728x90 AdSpace

08 August 2015

5W1H Berita Pembunuhan Hayriantira (Rian), Asisten Presiden Direktur PT XL Axiata

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Siapa
Terkuak sudah misteri hilangnya Hayriantira (37), asisten Presiden Direktur PT XL Axiata. Wanita yang akrab disapa Rian ini ternyata dibunuh oleh kekasihnya, Andy Wahyudi (39) di Hotel Cipaganti, Garut, Jawa Barat.

Di mana dan Kapan
Menurut Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Khrisna Murti kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/8/2015), korban dibunuh di Hotel Cipaganti, Garut, pada Oktober 2014 silam oleh tersangka.

Mengapa
AW mengaku membunuh korban dengan cara membekap mulutnya hingga tewas dan setelah itu mayat korban dimasukkan ke dalam bak mandi.
Dari CCTV hotel juga terlihat mobil Rian keluar dari hotel menggunakan pelat nomor palsu.
"Sejauh ini tersangka mengaku membunuh korban karena persoalan pribadi," ujar AKBP Herry. Polisi masih menyelidiki kemungkinan motif lain atau keterlibatan pihak lain.

Bagaimana
Sementara itu, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Garut terkait penemuan mayat korban.
"Kami menghubungi Polres Garut, apakah ada korban pembunuhan seorang wanita di Hotel Cipaganti dan ternyata memang benar ada," kata Herry.

Penemuan mayat korban dengan keterangan tersangka ada kecocokan. Tersangka, kepada polisi, mengaku bahwa mayat korban dimasukan ke dalam bak mandi di dalam kamar hotel tersebut.
"Dan ternyata keterangan tersangka ini cocok dengan temuan mayat di Hotel Cipaganti yang ditangani Polres Garut saat itu, posisi di mana korban juga ditemukan tewas di TKP cocok dengan keterangan tersangka," imbuhnya.

Dimodifikasi dari: detik
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Berita Pembunuhan Hayriantira (Rian), Asisten Presiden Direktur PT XL Axiata Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi