Widget HTML Atas

Grafis | Proses Terjadinya Tsunami | Tempo Interaktif

Arsip ini di-update untuk memperingati bencana Tsunami yang terjadi Minggu, 26 Desember 2004 silam. Saat itu, terjadi gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.

Gempa terjadi pada waktu 7:58:53 WIB. Pusat gempa terletak pada bujur 3.316° N 95.854° EKoordinat: 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini berkekuatan 9,3 skala Richter dan ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir yang menghantam Aceh, Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.

Gempa yang mengakibatkan tsunami ini menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar (Info lebih lanjut, baca Wikipedia.

Berikut desain grafis tentang Proses terjadinya Tsunami. Silakan klik tanda panah yang ada di sudut kanan bawah visual berikut:

Kelahiran Amuk Tsunami

Perbandingan Tsunami Aceh dan Jepang

Sumber Grafis: Tempo Interaktif
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!