728x90 AdSpace

13 September 2015

5W1H Insiden Robohnya Crane Menimpa Jamaah Haji di Masjidil Haram

Teks%20Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, dan Kapan
Sebuah alat berat proyek (crane) roboh dan jatuh menimpa jamaah haji di Masjidil Haram, Mekkah, Jumat (11/9/2015).

Siapa
Akibat peristiwa ini, sebanyak 87 jemaah dilaporkan meninggal dan 184 orang lainnya menderita luka-luka. Berdasarkan data Kementerian Agama, berikut tujuh korban meninggal dalam musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram:
1. Iti Rasti Darmini
2. Masnauli Sijuadil Hasibuan
3. Painem Dalio Badullah
4. Saparini Baharuddin Abdullah
5. Nurhayati Rasad Usman
6. Ferry Mauludin Arifin
7. Adang Joppy Lili

Mengapa
Insiden itu terjadi akibat angin kencang yang melanda Kota Makkah, Arab Saudi, sehingga mengakibatkan crane jatuh di Masjidil Haram dan menimpa jamaah haji.

Bagaimana
Jatuhnya alat berat proyek (crane) di Masjidil Haram, Mekkah, Jumat (11/9/2015) sekitar pukul 17.30, diawali dengan adanya angin kencang dan hujan deras. Saking derasnya, air hujan dilaporkan masuk hingga ke dalam masjid yang dikelilingi alat berat proyek tersebut. Saat itu, para jemaah tengah melakukan persiapan shalat maghrib di masjid terbesar di Arab Saudi tersebut.
"Tiba-tiba, terdengar suara dentuman seperti petir," cerita Azalzuli, jemaah Indonesia asal Medan, kepada TV One, Sabtu (12/9/2015).

Zuli menceritakan, alat berat proyek tersebut jatuh dan menimpa lantai tiga tempat ibadah paling suci bagi umat Islam tersebut. Tak pelak, alat tersebut menimpa bangunan dan juga jemaah yang berada di sana.
"Lalu, semua jemaah berlarian. Ada yang tertimpa beton. Saya melihat ada anggota tubuh yang terputus," ujarnya.

Sesaat setelah itu, aparat Mekkah pun datang ke lokasi. Para jemaah yang selamat pun dilaporkan sempat mendekati lokasi kejadian dan memeriksa apakah ada anggota keluarga atau rekan yang turut menjadi korban. Tim medis pun segera melarikan para korban tewas dan korban luka ke rumah sakit-rumah sakit terdekat. Di sana, mereka mendapatkan perawatan.

Hujan dan angin kencang mulai melanda Makkah mulai pukul 17.10 waktu setempat. Air yang turun tidak hanya dalam bentuk cair, tapi juga padat alias es. Hujan dengan intensitas tinggi ini memunculkan genangan air sehingga memicu kemacetan di jalanan.

Pemerintah setempat memang tengah melakukan perluasan tempat ibadah tersebut menjadi 400.000 meter persegi. Alat-alat berat proyek tersebut tampak di sekeliling masjid. Ketika rampung, Masjidil Haram yang baru diperkirakan dapat menampung 2,2 juta jemaah. Proses ini akan rampung pada 2016.

Sumber: Kompas, Okezone
Update berita: 13-9-2015
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Insiden Robohnya Crane Menimpa Jamaah Haji di Masjidil Haram Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi