728x90 AdSpace

11 August 2015

5W1H Berita Heboh Bule Cantik Menikah dengan WNI

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa dan Kapan
Pernikahan antara Bayu Kumbara dan Jennifer Brocklehurst, dara cantik asal Inggris, Sabtu (8/8) lalu memang membuat heboh di media sosial. Ya, keduanya punya perbedaan yang sangat mencolok. Lihat saja foto di atas.

Siapa dan Di mana
Bayu dan Jen memang dua manusia yang berasal dari dua budaya yang sangat berbeda. Bayu adalah pria asal Padang yang merupakan alumnus Universitas Andalas 2007, Jurusan Antropologi. Dia bekerja di Authentic Sumatra- Ricky's Beach House, Lembaga Perlindungan Anak Sumatera Barat dan Ruandu Foundation.
Sementara Jen adalah perempuan asal Inggris. seorang sarjana sejarah di sebuah universitas di Inggris.

Mengapa dan Bagaimana
Bayu dan Jennifer Brocklehurst (Jeni) berjumpa di cottage, Ricky's Beach Hotel, Sungai Pinang, Tarusan, tempat dimana Bayu menjadi koki di sana. Cinta kemudian bersemi di antara mereka. Termasuk saat Jeni harus kembali ke Inggris, Bayu dan Jeni harus melakoni long distance relationship alias pacaran jarak jauh.
Singkat cerita, Jeni kembali dan meminta Bayu untuk mau hidup bersamanya. Bayu juga mau, namun meminta Jeni mengikuti dia, kepercayaan dan kehidupannya.
Bayu juga ingin hidup bersama tetapi harus ada ikatan. Mereka akhirnya sepakat akan menikah dan Jeni juga mau jadi mualaf.

Selain soal perbedaan fisik, cerita percintaan mereka hingga sampai di pelaminan memang menarik. Ya, pernikahan yang mereka jalani tidaklah mudah.
Bukan mengenai adat istiadat setempat yang menjadi kesulitan. Jen mengungkapkan bahwa biayalah yang menjadi permasalahan utama demi bisa mengikat janji sehidup semati dengan Bayu.

Demi bisa menikah dengan pujaan hatinya, Jen yang kini tinggal di Indonesia bekerja keras untuk mengumpulkan uang. Namun gaji yang Jen dan Bayu terima belum cukup untuk memenuhinya. Ya, keduanya harus menikah dengan adat Minang yang dikenal cukup menghabiskan banyak uang. Jen, sapaan akrab Jennifer berangan-angan bisa mengumpulkan dana sampai GBP 2.500 (poundstreling) atau sekitar Rp 52 juta demi bisa menikah dan menjadi pendamping Bayu.

Namun meski sudah berkerja keras bersama sang calon suami, target itu tak terpenuhi. Dia hanya bisa mengumpulkan GBP 1.500. Tapi di menit-menit akhir keduanya bisa mengumpulkan uang yang diharapkan. Keduanya pun menikah di Sumatera Barat, Sabtu (8/8).

Dimodifikasi dari: jpnn.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Berita Heboh Bule Cantik Menikah dengan WNI Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi