728x90 AdSpace

05 November 2015

5W1H Keluarga Pahlawan Nasional Mendapat Tali Asih Rp 50 Juta per Tahun

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Siapa, dan Kapan
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pemerintah akan memberikan santunan tali asih terhadap keluarga pahlawan nasional. Pada hari ini, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan kepada lima putra terbaik bangsa. Kelima tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan adalah Alm Bernard Wilhem Lapian, Alm Ki Bagus Hadikusumo, Alm Mas Isman, Alm Komjen Pol Dr. H Moehammad Jasin, dan Alm I Gusti Ngurah Made Agung.

Mengapa
Kelima tokoh itu dianugerahi gelar pahlawan nasional karena jasa-jasanya dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Seluruh plakat tanda jasa dan penghargaan gelar pahlawan nasional diberikan oleh Presiden Jokowi kepada para ahli waris.

Di mana dan Bagaimana
Santunan itu akan diberikan setiap satu tahun sekali.
Khofifah menjelaskan, sebesar Rp 50 juta per tahun itu akan diberikan sampai generasi kedua para pahlawan nasional.
"Diberikan satu kali dalam setahun Rp 50 juta mulai tahun ini sampai generasi kedua," kata Khofifah, seusai upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional terhadap lima pejuang Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/11/2015).
Khofifah menegaskan, Kementerian Sosial hanya memberikan santunan untuk pahlawan nasional dan perintis kemerdekaan. Sementara, santunan bagi para veteran diberikan melalui Kementerian Pertahanan.
Sumber: Tribun
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Keluarga Pahlawan Nasional Mendapat Tali Asih Rp 50 Juta per Tahun Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi