728x90 AdSpace

12 August 2015

5W1H Berita Pergantian Enam Menteri Kabinet Kerja

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Siang ini, Presiden Joko Widodo resmi melantik lima menteri baru di Kabinet Kerja berdasarkan Keppres 79/P 2015 dan satu Seskab berdasarkan Keppres 80/P 2015 di sisa jabatan 2014-2019.

Siapa
Kelima menteri dan satu seskab tersebut adalah Rizal Ramli, Thomas Lembong, Sofyan Djalil, Luhut Binsar Panjaitan, Darmin Nasution, dan Pramono Anung.

Rizal Ramli diangkat sebagai Menko Maritim menggantikan Indroyono Soesilo. Sementara itu, Thomas Lembong menggantikan Mendag Rahmat Gobel, Luhut Binsar Panjaitan menggantikan Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Darmin Nasution menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian, Sofyan Djalil menggantikan Kepala Bappenas/Menteri PPN Andrinof Chaniago.
Selain mengganti para menteri, Jokowi-sapaan Joko Widodo, juga mengganti orang dekatnya, yaitu Seskab Andi Widjajanto.
"Berdasarkan Keppres 80/P 2015 memberhentikan dengan hormat saudara Andi Widjajanto sebagai Seskab disertai ucapan terima kasih atas pengabdian. Dan mengangkat Pramono Anung sebagai sekretaris kabinet. Diberi hak keuangan dan fasilitas lain sebagai menteri," imbuh Deputi Administrasi.

Saat pelantikan tidak terlihat mantan-mantan menteri yang telah dicopot dari jabatan di Kabinet Kerja. Hadir di acara pelantikan antara lain Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Di mana dan Kapan
Enam menteri Kabinet Kerja tersebut akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo, pukul 13.00 WIB, di Istana Negara, Jakarta.

Mengapa
Isu perombakan kabinet telah berembus sejak pemerintahan Jokowi-Kalla berjalan selama 6 bulan.
Sejumlah menteri dianggap tidak menunjukkan performa kinerja yang menjanjikan.
Jokowi, dalam sejumlah kesempatan, mengatakan, ia memiliki parameter penilaian tersendiri terhadap kinerja para menterinya di Kabinet Kerja.

Bagaimana
Keputusan reshuffle ini diambil setelah Presiden Jokowi melakukan pertemuan empat mata dengan Kalla, Selasa (11/8/2015) malam, di Istana Negara, Jakarta. Sebelum pertemuan empat mata Jokowi-Kalla, berlangsung rapat dengan sejumlah menteri.
Terlihat hadir di Istana, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri PPN dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Seusai rapat, Gobel mengatakan, dalam rapat itu, pemerintah membahas mengenai kebijakan impor sapi yang diberikan kepada Badan Urusan Logistik (Bulog).
Kebijakan itu dikeluarkan untuk menekan lonjakan harga daging sapi yang telah menembus Rp 120.000 per kilogram.

Dimodifikasi dari: Tribunnews dan jpnn
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Berita Pergantian Enam Menteri Kabinet Kerja Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi