Siswa Terbaik Bulan Ini (April 2014)

Siswa Terbaik Bulan Ini (April 2014)-- Berdasarkan hasil pembelajaran selama bulan April 2014, selamat buat siswa-siswi berikut yang telah mampu menunjukkan prestasi terbaiknya:
Kelas 7b: Kelompok II atas nama SITI AZIZAH (9,1)
Kelas 7c: Kelompok II atas nama Aliyya Syamilah Musafirah (9,0)
Kelas 8a: Kelompok I atas nama Aviani (8,8)
Kelas 8b: Kelompok II atas nama Kristiane (8,4)
Kelas 9a: Kelompok III atas nama Lelayani (9,9)
Kelas 9b: Kelompok IV atas nama Tina Ardila Wati (9,6)


PENGHARGAAN YANG TINGGI JUGA BUAT ANGGOTA KELOMPOK YANG WAKILNYA TERPILIH. SEMOGA MENJADI PEMICU UNTUK TERUS MENJADI YANG TERBAIK!!!!

Ada Nama Jokowi dan Iwan Fals di Soal UN B.Indonesia SMA

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Ada Nama Jokowi dan Iwan Fals di Soal UN B.Indonesia SMA-- Kabar mengejutkan dalam pelaksanaan UN 2014, nama Jokowi ditemukan dalam naskah soal ujian nasional untuk Bahasa Indonesia tingkat SMA di wilayah Jakarta. Dalam soal berbentuk biografi itu, siswa ditanyakan soal keteladanan yang dapat dicontoh dari Jokowi. Sebenarnya biasa-biasa saja. Di soal-soal B.Indonesia tingkat SMP (di sebuah buku latihan soal UN terkait persiapan Ujian Nasional, soal seperti itu juga ditemukan, yaitu saat Jokowi masih mencalonkan diri menjadi gubernur DKI Jakarta. Menjadi besar karena Jokowi saat ini sedang mencalonkan diri menjadi presiden RI pada Pilpres bulan Juli yang akan datang.

Tanggapan KPAI
Masuknya nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam naskah soal Bahasa Indonesia di Ujian Nasional tingkat SMA, Senin (14/4/2014), dinilai sebagai tindakan yang mengotori pendidikan dengan urusan politik praktis. Politisasi pun rentan terjadi dengan pemuatan nama bakal calon presiden dari PDI-P tersebut.
"Wow. Ini masih perlu investigasi lebih lanjut terkait temuan nama Jokowi di dalam bacaan. (Namun) ada unsur bernuansa politik," ucap Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Asrorun Niam Sholeh, lewat layanan pesan, Senin (14/4/2014).

Asrorun mengatakan ranah pendidikan tak boleh disusupi kepentingan politik praktis. Dia menilai ada indikasi tim pembuat naskah soal bermain di tataran politik praktis itu, dengan menjadikan momentum ujian nasional sebagai sasaran kampanye hitam.

Sebelumnya beredar foto di jejaring sosial yang memuat biografi Jokowi dalam soal Bahasa Indonesia UN tingkat SMA di DKI Jakarta. Berdasarkan foto itu, ada dua paragraf biografi Jokowi sebagai acuan untuk pertanyaan soal-soal berikutnya yang harus dijawab berdasarkan naskah tersebut.
Asrorun, dalam siaran pers-nya kemudian mengatakan KPAI akan meminta dilakukan investigasi atas temuan ini. KPAI, ujar dia, sudah menelaah soal ujian itu. "Jelas terindikasi ada susupan politik," tegas Asrorun.

Berdasarkan kajian KPAI, ujar Asrorun, cerita yang dimuat dalam soal itu mengandung pembingkaian (framing) dan penggiringan opini. "UN adalah instrumen akademik sehingga bermasalah jika ditunggangi kepentingan politik."
Karenanya, kata Asrorun, KPAI akan meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penanggung jawab Ujian Nasional untuk melakukan investigasi lebih lanjut atas temuan ini. "Siapa pembuatnya, apa motivasinya, dan dengan gentle bertanggung jawab," ujar dia.

Menurut Asrorun, harus ada sanksi tegas atas masalah ini untuk mencegah terulang kembali. Kabalitbang dan Ketua BSNP, ujar dia, juga tak boleh lepas tangan. "Pelakunya jelas tak beretika."
Sejauh ini, kata dia, KPAI sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta serta berkomunikasi dengan Kepala PIH Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk meminta dilakukannya investigasi.

Tanggapan Wamendikbud
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, selain Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, nama Iwan Fals dan WS Rendra juga masuk dalam naskah soal ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia tingkat SMA.
"Memang nama tokoh disisipkan dalam soal UN karena sesuai standar penyusunan naskah soal dari BSNP, yang juga membuat kisi-kisi sebagai acuan tentang nama tokoh. Tapi kami tidak men-setting nama Jokowi masuk dalam soal. Toh nama lainnya ada Iwan Fals dan almarhum WS Rendra," ucap Musliar di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Ia mengaku bahwa penemuan kasus penyisipan tokoh politik semacam ini terbilang baru. Maka dari itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih harus melakukan pendalaman kepada tim pembuat soal dalam waktu dekat.

Hal senada disampaikan Furqon, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Sejauh ini pihak Kemendikbud sudah lakukan penyusunan soal, sesuai standar dan prosedur. Terkait kenapa nama Jokowi dan bukan tokoh lainnya, misal Prabowo atau siapa pun, itu masih kami telusuri," paparnya.

edukasi.kompas.com/

Hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Saya: Kategori Unggul

Hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Saya: Kategori Unggul-- Beberapa waktu lalu, selama tiga hari (17-19 Oktober 2013) saya mengikuti Tes UKBI oleh Pusat Bahasa Jakarta dan Sosialisasi Kurikulum 2013 oleh Wamendikbud dan Prof.Dr. Mahsun, M.S. (sayang Wamendikbud-nya batal hadir) bersama seluruh pengurus MGMP Bahasa Indonesia SMP dan SMA se-Kalsel di hotel Roditha Banjarmasin (letaknya di seberang Mitra Plaza). Kami datang atas undangan Balai Bahasa Kalsel.

Kini, setelah lima bulan, hasilnya telah diketahui. Ahamdulillah, dari hasil uji kemahiran itu saya memeroleh skor 544, atau masuk kategori Unggul dari Tujuh Kategori: Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Marginal, dan Terbatas.

Menurut rilis pihak Pusat Bahasa Jakarta saat sesi awal, dari hasil uji yang telah dilakukan sebelumnya, rata-rata guru di Indonesia masih masuk kategori Marginal.

UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), sebagaimana TOEFL, juga merupakan jenis tes kemahiran berbahasa (language proficiency test), dalam hal ini bahasa Indonesia. Berbeda dari tes pencapaian (achievement test), tes kemahiran berbahasa mengacu pada kriteria situasi penggunaan bahasa yang dialami atau dihadapi oleh peserta uji, sedangkan tes pencapaian merupakan sebuah tes untuk mengukur hasil belajar (misalnya Ujian Nasional).
Dengan kata lain, UKBI menguji keterampilan berbahasa Indonesia seseorang secara alamiah. Seberapa sering orang tersebut melakukan praktik berbahasa Indonesia, seperti mendengarkan dan berbicara dalam berbagai situasi kebahasaan, membaca berbagai bacaan berbahasa Indonesia, serta menulis berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia, akan menentukan kemahirannya dalam berbahasa Indonesia melalui tinggi rendahnya skor UKBI yang dicapainya.
.

Siswa Terbaik Bulan Ini (Maret 2014)

Siswa Terbaik Bulan Ini (Maret 2014)--
MEMPERTAHANKAN PRESTASI LEBIH SULIT DARIPADA MERAIHNYA. OLEH KARENA ITU, SELAMAT BUAT SISWA-SISWI BERIKUT INI:
Kelas 7a: SITI AZIZAH (91) - KELOMPOK II
Kelas 7b: HIBA IRGI (74) - KELOMPOK V
Kelas 8a: AVIANI (88) - KELOMPOK I
Kelas 8b: KRISTIANE (76) - KELOMPOK II
Kelas 9a: LELAYANI (83) - KELOMPOK III
Kelas 9b: TINA ARDILA WATI (81) - KELOMPOK IV


SEMOGA TERUS TERPACU MENJADI YANG TERBAIK!!!!
BUAT YANG LAIN, JANGAN PATAH SEMANGAT, TEMAN KALIAN BISA, TENTU KALIAN JUGA BISA!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara