728x90 AdSpace

12 December 2015

Menulis Laporan Hasil Observasi

Laporan dapat dipahami sebagai sebuah karya yang ditulis dengan cara membahas suatu topik secara terperinci atau mendetail. Laporan berisi tentang deskripsi kegiatan yang telah dilakukan atau peristiwa yang pernah dialami. Tulisan laporan berisi susunan sejumlah kejadian atau peristiwa yang disusun berdasarkan urutan waktu. Susunan seperti itu disebut susunan kronologis. Biasanya, sebuah laporan bertujuan untuk menggambarkan konsep, acara, atau untuk menempatkan argumentasi yang akurat terhadap sebuah topik.

Laporan dapat diartikan sebagai berita. Oleh karena itu, penyusunan sebuah laporan dapat menggunakan panduan dalam menulis berita seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya. Laporan dapat disusun berdasarkan 5 w + 1H (who, where, what, when, why, dan how), yaitu siapa yang teriibat, di mana tempat kejadian, apa peristiwa atau kejadian yang terjadi,kapan terjadi, mengapa terjadi, dan bagaimana kejadiannya.

Observasi adalah kegiatan pengamatan atau peninjauan terhadap suatu objek. Pengamatan itu dilakukan secara cermat dan teliti. Tujuannya adalah mengumpulkan fakta-fakta yang berkaitan dengan objek yang diamati. Kemudian, fakta-fakta tersebut dilaporkan dalam bentuk tulisan. Itulah yang disebut dengan laporan observasi.

Tags: #contoh kritik terhadap isi laporan #cara memberikan kritik terhadap laporan #apa perbedaan buku fiksi dengan buku nonfiksi #hal hal yang biasanya ada pada bagian isi surat lamaran pekerjaan #contoh kritik dan saran #pengertian kritik dan saran #kritik dan saran dalam makalah #contoh kritik dan saran dalam laporan #kritik dan saran untuk guru

  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Menulis Laporan Hasil Observasi Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi