Home » » 5W1H Pimpinan DPR Pakai Masker Dituding Pencitraan

5W1H Pimpinan DPR Pakai Masker Dituding Pencitraan

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 31 October 2015

Artikel Terbaru:
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Kapan
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat yang mengenakan masker saat Sidang Paripurna penutupan Masa Sidang I 2015-2016 dihujani protes oleh anggota dewan.

Siapa
Pimpinan DPR yang dimaksud itu adalah Ketua DPR Setya Novanto, beserta 4 Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Fadli Zon, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto.

Mengapa dan Siapa
Menurut sejumlah anggota dewan, aksi 5 pimpinan DPR itu tidak patut dilakukan di sidang paripurna. Anggota DPR Fraksi PDIP Henry Yosodiningrat pun meminta agar para pimpinan legislatif itu tidak melakukan hal yang tak perlu di ruang sidang. "Saya minta masker itu dilepas. Besok gunakan cadar, gunakan topi koboi. Jangan lakukan hal ‎yang tidak patut di ruang sidang," kata Henry.

Kritik juga disampaikan oleh anggota DPR Fraksi Nasdem Irma Suryani. Menurut dia, tidak pantas para pimpinan memakai masker saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bahkan, anggota DPR Fraksi Nasdem Johnny G Plate menilai aksi simbolis itu terlalu membuang waktu. Padahal agenda yang mau disidangkan rapat paripurna ini cukup penting, yakni pengesahan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016.
"‎Waktu kita di ruang sidang digunakan untuk yang lebih penting, pengesahan APBN kita‎," tegas Johnny.
Wajar Tidak wajar
Bagaimana
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat kompak menggunakan masker saat sidang Paripurna Penutupan Masa Sidang I 2015-2016 . Ketua DPR Setya Novanto beserta 4 Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Fadli Zon, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto yang mengenakan masker itupun mendapat hujan interupsi.
Sebagian besar anggota dewan meminta agar pimpinan DPR mencopot maskernya. "Copot...copot..," teriak para anggota DPR itu.
Kemudian, Setya Novanto, Taufik Kurniawan, dan Fadli Zon menurunkan maskernya, melingkar di leher. Sementara itu, Agus Hermanto dan Fahri Hamzah tetap memakai masker.

Setya Novanto menjelaskan aksi ini sebagai wujud simpati terhadap korban bencana asap."Pimpinan juga turut berduka dan prihatin atas telah jatuhnya korban jiwa sebagai akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan," kata Setya Novanto setelah mencopot maskernya.

‎Setya berharap kabut asap yang telah menganggu kesehatan dan berbagai aktivitas masyarakat ini dapat segera diatasi dan tidak terulang kembali. DPR, lanjut dia, telah meminta pemerintah untuk mengatasinya dengan sungguh-sungguh.
"Melakukan penegakan hukum secara tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan, serta mencegah bertambahnya korban jiwa," kata Setya.
Sumber: Liputan6
Baca juga:


.
AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
.comment-content a {display: none;}