728x90 AdSpace

22 August 2015

5W1H Berita Mengenal Kampung Pulo yang Digusur Pemprov DKI (Galeri Foto)

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, dan Siapa
Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur merupakan salah satu wilayah yang diincar oleh Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (Pemprov DKI) untuk digusur sebab banyak warga yang ternyata tak memiliki surat tanah asli. Namun, penggusuran itu mendapat perlawanan dari warga.

Bintang.com mengajak kamu mengenal lebih jauh Kampung Pulo. Seperti apa? Berikut rangkumannya.

Mengapa
Disebut Kampung Pulo sebab dikelilingi kali. Mirip sebuah pulau.

Kapan
Kampung Pulo sudah ada sejak zaman Belanda. Dulu banyak kaum kolonial melakukan aktifitas dagang di Jatinegara

Bagaimana
Kampung Pulo dulunya tempat penambangan pasir. Kampung Pulo sudah banjir dari dulu, terutama jika ada air luapan dari Bogor. Dulu, banyak ikan yang ada di Kali Ciliwung seputar Kampung Pulo. Ada Gurame, Tawas, Sapu-sapu, Lele, bahkan Udang. Pertambahan penduduk Kampung Pulo semakin banyak. Kampung Pulo pernah disebut Indonesia kecil karena didiami berbagai etnis dan suku

Itu tadi sejumlah fakta untuk mengenalkan kamu pada Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Bintang.com doakan semoga ada jalan tengah yang baik bagi semua pihak, ya. Amin.

Dimodifikasi dari: bintang.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Berita Mengenal Kampung Pulo yang Digusur Pemprov DKI (Galeri Foto) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi