728x90 AdSpace

08 August 2015

5W1H Berita Livi Zheng Sutradara Indonesia yang Tembus Hollywood

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Sutradara muda asal Indonesia berhasil menorehkan prestasinya di dunia perfilman Amerika. Film perdana Livi Zheng, "Brush with Danger", mendapat tanggapan baik dari pecinta film Hollywood.

Di mana
Pengambilan gambar "Brush with Danger" dilakukan di Seattle, Washington dan Los Angeles, California.

Kapan
Sebelum diputar secara serentak di seluruh Amerika pada 19 September 2015 mendatang, film ini akan diputar secara terbatas di New York. Film yang juga dibintangi Norman Newkirk, Nikita Breznikov, Michael Blend dan Stephanie Hilbert itu rencananya akan diputar di Indonesia akhir tahun ini.

Siapa
Livi merupakan sineas Indonesia pertama yang menjadi sutradara film yang diproduksi oleh Hollywood. Tak hanya itu, sineas berusia 25 tahun ini juga menjadi penulis naskah dan produser dalam film tersebut. Selain itu, Livi juga membintangi "Brush with Danger" bersama sang adik, Ken Zheng.
Zheng lahir di Jawa Timur, Indonesia pada 3 April 1989. Pada usia empat tahun, ia dan keluarganya berpindah ke Jakarta, Indonesia. Zheng memiliki satu adik, Ken yang juga terlibat dalam film dan seni bela diri. Ia dan saudaranya berpindah ke Beijing ketika ia berusia lima belas tahun, dan ke Amerika Serikat ketika ia berusia delapan belas tahun.

Mengapa
Torehan prestasi Livi di dunia perfilman Amerika ini tentu membanggakan bagi Indonesia terutama dunia perfilman Indonesia karena film perdana Livi tersebut masuk nominasi Piala Oscar tahun ini.

Bagaimana
"Brush with Danger" bercerita tentang kakak beradik Alice dan Ken yang terpaksa meninggalkan negara kelahirannya di Tiongkok dan bersembunyi di tempat pengapalan container untuk memulai kehidupan baru. Alice dan Ken yang dijebak oleh kolektor seni Jutus Sullivan (diperankan Norman Newkirk) dalam kasus pencurian lukisan Van Gogh sehingga mereka harus melarikan diri dari kejaran polisi dan juga kelompok kriminal.

Sukses dengan "Brush with Danger", Livi saat ini kembali menyutradarai film Hollywood keduanya. Film ini akan dibintangi oleh Tony Todd, John Savage, Keith David dan aktris cilik TV seri "The Nanny", Madeline Zima.

Dimodifikasi dari: wowkeren dan wikipedia
Foto: wowkeren
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Berita Livi Zheng Sutradara Indonesia yang Tembus Hollywood Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi