DMCA.com Protection Status

Sinopsis Film "Mencari Hilal" (2015)

Selama bertahun-tahun di sebuah pesantren, Mahmud/60th (Deddy Sutomo) mengabdikan dirinya. Meskipun kini pesantren tersebut sudah bubar sejak puluhan tahun yang lalu, namun semangatnya untuk berdakwah selalu berkobar. Baginya, dakwah dan Islam adalah dua bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupannya. Dalam dakwahnya itu, dia selalu menjelaskan bahwa Islam adalah agama pencerahan dan solusi bagi semua persoalan hidup. Sayangnya, semangatnya tiba-tiba hilang ketika dia melihat dua fenomena yang berbeda, yaitu dalam penentuan hari raya Idul Fitri antara tradisi yang biasa dilakukan di pesantrennya dulu dengan cara pemerintah melalui sidang isbat yang mengeluarkan biaya hingga milyaran rupiah.

Teringat olehnya dengan sangat jelas akan kebiasaan melihat hilal untuk menentukan tanggal 1 Syawal di pesantrennya dulu. Budaya itu sarat dengan nilai religi dan kental akan tradisi serta dilakukan secara turun temurun sebelum akhirnya pesantrennya bubar. Darisanalah dia mulai berpikir untuk mengulang kembali apa yang dulu pernah dilakukannya itu. Namun, kedua anaknya Halida dan Hanifah menentang keras karena mereka khawatir akan kesehatan sang ayah. Sebenarnya Mahmud masih memiliki seorang anak lelaki berusia 28 tahun bernama Heli (Oka Antara). Dia sudah lama pergi dari rumah karena selalu bertentangan paham dengan ayahnya itu. Saat ini, Heli menjadi seorang aktivis lingkungan hidup, dimana kritisme-kritisme yang mengarah pada paham sekular liberal yang dia lontarkan dianggap sesat dan bertentangan oleh Mahmud. Karena itulah mereka tidak pernah akur dan Heli lebih memilih untuk menjauh dari sang ayah.

Mahmud sangat ingin mewujudkan impiannya untuk melihat hilal. Dia terus memaksa agar kedua anaknya Halida dan Hanifah dapat mengizinkannya. Melihat ayahnya yang begitu bersikeras, akhirnya mereka pun mengizinkan dengan satu syarat, yaitu bila dia pergi didampingi oleh Heli. Mereka pun meminta Heli untuk mendampingi sang ayah. Mulanya Heli menolak karena memang sejak lama dia selalu bermusuhan dengan ayahnya itu. Namun, di lain situasi dia memiliki sebuah kepentingan dimana dia juga memerlukan bantuan Hanifah yang bekerja di kantor imigrasi untuk mengurus paspornya yang sudah kadaluarsa tepat di hari libur lebaran. Secepatnya dia harus pergi ke Nicaragua untuk membantu para aktivis dalam melawan tindakan perusakan lingkungan yang terjadi disana. Untuk itulah, pada akhirnya Heli bersedia mendampingi Mahmud mencari hilal guna mewujudkan impiannya.

Apakah impian Mahmud dalam mengamalkan tradisi lamanya di pesantren untuk mencari hilal berhasil? Akankah hubungan ayah dan anak antara Mahmud dan Heli akan membaik?
loading...
Demikian artikel Sinopsis Film "Mencari Hilal" (2015) . Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar, atau via Whatsapp untuk respon cepat (gunakan ponsel). Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini. Terima kasih. COPY
Bagikan:

#pelajaran bahasa indonesia #sd #smp #sma #ringkasan materi #kurikulum 2013 #kisi-kisi soal #contoh soal #sastra #novel #soal #ujian nasional #UNBK #tips dan trik ujian
Loading...

0 Response to "Sinopsis Film "Mencari Hilal" (2015) "

Posting Komentar

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Blog Pelajaran Bahasa Indonesia
loading...