728x90 AdSpace

07 December 2015

Apa Itu Ilmu Genomik?

Mungkin ‘ilmu genomik’ masih asing di telinga mahasiswa apalagi masyarakat. Hal itu disebabkan perkembangannya yang begitu minim di kalangan masyarakat Indonesia.

Genomik merupakan sebuah studi mengenai seluruh genome dari suatu organisme. Hal itu tentu berbeda dengan Genetically Modified Organism (GMO), yang biasa dikenal dengan rekayasa genetik. Ilmu genomik ini berfokus pada gen-gen yang dimiliki oleh makhluk hidup. Baik itu pada tumbuhan, hewan, maupun manusia serta epic genetic.

Ahli Ilmu Genomik asal Indonesia, Arief Budiman, PhD mengungkapkan mengapa proyek pada genome diperlukan.

"Dengan proyek genome, kita bisa mengkatalogkan gen-gen pada makhluk hidup, gen seperti apa yang dapat menimbulkan penyakit atau menciptakan bibit unggul,” ungkapnya seperti dikutip dari laman UMY, Senin (7/12/2015).

Selain itu, manfaat yang didapat dari mempelajari ilmu genomik yakni kita bisa mengklarifikasikan gen. Di Indonesia, hanya ada segelintir orang yang mengerti mengenai ilmu genomik. Hal tersebut disebabkan sejumlah kendala.

"Kami baru melakukan penelitian genomik terhadap kelapa sawit di negara Malaysia karena proses perizinan oleh pemerintah di Malaysia tidak membutuhkan waktu dan proses yang lama. Berbeda dengan di Indonesia yang prosesnya panjang, sehingga saat ini yang dapat kami lakukan hanya sekedar penyampaian ilmu, belum pada tahap penelitian,” ujarnya.

Arif menyampaikan, banyak negara-negara yang sedang mengembangkan ilmu genomik tersebut, tujuannya agar menciptakan bibit-bibit unggul pada komoditi di negaranya.

"Amerika, Eropa, Jepang, Korea, China, Selandia baru, bahkan negara tetangga kita, Singapura dan Malaysia sudah mengembangkan ilmu genomik. Jepang mengembangkan genomik untuk padi, ulat sutra, jamur, alga merah,” imbuhnya.

Dunia global kerap memberi cap negatif pada genomik dulunya. Dianggapnya, ilmu genomik yang diaplikasikan pada kelapa sawit bisa merusak hutan. Padahal setelah Malaysia mencobanya, hutan-hutan menjadi subur serta kelestariannya pun semakin terjaga.

Indonesia sendiri masih minim akan informasi terkait dengan ilmu genomik. Arif berharap agar nantinya para mahasiswa bisa mengembangkannya.

"Bahwa kelak para mahasiswa dapat meneliti dan mengembangkan genomik untuk kemajuan komoditi Indonesia," pungkasnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/07/65/1262155/apa-itu-ilmu-genomik
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Apa Itu Ilmu Genomik? Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi