728x90 AdSpace

31 October 2015

Contoh Soal UAS Kelas VIII Semester Ganjil (Kurikulum 2013)

Kutipan teks fabel berikut ini untuk menjawab soal no. 1 dan 2!
Kupu-Kupu Berhati Mulia
(1) Pada suatu pagi sang Semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam Lumpur. Sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”

(2) Untunglah saat itu ada seekor Kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.

1. Kutipan teks cerita bernomor (1) tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

2. Kutipan teks cerita bernomor (2) tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
b. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Paman Belalang
“Hore!” Teriak para serangga ketika melihat kodok-kodok itu pergi. Sambil menari-nari mereka mengangkat tubuh Paman Belalang dan melempar-lemparnya ke udara. Kakek Cacing mengucapkan terima kasih kepada Paman Belalang yang sudah menyelamatkan desa. Semenjak itu, Paman Belalang tidak menjadi pemurung lagi. Ia menyadari dirinya masih berguna walaupun telah kehilangan kakinya. Setiap malam ia pun bergabung dengan para serangga lainya untuk berpesta. Paman Belalang selalu bermain gitar dan bernyanyi riang. Para serangga pun sangat menyukainya. Begitu juga dengan Lodi dan Roro yang sekarang menjadi sahabat paman. Mereka selalu ikut berpetualangdengan Paman Belalang dan perahunya.

Kutipan teks cerita tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda

4. Pernyataan berikut merupakan isi bagian reorientasi dalam teks biografi adalah ….
a. Dr. Abraham Samad, S.H., M.H. dilahirkan pada tanggal 27 November 1967 di Makassar. Abraham Samad memasuki SMA Katolik Cendrawasih, Makassar, tahun 1983. Setelah menyelesaikan studinya di SMA, Abraham kemudian melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Pilihannya saat itu Fakultas Hukum. Abraham pun mendaftar di Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin dan diterima di sana.
b. Setelah menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin Makassar tahun 1992, Abraham Samad melanjutkan studi Magisternya di Universitas yang sama. Sejak tahun 1996, Abraham Samad melakoni profesi sebagai advokat.
c. Abraham Samad mendirikan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang diberi nama Anti Coruption Committee (ACC). LSM ini bergerak dalam kegiatan pemberantasan korupsi, seperti melakukan kegiatan pembongkaran kasus–kasus korupsi, khususnya di Sulawesi Selatan.
d. Sosok Abraham Samad memang pantas dijadikan seorang inspirasi dalam memberattas korupsi. Sifatnya yang tegas mampu membantu masyarakat dalam memberatas korupsi yang ada. Semoga pada kemudian hari lahir tokoh–tokoh Abraham Samad lain.

5. Simak teks biografi berikut:
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian apa dari struktur teks biografi?
a. orientasi
b. peristiwa/masalah
c. reorientasi
d. koda

6. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian dari....
a. orientasi
b. peristiwa/masalah
c. reorientasi
d. koda

Teks berikut untuk menjawab soal no.7 dan 8!
Teks A
Anjing terkecil bernama Scooter. Tinggi badan anjing ini hanya tiga inci atau sekitar 7,2 cm. Warna bulunya putih. Scooter dapat duduk di atas sebuah cangkir. Binatang mini ini berasal dari Auckland, Selandia Baru. Karena badan si mini yang kecil, Cheril McKnight, pemiliknya, hanya menggunakan cangkir telur untuk memberi makan. Tempat tidur anjing itu pun hanya sebesar kotak sepatu.
Teks B
Pada suatu hari, terjadi pertemuan antara kerbau dan ular di hutan. Keduanya terlibat percakapan. Ular memulai pembicaraan. Ia mengejek kerbau. “Wahai Saudaraku, apakah kekuatanmu sebanding dengan badanmu yang besar? Jangan sampai hanya badanmu saja yang besar sedang kekuatanmu tidak seberapa.”

7. Jenis teks pada dua kutipan di atas adalah ....
a. Teks A merupakan teks fabel dan teks B merupakan teks cerita
b. Teks A merupakan teks biografi dan teks B merupakan teks deskripsi
c. Teks A merupakan teks deskripsi dan teks B merupakan teks fabel
d. Teks A merupakan teks cerita dan teks B merupakan teks biografi

8. Struktur teks pada dua kutipan teks di atas adalah ....
a. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian koda
b. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian deskripsi bagian
c. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian komplikasi
d. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian orientasi

Teks berikut untuk menjawab soal no.9 dan 10!
Teks A
Seto Mulyadi (lahir di Klaten, 28 Agustus 1951; umur 63 tahun) atau biasa dikenal sebagai Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Kak Seto identik dengan si Komo, boneka ciptaannya yang kerap tampil di acara televisi sekitar tahun 1990. Dalam acara tersebut Si Komo tidak tampil sendirian melainkan ditemani oleh karakter lain. Seperti Belu si bebek, Dompu si domba, Piko si sapi, serta Ulil si ulat. Nama-nama itu merupakan akronim dan memiliki singkatan, seperti Dompu = domba putih, Belu = bebek lucu, Ulil = ulat jahil.
Teks B
Antara keduanya memiliki persamaan yaitu bisa yang sama-sama mematikan. Lidah mereka juga sama-sama bercabang ditambah kegesitan yang hampir sama. Meski si ular jelas lebih unggul dalam masalah kelincahannya, tetapi kelebihan sang komodo adalah tubuh yang sangat kuat yang begitu mematikan bagi tubuh lunak si ular itu. Antara si ular dan sang komodo masih sama sama saling menatap dan belum ada salah satu dari mereka yang mulai menyerang meski satu sama lain sudah siap saling menyerang.

9. Jenis teks pada dua kutipan di atas adalah ....
a. Teks A merupakan teks fabel dan teks B merupakan teks cerita
b. Teks A merupakan teks biografi dan teks B merupakan teks fabel
c. Teks A merupakan teks deskripsi dan teks B merupakan teks fabel
d. Teks A merupakan teks cerita dan teks B merupakan teks biografi

10. Struktur teks pada dua kutipan teks di atas adalah ....
a. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian koda
b. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian deskripsi bagian
c. Teks A merupakan bagian orientasi dan teks B merupakan bagian komplikasi
d. Teks A merupakan bagian deskripsi umum dan teks B merupakan bagian orientasi

11. Bacalah teks cerita fabel berikut ini!
Kelinci Sang Penakluk
Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.
Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada sang singa yang ganas itu.
“Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata si kelinci.
Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut, “Mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”
“Ya sang raja, dia ada di dalam sumur itu.”
Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci sang singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.

Kekurangan struktur teks pada cerita tersebut adalah pada bagian…..
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

12. Bacalah teks berikut ini!
Anjing yang Nakal
Si anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga. Seekor anak anjing bertanya, “Mengapa kamu selalu berlari ke sana-kemari dengan loncengmu?”
“Ya, aku bangga pada lonceng di leherku. Tidak setiap anjing punya lonceng sepertiku.”
Pada suatu ketika anjing tua berkata kepada anjing berlonceng, “ Mengapa kamu selalu memamerkan diri dengan loncengmu?”
“ Ya, karena tidak setiap anjing memiliki lonceng sepertiku”
“Sebenarnya kamu harus malu pada loncengmu. Lonceng itu tidak patut kamu banggakan. Bahkan, itu aib. Sebenarnya majikanmu memberi lonceng itu agar orang berhati-hati dengan kehadiranmu. Lonceng itu adalah pemberitahuan kepada semua orang agar hati-hati dan waspada akan kedatanganmu karena kamu anjing yang tak tahu aturan dan sering menggigit tumit orang,” kata anjing tua.
Setelah mendengar hal itu, anjing berlonceng tidak mau lagi berlari-lari. Meskipun memakai lonceng, dia tidak berani lagi memamerkan loncengnya karena banyak anjing lain yang mengetahui aibnya.

Kekurangan struktur teks pada cerita tersebut adalah pada bagian…..
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

Simak teks berikut untuk menjawab soal no. 13 dan 14!
Burung Gagak yang Haus
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi tidak menemukannya. Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya.ia senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Gagak itu lalu berpikir keras sebentar. Ketika menengok ke kanan dan ke kiri, ia melihat beberapa kerikil. Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu memasukan setiap kerikil itu ke dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh karena itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut.
Dikutip:http://www.rumahdongeng.com./cerita-anak.php?id=203

13. Mengapa gagak tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam tempayan?
a. Karena airnya ada di dalam tempayan
b. Karena leher tempayan terlalu sempit
c. Karena kepala gagak terlalu besar
d. Karena airnya terlalu sedikit

14. Untuk apa gagak memunguti kerikil?
a. Untuk melempari tempayan agar pecah
b. Untuk melempari mangsanya
c. Untuk dimasukkan ke dalam tempayan
d. Untuk dimasukkan ke dalam mulutnya

Kutipan fabel berikut untuk soal no. 15 dan 16!
Kelinci Sang Penakluk
Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.
Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada sang singa yang ganas itu.
“Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata si kelinci.
Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut, “Mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”
“Ya sang raja, dia ada di dalam sumur itu.”
Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci sang singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.

15. Dari teks fabel di atas ringkasan teks fabel yang tepat adalah…
a. Singa sang raja hutan yang membuat peraturan tidak mau lagi berburu dan mengharuskan binatang lain yang harus suka rela menjadi mangsa, dan kelinci yang cerdik dapat mengalahkan singa
b. Kelinci rela berkoban demi bintang lain tapi berkat kecerdikannya dapat mengalahkan singa
c. Singa yang tertipu oleh kecerdikan kelinci sehingga jatuh dalam jurang
d. Kelinci mengalahkan singa yang malas mencari mangsa, karena singa bisa ditipu kecerdikan kelinci.

16. Manakah tema yang tidak tepat untuk teks fabel di atas?
a. Singa yang malang
b. Kecerdikan
c. Keberanian
d. Kebodohan

17. Simak kutipan teks cerita fabel berikut:
.....
Masalahnya, Jiji terlalu tinggi untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan padanya. Jiji terlalu tinggi untuk menjadi kondektur bus. Ketika berdiri di dalam bus, ia harus menekuk leher dan itu membuat lehernya nyeri. Ia juga terlalu tinggi untuk menjadi sopir truk. Lehernya terlalu panjang di ruang kemudi. Saat ia tekuk, hidungnya menyentuh kemudi truk. “Hm, sepertinya, aku hanya cocok untuk melakukan pekerjaan di luar ruangan. Ya, ya, “gumam Jiji pada suatu pagi, sambil matanya menerawang memperhatikan sekitarnya.
Topik kutipan teks cerita fabel di atas yang benar adalah ....
a. Badan Jiji terlalu besar untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan padanya.
b. Jiji ditawari jadi kondektur bus, namun lehernya yang panjang itu harus ditekuk jika berada di dalam bus, dan itu membuat lehernya nyeri.
c. Jiji ditawari jadi sopir taksi, namun lehernya tertekuk jika duduk di ruang kemudi.
d. Sahabatnya, si Kus Tikus yang bekerja sebagai tukang cat rumah begitu ulet dan rajin.

Kutipan puisi berikut untuk soal nomor 18 dan 19!
(Puisi Karya Aldika Restu Pramuli)
Baru saja lahir
Kupu-kupu kecil dari sebuah kepompong mungil
Sayap-sayapnya elok
Kuning mencolok
Berhiaskan hijau volkadot
Kepompong telah menjelma makhluk
. . .
Bunga-bunga pun siap jadi teman baik
Bagi si kupu-kupu kecil yang cantik

18. Judul yang tepat untuk puisi di atas adalah….
a. Kelahiran kupu-kupu
b. Kupu-kupu Kecil
c. Bunga-bunga
d. Kepompong

19. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang puisi di atas adalah….
a. Bersayap cantik
b. Kemana engkau terbang
c. Baru saja lahir
d. Metamorfosa telah sampai di batas titik

20. Perhatikan penggalan puisi berjudul ”Gajah” berikut!
Anak-anak, pernahkah kamu melihat gajah?
Di kebun binatang atau dalam buku sekolah?
Binatang ini badannya besar sekali
Dan lihatlah, juga teramat tinggi
Kedua telinganya lebar melambai-lambai
Hidungnya panjang, bernama belalai
Tema kutipan puisi tersebut adalah….
a. Kekaguman terhadap gajah
b. Gajah binatang yang besar
c. anak-anak melihat gajah
d. deskripsi binatang gajah

Teks berikut untuk soal nomor 21 dan 22!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.

21. Mengapa Raden Mas Soewardi Soeryaningrat mengganti namanya?
a. karena berasal dari lingkungan keratin
b. karena ia sangat sederhana
c. karena ia ingin dekat dengan rakyatnya
d. karena ia dapat dekat dengan rakyatnya

22. Kapan dan di mana Ki Hajar Dewantara dilahirkan?
a. Di keraton Yogyakarta tanggal 2 Mei
b. Di Solo tanggal tanggal 2 Mei
c. Di Yogyakarta tanggal 2 Mei 1889
d. Di Solo tanggal 2 Mei 1889

Kutipan biografi berikut untuk soal no. 23 dan no. 24!
B.J Habibie lahir tanggal 25 Juni 1936 di Pare –Pare, Sulawesi Selatan. Kegiatannya mengerjakan sesuatu dan gemar membaca. Habibie dan putra-putra Indonesia yang bekerja di Industri Pesawat terbang Nusantara (IPTN) menciptakan CN – 235 dan N-250. B.J Habibie antara lain mendapat kehormatan dari Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar, Jerman Barat, tahun 1983.

23. Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah…..
a. Pencipta pesawat terbang CN – 235 dan N – 250
b. Bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)
c. Pegawai lembaga penerbangan dan Angkasa Luar, Jeman Barat
d. Terlahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan

24. Sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah………
a. Mengerjakan sesuatu bersama-sama dan gemar menulis
b. Mengerjakan sesuatu dan gemar membaca
c. Tidak berbuat apa-apa, tetapi gemar berbicara
d. Gemar berbicara dan mengerjakan sesuatu dengan teman

25. M. Mahfud tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Hukum UI pertama yang meraih gelar doktor pada tahun 1993. Dia meloncat mendahului mantan dosen dan senior-seniornya di UI. Di dukung oleh karya tulisnya yang banyak Lektor Muha Mahfud melompat lagi langsung menjadi guru besar. Jika di hitung dari awal menjadi dosen sampai meraih gelar guru besar, ia hanya membutuhkan waktu 12 tahun. Mahfud memegang rekor tercepat dalam sejarah pencapaian gelar Guru Besar. Padahal pada umumnya seseorang bisa memperoleh gelar guru besar minimal membutuhkan waktu 20 tahun sejak awal kariernya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah ...
a. M.Mahfud meraih gelar doktor pada th 1993.
b. M. Mahfud menjadi dosen di Fakultas Hukum UI.
c. Meraih gelar guru besar sebagai rekor tercepat dalam sejarah.
d. Karya tulisnya sangat banyak saat jadi dosen.

Kutipan puisi kepahlawan berikut untuk menjawab soal no. 26 dan 27 !
Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.
…..

26. Puisi karya Chairil Anwar ini berjudul ………
a. Pahlawan
b. Perjuangan
c. Diponegoro
d. Negeriku

27. Amanat penggalan puisi di atas adalah …
a. maju terus mengejar mimpi
b. pupus harapan di medan perang
c. semangat membela Negeri Tercinta
d. bagimu negeri

28. Perhatikan kutipan puisi kepahlawanan berikut!
Kau tak pernah meminta imbalan
Kau tak pernah mengeluh
Meskipun tulang dan badanmu mulai rapuh
Tak pernah
Dan tak pernah kau hiraukan
Karena hanya satu dan satu tujuanmu
Yaitu membuat Indonesia merdeka dan sejahtera
....
(Ki Hajar Dewantoro, Karya Nur Laili Pangestika)
Unsur yang menonjol pada larik kedua dan ketiga kutipan puisi Ki Hajar Dewantara di atas adalah ....
a. tema
b. citraan
c. rima
d. majas

29. Perhatikan kutipan teks biografi berikut!
Chairil Anwar adalah sosok penyair yang selalu berusaha menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia dalam meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Upaya itu tercermin dalam puisinya berjudul “Karawang-Bekasi”. Sementara itu, dalam karyanya berjudul “Diponegoro”, Chairil Anwar berusaha mengajak para pembacanya untuk berjuang. Puisi ini kemudian dikenal dengan puisi perjuangan. Adapun dalam puisi “Aku” Chairil Anwar mencoba mengapresiasi dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka lewat sebaris kata “Aku ini binatang jalang”.
Gagasan utama dari kutipan teks biografi di atas adalah . . . .
a. Upaya Chairil Anwar untuk mengapresiasi perjuangan bangsa Indonesia tercermin dalam puisinya berjudul “Karawang-Bekasi”.
b. Puisi “Aku” Chairil Anwar mencoba mengapresiasi dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka lewat sebaris kata “Aku ini binatang jalang”.
c. Dalam karyanya berjudul “Diponegoro”, Chairil Anwar berusaha mengajak para pembacanya untuk berjuang.
d. Chairil Anwar adalah sosok penyair yang selalu berusaha menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia dalam meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

30. Gisela : Yang pasti kita jangan bekerja kelompok di rumah Ikal, rumah dia kan kecil dan kumuh,lagi pula aku
nggak boleh sama orang tuaku jika bermain ke tempat kumuh seperti itu.
Joe : Iya betul sekali itu, pasti rumah Ikal itu bau banget dan sempit sekali, pokoknya aku tidak akan mau kerja
kelompok jika di rumah Ikal!
Lucy : Teman-teman, kalian jangan ngomong seperti itu, belum tentu apa yang kalian ucapkan itu benar, lagian
tujuan kita itu untuk belajar bukan bermain!
Ikal : Sudahlah tidak apa-apa, perkataan mereka itu benar kok, kalau kita belajar di tempat yang tidak nyaman
kan juga memengaruhi tugas kita juga .
Joe : Bagaimana kalau di rumah Lucy saja!
Watak Ikal pada penggalan naskah drama di atas adalah ….
a. Iri hati
b. rendah hati
c. besar hati
d. tinggi hati

31. Simak kutipan teks fabel yang masih acak berikut!
Calon Raja Hutan
Pengarang: Gamal
1) Di suatu senja, ketika semua hewan sedang istirahat, terdengar kegaduhan. Pembuat Kegaduhan itu tak lain adalah harimau, gajah, dan beruang. Mereka berdebat saling menonjolkan diri. Tak satu pun di antara mereka yang mau mengalah. Masing-masing merasa dirinyalah yang paling pantas menjadi raja.
2) Sepeninggal singa, kehidupan di hutan menjadi kacau. Penyebab kekacauannya adalah hariamu, gajah, dan beruang. Ketiganya ingin menggantikan kedudukan singa menjadi raja hutan, tetapi semua penghuni hutan tidak menyukai mereka. Ketiganya memiliki perangai yang amat buruk. Mereka sombong, iri hati, dan pandai memfitnah.
3) Disebuah hutan rimba tinggallah beraneka macam binatang. Mereka hidup dengan rukun dan damai di bawah pimpinan seekor singa yang yang bijaksana. Akan tetapi, singa itu kini sudah tua dan sakit-sakitan. Ia sudah tak kuat lagi memimpin. Benarlah, tak berapa lama kemudian, singa itu pun mati. Semua penghuni hutan berduka. Mereka kehilangan pemimpin yang dicintai.
4) Semua penghuni hutan merasa kesal melihat keadaan itu. Akhirnya, mereka mengajukan usul. Harimau, gajah, dan beruang harus mengadu kekuatan, ketangkasan, dan keberanian mereka. Siapa di antara mereka yang paling tangkas, kuat, dan berani, dialah kelak yang akan dipilih menjadi raja.
Urutan yang benar teks cerita fabel di atas agar runtut/urut adalah…
a. 1),2),3),4)
b. 4),1),2),3)
c. 3),2), 1),4)
d. 3),1),2),4)

Kutipan cerita fabel di bawah ini untuk soal nomor 32, 33, dan 34.
Rama Harimau
Sumber: Repro KR
1) “Dimana-mana yang kuat akan selalu dapat bertahan hidup”,lanjutnya.
2) Di sebuah hutan rimba hiduplah seekor harimau besar yang dijuluki Rama Harimau. Rama Harimau terkenal sangat bijaksana dan baik hati. Meskipun ia dikenal sebagai hewan yang kuat, tetapi ia tidak sombong dengan kelebihannya itu. Karena itulah ia dipilih sebagai pemimpin seluruh binatang.
3) Rama Harimau mempunyai putra namanya si Loreng. Si loreng dibenci binatang di hutan. Selain sangat jahat, dia juga sangat sombong. Ia sering menindas binatang yang ada di hutan. Suatu hari ia si Loreng menemukan sarang semut merah. Segera sarang semut itu ia tutup menggunakan batu.
4) “Biar saja semut itu mati, lagi pula para semut memang terlalu lemah untuk hidup”, kata si Loreng dengan sombong.

32. Urutan yang benar teks cerita fabel di atas adalah…
a. 4), 1),3),2)
b. 2),3),4),1)
c. 2),3),1)4)
d. 3),1),2),4)

33. Loreng memilki watak…
a. Baik
b. Jujur
c. Jahat
d. serakah

34. Konflik tergambar dalam kutipan cerita…
a. Loreng tidak mau menuruti perintah Rama Harimau
b. Loreng dibenci oleh binatang-binatang hutan
c. Loreng bermain bersama para semut
d. Loreng berbadan besar

35. Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1) Di perjalanan menuju Belanda, Anggun singgah di Paris, Prancis. Anggun akhirnya membatalkan niatnya ke Belanda lalu menetap dan memulai karier di Paris.
2) Anggun memulai karier internasionalnya pada usia 19 tahun pada tahun 1994. Ia menjual perusahaan rekamannya dan meninggalkan segala popularitas yang dimilikinya di Indonesia.
3) Kemudian,Anggun menetap di London selama setahun. Selanjutnya, Anggun berpindah ke Belanda.
4) Anggun Cipta Sasmi lahir di Jakarta, pada tanggal 29 April 1974. Ia penyanyi Indonesia yang sekarang memiliki kewarganegaraan Prancis. Hingga saat ini ia masih satu-satunya penyanyi Indonesia yang berhasil menaklukan pasar musik internasional.
5) Pada tahun 1996, Anggun bertemu dengan Erick Benzi, salah seorang produser besar Prancis yang pernah menangani album sejumlah penyanyi terkenal. Benzi terpikat oleh kemampuan vokal Anggun dan menawarkannya rekaman album solo di Prancis.
6) Anggun memang patut dibanggakan. Anggun telah mengangkat nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan prestasinya di dunia musik.

Susunan yang tepat agar menjadi teks biografi runtut adalah . . . .
a. 1) - 2) -3) - 4) - 6) - 5)
b. 2) - 3) - 5) - 1) - 6) - 4)
c. 3) - 4) - 6) - 2) - 5) - 1)
d. 4) - 2) - 3) - 1) - 5) - 6)

36. Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1) Umumnya acara massal tersebut dilakukan di luar gedung.
2) Bersama Grup Musik Kiai Kanjeng, Cak Nun rata-rata 10-15 kali perbulan berkeliling ke berbagai wilayah Nusantara.
3) Dalam pertemuan tersebut mereka melakukan berbagai dekonstruksi pemahaman atas nilai-nilai, pola-pola komunikasi, metode perhubungan kultural, pendidikan cara berpikir, serta pengupayaan solusi-solusi masalah masyarakat.
4) Muhammad Ainun Nadjib biasa dikenal Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun, lahir di Jombang, Jawa Timur, 27 Mei 1953.
5) Di samping itu, secara rutin bersama komunitas Masyarakat Padang Bulan aktif mengadakan pertemuan sosial.
Susunan yang tepat agar menjadi teks biografi runtut adalah . . . .
a. 4) – 1) – 2) – 5) – 3)
b. 4) – 2) – 1) – 5) – 3)
c. 5) – 1) – 2) – 4) – 3)
d. 5) – 2) – 1) – 4) – 3)

37. Simak kutipan identitas tokoh berikut:
1). Nama: Lucia Francisca Susi Susanti
2). TTL : Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971
3). Profesi : mantan pemain bulu tangkis Indonesia.
4). Suami : Alan Budikusuma (sama-sama meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992)
5). Anak : Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
Paragraf yang tepat berasarkan kutipan identitas tokoh di atas adalah ....
a. Lucia Francisca Susi Susanti, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
b. Lucia Francisca Susi Susanti, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Februari 1971 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, saat meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
c. Lucia Francisca Susi Susanti adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Ia lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 11 Februari 1971. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Mereka memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).
d. Lucia Francisca Susi Susanti adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia. Mereka lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 11 Februari 1971. Dia menikah dengan Alan Budikusuma, yang meraih medali emas bersamanya di Olimpiade Barcelona 1992. Ia memiliki 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina (1999), Albertus Edward (2000), dan Sebastianus Frederick (2003).

Teks berikut untuk soal no. 38 dan 39!
Dihutan belantara hiduplah seekor Landak. Namanya landa. Jarang sekali dia bermain dengan binatang lain. Si Landak tidak mau bermain dengan binatang lain karena khawatir duri yang ada ditubuhnya akan menusuk temannya.
Setiap hari landa bermain sendiri. Mencari makan pun dia hanya berani pada malam hari disaat binatang lain tidur pulas. Hatinya sedih karena tidak mempunyai teman yang bisa di ajak berbicara dan bermain.

38. Perbaikan atas kesalahan penggunaan kata depan di pada kutipan fabel tersebut adalah ....
a. dihutan, di saat, di ajak
b. di hutan, di tubuhnya, disaat
c. di hutan, di tubuhnya, di saat
d. dihutan, disaat, di ajak

39. Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital pada tokoh dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
a. Landak, Landa
b. landak, landa
c. Landak, landa
d. landak, Landa

40. Simak kutipan teks fabel berikut!
Kelelawar yang Pengecut
Disebuah padang rumput diAfrika seekor singa sedang menyantap makanan.Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanan milik singa.Sang raja hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung.
“Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita.Usir mereka semua,jangan disisakan!” kata sang raja hutan.Binatang setuju lain sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung.
Kesalahan penggunaan awalan di- terdapat pada kata- kata . . . .
a. disebuah dan diAfrika
b. diperlakukan dan diAfrika
c. disisakan dan diperlakukan
d. disebuah dan diperlakukan

41. “Kura-kura melukis pemandangan gunung.”
Kalimat pasif yang tepat dari pengubahan kalimat aktif tersebut adalah . . . .
a. ”Pemandangan gunung itu dilukis oleh kura-kura.”
b. ”Pemandangan gunung terlukis dengan kura-kura.”
c. ”Kura-kura melukis pemandangan gunung.”
d. ”Gunung itu terlukis oleh kura-kura.”

42. Perhatikan kata-kata berikut!
1). meraung 2). memanggil 3). mengaum 4).memakai 5). melaju
Yang termasuk kata kerja transitif pada kata di bawah ini ...
a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4

43. Perhatikan kalimat berikut!
1) Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
2) Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur.
3) Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
4) Kepompong hanya bisa menggantung di ranting itu.
Kalimat yang mengandung kata keterangan waktu dan tempat adalah . . . .
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4

44. Kalimat yang mengandung konjungsi intrakalimat menyatakan hubungan ‘kelanjutan’ adalah…
a. Ni wayan Mertayani hidup dibawah tekanan ekonomi, tetapi ia masih mempunyai cita-cita.
b. Sepulang sekolah, Mertayani membantu ibunya berjualan, lalu mencari rongsokan di pinggir pantai.
c. Ibu Mertayani senang dan bangga terhadap prestasi yang dicapai anaknya.
d. Mertayani mandiri bekerja sambil sekolah setelah ayahnya meninggal. Akan tetapi, ia tidak pernah malu terhadap pekerjaannya.

45. Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J. Habibie lahir di Pare-pare, Sulawesi selatan, pada 25 Juni 1963. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tutin Marinin Puspowardojo. Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School.
Berdasarkan cuplikan biografi di atas yang merupakan rujukan kata adalah kata ….
a. Atau
b. Pada
c. Dari
d. Beliau

46. Perhatikan kutipan fabel berikut!
{1} Kambing kecil mulai tumbuh dan membuat dia berfikir bahwa dia sudah dewasa. {2} Dia dapat menjaga dirinya sendiri. {3} Suatu sore segerombolan kambing pulang ke peternakan. {4} Induk kambing memanggil anaknya.
Kata kerja intransitif pada paragraf di atas di tandai nomor
a. {1} dan {2}
b. {2} dan {4]
c. {3} dan {4}
d. {1} dan {3}

47. Di antara kalimat dibawah ini yang termasuk kalimat tunggal adalah ….
a. Paman Arman beserta keluarga makan bakso bersama
b. Paman Andi pergi ke pasar
c. Andi dan Arman pergi kesekolah bersama
d. Anisa pergi ke tempat teman ibunya setelah selesai sekolah.

48. Simak dua kalimat tunggal berikut!
- puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti
- Susi Susanti tidak pernah sombong
Gabungan kedua kalimat tersebut menjadi kalimat majemuk yang benar adalah . . . .
a. Puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti dan Susi Susanti tidak pernah sombong.
b. Puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti dengan demikian Susi Susanti tidak pernah sombong.
c. Puluhan gelar tingkat internasional sudah diraih Susi Susanti tetapi ia tidak pernah sombong.
d. Puluhan gelar tingkat internasional sudah ia raih sehingga dia tidak pernah sombong

49. Sebagai pahlawan yang dijuluki bapak dari pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya di kenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi para rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
Manakah revisi yang benar sesuai dengan teks di atas?
a. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi para rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
b. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
c. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak dari Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
d. Sebagai pahlawan yang dijuluki bapak pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

50. Alur hidup Ni Wayan Mertayani dapat dikatakan hampir mirip dengan Anne Frank, wartawati keturunan Yahudi. Keduanya sama-sama hidup dalam tekanan, tapi penuh harapan dan cita-cita. Anne Frank hidup dan besar di bawah tekanan tentara nazi, sedangkan Mertayani hidup dan besar di bawah tekanan ekonomi.
Ringkasan yang tepat atas kutipan bagian orientasi teks biografi di atas adalah . . . .
a. Alur hidup Ni Wayan Mertayani mirip dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Mertayani hidup di bawah tekanan tentara nazi, Anne Frank hidup di bawah tekanan ekonomi.
b. Alur hidup Ni Wayan Mertayani sama dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Anne Frank hidup di bawah tekanan tentara Israel, Mertayani hidup di bawah tekanan ekonomi.
c. Alur hidup Ni Wayan Mertayani sama dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Bedanya Mertayani hidup di bawah tekanan tentara nazi, Anne Frank hidup di bawah tekanan ekonomi.
d. Alur hidup Ni Wayan Mertayani mirip dengan Anne Frank, sama-sama hidup dalam tekanan. Bedanya, Anne Frank hidup di bawah tekanan tentara nazi, Mertayani hidup di bawah tekanan ekonomi

Hak cipta: MGMP SMP Kab. Tabalong
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Soal UAS Kelas VIII Semester Ganjil (Kurikulum 2013) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi