728x90 AdSpace

01 November 2015

5W1H Jeng Patrol di Program Berita Patroli Indosiar

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Kapan
Apakah kamu sering atau pernah menonton program berita Patroli yang tayang di Indosiar? Ya, selain menyajikan berita terkini, Patroli juga memiliki segmen Jeng Patrol.

Fi mana, Siapa, Kapan, dan Bagaimana
Jeng Patrol merupakan seorang wanita dengan baju seksi dan rok serta busana lengan pendek. Ia muncul berpatroli memecah kemacetan di Jakarta khususnya pengendara motor yang meluber hingga ke trotoar. Dengan kacamata yang menutupi wajahnya sambil memegang mikrofon indosiar, ia siap mengintrogasi setiap pengendara yang melanggar aturan.
Penampilannya yang misterius membuat orang bertanya-tanya biodata Jeng Patrol Indosiar, siapakah Jeng Patrol tersebut dan bagaimana wajah aslinya?

Mengapa
Sampai saat ini identitas jeng patrol ini masih dirahasiakan dan memang sengaja dirasiakan oleh pihak indosiar guna menjaga popularitas acaranya.
Sumber: blog-wandi.blogspot.com/2015/09/siapakah-jeng-patrol-indosiar-ini.html
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Jeng Patrol di Program Berita Patroli Indosiar Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi