728x90 AdSpace

20 January 2015

Contoh Teks Ulasan Film "Assalamualaikum Beijing"

Teks ulasan adalah teks yang mengulas sebuah fenomena ataupun sesuatu (misal: buku, film, dsb). Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman; 2. Memuat informasi berdasarkan pandangan/ opini penulis terhadap suatu karya/ produk; 3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan; 4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Berikut contoh teks ulasan film "Assalamualaikum Beijing" yang saya modifikasi dari 21cineplex.com. Kamu dapat memodifikasinya (terutama bagian Evaluasi dan Rangkuman) berdasarkan sudut pandang kamu sendiri setelah tentu saja menonton film ini terlebih dahulu.
Assalamualaikum Beijing adalah sebuah film produksi Maxima Pictures yang bercerita tentang kisah kehidupan seorang muslimah di Beijing dan cinta dua insan yang beda agama dan negara. Film ini dibintangi Revalina S. Temat, Morgan Oey, Laudya Chyntia, Deddy Mahendra, Ibnu Jamil, dan lain-lain. Diproduseri oleh Yoen K, Ody Mulya dan disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Film ini juga merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari penulis bernama Asma Nadia. Yang menarik, kisahnya merupakan kisah nyata.

Dikisahkan, sehari sebelum pernikahan dilangsungkan, Asmara (Revalina S. Temat) mendapatkan kenyataan pahit bahwa kekasihnya, Dewa (Ibnu Jamil) ternyata sempat berselingkuh dengan teman sekantornya Anita (Cynthia Ramlan). Walau Dewa memohon agar pernikahan tetap dilanjutkan, Asma terlanjur patah hati. Terlebih, hubungan sekali yang dilakukan ternyata membuahkan janin, Anita hamil.

Dengan membawa kesedihan, Asma pun menerima tawaran pekerjaan di Beijing, peluang yang didapatkan lewat bantuan Sekar (Laudya Cynthia Bella) dan Ridwan (Deddy Mahendra Desta), suaminya. Di Beijing dalam salah satu perjalanan, Asma bertemu Zhongwen (Morgan Oey), lelaki tampan yang memperkenalkannya akan legenda cinta Ashima, putri cantik dari Yunan.

Kebaikan dan perhatian Zhongwen, membuat Asma perlahan membuka hati. Walaupun sempat gamang ketika Dewa menyusulnya ke Beijing. Sayang, sebelum hubungan berlanjut, Asma terkena APS, sebuah sindrom yang membuat nyawanya terancam dan bisa menemui kematian setiap waktu.

Film yang dirilis pada 30 Desember 2014 lalu ini kental nuansa film '99 Cahaya di Langit Eropa (2013)", terutama saat bagian Asmara menjalani kehidupan barunya di Beijing. Sepertinya, Guntur Soeharjanto memang sengaja kembali memberikan sentuhan film sukses tersebut pada Assalamualaikum Beijing. Mulai dari gaya narasi hingga gaya traveling dengan membawa kamera yang sangat identik dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa. Mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata khas Beijing dan Tiongkok yang sangat indah. Anda seperti diajak untuk merasakan serunya mengunjungi tempat wisata di sana. Dan yang pasti, hal itu akan menggugah Anda untuk jalan-jalan ke Beijing. Yang tak kalah menarik adalah begitu rapinya tata kota Beijing, mulai dari gedung, tempat umum, hingga transportasinya.

Dari sisi cerita, Guntur Soeharjanto lewat Assalamualaikum Beijing lagi-lagi cukup berani untuk menampilkan sebuah kisah cinta di mana di dalamnya terdapat berbagai perbedaan dan pertentangan budaya dan Agama. Di film ini Guntur juga kembali menggambarkan bagaimana kehidupan muslim sebagai minoritas di Tiongkok serta bagaimana mereka bisa membaur di tengah-tengah masyarakat yang sangat heterogen.

Meski memiliki cerita yang cukup serius dan melankolis, namun adanya Deddy Mahendra Desta dengan humornya membuat emosi yang ada di film Assalamualaikum Beijing ini menjadi dinamis. Anda tidak melulu akan melihat keharuan, melainkan juga komedi ringan yang bisa sedikit mengubah emosi dan suasana. Akting Revalina S. Temat juga patut diacungi jempol, terutama ketika Asmara jatuh sakit karena stroke dan itu bagian yang patut ditonton.

Struktur Teks:
Bagian Orientasi: "Assalamualaikum Beijing adalah .....dst".
Bagian Tafsiran: "Dikisahkan, sehari sebelum .....dst".
Bagian Evaluasi: "Film yang dirilis pada 30 Desember.....dst".
Bagian Rangkuman: "Meski memiliki cerita .....dst".

Referensi:
21cineplex.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Teks Ulasan Film "Assalamualaikum Beijing" Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi