728x90 AdSpace

31 October 2015

5W1H Suyadi, Pak Raden dari Serial Si Unyil, Meninggal Dunia

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa Di mana, dan Kapan
Bagi generasi yang tumbuh dengan serial boneka Si Unyil, Pak Raden adalah sosok legendaris. Kini datang kabar duka itu. Pemeran Pak Raden dalam serial kartun boneka Unyil, Suyadi meninggal dunia dalam usia 82 tahun, di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015).

Siapa
Kabar tersebut muncul dari pesan singkat yang disampaikan asisten Suyadi, Prasodja Chusnanto.
Nama Pak Raden terkenal berkat serial boneka Si Unyil pada 1980-an. Pak Raden terkenal dengan kumisnya yang tebal dan mengenakan tongkat.

Mengapa dan Bagaimana
Sebelum meninggal dunia, Pak Raden memang sudah mengalami berbagai gangguan kesehatan. Ditemui pada 2013, Pak Raden tengah berjuang melawan penyakit persendian yang dialaminya. Meski harus menggunakan kursi roda saat beraktivitas, Pak Raden ia tetap memiliki semangat tinggi untuk berkarya. "Penyakitnya memang penyakit orangtua, tapi semangat Pak Raden tetap semangat anak muda," ujarnya kala itu. Beliau lahir di Jember, Jawa Timur, 28 November 1932.

Sumber: Liputan6
Baca juga:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Suyadi, Pak Raden dari Serial Si Unyil, Meninggal Dunia Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi