728x90 AdSpace

24 February 2015

Tutorial Cara Mengubah Ukuran Gambar dengan Fasilitas Paint

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Tutorial Cara Mengubah Ukuran Gambar dengan Fasilitas Paint-- Saat ini, insan pendidikan (guru, kepala sekolah, pengawas, operator, dan lainnya) kembali disibukkan dengan aktivitas pendataan pada Dapodik maupun Padamu Negeri. Tapi, keep calm saja, Pak dan Ibu Guru. Untuk keperluan Verval NRG, PTK yang sudah sertifikasi diharuskan meng-upload scan sertifikat pendidik dan ijazah terakhir. Masalahnya, server membatasi maksimal ukuran file yang diunggah (di-upload adalah 1MB. Biasanya, hasil scan dokumen tersebut, ukuran file-nya lebih dari 1 MB. Nah, belum banyak yang tahu bagaimana cara memperkecilnya. Ada banyak cara, bisa dengan Photoshop atau Corel Draw. Tapi, tidak semua komputer terinstal aplikasi tersebut. Yang paling mudah, tentu lewat fasilitas Paint yang ada di Windows.

Coba klik satu kali gambar yang akan di-resize, perhatikan ukurannya (size-nya). Contoh gambar berikut, masih besar bukan? (lihat lingkaran):

Berikut cara mengubah ukuran gambar:

1. Klik kanan pada gambar yang akan diubah. Lalu pilih EDIT (lihat tanda panah):

2. Pilih "RESIZE" (Lihat tanda panah). Ini untuk tampilan Windows7, akan ada perbedaan tampilan, pokoknya cari tulisan "RESIZE":

3. Pilih ukuran Pixels dan horizontalnya menjadi 800 saja (misalnya). Lalu pilih OK:

4. Ubah orientasinya dengan tombol "ROTATE" (PUTAR) ke kiri (left) atau ke kanan (right) menjadi horizontal.

5. SAVE (SIMPAN). SELESAI.

Lihat, sekarang ukuran gambar sudah berubah:

Demikian semoga berguna dan keep calm saja....
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Tutorial Cara Mengubah Ukuran Gambar dengan Fasilitas Paint Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi