728x90 AdSpace

01 March 2015

5W1H Berita Seorang Pemuda Tewas Terseret Honda City Sejauh 30 Km

Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa
Seorang mahasiswa bernama Firman Hidayat (21) tewas mengenaskan setelah terseret mobil hingga puluhan kilometer. Firman tersangkut di bagian belakang mobil Honda City dan terseret hingga sekitar 30 kilometer.

Di mana dan Kapan
Peristiwa tragis itu terjadi pada Jumat (27/2) sekitar pukul 23.00 WIB malam di Jalan Raya Kebon Kopi, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Siapa
Firman kemudian dimakamkan di pemakaman dekat rumahnya di Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu siang. Saat kecelakaan korban menggunakan sepeda motor Yamaha Vega R.
Yana, 43 tahun, sang pengemudi Honda City, merupakan seorang pengusaha bertempat tinggal di Maleber, Kecamatan Andir Kota, Kota Bandung. Yana kini mendekam di Polres Cimahi.

Mengapa
Pengemudi Honda City, yang diduga tak sengaja menyeret tubuh Firman Hidayat sejauh 30 kilometer, sempat merasakan ada suara gesekan setelah sepeda motor yang dikendarai Firman terjatuh tepat di samping mobil yang ia kendarai. Yana mengaku memacu mobilnya pelan di Jalan Kebon Kopi. Saat Yana hendak menuju Jalan Mukodar, Kebon Kopi, tiba-tiba ada sepeda motor yang jatuh di depan kendaraannya yang berjarak setengah meter. Karena itu, Yana tidak sempat mengerem dan menabrak korban. "Saya gugup karena banyak warga yang ngomong," ujar Yana.

Saat itu, Yana mengaku tidak mengetahui korban masuk ke kolong mobilnya dan terseret sejauh itu. Namun, setelah itu, Yana melihat ada sejumlah sepeda motor yang mengejarnya. Setelah masuk tol dari Pasir Koja, Yana pun mengurangi kecepatan kendaraannya dengan mengambil jalur kiri. Yana baru mengetahui korban tersangkut setelah kernet bus memberi tahunya ada tubuh yang menyangkut di kendaraannya. Lalu Yana menghentikan mobilnya. Setelah itu, Yana melihat ada mayat di bawah mobilnya. Karena takut, Yana mengaku berjalan kaki ke Polsek Cikamuning. Saat itu, Yana melihat polisi dan akhirnya dia ditangkap.

Bagaimana
Kecelakaan terjadi bermula ketika Firman yang menaiki sepeda motor bersenggolan dengan motor lainnya di Jl Kebon Kopi, belasan kilometer dari pintu tol Pasirkoja. Karena senggolan itu, dia terjatuh ke arah berlawanan. Celakanya, pada saat bersamaan sebuah mobil Honda City Nopol D 1347 UI, yang dikendarai Yana (43), melintas. Brak! Firman pun tertabrak mobil tersebut.
"Korban kena mobil bagian depan kap mobilnya. Entah kenapa sopir mobil enggak berhenti, dia malah memacu kendaraannya dan masuk pintu Tol Pasirkoja," ujar Kepala PJR Tol Padaleunyi Otong Rustandi saat dihubungi detikcom melalui telepon, Sabtu pagi (28/2) pagi tadi.

Tubuh firman lalu masuk ke kolong. Tubuhnya tersangkut di bagian belakang mobil. Dari foto yang didapat, sepertinya yang tersangkut adalah tangan kiri Firman. Mobil City itu tak juga berhenti, melaju menabrak palang pintu tol Pasirkoja dan terus melaju kilometer demi kilometer. "Akhirnya mobil terhenti di KM 116 + 700. Itu jauh sekali. Pintu Tol Pasirkoja itu KM 132," ujar Otong. Total jarak tubuh Firman terseret, dari luar tol hingga KM 116 + 700, mencapai 30 kilometer.

Jauhnya jarak itu membuat tubuh Firman yang terseret dalam posisi tengkurap terluka parah. Bajunya sobek-sobek hingga terlepas. Celananya terseret dan terbuka hingga tinggal tersangkut di bagian bawah kakinya. Tubuhnya terseret dalam posisi telanjang. Wajahnya hancur.

Sumber: Detik, Tempo

  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 5W1H Berita Seorang Pemuda Tewas Terseret Honda City Sejauh 30 Km Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi