728x90 AdSpace

22 August 2015

5W1H Berita Film Animasi Pertama Indonesia: Battle of Surabaya

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Bertahun-tahun film animasi yang beredar di Indonesia didominasi buatan Amerika. Tapi, tak lama lagi, penikmat film Tanah Air bisa menonton Battle of Surabaya, film animasi layar lebar produksi anak negeri.

Di mana
Film Battle of Surabaya digarap di studio animasi milik STMIK Amikom Yogyakarta, MSV Pictures.

Kapan
Film animasi Battle of Surabaya ini akan hadir di layar bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 20 Agustus 2015, 3 hari setelah perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015. Film yang digarap selama tiga tahun dan merupakan film perdana MSV Pictures ini adalah film animasi 2D dengan tema sejarah bangsa Indonesia.

Siapa
Battle of Surabaya menjadi film pertama Indonesia yang dilirik oleh production house internasional sekelas Walt Disney Pictures. Menurut penuturan Aryanto Yuniawan, nantinya film ini akan mendapat dukungan dari segi teknis dan mendapat bantuan distribusi film di seluruh jaringan Disney di dunia.

Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-70, Telkomsel sebagai perusahaan yang Paling Indonesia, juga mendukung film Battle of Surabaya yang merupakan kreasi anak bangsa untuk Indonesia.
Salah satunya bentuk dukungan yang Telkomsel lakukan yaitu dengan bekerjasama dengan MAV Picture mengadakan roadshow nonton bareng Battle of Surabaya bersama komunitas anak muda di berbagai kota di Indonesia, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Mengapa
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, “ Telkomsel mendukung penuh kehadiran para animator lokal, dan karya anak bangsa pada umumnya sehingga mereka bisa mendapatkan tempat sampai ke tingkat dunia. Hal ini merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk membangun ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satunya adalah dengan mendukung industri kreatif digital lokal serta para pelakunya.”

Bagaimana
Dalam masa penggarapannya bersama sutradara Aryanto Yuniawan, trailer film ini telah meraih berbagai penghargaan seperti Digital Animation INAICTA (Indonesia Information and Communication Technology Award) dan Idigo Fellowship tahun 2012, People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2014,dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, menceritakan tentang petualangan Musa, remaja penyemir sepatu yang menjadi kurir untuk pejaung Arek-Arek Suroboyo & TKR dalam bentrokan berat yang terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya. Musa diyakini menjadi kurir surat dan kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari radio yang didirikan oleh Bung Tomo. Cerita ini diadaptasi dari pertempuran sengit pada saat itu, tetapi ada juga karakter fiksi yang sengaja dirancang untuk memperkuat pesan dari film Battle of Surabaya.

Sumber: Tribun
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Berita Film Animasi Pertama Indonesia: Battle of Surabaya Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi