728x90 AdSpace

17 October 2015

Contoh Teks Ulasan Film "Tiger Boy"

Teks ulasan adalah teks yang mengulas sebuah fenomena ataupun sesuatu (misal: buku, film, dsb). Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman; 2. Memuat informasi berdasarkan pandangan/ opini penulis terhadap suatu karya/ produk; 3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan; 4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Berikut contoh teks ulasan film "Tiger Boy" yang saya modifikasi dari berbagai sumber. Kamu dapat memodifikasinya (terutama bagian Evaluasi dan Rangkuman) berdasarkan sudut pandang kamu sendiri setelah tentu saja menonton film ini terlebih dahulu.
Film yang diproduksi Starvision Plus ini dibintangi oleh Stefan William, Irish Bella, Cassandra Sheryl Lee, Maxime Bouttier, Tatiana Sivek, Bucek Depp, dan Jeremy Thomas. Film religi yang disutradarai Nayato Fio Nuala ini bercerita tentang kisah dua pasang remaja bernama Radja (Stefan William) dan Kanya (Irish Bella).

Tiger Boy dibuka dengan adegan flashback seorang wanita yang berjalan terengah-engah di dalam hutan sambil memegangi perut buncitnya. Ia akan segera melahirkan. Namun, setelah si anak keluar dari rahim si ibu, seekor harimau langsung mengambil bayi itu dan membawanya pergi.

Cerita bergulir ke tujuh tahun kemudian saat Kanya kecil tengah berlibur ke villa di sebuah desa bernama Cimelati bersama ayah, ibu dan adiknya, juga seorang baby sister. Kanya dan Radja bertemu secara tidak sengaja sewaktu Kanya tersesat di hutan. Radja yang menyelamatkan Kanya saat tersesat di hutan dan dari itu tidak pernah bertemu lagi hingga mereka dewasa.

Cerita meloncat ke masa 10 tahun kemudian. Kanya dewasa ternyata dijodohkan oleh orangtuanya dengan seorang lelaki bernama Todi (Maxime Bouttier ) anak dari teman orangtuanya. Secara kebetulan, mereka berlibur ke tempat Kanya bertemu dengan Radja di dekat hutan, Radja yang masih mengenali Kanya pun langsung mengikuti Kanya. Dengan kehadiran Radja, Todi merasa terganggu kedekatannya dengan Kanya dan menganggap Radja sebagai manusia jadi-jadian. Namun Kanya mengajarkan bagaimana manusia biasa berkelakuan. Keluarga dari Kanya dan Todi juga menentang akan keberadaan Radja. Namun Kanya tetap mempertahankan keyakinannya untuk mengungkap identitas dari Radja dengan bantuan seorang kembang desa bernama Citra (Cassandra Sheryl Lee).

Film yang mulai tayang di bioskop pada tanggal 15 Oktober 2015 ini mungkin akan banyak membuat penonton bertanya-tanya: Mana harimaunya? Kapan Stefan berubah jadi harimau? Sebenarnya pertanyaan ini sudah terjawab di kisah pembuka. Tapi, sabar. Anda juga akan mendapat jawabannya di ujung film, kok. Apakah manusia harimau itu benar ada?

Banyak yang bilang, akting Stefan tak mengalami kemajuan dari satu film ke film lain yang sudah ia bintangi. Ia memang sering mendapat peran cowok ala teenlit: cakep, tajir, misterius, digilai cewek-cewek. Namun, kalau boleh jujur di Tiger Boy, ia mengalami banyak kemajuan. Meski nyaris di sepanjang film, ia tak mengeluarkan suara serak-serak basah mendesah yang jadi ciri khasnya. Tapi, bagi penonton, khususnya remaja yang jadi fans berat cowok cute ini, dijamin tetap histeris.

Chemistry-nya dengan Irish Bella juga terjalin manis. Ada satu adegan keduanya yang berpotensi bikin bioskop “meledak” oleh polah fans yang iri. Adegan tersebut terjadi saat Kanya me-"mandi"-kan Radja. Sungguh sangat lucu melihat Stefan berbalut handuk.

Untuk pemain lain, mereka bermain sesuai kapasitasnya. Termasuk Cassandra Lee. Perannya sebagai Citra awalnya hanya dijadikan sempilan untuk ditaksir Tristan. Namun ternyata justru ialah kunci pembuka kisah di awal film. Siapa Radja sebenarnya? Apakah ia benar seorang manusia harimau?
Siapakah Abidzar (Ferry Salim) yang membuat ibunya Citra antipati terhadap orang kota? Apakah Kanya berhasil membuktikan bahwa Radja bukan manusia harimau yang berbahaya? Akankah Kanya dan Radja bisa bersatu?

Untuk mengetahui jawabannya lebih baik nonton filmnya. Tiger Boy diproduksi Starvision Plus dan disutradarai Nayato Fio Nuala dengan skenario tulisan Haqi Ahmad. Selain Irish Bella, Stefan William dan Cassandra Lee, film arahan sutradara Nayato Flo Nuala ini melibatkan artis-artis top seperti Maxime Bouttier, Rayn Wijaya, Jeremy Thomas, Bucek dan Ferry Salim. Film Tiger Boy sudah rilis di bioskop pada 15 Oktober kemarin.

Struktur Teks:
Bagian Orientasi: "Film yang diproduksi Starvision Plus ini .....dst".
Bagian Tafsiran: "Tiger Boy dibuka dengan adegan .....dst".
Bagian Evaluasi: "Film yang mulai tayang di bioskop pada.....dst".
Bagian Rangkuman: "Untuk mengetahui jawabannya .....dst".

Referensi: Bintang, Liputan6

  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Teks Ulasan Film "Tiger Boy" Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi