728x90 AdSpace

30 October 2015

Contoh Soal UAS Kelas VII Semester Ganjil (Kurikulum 2013)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Simak teks laporan hasil observasi berikut:
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
a. definisi umum
b. deskripsi bagian
c. deskripsi manfaat
d. penutup

2. Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.
a. definisi umum
b. deskripsi bagian
c. deskripsi manfaat
d. penutup

3. Simak teks laporan hasil observasi berikut:
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur teks....
a. definisi umum
b. deskripsi bagian
c. deskripsi manfaat
d. penutup

Teks berikut untuk soal no. 4 dan 5
Prestasi belajar merupakan kemampuan siswa dalam memenuhi tuntutan akademis. Peranan perhatian orang tua dalam lingkungan keluarga yang penting adalah memberikan pengalaman pertama pada masa anak-anak. Hal ini dikarenakan pengalaman pertama merupakan merupakan faktor penting dalam perkembangan pribadi dan menjamin kehidupan emosional anak. Siswa yang mendapat perhatian baik dari orang tuanya mendapat prestasi belajar lebih baik dibanding siswa yang kurang mendapat perhatian dari orang tua.

4. Bagian definisi umum pada kutipan laporan observasi di atas adalah
a. Kalimat pertama
b. Kalimat kedua
c. Kalimat ketiga
d. Kalimat keempat

5. Bagian deskripsi manfaat pada kutipan laporan observasi di atas adalah…
a. Kalimat pertama
b. Kalimat kedua
c. Kalimat ketiga
d. Kalimat keempat

6. Pernyataan yang mengandung unsur definisi adalah...
a. Tari gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama gambyong.
b. Gerakan dalam tari gambyong, antara lain srisig, nacah, miring, kengser, gerak embat, atau entrag, gerak sekaran mlaku, dan gerak sekaran mandheg.
c. Gamyong seorang penari yang mahir dalam menari dan memiliki suara merdu, hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta
d. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak kebawah dan ke atas

7. Simak teks Laporan hasil observasi berikut:
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Mengapa Indonesia disebut paru-paru dunia?
a. karena Indonesia memiliki hutan lebat
b. karena Indonesia memiliki oksigen yang banyak
c. karena Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen
d. karena Indonesia memiliki hutan lebat, oksigen, tumbuh-tumbuhan, dan hewan

8. Simak kutipan teks laporan hasil observasi berikut:
Perpustakaanku berukuran 30 meter persegi. Di dalamnya terdapat beberapa kelompok buku. Kelompok buku tersebut adalah fiksi, nonfiksi, pengetahuan umum, dan referensi. Setiap hari pengunjung perpustakaanku rata-rata 50 orang. Jumlah pengunjung yang begitu banyak bisa dilayani oleh satu orang pustakawan.
Berapa jumlah pustakawan yang ada di perpustakaanku?
Jawaban pertanyaan tersebut yang tepat adalah . . . .
a. Tiga puluh orang
b. Lima puluh orang
c. Satu orang
d. Dua orang

9. Simak kutipan teks deskripsi berikut:
Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.
BPost, 12 September 2004
Mengapa Tanjung Puri sepi pengunjung?
Jawaban atas pertanyan di atas yang sesuai dengan isi bacaan adalah . . . .
a. Karena Suriansyah yang mengatakan.
b. Karena lokasinya jauh dari kota
c. Karena warga Tanjung malas ke sana.
d. Karena warga Tanjung tidak suka makan-makan.

10. Simak teks deskripsi berikut:
Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Redet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).
Berasal dari bahasa apa nama gerak dalam tari Saman?
a. bahasa Gayo
b. bahasa Arab
c. bahasa Melayu
d. bahasa Indonesia

11. Dari kutipan teks soal no.10, siapakah yang menyanyikan saur?
a. seorang penari
b. semua penari
c. penyanyi Arab
d. penyanyi solo diikuti semua penari

12. Dari kutipan teks soal no.10, nyanyian syair lagu tari Saman berasal dari bahasa apa?
a. bahasa Indonesia dan Gayo
b. bahasa Arab dan Indonesia
c. bahasa Melayu dan Gayo
d. bahasa Gayo dan Arab

13. Perhatikan daftar kata berikut!
1. koreografi
2. resepsi
3. mahir
4. tarian
Makna istilah dari daftar kata di atas yang tepat adalah ....
a. tarian artinya seni mencipta dan menggubah tari (balet); seni tari (balet)
b. resepsi artinya pertemuan (perjamuan) resmi yg diadakan untuk menerima tamu (pada pesta perkawinan, pelantikan)
c. koreografi artinya sangat terlatih (dlm mengerjakan sesuatu); cakap (pandai) dan terampil
b. mahir artinya jenis tari; gaya tari

14. Perhatikan beberapa kata berikut:
1) daun
2) batang
3) dahan
4) akar
Kalimat definisi yang tepat adalah ....
a. Daun merupakan bagian tanaman yg tumbuh berhelai-helai pada ranting (biasanya hijau) sebagai alat bernapas dan mengolah zat makanan
b. Batang adalah bagian tumbuhan yg berada di dalam tanah
c. Dahan ialah bagian batang pohon yg tumbuh di akar
d. Akar termasuk bagian tumbuhan yg biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat hembusan angin dan mengolah zat makanan

15. Kalimat definisi yang tepat adalah ....
a. Manusia adalah makhluk yang berkembang biak dan dapat membentuk sebuah peradaban.
b. Manusia adalah makhluk yang berpikir dan dapat membentuk sebuah peradaban.
c. Manusia adalah makhluk yang berpikir dan dapat membentuk sebuah keluarga.
d. Manusia adalah makhluk yang berkembang biak dan dapat membentuk sebuah masyarakat.

16. Perhatikan gambar berikut:
Deskripsi yang tepat atas keseluruhan gambar tersebut adalah....
a. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya jernih. Di sebelah kiri dan kanannya terdapat sebuah rumah berwarna kuning yang menyejukkan mata.
b. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya putih jernih. Di sebelah kiri dan kanannya tumbuh subur pohon kelapa dan pinus yang hijau menyejukkan mata. Ada sebuah rumah berwarna kuning di dekatnya.
c. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya jernih mengairi sawah-sawah yang ada di dekatnya. Di sebelah kiri dan kanannya tumbuh subur tetumbuhan yang hijau menyejukkan mata. Ada sebuah rumah berwarna kuning di dekatnya.
b. Pemandangan di air terjun ini sungguh sangat indah. Airnya putih jernih. Di sebelah kiri dan kanannya tumbuh subur tetumbuhan yang hijau menyejukkan mata. Ada sebuah rumah berwarna kuning di dekatnya.

17. Deskripsi benda yang bertanda panah pada gambar soal no.16 di atas sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah....
a. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hilir dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hulu. Air bermanfaat bagi manusia untuk minum.
b. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hulu dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hilir. Air bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan saja.
c. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hulu dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hilir. Air bermanfaat bagi manusia untuk diminum, mandi, pengairan, dan lain-lain.
d. Sungai adalah aliran air yang membelah daratan dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Bagian asal sungai disebut hulu yang berwarna keruh dan bagian arah ke mana air mengalir disebut hilir yang berwarna bening. Air bermanfaat bagi manusia untuk minum.

18. Perhatikan kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
1) Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi.
2) Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi, ekonomi, pariwisata, dan menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
3) Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
4) Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah ....
a. 4 - 1 - 3 – 2
b. 3 - 1 - 4 – 2
c. 4 - 2 - 3 – 1
d. 3 - 2 - 4 - 1

19. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
1) Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.
2) Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
3) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi adalah ....
a. 1 - 3 – 2
b. 3 - 1 – 2
c. 2 - 3 – 1
d. 3 - 2 - 1

20. Perhatikan teks laporan hasil observasi berikut!
1) Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
2) Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya. Dengan mempelajarinya, kita akan semakin mencintai keberagaman budaya bangsa kita yang sangat kita cintai ini.
3) Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Ini dikarenakan di kota inilah Anda dapat menikmati versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa. Gamelan Jawa adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
4) Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya.
Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi adalah ....
a. 1 – 3 – 2 – 4
b. 3 – 1 – 4 – 2
c. 2 – 3 – 1 – 4
d. 4 – 3 – 2 – 1

21. Simak teks laporan hasil observasi berikut!
1) Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Siapapun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya. Hal ini sangat penting, karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi. Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita. Tapi mereka tetap harus kita ajarkan mengenai manfaat menjaga lingkungan.
2) Dari hasil pengamatan yang dilakukan di lingkungan sekitar, masalah lingkungan disebabkan oleh dua faktor: ulah manusia dan faktor alam. Perhatikan saja, kerusakan alam juga disebabkan oleh pengaruh cuaca, iklim, sifat alam, dan faktor alam lainnya misalnya gunung meletus, banjir bandang, gempa bumi, kekeringan panjang, dan lain sebagainya.
3) Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi lingkngan biotik dan abiotik. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
4) Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya.
Urutan teks yang sesuai struktur yang tepat adalah . . . .
a. 1 – 3 – 2 – 4
b. 3 – 1 – 4 – 2
c. 2 – 3 – 1 – 4
d. 4 – 3 – 2 – 1

Gambar berikut untuk soal no. 22 dan 23
22. Kata yang tepat melabeli gambar di atas yang menyangkut bentuk dan kegunaannya adalah….
a. perahu,panjang,berjualan
b. perahu,bulat,berjualan
c. perahu,berjualan
d. perahu, bulat

23. Deskripsi yang tepat bedasarkan gambar tersebut adalah….
a. Perahu adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara Kuin
b. Perahu adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar gunung. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara Kuin
c. Kapal adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari plastik. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara Kuin
d. Kapal adalah alat transfortasi yang umum digunakan oleh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Perahu dapat terbuat dari kayu dan baja. Biasa digunakan untuk berjualan terutama di daerah muara sungai

24. Pernyataan berikut yang merupakan bagian definisi umum dari teks laporan hasil observasi adalah….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian ,perkembangan ilmu pengatahuan ,pendidikan,dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelastarian habitat hewan dan tunmbuhan yang hidup di wilayah Indonesia
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengangkan pengatahuan
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengatahuan ,misalnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air, energi air panas, dan angin wisata alam.

25. (1) Curuk Cijalu terletak di Kecamatan Sagalaherang, berjarak 37 km dari kota Subang ke arah selatan (1 jam perjalanan) dan sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah utara (1,5 km perjalanan). (2) Seperti namannya, curug (air terjun, bahasa Sunda), merupakan sepasang air terjunyang tumpahan airnya mengalir derasmembelah bukit di puncak Gunung Sunda, sekitar 800 meter di atas permukaan laut. (3) Tumpahan air itu menyajikan panorama indah pada birunya langit, sejuknya udara, dan hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. (4) Belum lagi percikan air terjun yang dingin, sejuk dan putih, membuat para wisatawan tak tahan lagi ingin segera bermandi ria di bawahnya.
Pada teks di atas, kalimat definisi terdapat pada ….
a. kalimat ke-1
b. Kalimat ke-2
c. kalimat ke-3
d. kalimat ke-4

26. Pernyataan berikut yang merupakan kalimat definisi adalah ….
a. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan diikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata.
b. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelestarian habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
c. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
d. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat peenelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, seperti untuk pengamatan fenomena alam dan lain-lain.

27. Istilah lain dari observasi adalah….
a. pengindraan
b. penelitian
c. pencatatan
d. pengamatan

28. Perhatikan gambar berikut!
Deskripsi tentang busana yang dipakai penari Saman yang tepat adalah ....
a. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.
b. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala dipakai topong gelang dan sapu tangan. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai bulang teleng dan sunting kepies.
c. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas dua bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.
d. Busana yang dipakai penari Saman terdiri atas tiga bagian. Pada kepala, badan, dan tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

29. Perhatikan gambar penari Kecak berikut!
Deskripsi umum dari gambar tersebut adalah . . . .
a. Tari Kecak dimainkan oleh sepuluh laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari punggung mereka.
b. Tari Kecak dimainkan oleh sepuluh laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan sarung kotak-kotak seperti papan catur melingkari paha mereka.
c. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka.
d. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar sambil menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat tangannya. Para penari itu mengenakan sarung kotak-kotak seperti papan catur melingkari bahu mereka.

30. Simak kalimat berikut!
1) Sentra kerajinan batik ini tersebar baik di wilayah Kodya Pekalongan maupun di Kabupaten Pekalongan.
2) Kerajinan batik di Pekalongan ini berkembang sangat pesat.
3) Pekalongan terkenal sebagai kota batik.
4) Bahkan, produk batik telah diekspor kemancanegara, seperti Australia, Amerika, Timur Tengah, Jepang, Cina, Korea, dan Singapura.
5) Ada beberapa jenis kerajinan batik yang diproduksi oleh masyarakat Pekalongan.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks hasil observasi yang sistematik jika disusun dengan urutan……
a. 1)-2)-3)-4)-5)
b. 1)-3)-5)-2)-4)
c. 2)-3)-1)-5)-4)
d. 3)-2)-4)-1)-5)

31. Perhatikan deskripsi bagian dari teks deskripsi Tari Kecak yang acak berikut!
1) Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies.
2) Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang.
3) Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
4) Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.
5) Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan……
a. 1)-2)-3)-4)-5)
b. 1)-3)-5)-2)-4)
c. 2)-3)-1)-5)-4)
d. 3)-2)-4)-1)-5)

32. Perhatikan kutipan suatu bagian teks deskripsi yang acak berikut!
1) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.
2) Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.
3) Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong.
4) Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan……
a. 1)-2)-3)-4)
b. 1)-3)-2)-4)
c. 2)-3)-1)-4)
d. 3)-2)-4)-1)

33. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi.
Deskripsi bagian dari deskripsi umum pada kutipan di atas yang tepat adalah ....
a. Pasar ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaannya mempunyai makna filosofis.
b. Wilayah Pasar Beringharjo mulanya merupakan hutan beringin.
c. Tak lama setelah berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tepatnya tahun 1758, wilayah pasar ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya.
d. Bagian depan dan belakang bangunan pasar sebelah barat merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan lidah dengan jajanan pasar.

34. Tari Saman adalah tarian suku Gayo (Daerah Kabupaten Gayo Lues), Aceh.
Deskripsi bagian dari kalimat di atas adalah . . . .
a. Tarian ini merupakan gambaran kisah Ramayana tatkala barisan kera membantu Rama melawan Rahwana.
b. Tarian tersebut diiringi nyanyian syair dalam bahasa Arab dan bahasa Gayo.
c. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.
d. Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.

35. Kata yang dicetak tebal pada kalimat berikut ini yang bukan kata berimbuhan adalah….
a. Sesuatu yang harus dilompati adalah kotak-kotak yang digambar di atas tanah.
b. Gacuk adalah benda pipih yang dilemparkan ke setiap kotak.
c. Permainan gacuk hingga kini masih dapat ditemui sampai sekarang.
d. Setiap peserta berlomba untuk dapat melemparkan gacuk.

36. Dua orang anak sedang bermain dakon. Keduanya duduk (hadap) di sebuah pendopo rumah.
Jenis imbuhan yang tepat untuk melengkapi kata hadap tersebut adalah….
a. meng-
b. di-kan
c. ber-an
d. me-kan

37. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata berawalan (prefiks) yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. lingkungan
b. berhubungan
c. berkembang
d. menciptakan

38. Kalimat yang mengandung konjungsi menyatakan hubungan ‘kelanjutan’ adalah . . . .
a. Ni Wayan hidup di bawah tekanan ekonomi, tetapi ia masih mempunyai cita-cita.
b. Sepulang sekolah, Mertayani membantu ibunya berjualan, lalu mencari rongsokan di pinggir pantai
c. Ibu Mertayani senang dan bangga terhadap prestasi yang dicapai anaknya.
d. Semenjak ayahnya meninggal, Mertayani mandiri bekerja sambil sekolah.

39. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Kata hubung yang dominan digunakan dalam kutipan teks di atas menyatakan hubungan ....
a. penambahan
b. perlawanan
c. sebab-akibat
d. pemilihan

40. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. sehingga
d. atau

41. Mengajak anak-anak menyelamatkan lingkungan secara tidak langsung telah menanamkan rasa cinta dan pentingnya menghargai lingkungan hidup. Kebiasaan ramah lingkungan yang ditanamkan sejak dini diharapkan dapat menjadi gaya hidup anak pada usia dewasa.
Yang bukan termasuk kelompok kata atau frasa yang terdapat dalam teks hasil observasi tersebut, kecuali . . . .
a. lingkungan hidup
b. ramah lingkungan
c. gaya hidup
d. usia dewasa

42. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Frasa yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. Indonesia merupakan
b. hutan lebat
c. tumbuhan dan hewan
d. dan komodo

43. Dengan perahu karet, setiap kelompok didampingi dua orang pendamping ahli mengkayuh dayung.
Bentuk baku dari kata mengkayuh yang terdapat dalam kalimat di atas adalah ...
a. menggayuh
b. mengayuh
c. mengkayuh
d. Megayuh

44. Recyling atau daur ulang adalah proses mengumpulkan dan memproses bahan yang tidak terpakai.
Yang dikatagorikan sebagai sampah kemudian merubahnya menjadi produk baru. Daur ulang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ...
a. mengumpulkan
b. memproses
c. Merubahnya
d. Bermanfaat

45. Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekadar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.
Kata tidak baku yang terdapat pada paragraf tersebut ditandai nomor . . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

46. Ani apa yang kamu lakukan
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. Titik ( . ) dan Tanya ( ? )
b. Tanya ( ? ) dan Seru ( ! )
c. Seru ( ! ) dan Titik ( . )
d. Koma ( , ) dan Tanya ( ? )

47. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat, yang sangat populer di Indonesia. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960 an, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ....
a. antara "1960" dan "an" harus diberi tanda hubung
b. antara "Sunda" dan "Jawa Barat" seharusnya memakai tanda hubung
c. sesudah "Jaipongan adalah" seharusnya diberi tanda titik dua
d. antara "Nusantara" dan "khususnya" tak perlu pakai tanda baca koma

48. Simak kutipan teks deskripsi berikut!
Pasar ini juga tempat yang tepat untuk berburu barang antik. Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai 3 pasar bagian timur. Di tempat itu wisatawan bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ....
a. antara "60" dan "an" harus diberi tanda hubung/ tanda pisah
b. antara "60" dan "an" diberi jarak satu karakter
c. sesudah "Di tempat itu" seharusnya diberi tanda koma
d. sesudah "Di tempat itu" diberi koma; dan antara "60" dan “an” diberi tanda hubung

49. Karena dimarahi oleh ayahnya, Rojali kabur dan tidak pulang seharian.
Kalimat di atas yang termasuk unsur kebahasaan ditandai dengan ....
a. kata ganti
b. konjungsi
c. pengulangan
d. kata majemuk

50. Andi rajin belajar …… mendapat juara kelas.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. sehingga
d. akibatnya

Hak cipta: MGMP B.Indonesia SMP Kab. Tabalong
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Soal UAS Kelas VII Semester Ganjil (Kurikulum 2013) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi