Home » » 5W1H Berita Penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto

5W1H Berita Penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 24 January 2015

Artikel Terbaru:
Dalam kegiatan menyimak atau menulis berita, tidak terlepas dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan: Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya bisa menjawab pertanyaan 5W1H. 5W1H merupakan kependekan dari What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Berikut contoh berita yang disusun berdasarkan 5W1H:
Apa, Kapan, dan Siapa
Polri mengakui adanya penangkapan terhadap Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto pada Jumat (23/1) pagi.
"Bareskrim telah melakukan upaya penangkapan terhadap tersangka Bambang Widjojanto," kata Kadiv Humas KPK, Irjen Ronny F Sompie dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (23/1).

Di mana
Bambang Widjojanto ditangkap usai mengantar anak lelakinya, Taqi, ke SDIT Nurul Fikri di Cimanggis.

Mengapa
Bambang ditetapkan sebagai tersangka karena diduga mengarahkan sejumlah saksi untuk memberikan keterangan palsu di persidangan MK. Waktu kejadian perkara yang dilaporkan pada Juli 2010, yaitu perkara sengketa Pemilihan Umum Kepala Daerah Kotawaringin Barat.
Penyidikan ini bermula dari laporan masyarakat yang diterima Bareskrim Polri pada 15 Januari 2015. Mabes Polri langsung melakukan penyelidikan dan meningkatkan kasus menjadi penyidikan. Bambang dikenakan dengan Pasal 242 juncto pasal 55 KUHP. Saat ini Bambang menjalani pemeriksaan di Bareskrim.
Sang pelapor adalah seorang anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Sugianto Sabran. Sugianto adalah calon yang katanya 'digagalkan' kemenangannya oleh saksi palsu.
"Kasusnya berdasarkan Laporan Polisi : LP/67/I/ 2015/ Bareskrim tertanggal 15 Januari 2015," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Rikwanto saat dikonfirmasi di Jakarta Jumat (23/1).

Bagaimana
Saat mengantar anaknya sekolah, Bambang ditemani Izzat, anak perempuannya yang berusia 20 tahun. Menurut saksi mata, penangkapan dilakukan belasan polisi sekitar 200 meter dari SDIT Nurul Fikri.
Bambang Widjojanto ditangkap saat mengenakan busana kesayangannya yakni baju koko putih, kopiah abu-abu dan sarung hitam karena baru pulang dari salat Subuh.
Bambang diborgol lalu dimasukkan ke dalam mobil di Jl Komplek Timah, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Saat penangkapan itu warga melihat ada puluhan polisi. Selain itu ada juga petugas yang bersenjata.
"Ada puluhan polisi, selain itu ada yang bawa senjata," kata Arta, penjaga toko kelontong di Jalan Komplek Timah, Cimanggis, Depok, kepada detikcom, Jumat (23/1/2015).

Arta mengatakan, polisi menggunakan beberapa mobil. Petugas kepolisian meminta mobil yang ditumpangi Bambang berhenti. Bambang diminta keluar dari mobil dan diborgol petugas di bagian depan.
"Orang yang dibawa polisi jangotan, pakai baji koko dan juga sarung. Ada juga wanita muda berkerudung yang ikut diamankan petugas," katanya. Wanita berkerudung yang dimaksud saksi adalah Izzat. Polisi juga membawa serta Izzat yang bersama BW ke Bareskrim. Setelah itu Izzat dipulangkan.
Referensi berita seluruhnya dari: Detik


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •