Menanggapi hal yg menarik dari kutipan novel

Kelas 9 Smt.2 (KTSP)
  1. Menulis surat pembaca ttg lingkungan sekolah
  2. Menerangkan sifat-sifat tokoh dari novel yg dibacakan
  3. Menjelaskan alur peristiwa novel yg dibacakan
  4. Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
  5. Menemukan gagasan dari berbagai artikel/ buku (Contoh Soal)
  6. Mengubah sajian grafik, tabel, bagan menjadi uraian Contoh Soal
  7. Menyimpulkan gagasan utama dg mbc cepat 300 kata (Contoh Soal)
Selamat belajar

Contoh Soal Ujian Sekolah (Pra-UN) tahun 2015

Tanggal 4-7 Mei nanti kalian akan mengikuti Ujian Nasional. Sebelum itu, kalian akan mengikuti terlebih dahulu Ujian Sekolah, yaitu tanggal 6-11 April 2015. Berikut contoh soal Ujian Sekolah Bersama yang Bapak ambil dari arsip tahun 2014 yang lalu. Selamat belajar....

1. Rendahnya minat baca siswa disebabkan oleh dua faktor. Faktor tersebut bersifat internal dan eksternal. Faktor internal antara lain, siswa tidak suka membaca, malas dan kurangnya motivasi. Faktor eksternal anatara lain terbatasnya jumlah dan keberagaman buku serta kurang adanya keteladanan membaca dari orangtua dan guru.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
a. Faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa
b. Malas dan kurangnya motivasi siswa dalam membaca
c. Terbatasnya jumlah buku dan kurang adanya keteladanan
d. Perlunya diadakan upaya untuk meningkatkan minat baca siswa

2. (1) Salah satu bagian sepeda motor yang penting adalah ban. (2) Biasanya para pengendara kurang memperhatikan hal itu. (3) Mereka kurang memperhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara juga ditentukan oleh kondisi ban. (4) Oleh sebab itu, para pengendara perlu memperhatikan kondisi ban secara berkala.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor ...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

3. Bacalah paragraf berikut !
Banyak bank melakukan promosi untuk menarik nasabah, salah satunya adalah bank Executive. Untuk menjaring nasabah, bank itu menawarkan berbagai macam produk disertai iming-iming hadiah langsung yang menarik. Alhasil, dalam pameran yang dilakukan di dua tempat, bank ini dapat menjaring 80 nasabah baru.
Kritik yang tepat terhadap bacaan tersebut adalah......
a. Masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk menabung.
b. Untuk menjaring nasabah, bank memang melakukan promosi.
c. Kalau tidak mengikuti pameran, bank kesulitan mendapat nasabah baru.
d. Pihak bank harus menjamin keamanan dana nasabah, bukan hanya iming-iming.

4. Teks Berita 1
Pagi ini, Kamis 18 Oktober 2012, setibanya di balai kota, Jokowi langsung menemui seorang nenek yang telah menunggunya sejak pagi. Eka Astuti, nenek berjilbab, mendatangi Jokowi sambil menangis dan membawa sebuah map yang ditujukan untuk orang nomor satu Jakarta itu. Eka datang sejak pukul 07.57 WIB di balai kota bersama suaminya yang juga sudah sepuh.
Teks Berita 2
Joko Widodo atau lebih dikenal dengan panggilan Jokowi masih enggan naik mobil dinas yang telah disediakan pemerintah provinsi DKI meski ia sudah lima hari menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jokowi mengaku lebih senang menggunakan mobil Kijang Inova yang selama ini ia naiki. Mobil dinas yang disediakan untuk Jokowi saat ini terparkir di garasi mobil bagian umum.
Kesamaan isi kedua kutipan berita tersebut adalah....
a. Waktu berita.
b. Objek berita.
c. Pelaku berita.
d. Penyebab berita.

5. Perhatikan kutipan teks berita berikut ini.
Kutipan Teks Berita 1
Pukul 02.05 WIB kemarin sebuah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dibakar. Pelaku tidak dikenali. Akibat aksi tersebut, gerai ATM meledak hingga terpental sejauh 10 meter.
Kutipan Teks 2
Seorang laki-laki nekat membakar Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kejadian itu tepat pukul 02.00 WIB dini hari. Akibatnya, gerai ATM meledak, tetapi tidak ada korban jiwa.
Perbedaan penyajian teks tersebut adalah ...
a. Teks 1 diawali kapan; teks 2 diawali siapa
b. Teks 1 diawali siapa; teks 2 diawali apa
c. Teks 1 diawali apa; teks 2 diawali bagaimana
d. Teks 1 diawali bagaimana; teks 2 diawali mengapa

6. Bacalah kutipan biografi berikut ini.
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, tanggal 26 Juli 1922. Chairil Anwar adalah tipe pemuda yang suka membaca dan belajar sendiri sehingga tulisannya memiliki kualitas yang sangat tinggi. Ia pun dikenal sebagai pelopor penyair Angkatan ’45. Dari esai-esai dan sajaknya, jelas sekali ia seorang individualistis yang bebas. Dengan berani dan secara demonstratif, ia menentang pula sensor Jepang dan ia selalu menjadi incaran kempetai (polisi rahasia Jepang).
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
a. Suka membaca dan belajar sendiri
b. Memiliki tulisan yang berkualitas
c. Menentang segala tekanan Jepang
d. Pelopor penyair Angkatan ‘45
7. Perhatikan iklan berikut!

Informasi yang termuat dalam iklan tersebut adalah ...
a. Delaimi merupakan susu tanpa bahan pengawet
b. Ibu Dewi merupakan pengolah produk susu kedelai.
c. Susu Delaimi diproses dari kedelai alami.
d. Delaimi menawarkan susu kedelai alami kaya nutrisi.

8. Perhatikan iklan berikut!
1) Salah satu sumber belajar adalah Buku Siswa Elektronik (BSE) yang telah mendapat rekomendasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2) Cara mudah dan murah mendapatkannya adalah Anda bisa mengunduh di salah satu web dengan membuka Google, lalu ketik Buku Siswa Elektronik. 3) Kemudian, pilih buku yang Anda inginkan. 4) Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk download dan print, selesai.
Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandai nomor....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

9. Perhatikan teks iklan berikut!
1) Dibutuhkan Segera: Teknisi Komputer. 2) Syarat: lulusan SMK, usia di bawah 25 tahun, berpengalaman minimal dua tahun di bidang yang sama. 3) Lamaran disampaikan ke: Kursus Komputer Kesuma, Jalan Pembataan Nomor 25, Tanjung. 4) Hanya yang memenuhi syarat yang akan dipanggil mengikuti seleksi.

Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandai nomor ....
a. 1)
b. 2
c. 3
d. 4

10. Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Anggapan seperti itulah yang membuat beberapa orang menyepelekan diare. Mereka beranggapan bahwa diare merupakan hal yang wajar dan tidak perlu penanganan secara khusus. Padahal, diare dapat membawa dampak yang menakutkan. Bahkan, diare juga dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, terutama pada anak-anak. Korban jiwa dapat berjatuhan jika wabah diare tidak segera ditangani. Jadi, tidak ada salahnya jika kita melakukan usaha pencegahan mulai sekarang.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...
a. Diare merupakan penyakit yang dapat membawa kematian.
b. Penyakit diare tidak boleh dianggap sepele karena penyakit ini dapat mematikan.
c. Banyak orang menyepelekan penyakit diare dengan membiarkan penyakit diare sembuh dengan sendirinya.
d. Dampak yang diakibatkan penyakit diare.

11. Perhatikan grafik berikut!
Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik adalah …
a. Wisatawan mancanegara senang berkunjung ke Gunung Tandikek
b. Kunjungan wisatawan mancanegara selalu meningkat setiap tahun.
c. Peningkatan jumlah kunjungan tahun 2010
d. Kunjungan wisatawan mancanegara ke Gunung Tandikek paling tinggi pada .tahun 2010.

12. Perhatikan tabel berikut
Simpulan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ...
a. Merek kopi yang paling laris di pasaran adalah Kapal Laut.
b. Kopi Black Coffe sangat diminati oleh masyarakat
c. Kopi merek Netcoffe memiliki persentase penjualan terendah.
d. Tahun 2012 kopi merek Indokopi memiliki persentase penjualan tertinggi.

13. Perhatikan bagan berikut
Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah...
a. Wakasek Kurikulum dan Wakasek Kesiswaan (Humas) saling berkoordinasi.
b. Pengurus OSIS bertanggung jawab kepada pembina OSIS.
c. Ketua OSIS membawahi seksi-seksi.
d. Bendahara membawahi seksi Olah Raga dan Keagamaan

14. Perhatikan denah berikut!
Rumah Dita di Jalan Kantil. Dita dari Swalayan Jaya menuju rumahnya. Rute terpendek yang dilewati Dita adalah ...
a. Jalan Mawar, Jalan Melati.
b. Jalan Mawar, Jalan Kantil
c. Jalan Mawar, Jalan Melati, Jalan Menur, Jalan Kantil.
d. Jalan Mawar, Jalan Melati, Jalan Kenangan, Jalan Kantil.

15. Simak ilustrasi berikut!
Adit sangat percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dikuasainya. Oleh karena Itu, ia yakin akan menang dalam lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten. Satu bulan sebelum lomba, guru pembimbing meminta Adit untuk melatih diri berpidato. Karena merasa pintar, ia malas berlatih. Sehari sebelum lomba, ia mengajak teman-temannya bermain playstation di rumahnya. Kemudian, saat lomba berlangsung ia merasa gugup berada di atas panggung. Ia lupa dengan materi yang akan disampaikan. Kemampuannya berbicara bahasa Inggris pun menjadi kacau. Ia menyesal dan malu pada guru serta teman-temannya.
Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Aku gembira menjadi wakil dari sekolah untuk lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten. Aku sangat berharap menjadi juara agar bisa mengajak teman-teman bermain Playstation di rumah.
b. Aku sudah berusaha. Aku berjuang agar bisa menang saat lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten. Ternyat doaku belum terkabul. Aku gagal.
c. Aku terlalu percaya diri sewaktu mengikuti lomba bahasa Inggris tingkat kabupaten. Hasilnya gak seperti yang kuinginkan. Wah, aku menyesal dan malu.
d. Aku suka mengajak teman-teman bermain playstation di rumah. Meskipun besok aku mengikuti lomba pidato bahasa Inggris tingkat kabupaten, aku malas belajar.

16. Perhatikan ilustrasi berikut!
Guru olahraga SMP Perintis meminta kapada ketua OSIS SMP Perintis untuk mengikuti pertandingan bola basket antarsekolah. Pendaftaran pada hari Jumat-Minggu, 23-25 Mei 2014 di SMP Percobaan.
Kalimat memo yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
a. Harap ketua OSIS SMP Perintis mendaftar pertandingan bola basket. Pendaftaran pada hari Jumat-Minggu, 23-25 Mei 2014 di SMP Percobaan.
b. Tolong segera mendaftar pertandingan bola basket, Minggu tanggal 25 Mei 2014 di SMP Percobaan.
c. Dimohon ketua OSIS SMP Perintis segera menyiapkan daftar peserta pertandingan bola basket yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Mei 2014. Pertandingan bertempat di SMP Percobaan.
d. Harap saudara menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mengikuti pertandingan bola basket di SMP Percobaan. Pertandingan akan diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 25 Mei 2014

17. Simak kalimat berikut!
1) Katakanlah diskusi kelompok untuk menyelesaikan tugas kelas.
2) Sesedarhana apa pun diskusi dilaksanakan pastilah memerlukan tempat.
3) Tempat yang digunakan bisa kelas, perpustakaan, atau bahkan di taman dan halaman sekolah.
4) Siswa pun memerlukan tempat untuk melaksanakan diskusi.
5) Untuk diskusi yang diikuti lebih banyak peserta, seperti seminar, pastilah diperlukan ruangan yang lebih nyaman.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu jika disusun dengan urutan ....
a. 1, 3, 2, 5, 4
b. 2, 1, 4, 3, 5
c. c. 3, 2, 5, 1, 4
d. 4, 1, 3, 2, 5

18. OSIS SMP 7 Muara Uya akan mengadakan pentas seni dalam rangka hari ulang tahun sekolah pada tanggal 6 November 2013. Untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut, OSIS akan mengadakan rapat pengurus pada hari Sabtu, 19 Oktober 2013, pukul 13.00, di ruang sekretariat OSIS.
Kalimat pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah . . . .
a. Dimohon kehadirannya pada rapat persiapan pelaksanaan pentas seni hari Sabtu, 19 Oktober 2013, pukul 13.00, di ruang sekretariat OSIS.
b. Mengharap kehadiran segenap pengurus OSIS pada rapat persiapan pelaksanaan pentas seni hari Sabtu, 19 Oktober 2013, pukul 13.00, di ruang sekretariat OSIS.
c. Diberitahukan kepada seluruh pengurus OSIS, akan diadakan rapat persiapan pelaksanaan pentas seni hari Sabtu, 19 Oktober 2013, pukul 13.00, di ruang sekretariat OSIS.
d. Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan pentas seni hari Sabtu, 19 Oktober 2013, pukul 13.00 diadakan rapat seluruh pengurus OSIS.

19. Cermatilah data berikut!
Judul : Pesona Batik
Penulis : Nanik Herawati
Penerbit : Intan Pariwara, Klaten
Cetakan : Juli, 2010
Tebal : IV+68

Deskripsi :
Karya seni batik tidak hanya indah, tetapi juga mengandung makna tentang nilai-nilai moral, adat, kepercayaan, kenyakinan, dan pandangan hidup masyarakat pendukungnya. Karya-karya batik yang penuh makna itu dituangkan dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga mengenalkan berbagai macam alat dan bahan membatik, proses membatik, dan berbagai macam motif batik dari berbagai daerah. Penjelasan buku ini sangat detail dan bahasanya menarik untuk dibaca. Buku ini tidak hanya dapat dibaca oleh orang dewasa, tetapi kalangan remaja pun dapat menikmati keindahan seni batik melalui buku ini.
Resensi yang tepat terhadap buku tersebut adalah .....
a. Buku ini tidak dilengkapi gambar-gambar maupun kutipan dalam bahasa cina maupun dalam bahasa inggris. Buku ini menceritakan perjalanan pribadi Yu hua pada zaman revolusi di Cina sehingga menggugah Yu hua untuk menulis novel. Buku Pesona Batik disampaikan dengan gaya tutur anak muda. Hal ini menyebabkan buku ini disukai anak muda.
b. Buku Pesona Batik pantas dibaca karena memuat nilai-nilai moral, adat, kepercayaan, keyakinan, dan pandangan hidup masyarakat yang terdapat dalam karya seni batik.
c. Buku Pesona Batik membahas seni batik yang jarang dimengerti oleh sebagian besar orang. Akan tetapi, dengan bahasa penyampaian yang mudah dipahami menyebabkan buku ini disukai pembaca dari berbagai kalangan.
d. Buku Pesona Batik mencerminkan khazanah kebudayaan Indonesia. Dengan membaca buku ini diharapkan pembaca dapat praktik membatik di rumah.

20. Bacalah kutipan soal berikut!
Anita yang terkasih,
[ . . . . ] Aku dan keluarga juga sehat selalu di sini. Aku selalu ingat akan masa-masa indah persahabatan kita. Kuharap surat ini sebagai penyambung komunikasi kita, ya. Kuingin kamu mau membalas surat ini.
Yuli

Kalimat pembuka surat yang tepat adalah . . .
a. Kuharap kamu saat ini baik-baik saja.
b. Kumohon kamu sudah lebih besar sekarang.
c. Kuyakin saat surat ini datang, kamu masih di sekolah.
d. Kukira kita sudah lama tidak berkirim surat, ya.

21. Perhatikan kutipan surat pembaca berikut!
Indonesia negara yang ramah, subur, makmur, tenteram, dan damai. Namun, sekarang semua itu tinggal cerita. Di mana-mana terjadi tindakan yang merugikan masyarakat. Hampir tidak ada ketentraman hidup, banyak pengangguran, korupsi teradi di mana-mana, pejabat sibuk meningkatkan kesejahteraan diri sendiri. Kita tentu prihatin mengalami semua ini. Sebagai generasi penerus bangsa, apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi keadaan ini?
[. . . .]

Kalimat ajakan yang sesuai untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah …
a. Mari kita menjadi baik, mandiri, dan bermanfaat bagi sesama sekecil apa pun.
b. Mari kita berantas kejahatan yang meresahkan masyarakat.
c. Mari kita lanjutkan perjuangan para pejuang bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja keras.
d. Mari kita bantu aparat keamanan untuk menangkap pelaku kejahatan.

22. Bacalah kutipan surat dinas berikut!
Bacalah kutipan surat dinas berikut!
Makassar, 2 Oktober 2013
Dengan hormat,
[. . . .]
Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesediaan Bapak menjadi juri lomba membaca puisi.

Penutup surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah . . .
a. SMP Karya Nusa akan mengadakan kegiatan Lomba Membaca Puisi pada tanggal 28 Oktober 2013. Berkaitan dengan acara tersebut kami memohon kesediaan Bapak untuk menjadi peserta Lomba Membaca Puisi.
b. SMP Karya Nusa akan mengadakan kegiatan Lomba Membaca Puisi pada tanggal 28 Oktober 2013. Berkaitan dengan acara tersebut kami memohon kesediaan Bapak untuk menjadi panitia Lomba Membaca Puisi.
c. SMP Karya Nusa akan mengadakan kegiatan Lomba Membaca Puisi pada tanggal 28 Oktober 2013. Berkaitan dengan acara tersebut kami memohon kesediaan Bapak untuk menjadi juri Lomba Membaca Puisi.
d. SMP Karya Nusa akan mengadakan kegiatan Lomba Membaca Puisi pada tanggal 28 Oktober 2013. Berkaitan dengan acara tersebut kami memohon kesediaan Bapak untuk membuka acara Lomba Membaca Puisi.

23. Penulisan alamat tujuan yang tepat adalah ....
a. Kepada
Yth. Bambang Priyadi
Jalan Tanjung Puri 5
Tabalong
b. Yth. Bambang Priyadi
Jalan Tanjung Puri 5
Tabalong
c. Yth, Bambang Priyadi
Jalan Tanjung Puri 5
Tabalong
d. Yth. Bambang Priyadi
Jalan Tanjung Puri 5
Tabalong

24. Bacalah artikel berikut!
Jangan meremehkan kekuatan tersembunyi di balik segelas air putih. Asupan air putih yang cukup setiap hari dapat menjaga tubuh dari dehidrasi dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga sebanyak tiga persen. Studi juga menunjukkan bahwa minum satu atau dua gelas air sebelum makan dapat mengisi perut dan mencegah makan berlebihan.

Rangkuman yang tepat dari kutipan teks di atas adalah . . . .
a. Air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.
b. Minum air putih akan menghindarkan diri dari dehidrasi dan berbagai masalah kesehatan, meningkatkan metabolisme tubuh, serta mencegah makan berlebihan.
c. Hasil sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang harus meminum cukup air putih.
d. Agar metabolisme tubuh tetap terjaga, setiap orang harus cukup mengonsumsi air putih.

25. Pahami informasi berikut!
1) Peristiwa yang terjadi: Peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie.
2) Orang yang mengalami peristiwa: Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi.
3) Tempat terjadinya peristiwa: Kota Pontianak , Kalimantan Barat.
4) Waktu terjadinya peristiwa: Rabu, 24 Oktober 2012.
5) Penyebab peristiwa terjadi: Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie akan segera beroperasi.
6) Proses peristiwa terjadi: Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie. Menteri Kesehatan mengaku bangga telah diberi kesempatan untuk meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie. Hal ini karena rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit tanpa kelas yang pertama ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Teks berita yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah ...
a. Pada Rabu, 24 Oktober 2012, RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie telah beroperasi. Hal ini dimulai dengan acara peresmian yang dihadiri Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi. Menteri Kesehatan mengaku bangga telah diberi kesempatan untuk meresmikan rumah sakit yang menyediakan pelayanan tanpa kelas tersebut.
b. Rabu, 24 Oktober 2012, RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie telah diresmikan oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi. Menteri Kesehatan mengaku bangga telah diberi kesempatan untuk meresmikan rumah sakit yang menyediakan pelayanan tanpa kelas tersebut.
c. Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, meresmikan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Kota Pontianak, Provinsi Kalimanatan Barat. Peresmian rumah sakit tersebut dilaksanakan pada Rabu, 24 Oktober 2012 karena akan segera beroperasi. Menteri Kesehatan mengaku bangga karena diberi kesempatan untuk meresmikan rumah sakit yang tanpa kelas tersebut.
d. Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, meresmikan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Peresmian rumah sakit tanpa kelas tersebut dilaksanakan karena akan segera beroperasi. RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie merupakan rumah sakit tanpa kelas pertama di Pontianak.
26. Perhatikan ilustrasi berikut!
Guna mendukung “Gerakan Menanam Sejuta Pohon”, OSIS SMP Wijaya bermaksud menyelenggarakan bakti sosial melalui menanam pohon. Hal ini karena dengan menanam sebatang pohon akan memberi banyak manfaat..
Kalimat slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
a. Satu pohon demi anak cucu
b. Satu pohon berjuta manfaat
c. Ayo menanam sekarang juga
d. Hijau lingkungan dengan menanam

27. Bacalah ilustrasi berikut !
Denisa akan menjual mobil Benia LI family yang dibelinya pada desember 2010. Dia tidak ingin dijual melalui perantara. Kondisi mobil mulus. Harga yang ditawarkan 120 juta dan masih dapat ditawar. Nomor HP Denisa adalah 08883332435
Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…..
a. Benia LI family Desember 2010, perantara, kondisi mulus, harga 120jt. Hub. 08883332435
b. Djl Benia LI Family 2010. Tnp perntra.mls. hrg 120jt/nego. Hub. 08883332435
c. Di jual Benia LI Family tahun 2010, tanpa perantra, harga nego. Hub 08883332435
d. Djl mobil Benia Des’2010, mulu, tangan pertama, harga 140jt. Hub 08883332435

28. Bacalah kalimat-kalimat berikut !
1) Mulailah menyetrika dari bagian yang paling sulit, misalnya lengan, kerah, atau saku.
2) Basahi terlebih dahulu dengan sedikit air agar pakaian menjadi lembab sehingga mudah disetrika
3) Siapkan semua pakaian yang akan disetrika
4) Lanjutkan penyetrikaan pada bagian yang lebih mudah.
5) Gantung atau lipatlah pakaian dengan rapi.
Agar menjadi petunjuk menyetrika pakaian yang runtut, susunan kalimat yang tepat adalah…….
a. 2) – 1) – 5) – 4) – 3).
b. 2) – 3) – 4) – 1) – 5).
c. 3) – 1) – 2) – 4) – 5)
d. 3) – 2) – 1) – 4) – 5) .

29. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Para bapak dan para ibu yang saya hormati!
Lingkungan sekolah kita memang subur, tetapi kesuburan itu perlu dilestarikan . bukan hanya untuk kita saat ini, melainkan untuk generasi yang akan datang. Sebagai generasi muda, mari kita lestrikan lingkungan dengan penghijauan.
Kalimat sapaan yang tepat untuk mengganti sapaan pada teks pidato tersebut adalah….
a. Ibu, dan para Bapak-bapak yang saya hormati
b. Rekan-rekan seperjuangan yang saya hormati
c. Peserta yang dirahmati Tuhan Yang Maha Esa
b. Teman-teman yang saya cintai

30. Bagian penutup pidato yang tepat adalah …
a. Teman-teman yang saya cintai,
Sebagai pelajar, hendaknya kita mempunyai rasa peduli atau solidaritas terhadap saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah menyumbang pakaian pantas pakai kepada saudara-saudara kita.
b. Teman-teman yang saya cintai,
Sebagai pelajar kita harus belajar berperan dimasyarakat. Kita dapat mengikuti kerja bakti dilingkungan kita masing-masing. Dengan demikian, lingkungan kita akan bersih dan terhindar dari berbagai penyakit.
c. Teman-teman yang saya cintai,
Sebagai pelajar yang baik, mari bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan penghijauan disekitar kita. Dengan lingkungan yang bersih dan hijau, hidup kita akan nyaman.
d. Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Marilah kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

31. Tema karya ilmiah: Belajar kelompok meningkatkan prestasi.
Rumusan masalah karya ilmiah yang sesuai dengan tema tersebut adalah . . .
a. Siapa sajakah yang prestasinya meningkat karena belajar kelompok?
b. Apakah belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi?
c. Bagaimanakah cara belajar kelompok agar dapat meningkatkan prestasi?
d. Di manakah kelompok belajar yang dapat meningkatkan prestasi?

32. Identifikasi masalah:
1) Internet di kalangan para pelajar.
2) Pemanfaatan internet dalam pembelajaran.
Paragraf latar belakang yang tepat sesuai identifikasi masalah tersebut adalah . . .
a. Internet saat ini dapat diakses dengan mudah dan murah. Mereka yang haus informasi dapat mencarinya dari telepon genggam. Kemudahan ini sekaligus sebagai penambah pengetahuan. Dengan demikian, pengetahuan siswa akan didapat dari mana saja.
b. Banyak pelajar menggunakan internet. Pengetahuan yang diakses dari internet sangat bermanfaat untuk belajar baik di sekolah maupun di rumah. Pengetahuan tidak harus didapat dari guru di sekolah saja.
c. Salah satu media massa yang populer saat ini adalah internet,termasuk di kalangan pelajar. Mereka bebas mengakses lagu,gambar, dan berbagai informasi. Jika tidak difasilitasi,berdampak buruk bagi pelajar. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang tepat kepada siswa dalam pemanfaatan internet.
d. Internet bukan merupakan hal baru. Namun, jika penggunaannya tidak benar, dikhawatirkan mereka akan mengakses hal-hal yang bersifat negatif. Internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

33. Judul Novel : Kubah
Pengarang : Ahmad Tohari
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 1995
Kota Terbit : Jakarta
Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan identitas buku tersebut yaitu . . .
a. Ahmad, Tohari. Kubah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1995.
b. Ahmad, Tohari. 1995. Kubah. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
c. Tohari, Ahmad. 1995. Kubah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
d. Tohari, Ahmad. 1995. Kubah. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

34. Cermati penulisan kalimat berikut!
Sebelum dilantik menjadi gubernur 1), Prakoso datang 2) ke danau 3) toba 4).
Kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf kapital ditandai nomor ....
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 1) dan 4)
d. 3) dan 4)

35. Menurut berita di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah banyak sekali. Berita tentang banyaknya korban flu burung dilansir oleh harian terkemuka di Jakarta.
Perbaikan kalimat pertama agar menjadi kalimat efektif adalah ....
a. meletakkan kata mewabah setelah kata penyakit.
b. menghilangkan kata mewabah dan sekali.
c. memindahkan kata sudah sebelum kata sangat.
d. menempatkan kata sudah dan banyak sebelum kata korban.

36. Bacalah paragraf berikut!
Group mahasiswa kedokteran akan melakukan ujicoba di posko-posko bencana banjir yang tersebar di beberapa RW. Mereka juga membawa obat-obatan yang disumbangkan oleh pemilik apotek yang peduli terhadap menderitanya rakyat yang terkena musibah.
Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat adalah....
a. tim, tugas, penderitaan
b. tim, praktik, penderita
c. kelompok, praktik, penderitaan
d. kelompok, tugas, menderita

37. Seminar "Belajar Menyinergikan Otak dan Watak"
dihadiri oleh Prof Dr Arya Harijoso, M. Hum.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah....
a. Seminar "Belajar Menyinergikan Otak dan Watak" dihadiri oleh, Prof Dr Arya Harijoso,
M. Hum.
b. Seminar "Belajar Menyinergikan Otak dan Watak" dihadiri oleh Prof. Dr. Arya Harijoso, M. Hum.
c. Seminar "Belajar Menyinergikan Otak dan Watak” dihadiri oleh Prof Dr.Arya Harijoso, M.Hum.
d. Seminar "Belajar Menyinergikan Otak dan Watak" dihadiri oleh Prof. Dr, Arya Harijoso, M. Hum.

38. Simak kutipan puisi berikut!
1) jangan coba memanjat!
2) tak ada tangga juga pijakan
3) lotengku mengeram di semua ruang
4) aku, cuma aku silakan datang
Tema puisi tersebut adalah ...
a. pelukisan keadaan di rumah penyair
b. pelukisan kondisi rumah tangga penyair
c. penggambaran semua ruang di rumah penyair
d. penggambaran loteng milik penyair

39. Sawah menghijau terbentang
Pepohonan yang rindang menambah keindahan
Burung-burung terbang dan berkicauan
Terbang ke awan yang tinggi
Membawa kesenangan dan kegembiraan
Hamparan padang rumput nan hijau
Memberikan kesejukan dalam diriku

Citraan yang terdapat pada kutipan puisi tersebut adalah ....
a. Penglihatan
b. Pendengaran
c. penciuman
d. perasaan

40. Perhatikan puisi berikut!
Aku Ingin
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikannya abu
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
{. . .}
Awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Karya : Sapardi Djoko Damono

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah….
a. Pancarkan warna yang indah
b. Sepenuh hati yang dalam
c. Dengan kelembutan cinta
d. Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan

41. (1) Pelan-pelan Basri mengangkat jangkar, memandang arah dermaga tempat nelayan dan tengkulak tawar-menawar harga ikan. (2) Matahari sudah hampir hilang. (3) Bapak tiga anak itu bergerak cepat. (4) Layar mulai dipasang. (5) Sebuah termos plastik dekat kemudi dibuka. (6) Sebaris senyum melintas di bibirnya sebelum menutup kembali termos plastik. (7) Di benaknya tiba-tiba muncul wajah putri sulung yang memesan kaus kaki putih, sepatu, dan topi cokelat guna mengikuti lomba gerak jalan antarsekolah.
(Jalan Nelayan-Oleh N.Marewo)
Latar waktu kutipan cerpen tersebut adalah ….
a. pagi hari
b. siang hari
c. sore hari
d. malam hari

42. Bukti bahwa Basri berwatak rajin bekerja terdapat pada nomor ….
a. 1)
b. 3)
c. 5)
d. 7)

43. Bacalah kedua kutipan novel berikut
Kutipan I
Ingin rasanya aku berteriak mendengar pertanyaan bodoh adikku ini. Biasanya aku akan bilang, ”Ya enggak gitu, bodoh!” Tapi Mama sudah melarangku mengatakan kata itu lagi. Katanya, anak baik tidak boleh berkata kasar.
”Priska tidak bodoh, Vin. Dia ingin pintar seperti kamu,” kata Mama.

Kutipan II
Ah, mau tak mau, ia harus pergi ke warung Bu Rustam. Ia tak mau menolak permintaan ibunya. Warung itu berjarak dua rumah dari rumah Abah. Tanpa terasa, kini Difa berada di depan gang. Siang itu tampak sepi. Mungkin anak-anak di sekitar Blok Dua belum pulang.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ....
a. Kutipan I: Tokoh yang terlibat banyak; Kutipan II: Tokoh yang terlibat dua
b. Kutipan I: Sudut pandang akuan; Kutipan II: Sudut pandang diaan
c. Kutipan I: Latar jelas; Kutipan II: Latar tidak jelas
d. Kutipan I: Amanat tidak jelas; Kutipan II: Amanat jelas

44. Simak kutipan drama berikut!
Ibu : (Tidak menoleh benar) Malam lebaran Narto, dengarlah tabuh itu bersahut-sahutan. Pada malam lebaran seberti ini dia pergi, pergi dengan tidak meninggalkan kata.
Gunarto : (Agak kesal) Ayah?
Ibu : Keesokan harinya, hari lebaran, sesudah
sembahyang aku memaafkan dosanya.
Gunarto : Kenapa ibu ingat juga waktu yang lampau,
mengingat kepada orang yang tak pernah
lagi mengingat kita.
Ibu : (Memandang Gunarto) Aku merasa ia
masih ingat kita, Gunarto.
Latar kutipan drama tersebut adalah ...
a. sore hari
b. malam hari
c. pagi hari
d. siang hari

45. Bacalah kutipan teks drama berikut!
Masud : Guru, terimakasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masud, Masud! Kamu harus tahu,
meskipun kita mempunyai ilmu hanya
sedikit, namun tetap harus
diberikan kepada orang lain.
(Istri Masud masuk ke ruangan
membawa teh hangat)
Istri Masud : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil
minum teh hangat (menyodorkan
cangkir).
Guru : Bisa saja istri kamu, Ud.
Amanat dari kutipan teks drama tersebut adalah . . . .
a. hormati guru yang telah membimbing kita
b. terimakasih kepada guru yang memberi ilmu
c. sampaikan ilmu walaupun hanya sedikit
d. selalu hormat dan sopan pada guru kita

46. Perhatikan pantun berikut!
Naik perahu pergi berlayar,
Menuju cakrawala yang membentang.
[…] (1)
[…] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah .…
a. Belajar ayo belajar,
Songsong cerahnya hari esok.
b. Siapa malas mengejar ilmu,
Penyesalan kelak yang dirasa.
c. Ayo kawan rajin belajar,
Kejar cita-cita setinggi bintang.
d. Apalah arti hidup bebas,
Kalau menyesal kemudian hari.

47. Aku tenggelam dalam angan-angan semu
Menunggu tiada . . . . (1)
Wahai, kekasih . . . . (2)
Di mana kan kucari dirimu?

Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar memiliki kesamaan rima adalah ....
a. (1) ragu, (2) dirimu
b. (1) sendu, (2) diriku
c. (1) tentu, (2) hatiku
d. (1) malu, (2) hatimu

48. Mentari pagi datanglah
Sinari bumiku dengan cahayamu
Kalau […], damailah bumiku
Kehidupan baru pun datanglah
Menyemarakkan bumi ini
Larik bermajas untuk yang sesuai untuk melengkapi kutipan puisi tersebut adalah ....
a. Mentari tersenyum
b. Mentari bersinar
c. mentari pagi terbit pagi ini
d. mentari muncul dan bersinar

49. Ilustrasi: Seorang ibu sangat menyayangi anaknya. Ia rela kelaparan asal anaknya kenyang.
Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a. Kau permata dalam hidupnya
Tawamu adalah bahagianya
Tangismu adalah lukanya
Senyummu adalah harapannya
Sukamu membawanya ke angkasa
b. Aku akan baktikan seluruh sisa hidupku untukmu
Kau telah korbankan kebahagianmu untuk penderitaanku
Tika kau bawa aku ke alam dunia
Kau teteskan sejuk kehidupan
Yang tak terharga
c. Maafkan aku
Kalu aku belum bisa menghitung jasamu
Jangankan angka bayangannya pun tak tergapai
Biarkan rasamu menghiasi rasa hidupku
Sepertimu
d. Sudah lama matahari bersinar
Di balik tirai jendelaku
Aku merasa matahariku matahari kemarin
Tak ubah memancarkan sinar
Yang panas dan menusuk

50. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Maya : “Pokoknya, Ibu harus setuju!”
Ibu : (Menarik napas panjang kecewa)
“Dengan apa Ibu membayarnya?”
Maya : (Terkejut dan gugup)
“Kan masih lama, Ibu.”
Ibu : “Biaya kursus cukup besar, Maya.”
Maya : […]
Ibu : (Dengan tersenyum)
“Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.”

Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...
a. Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
b. Maya, kita sekarang lagi kesulitan.
c. Coba kamu mengerti kondisi Ibu
d. Baiklah Ibu akan beli yang baru.

Nilai Praktikum B. Indonesia Kelas IX SMP Hasbunallah TP 2014/2015

Nilai Praktikum B. Indonesia Kelas IX SMP Hasbunallah TP 2014/2015-- Kita telah melaksanakan dua kali praktik yaitu Musikalisasi Puisi dan Berpidato. Pertanyaannya, nilai mana yang diambil, musikalisasi puisi atau berpidato? Nah, untuk pengambilan nilai praktik ini, Bapak mengadopsi sistem penilaian yang berlaku di Kurikulum 2013 yaitu nilai optimum. Artinya, nilai yang dipakai adalah nilai tertinggi yang dicapai oleh siswa di antara sekian kali melakukan praktik. Tentu, masing-masing siswa memiliki ketertarikan (minat) dan bakat yang berbeda. Minat dan bakat yang berbeda itulah yang harus dihargai. Tidak bisa harus tinggi nilai musikalisasinya sekaligus tinggi pula nilai berpidatonya. Jika siswa A lebih tinggi nilai musikalisasi puisinya daripada nilai berpidato, maka nilai musikalisasi puisi itulah yang diambil. Begitu pula dengan siswa B, jika nilai berpidatonya yang lebih bagus, nilai itulah yang diambil.
Mudah-mudahan bisa dipahami dan kalian pasti setuju!!!! Hahaha......

KELAS IX C:
ANNISA ALIYADI 87
ANANDA PUTRI RAHMIATI 87
CHERENIENA ANARFIKAISA 83
DINA AMALIA 80
FATHUAH AULIA 70
FATHUL HIDAYAH 70
FIKRI MAULANA 78
GALANG KRISNA KURNIAWAN 83
HAFIZ SIDQI RAMADHANA 70
KHAIRUNISA 87
LINDA MULYANA SARI 78
M.ARDI RAHMAN 70
M.FAJAR AWALUDIN 70
M.FEBRIANOOR RAHMAN 78
M.NAUFAL RASYID 83
M.RAMA SAIDILLAH 70
M.RESQY NUR RAHMAN 70
MARHAMAH 83
MAULID AQMAL NOOR ABDILAH 70
MELLYNA YULIZA PUTRI 87
MUHAMMAD MARDATILLA 70
PAWESTRI IMANITA ADELWIN 70
RAFLI HIDAYATULLAH 78
RAHMA MAULIDHINA 87
SAIDATUL HABIBAH 78
SHAREN SALSABILA 83
ZILVIANA R. 73

KELAS IX B:
A.HUSNI LATHIF 80
ALWI PERDANA PUTRA 73
ANISYA PAHRIANI 73
DEVI SEPTYA SYAHFITRI 82
DIKY HIDAYAT 82
DWI WAHYUNING TIAS 70
HAIRUL AFRIZAL 70
M.FARIDZ SIDQI 88
M.REZA KURNIAWAN 87
M.ADAM MUKTI FIRJATULLAH 73
M.HIKAM 82
M.RIZQAN RIDHANI 70
M.RIZKY SAPUTRA 88
MAULIDYA NABILA 88
NABILLA ALYA ANASTASYA 79
NADIA NOVITA RIZKY 80
NOOR ANNISA 82
NUR NAFISAH 70
RHADIKA YARDHA 88
RAHMAH HADIATI ATMOJONINGRUM 87
RYAN ALTHOF 79
SITI JULAEHA 73
SYIFA MARDHATILAH DWI IKHWAN 93
TANIA DWI YOLANDA PUTRI 73
TRI GUNAWAN 73
WILIANSYAH 82
WULAN KIRANA SARI 88

Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VII dan VIII Kab.Tabalong Sem. Genap

Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VII dan VIII Kab.Tabalong Sem. Genap--
Berikut Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VII dan VIII Kab.Tabalong Sem. Genap untuk Kurikulum KTSP (2006).
Untuk Kurikulum 2013, baca: Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VII (Kurikulum 2013) Kab.Tabalong Sem. Genap
Kelas 7:
1. Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/ narasumber yang disampaikan dalam wawancara (Contoh Soal)
2. Menentukan hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara (Contoh Soal)
3. Menentukan identitas tokoh idola (Contoh Soal)
4. Menentukan keunggulan tokoh (Contoh Soal)
5. Menentukan alasan mengidolakan tokoh (Contoh Soal)
6. Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun (Contoh Soal)
7. Menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari kutipan buku biografi (Contoh Soal)
8. Menemukan gagasan utama dalam teks (Contoh Soal)
9. Menemukan informasi dalam tabel (Contoh Soal)
10. Menyimpulkan isi tabel (Contoh Soal)
11. Menemukan informasi dalam diagram (Contoh Soal)
12. Menyimpulkan isi diagram (Contoh Soal)
13. Mengubah teks wawancara menjadi narasi (Contoh Soal)
14. Menulis pesan singkat (memo) sesuai dengan isi Contoh Soal)
15. Menulis pesan singkat (memo) dengan menggunakan kalimat efektif (Contoh Soal)
16. Menulis pesan singkat (memo) dengan menggunakan bahasa yang santun (Contoh Soal)
17. Merefleksi isi puisi (Contoh Soal)
18. Merefleksi makna puisi (Contoh Soal)
19. Menentukan citraan puisi (Contoh Soal)
20. Menentukan gaya bahasa dalam puisi Contoh Soal
21. Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial (Contoh Soal)
22. Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak asli (Contoh Soal)
23. Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak terjemahan (Contoh Soal)
24. Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam (Contoh Soal)
25. Menulis kreatif puisi berkenaan dengan pengalaman pribadi (Contoh Soal)
26. Menyunting ejaan (Contoh


Sisipan Materi Semester Ganjil:
1. Menyimpulkan isi bacaan (Contoh soal)
2. Menjawab pertanyaan isi bacaan (Contoh soal)
3. Menulis buku harian atau pengalaman pribadi (Contoh soal)
4. Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa (Contoh soal)
5. Menulis surat resmi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa (Contoh Soal)
6. Menemukan hal-hal menarik dalam dongeng (Contoh Soal)
7. Menentukan unsur intrinsik kutipan dongeng (Contoh Soal)
8. Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun (Contoh soal)
9. Menulis pengumuman (Contoh Soal)

Kelas 8:
1. Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaima¬na) (Contoh Soal)
2. Menemu¬kan masalah utama dari berbagai beri¬ta yang ber¬topik sama (Contoh Soal)
3. Mampu menyimpulkan kesamaan masalah beberapa berita (Contoh Soal)
4. Menyunting berita.
5. Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
6. Menyusun acara dan membawakannya dengan bahasa yang baik dan benar serta santun
7. Menulis rangkuman (Contoh soal)
8. Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
9. Menulis slogan (Contoh)/poster (Contoh) untuk berba¬gai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasi
10. Mengidentifikasi tokoh utama dan sampingan novel remaja (asli atau terjemahan) (Contoh Soal)
11. Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau ter¬jemahan) (Contoh Soal)
12. Menjelaskan tema novel remaja asli atau terjemahan
13. Menjelaskan latar novel remaja asli atau terjemahan
14. Mendeskripsikan alur novel remaja asli atau terjemahan
15. Menang¬gapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja asli atau terje¬mah¬an (Contoh Soal)
16. Menjelaskan alur cerita novel asli atau terjemahan
17. Menjelaskan pelaku novel asli atau terjemahan
18. Menjelaskan latar novel asli atau terjemahan
19. Mengenali ciri-ciri umum puisi :menentukan jenis rima (Contoh Soal)
20. Mengenali ciri-ciri umum puisi :menentukan citraan (Contoh Soal)
21. Mengenali ciri-ciri umum puisi :menentukan amanat
22. Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai (Contoh Soal)
23. Menyunting ejaan (Contoh

Sisipan Materi Semester Ganjil:
1. Menyampaikan/ menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar Contoh soal
2. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku (Contoh Soal)
3. Menyimpulkan bacaan (Contoh Soal)
4. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat Contoh soal
5. Menulis petunjuk dengan menggunakan bahasa yang efektif Contoh soal
6. Menentukan jalur efektif yg ditempuh dalam denah (Contoh Soal)
7. Berwawancara (Contoh Soal)
8. Menulis drama Contoh soal
9. Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama Contoh soal

Baca juga:
- Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VII (Kurikulum 2013) Kab.Tabalong Sem. Genap
- Kisi-kisi Ujian Sekolah (Pra-UN) 2015 buat kamu yang duduk di kelas IX.

SELAMAT BELAJAR...

Contoh Soal Menyusun Teks Eksposisi yang Acak

Disajikan sebuah kutipan teks eksposisi acak, siswa dapat menentukan urutan yang tepat.

1. Perhatikan kutipan teks eksposisi acak berikut:
1).Metode penelitiannya oleh para juri sudah dinilai baik.
2).Kreativitas yang dilakukan tinggi.
3).Ada beberapa keunggulan dari penelitian yang dilakukan itu.
4).Pada saat menyajikan hasil penelitiannya di depan dewan juri, kedua siswa Indonesia ini mendapat pujian.
5).Di samping itu, idenya juga dianggap orisinal dan hasil penelitiannya mudah diaplikasi.

Urutan teks yang tepat adalah ....
a. 3-1-2-5-4
b. 3-2-4-1-5
c. 3-4-5-2-1
d. 3-5-2-1-4

2. Perhatikan kutipan teks eksposisi acak berikut:
1).Siswa Indonesia sangat berprestasi.
2).Prestasi itu telah dibuktikan oleh siswa Indonesia yang meraih medali pada kategori Lingkungan Hidup.
3).Kedua siswa itu secara kreatif memanfaatkannya untuk industri garmen.
4).Penelitian yang mereka lakukan adalah mengelola limbah hewan yang terdapat pada kulit udang dan kepiting yang mengandung bahan anti bakteri.
5).Prestasi itu diraih di antaranya oleh siswa yang berasal dari sekolah siswa SMA Kharisma Bangsa, Banten.

Urutan teks yang tepat adalah ....
a. 1-3-2-5-4
b. 1-2-4-3-5
c. 1-2-5-4-3
d. 1-5-2-3-4

5W1H Berita Seorang Pemuda Tewas Terseret Honda City Sejauh 30 Km

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Seorang mahasiswa bernama Firman Hidayat (21) tewas mengenaskan setelah terseret mobil hingga puluhan kilometer. Firman tersangkut di bagian belakang mobil Honda City dan terseret hingga sekitar 30 kilometer.

Di mana dan Kapan
Peristiwa tragis itu terjadi pada Jumat (27/2) sekitar pukul 23.00 WIB malam di Jalan Raya Kebon Kopi, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Siapa
Firman kemudian dimakamkan di pemakaman dekat rumahnya di Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu siang. Saat kecelakaan korban menggunakan sepeda motor Yamaha Vega R.
Yana, 43 tahun, sang pengemudi Honda City, merupakan seorang pengusaha bertempat tinggal di Maleber, Kecamatan Andir Kota, Kota Bandung. Yana kini mendekam di Polres Cimahi.

Mengapa
Pengemudi Honda City, yang diduga tak sengaja menyeret tubuh Firman Hidayat sejauh 30 kilometer, sempat merasakan ada suara gesekan setelah sepeda motor yang dikendarai Firman terjatuh tepat di samping mobil yang ia kendarai. Yana mengaku memacu mobilnya pelan di Jalan Kebon Kopi. Saat Yana hendak menuju Jalan Mukodar, Kebon Kopi, tiba-tiba ada sepeda motor yang jatuh di depan kendaraannya yang berjarak setengah meter. Karena itu, Yana tidak sempat mengerem dan menabrak korban. "Saya gugup karena banyak warga yang ngomong," ujar Yana.

Saat itu, Yana mengaku tidak mengetahui korban masuk ke kolong mobilnya dan terseret sejauh itu. Namun, setelah itu, Yana melihat ada sejumlah sepeda motor yang mengejarnya. Setelah masuk tol dari Pasir Koja, Yana pun mengurangi kecepatan kendaraannya dengan mengambil jalur kiri. Yana baru mengetahui korban tersangkut setelah kernet bus memberi tahunya ada tubuh yang menyangkut di kendaraannya. Lalu Yana menghentikan mobilnya. Setelah itu, Yana melihat ada mayat di bawah mobilnya. Karena takut, Yana mengaku berjalan kaki ke Polsek Cikamuning. Saat itu, Yana melihat polisi dan akhirnya dia ditangkap.

Bagaimana
Kecelakaan terjadi bermula ketika Firman yang menaiki sepeda motor bersenggolan dengan motor lainnya di Jl Kebon Kopi, belasan kilometer dari pintu tol Pasirkoja. Karena senggolan itu, dia terjatuh ke arah berlawanan. Celakanya, pada saat bersamaan sebuah mobil Honda City Nopol D 1347 UI, yang dikendarai Yana (43), melintas. Brak! Firman pun tertabrak mobil tersebut.
"Korban kena mobil bagian depan kap mobilnya. Entah kenapa sopir mobil enggak berhenti, dia malah memacu kendaraannya dan masuk pintu Tol Pasirkoja," ujar Kepala PJR Tol Padaleunyi Otong Rustandi saat dihubungi detikcom melalui telepon, Sabtu pagi (28/2) pagi tadi.

Tubuh firman lalu masuk ke kolong. Tubuhnya tersangkut di bagian belakang mobil. Dari foto yang didapat, sepertinya yang tersangkut adalah tangan kiri Firman. Mobil City itu tak juga berhenti, melaju menabrak palang pintu tol Pasirkoja dan terus melaju kilometer demi kilometer. "Akhirnya mobil terhenti di KM 116 + 700. Itu jauh sekali. Pintu Tol Pasirkoja itu KM 132," ujar Otong. Total jarak tubuh Firman terseret, dari luar tol hingga KM 116 + 700, mencapai 30 kilometer.

Jauhnya jarak itu membuat tubuh Firman yang terseret dalam posisi tengkurap terluka parah. Bajunya sobek-sobek hingga terlepas. Celananya terseret dan terbuka hingga tinggal tersangkut di bagian bawah kakinya. Tubuhnya terseret dalam posisi telanjang. Wajahnya hancur.

Sumber: Detik, Tempo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara