Ini Poin Penting Hadapi MEA

Artikel Terbaru:
Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang tinggal menghitung hari itu memang tidak mudah. Perlu persiapan yang matang agar kita bisa bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Menurut Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Trisno Raharjo, SH, MHum mengungkapkan bahwa ada poin penting yang bisa dilakukan untuk menghadapi MEA.

"Terkait dengan dorongan dalam memajukan bidang jasa, kemudian dari kegiatan jasa tersebut akan memunculkan usaha dalam bentuk produk, yang kemudian dengan munculnya produk-produk tersebut akan menimbulkan persaingan dunia bisnis," ungkapnya seperti dinukil dari laman UMY, Senin (7/12/2015).

Trisno memaparkan, dunia usaha diatur dengan baik maka bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Indonesia.

"Diharapkan, iklim bisnis pada masyarakat Asean akan menjadi lebih baik dalam menghadapi MEA. Selain itu, Indonesia dalam hal persaingan usaha memiliki keunggulan dan lebih siap dibandingkan negara lainnya, " ujarnya.

Selain itu, Komisioer Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KKPU), Drs Munrokhim Misanam, MA, Ec, PhD, menjelaskan bahwa ada sejumlah hal yang perlu untuk dibenahi, salah satunya pada persaingan di dunia usaha di masyarakat ASEAN. Diperlukan harmonisasi dalam persaingan yang terjadi antara negara-negara Asean.

“Ketentuan-ketentuan tersebut merupakan bagian dari intervensi pemerintah pada pasar, yaitu untuk membatasi jumlah perusahaan yang tersebar di dalam pasar usaha bisnis,” jelasnya.

Trisno menambahkan, walau Indonesia dirasa siap namun jangan sampai berimbas pada implemetasi yang kurang baik.

"Jangan sampai karena Indonesia dirasa paling siap, berimbas terhadap implementasinya yang tidak mendapatkan dukungan yang kuat bagi Indonesia sendiri maupun bagi ASEAN,” tambahnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/07/65/1262144/ini-poin-penting-hadapi-mea
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara