Hasil Survei: Siswa Kelas "Online" Lebih Unggul dari Kelas Konvensional

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Hasil Survei: Siswa Kelas "Online" Lebih Unggul dari Kelas Konvensional-- KOMPAS.com — Sebuah survei di salah satu universitas di Amerika Serikat menyebutkan, apabila murid kelas konvensional dengan murid kelas online diuji bersama-sama, maka ditemukan hasil sebanyak 90-100 persen siswa kelas online memperoleh nilai di atas C dan hanya 60 persen siswa kelas konvensional yang mendapatkan nilai di atas C.

Mengapa bisa begitu? Berdasarkan survei tersebut, kelas online memiliki banyak keunggulan. Semua materi dan diskusi mengenai pembelajaran dapat diulang kembali. Berbeda dengan kelas konvensional, siswa harus mencatat. Apabila lupa mencatat, maka materi yang diberikan ke siswa hanya "masuk telinga kanan, keluar telinga kiri".

Setidaknya, menurut Program Director MM Executive BINUS Business School Tubagus Hanafi Soeriaatmadja, itulah alasan yang juga melatarbelakangi BINUS Business School meluncurkan program Master in Management (MM) berbasis online. Hanafi menjelaskan, melalui program perkuliahan online, baik murid maupun mahasiswa akan mencerna materi lebih detail.

"Melalui pendekatan teknologi itulah yang menjadikan kelas MM Online lebih unggul dibandingkan dengan kelas konvensional biasa," kata Hanafi kepada Kompas.com, di BINUS Business School, Jakarta, pekan lalu.

Karena tidak ada yang mengontrol secara langsung, maka perkuliahan melalui sistem hybrid ini membutuhkan kedewasaan dari masing-masing mahasiswa.
Selain efektivitas waktu, lokasi, dan adanya ketimpangan antara pertumbuhan ekonomi dan pendidikan di Jawa dan luar Jawa, ada faktor lainnya yang menyebabkan sistem pendidikan online diperlukan pada masa kini dan akan datang. Pada 2015 mendatang, lanjut Hanafi, Indonesia akan mengikuti ASEAN Economic Community (AEC). Semua pihak dapat datang dan bersaing di posisi apa saja.

"Negara anggota ASEAN lain, selain Indonesia, akan banyak yang masuk ke Indonesia dan menjadi pekerja ahli di Indonesia. Hal itulah yang menyebabkan persaingan mendatang akan semakin ketat," kata Hanafi.

Faktor keempat, Hanafi menyadari, ketatnya persaingan antara industri yang satu dan yang lainnya. Persaingan industri itu menyebabkan fenomena "pembajakan" tenaga ahli semakin marak.

"Tak sedikit perusahaan yang lebih senang membajak daripada mengembangkan bibit potensial yang ada. Dengan adanya MM Online ini, kami berharap dapat menumbuhkan bibit-bibit pemimpin potensial," ujar Hanafi.

Sementara itu, faktor keenam adalah fakta bahwa pada tahun 2010 jumlah pelamar strata 1 (S-1) mencapai 2,5 juta jiwa. Padahal, tutur Hanafi, yang diterima hanya 1,5 juta jiwa, sedangkan jumlah universitas di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah jiwa yang ingin melanjutkan dan mendapat gelar pendidikan. Apabila hal itu terus dibiarkan, maka pada tahun 2030, Indonesia akan kekurangan sebanyak 2 juta tenaga terdidik.
"Bagaimana caranya, ya, pakai teknologi ini. Asalkan mereka punya niat dan mengerti teknologi, mereka pasti bisa. Sisanya mereka akan di rumah atau di kantor untuk belajar atau mengerjakan tugas lainnya," kata Hanafi.

Beberapa jenis pekerjaan membutuhkan sistem pendidikan online, misalnya pekerjaan di bidang perminyakan dan pertambangan. Kebanyakan dari mereka bekerja di daerah lain, seperti Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua.
"Mereka yang bekerja di luar daerah biasanya kesulitan untuk dapat melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Maka, para pekerja itulah yang menjadi sasaran MM Online. Selain itu, sasaran
lainnya adalah para eksekutif muda maupun karyawan swasta di Jakarta yang sudah sulit meluangkan waktunya untuk kuliah lagi. MM Online dapat menjadi solusi," ujarnya.

Untuk Anda yang mengkhawatirkan kuliah melalui MM Online juga akan mendapat gelar dan ijazah yang sama dengan kelas konvensional, Anda tenang saja. Pasalnya, para mahasiswa kelas online juga akan mendapat ijazah yang sama seperti sistem perkuliahan konvensional.
Kunci sukses

Pertanyaannya, bagaimana dengan lulusannya nanti? Apakah gelar dan ijazah yang diterima lulusan akan sama dengan kuliah secara konvensional?

Untuk Anda yang mengkhawatirkan kuliah melalui MM Online juga akan mendapat gelar dan ijazah yang sama dengan kelas konvensional, tenang saja. Pasalnya, para mahasiswa kelas online juga akan mendapat ijazah yang sama seperti sistem perkuliahan konvensional.

Hanafi pun menjabarkan berbagai kendala dalam pelaksanaan perkuliahan melalui sistem online. Karena tidak ada yang mengontrol secara langsung, maka perkuliahan melalui sistem hybrid ini membutuhkan kedewasaan dari masing-masing mahasiswa.

"Apabila mahasiswa itu tidak memiliki niat maupun kedewasaan untuk belajar dan mengerjakan semua tugas, maka akan tertinggal dengan mahasiswa lainnya. Ia juga akan lulus lebih lama daripada mahasiswa lainnya," kata Hanafi.

Selain menjabarkan beberapa kendala tersebut, Hanafi juga memaparkan berbagai hambatan yang ditemukan dalam perkuliahan melalui sistem online ini. Biasanya, mahasiswa kelas online
memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap teknologi. Maka, teknologi terkadang juga menghambat perkuliahan. Misalnya, sistem yang tiba-tiba error dan lain sebagainya.

"Karena itulah, MM Online BINUS Business School berkomitmen untuk menjaga kecepatan, ketepatan, dan reliabilities. Kita harus berani mengambil risiko untuk menjadikan sistem online menjadi yang utama. Stamford dan Harvard dulu juga pernah gagal, tapi karena serius mengembangkan sistem online, jadi berkembang sampai sekarang. BINUS juga punya rektorat sendiri yang mengurusi sekolah online," pungkas Hanafi.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2014/01/06/1252090/Mengapa.Siswa.Kelas.Online.Lebih.Unggul.dari.Kelas.Konvensional.

Microsoft: Guru Tak Boleh Gaptek

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Microsoft: Guru Tak Boleh Gaptek-- KOMPAS.com — PT Microsoft Indonesia menyatakan prihatin bila para guru masih menggunakan metode mengajar tradisional yang cenderung monoton dan membosankan bagi siswa. Keprihatinan itu terungkap pada gelaran acara program Partners In Learning (PIL), yang dibuka Senin (16/12/2013).

Melalui kegiatan yang dijadwalkan berlangsung sampai Kamis (19/12/2013), Microsoft Indonesia mengajak para guru di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara untuk belajar bersama, dimulai dari 80 guru yang mengikuti program PIL.

Perwakilan dari Microsoft Indonesia, Budi Setyono, mengatakan, guru saat ini harus punya kompetensi dalam metode pengajaran agar tak ketinggalan dari siswanya, termasuk soal tekonologi.
"Saat ini siswa mampu mengakses informasi dunia hanya melalui sebuah laptop ataupun handphone. Jangan sampai lantaran gurunya tidak up to date siswa jenuh ketika pengajaran oleh guru," ujar Budi, Selasa (17/12/2013).

Budi mengatakan, Microsoft melalui program corporate social responsibility (CSR) merangkai beragam program untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang teknologi. "Microsoft mengajak para guru untuk melek teknologi, tidak gaptek (gagap teknologi)," ujar dia.

Salah satu peserta, Badrut Tamam, mengatakan, program ini sangat membantu. "Sekurang-kurangnya saya bisa meng-upgrade pengetahuan saya tentang dunia teknologi," kata dia. Badrut sependapat bahwa para guru pada hari ini harus punya inovasi dalam metode pengajaran.

Implementasi teknologi dalam metode itu, menurut Badrut, tak bisa dihindari. "Seandainya semua guru bisa melakukan pembelajaran di kelasnya dengan basis IT sebagaimana yang diajarkan tim dari Microsoft ini, siswa tidak akan jenuh karena suasana belajar bisa dikondisikan rileks dan menyenangkan," ujar dia.

Sumber:
http://edukasi.kompas.com/read/2013/12/18/0508042/Microsoft.Guru.Tak.Boleh.Gaptek

Putri Junjung Buih dan Cikal-Bakal Kerajinan Masyarakat di Negara (Daha)

Putri Junjung Buih dan Cikal-Bakal Kerajinan Masyarakat di Negara (Daha)-- Lanjutan sebelumnya.....
Berbagai Perlombaan
Menurut Ketua Palagan Negara di Banjarmasin Lambran Ladjim (alm), ketika ia kecil dulu di Negara (Daha), ada cerita rakyat bahwa Putri Junjung Buih nan cantik itu hidup dalam pingitan keluarga Mpu Jatmika. Mengingat banyaknya pemuda yang menaksir, dan agar tidak mngecewakan mereka, maka dilakukan perlombaan, bahwa barangsiapa pemuda yang memiliki banyak keahlian, berhak mempersunting Putri Junjung Buih. Syaratnya, mereka harus mampu membuat kue yang enak-enak sebanyak 41 macam, dan memiliki keterampilan sebanyak 41 macam pula. Maka para pemuda pun berlomba-lomba berlatih, berkreasi dan membuat berbagai keahlian. Banyaknya kue dan kuliner khas Banjar sekarang, yang biasanya bermunculan di bulan Ramadhan, diduga produk dari kreasi dalam perlombaan tersebut.

Begitu juga banyaknya keterampilan yang dimiliki oleh orang negara (Daha) seperti keahlian membuat dapur dari tanah liat, alat-alat dapur (memasak), alat-alat pertukangan, pertanian, baling-baling (roda) kapal/klotok dari aluminium dan kuningan, berbagai senjata tajam (pandai besi), membuat kapal dan klotok dari kayu, ulin dan besi, kerajinan emas (kemasan), perak dan tembaga, kopiah jangang, anyam-anyaman,
sampai kepada membuat senapan rakitan, diduga hasil dari perlombaan untuk menyunting Putri Junjung Buih tersebut.
Tetapi menurut Djantera Kawi (2011), keterampilan mengolah besi, aluminium, kuningan, dan berbagai logam lainnya pada masyarakat Negara itu, karena Raja-raja Negara Dipa dan Negara Daha pernah mendatangkan para pengrajin logam dari Cina. Mulanya mereka diberi tugas mengubah patung-patung sesembahan yang asalnya terbuat dari kayu ulin atau kayu cendana diganti menjadi kuningan, sehingga lebih artistik. Lama kelamaan, mereka ini juga mengerjakan kerajinan lain dari logam.

Menurut Lambran Ladjim, meskipun banyak pemuda ikut berlomba dengan sekuat tenaga, tetap saja tidak ada pemuda yang berhasil menyunting sang putri. Penyebabnya, Lambung Mangkurat memang ingin mengawinkannya dengan putra dari Majapahit, yaitu Pangeran Suryanata yang dipercaya berasal dari matahari (surya) dan merupakan titisan Dewatra. Mengingat Putri Junjung Buih (air) dipercaya juga merupakan titisan Dewata, maka pasangannya harus sama. Matahari dan air merupakan pasangan khusus, dari keturunan merekalah kemudian lahir para raja dan sultan Banjar.

Kepercayaan ini menjadikan masyarakat Banjar saat itu sangat feodalistik dan paternalistik. Orang awam/biasa di Kerajaan Banjar, kadang-kadang disebut jaba, tidak berani berusaha untuk berkuasa, bahkan sekadar mengimpikan pun tidak berani. Hal itu berbeda dengan tadisi di Jawa, yang walaupun feodalistik, namun di masa itu rakyat jelata pun ada yang mampu menjadi raja. Sebagai misal, Ken Arok, mulanya hanya orang biasa, bahkan seorang penjahat, tetapi karena nekad, cerdik, licik dan gigih berusaha, akhirnya ia mampu berkuasa dan menjadi raja Singosari.

Bersambung....

Baca lebih jelas di buku "Tokoh Banjar dalam Sejarah (Antara Legenda dan Kisah Nyata)" Oleh: Ahmad Barjie B. CV Rahmat Hafiz Al Mubaraq, Banjarmasin. Tahun 2013

Cara Membuat Akun dan Mengecek Saldo Taperum-PNS

Cara Membuat Akun dan Mengecek Saldo Taperum-PNS-- KOMPAS.com - Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) meluncurkan fasilitas baru bagi nasabahnya, yaitu para pegawai negeri sipil (PNS), Senin (27/1/2014), di Jakarta. Layanan baru tersebut diberi nama "Individual Account".

Dalam rangka meningkatkan transparansi, lewat layanan tersebut kini PNS mampu mengecek saldo Taperum-PNS yang selama ini sudah ditarik dari penghasilan mereka. Pengecekan ini bisa dilakukan lewat internet, mobile internet, dan sms.

"Sebenarnya, usaha untuk menampilkan ini memang sudah dimulai lama. Memang, kemarin itu, masih terkendala teknologinya, dan juga masalah data. Jadi, dengan perkembangan waktu, sekarang datanya lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Kalau menunggu semua datanya perfect, tidak akan pernah. Jadi, kita berinisiatif membuka informasi ini seluas-luasnya sehingga tidak hanya akan menampilkan saldonya saja, tapi juga historical kepangkatan, karena itu adalah poin dari jumlah saldonya," ujar Kepala Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum-PNS Heroe Soelistiawan seusai peluncuran layanan tersebut.

Bagi para PNS, sebetulnya tidak sulit untuk membuka akun invidu Anda. Simak caranya berikut ini:

- Melalui SMS: ketik SLD spasi NIP spasi PASSWORD (password atau kata kunci adalah dua angka golongan awal masuk menjadi PNS dan ditambahkan dua angka nol). Contoh: SLD 1961110420070110011100 2100.

- Melalui internet di komputer atau telepon genggam: PNS dapat mengakses www.bapertarum-pns.co.id, kemudian masuk ke menu "beranda". Selanjutnya, pilih menu "akun individu", lalu "login" dengan mengetik NIP, kata kunci (kata kunci adalah dua angka golongan awal masuk menjadi PNS dan ditambahkan dua angka nol)

kompas.com

Contoh Pidato Perpisahan dari Wakil Siswa yang Meninggalkan

Contoh Pidato Perpisahan dari Wakil Siswa yang Meninggalkan--
Berikut contoh pidato perpisahan dari wakil siswa yang meninggalkan setelah sebelumnya contoh pidato perpisahan dari wakil siswa yang ditinggalkan. Ini hanya contoh, selebihnya harus dikembangkan dengan kalimat sendiri agar lebih mengena dengan situasi dan kondisi masing-masing.
Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Yang saya hormati, kepala sekolah dan dewan guru serta staf tata usaha. Yang saya hormati, Bapak dan Ibu Wali siswa, para undangan, serta teman-teman yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas semua nikmat serta hidayah-Nya, hingga kita bisa berkumpul di acara perpisahan siswa kelas IX ini dalam keadaan sehat walafiat.
Sholawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia,
Tiga tahun telah berlalu... Suka-duka telah kami lalui. Lembaran-lembaran baru pun siap kami isi dengan tinta emas keberhasilan. Pendidikan yang lebih tinggi pun telah siap kami hadapi. Hari ini adalah hari yang paling bersejarah bagi kami karena hari ini adalah hari sahnya kami menjadi alumni sekolah tercinta ini.

Saya berdiri di sini mewakili teman-teman guna menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak dan Ibu Guru. Semua kebanggaan yang kami raih sekarang tak akan terjadi jikalau tidak ada dukungan, ajaran, bimbingan, dan motivasi dari guru-guru kami, teman-teman kami, dan keluarga-keluarga kami.

Bapak/ Ibu guru kami yang tercinta,
Bagi kami, Bapak/ Ibu adalah orangtua kedua dalam keseharian kami menuntut ilmu di sekolah. Sangat mustahil jika keseharian menuntut ilmu, bergaul, berkomunikasi, bertata krama, dan sebagainya tidak di temukan kesalahan baik yang kecil ataupun yang besar, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Ampuni kami, maafkan kami wahai Bapak/ Ibu guru. Maafkan kami jika selama ini kami pernah menusukkan sembilu di hati Bapak/ Ibu guru.
Maafkan kami karena hanya dengan maaf dan restu Bapak/ Ibu guru, ilmu ini akan berkah dan manfaat bagi kami.

Ribuan bahkan jutaan rangkaian kata terimakasih yang tidak terhingga kami ucapkan kepada ayah dan ibu, yang telah memberikan segenap dukungan, motivasi kepada kami baik moril maupun material.
Tanpa kalian, kita tidak akan pernah berkumpul untuk menghadiri acara pengukuhan kelas IX tahun ini.

Adik-adik yang kami cintai,
Apabila dari kami siswa kelas IX telah melahirkan prestasi maka lahirkanlah prestasi yang lebih baik dari yang kami buat.
Apabila dari kami melakukan hal-hal terlarang,jangan lakukan meski dengan alasan dulu kami juga pernah melakukan hal itu. Tak ada hukum yang membolehkan kalian melakukan hal itu hanya karena kami dulu pernah melakukannya. Apa yang dapat kalian ambil dari kami berupa kebaikan maka lakukanlah yang lebih baik lagi dari apa yang telah kami lakukan.
Apa yang menurut kalian dari kami ada ketidakbaikan, maka jangan kalian tiru. Cukup kami saja yang melakuka kesalahan itu.

Teman-teman mungkin waktu terlalu cepat berputar,
Tak terasa kini tiba saatnya kita berpisah. Tawa kalian, keceriaan kalian, tangis kalian, masih membekas di hati ini. Jika waktu dapat berhenti, kami ingin berhenti di sini. Perpisahan dengan kalian adalah hal yang sangat menyedihkan bagi kami. Tapi apalah daya, di setiap pertemuan pasti ada perpisahan.

Demikian. Mohon maaf atas salah dan khilaf. Kalaulah ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi. Kalaulah ada umur yang panjang, bolehlah kita berjumpa lagi.
Terima kasih. Wassalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh...
.

Seputar UN (Ujian Nasional) 2014 | Ketentuan dan Syarat Kelulusan

Seputar UN (Ujian Nasional) 2014 | Ketentuan dan Syarat Kelulusan--

Ujian Nasional 2014:
  1. UN Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan satu kali
  2. Tidak ada UN Ulangan (jika nanti dinyatakan tidak lulus, terpaksa harus mengulang belajar satu tahun lagi di kelas terakhir)
  3. UN Susulan (bagi yang sakit, dsb) dilaksanakan satu minggu setelah UN Utama dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah
  4. Ujian Praktek kejuruan untuk SMK dilaksanakan paling lambat satu bulan sebelum UN Utama
  5. Ujian Teori Kejuruan dilaksanakan sekolah dengan soal dari Pusat
  6. Tidak ada TPI (Tim Pemantau Independen)
  7. Jumlah Paket Soal dengan barcode berbeda-beda untuk setiap siswa, satu ruangan biasanya 20 siswa)

Kriteria Kelulusan :
  • Kelulusan ditentukan tidak hanya berdasarkan Nilai UN (Ujian Nasional) saja, tetapi juga dari Nilai Sekolah.
  • Nilai Sekolah didapat dari 30% Nilai US (Ujian Sekolah-dilaksanakan sebelum UN) ditambah 70% Nilai Rata-rata Rapor Semester 1 hingga Semester 5. Nilai Sekolah ini diverifikasi di tingkat kabupaten dan dikirimkan ke pusat seminggu sebelum UN berlangsung.
  • Nilai Akhir (Kelulusan) = 40% Nilai Sekolah + 60% Nilai UN
  • Nilai Akhir (Kelulusan) minimal Rata-rata 5,5 dan mnimal 4,0 untuk setiap mata pelajaran.
  • Penentuan kelulusan diputuskan pusat berdasarkan rekap Nilai Sekolah dan hasil Ujian Nasional.
  • Nilai rapor yang diambil adalah: nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB; nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, dan SMALB; nilai rata-rata rapor semester 1 sampai 5 untuk SMK.

Disarikan dari: SOP Ujian Nasional 2013/2014 BSNP

JADWAL UJIAN NASIONAL 2014 (UN 2014)

JADWAL UJIAN NASIONAL 2014 (UN 2014)--
SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/PaKet C : 14 s.d. 16 April 2014
SMP/MTs/SMPLB/Paket B : 5 s.d. 8 Mei 2014

Jadwal Lengkap:
SMA Program IPA :
14 April 2014: Bahasa Indonesia dan Biologi
15 April 2014: Matematika dan Kimia
16 April 2014: Bahasa Inggris dan Fisika

SMA Program IPS :
14 April 2014: Bahasa Indonesia dan Geografi
15 April 2014: Matematika dan Sosiologi
16 April 2014: Bahasa Inggris dan Ekonomi

SMA Program Bahasa :
14 April 2014: Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia
15 April 2014: Matematika dan Antropologi
16 April 2014: Bahasa Inggris dan Bahasa Asing

MA Program Keagamaan :
14 April 2014: Bahasa Indonesia dan Hadits
15 April 2014: Matematika dan Fikih
16 April 2014: Bahasa Inggris dan Tafsir

SMK/MAK :
14 April 2014: Bahasa Indonesia
15 April 2014: Matematika
16 April 2014: Bahasa Inggris

SMALB :
14 April 2014: Bahasa Indonesia
15 April 2014: Matematika
16 April 2014: Bahasa Inggris

SMP/MTs/SMPLB :
5 Mei 2014: Bahasa Indonesia
6 Mei 2014: Matematika
7 Mei 2014: Bahasa Inggris
8 Mei 2014: IPA

Kisi-kisi Ujian, klik di SINI.

Putri Junjung Buih (Antara Legenda dan Kisah Nyata)

Putri Junjung Buih (Antara Legenda dan Kisah Nyata)-- Nama Ratu atau putri Junjung Buih begitu terkenal di Kalimantan Selatan. Putri Junjung Buih artinya putri yang keluar atau muncul dari buih. Putri ini dipercayai sebagai penjelmaan dewata. Tempat munculnya putri Junjung Buih ini selanjutnya dinamai dengan Teluk Babuih, yang terletak di dekat desa Kuripan, kabupaten Barito Kuala. Kehadiran putri Junjung Buih, (ada yang menyebutnya putri Tunjung Buih) berasal dari kepercayaan bahwa ia merupakan makhluk gaib yang muncul dari buih, yang kemudian dicarikan suaminya dari Majapahit yaitu Pangeran Suryanata.
Menurut HM Said (2011), sebenarnya ada versi lain yang menyatakan bahwa Putri Junjung Buih adalah manusia biasa. Ia bernama Galuh Ciptasari dan tinggal bersama ibu angkatnya di daerah Balangan dan Gunung Batu Piring. Suatu kali ia mandi di sungai lalu tergelincir dan hanyut terbawa arus sungai yang deras. Selanjutnya ia diselamatkan dan ditemukan oleh Lambung Mangkurat yang sedang bersemedi di tepi Sungai, yang melihat putri itu timbul tenggelam di atas buih.
Penulis (Barjie) lebih setuju dengan versi ini. Namun agar lebih dramatis dan dikagumi rakyat di zaman itu maka disebutlah bahwa putri itu adalah putri gaib yang muncul dari buih. Masyarakat Banjar kala itu (bahkan mungkin hingga sekarang) memang menyukai yang aneh-aneh dan supernatural (gaib). Mereka kurang tertarik dengan hal-hal yang biasa dan natural. Yang jelas putri itu seorang gadis yang cantik, yang bagi Lambung Mangkurat cocok untuk dicarikan jodohnya dari Majapahit.
Maka sebelum ke Majapahit putri ini lebih dulu diangkat sebagai raja putri dan ratu di Negaradipa.

Peristiwa Berdarah
Lambung Mangkurat tidak mau gadis cantik ini disunting oleh rakyat biasa, bahkan oleh keluarga dekatnya sekali pun. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan bahwa rakyat jelata tidak berhak menjadi raja. Bahwa raja harus berasal dari kasta Ksatria yang kala itu hanya ada di Majapahit. Kepercayaan itulah yang bagi kerajaan Banjar di masa-masa awal justru membawa malapetaka atau tragedi berdarah di lingkungan keluarga Mpu Jatmika. Sebagaimana disebutkan di muka, Lambung Mangkurat memiliki dua orang keponakan, yaitu Bambang Sukmaraga dan Bambang Padmaraga (versi lain ditulis Bangbang). Keduanya adalah putra kembar Mpu Mandastana, mereka pemuda tampan yang sebenarnya memiliki prospek cerah untuk memimpin Kerajaan Negara Dipa. Karena kedua pemuda ini mencintai Putri Junjung Buih yang cantik, Lambung Mangkurat menjadi cemburu dan murka. Dengan siasat mengajak keduanya memancing, lantas kedua pemuda itu dibunuh. Tempat pembunuhan itu sekarang disebut Lubuk Badangsanak. Ada kepercayaan mayat kedua bersaudara itu hilang lenyap dan bersemayam di Gunung Pematon Arga Kencana.

Mpu Mandastana dan istrinya sangat marah bercampur sedih, tetapi tidak kuasa melawan. Akhirnya suami istri ini memilih untuk mati bunuh diri. Mpu Mandastana menikam dirinya dengan keris Parang Sari buatan Majapahit, dan sang istri menikam dirinya dengan keris bernama Lading Malela yang berasal dari Keling. Maka jadilah tempat mereka bunuh diri itu disebut Telaga Darah, atau Telaga Raha, yang kini situsnya masih ada di lingkungan Candi Agung Amuntai. Suami istri itu dianggap keramat, sehingga burung-burung yang terbang di atas mayat mereka (sebelum dilarung ke laut) gugur berjatuhan.

Karena kecantikan Junjung Buih, maka tidak saja Bambang Padmaraga dan Bambang Sukmaraga yang jatuh cinta, tetapi banyak pemuda lain dari kalangan masyarakat umum yang menaruh hati dan ingin mempersunting Junjung Buih.

Berbagai Perlombaan
Menurut Ketua Palagan Negara di Banjarmasin Lambran Ladjim ...

Bersambung

Sumber: Barjie B, Ahmad. 2013. Tokoh Banjar dalam Sejarah (Antara Legenda dan Kisah Nyata). Banjarmasin: CV Rahmat Hafiz Al Mubaraq

Unsur Etika dalam Novel Sitti Nurbaya

Unsur Etika dalam Novel Sitti Nurbaya-- Novel Indonesia Angkatan 20-30-an memuat unsur kebiasaan, adat, dan etika. Salah satu contoh unsur etika dalam kutipan novel Sitti Nurbaya seperti berikut.
...
Setelah dilihat Samsu ayahnya, lalu dihampirinya orangtua itu, seraya berkata, "Kalau ayah izinkan, hamba hendak pergi esok hari bermain-main ke Gunung Padang."
"Dengan siapa?" tanya Sutan Mahmud.
"Dengan si Arifin dan si Bakhtiar dan barangkali juga dengan si Nurbaya," jawab Samsu.
"Dengan si Nurbaya?" tanya Sutan Mahmud pula, sambil berpikir. "Baiklah, tapi hati-hati engkau menjaga dirimu dan si Nurbaya! Jangan sampai ada alangan apa-apa dan jangan berlaku yang tidak senonoh."
"Baiklah ayah," jawab Samsu.
Sejurus lagi, duduklah anak dan bapa, makan di meja bersama-sama Ibu Samsu, yang telah lama duduk menanti.

Unsur etika uang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah minta izin kepada orangtua jika hendak bepergian. Etika yang juga nampak dalam kutipan tersebut adalah menjaga hubungan antara laki-laki dan perempuan agar harmonis dan tidak mencemarkan nama baik.

Contoh Pidato Pelepasan Kontingen Olahraga

Contoh Pidato Pelepasan Kontingen Olahraga--
Ini merupakan contoh saja, selebihnya harus dikembangkan dengan kalimat sendiri agar lebih mengena dengan situasi dan kondisi masing-masing.
Selamat pagi,
Saudara-saudara yang berbahagia, terlebih dahulu saya, selaku Kepala Dinas Pendidikan, merasa bahagia karena dapat menyaksikan secara langsung acara pelepasan tim sepak bola untuk mengikuti pertandingan dalam merebut piala gubernur. Kami hanya berpesan hendaklah dalam pertandingan nanti Saudara-saudara menunjukkan permainan yang jujur, disiplin, dan bersemangat. Sikap yang demikian akan membawa harum nama tim dan nama daerah kita tercinta ini. Saudara harus berusaha sekuat tenaga dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Tuhanlah yang menentukan segalanya.

Semoga Tuhan Yang Mahakuasa mengabulkan dan meridai permintaan kita sehingga Saudara-saudara dapat menggondol Piala Gubernur tahun ini. Terakhir, saya ucapkan selamat jalan, selamat bertanding dan semoga sukses. Selamat pagi.

(BSE Membuka Jendela llmu Pengetahuan Bahasa dan SastralndonesiaS SMP/MTs Kelas lX,Dwi Hariningsih, Bambang Wisnu, Septi Lestari, Depdiknas,2008)
.

Contoh Pidato Perpisahan dari Wakil Siswa yang Ditinggalkan

Contoh Pidato Perpisahan dari Wakil Siswa yang Ditinggalkan--
Berikut contoh pidato perpisahan dari wakil siswa yang ditinggalkan. Ini merupakan standar minimal, selebihnya harus dikembangkan dengan kalimat sendiri agar lebih mengena dengan situasi dan kondisi masing-masing.
Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Yang saya hormati, kepala sekolah dan dewan guru serta staf tata usaha. Yang saya hormati, Bapak dan Ibu Wali siswa, serta teman-teman yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas semua nikmat serta hidayah-Nya, hingga kita bisa berkumpul di acara
perpisahan siswa kelas IX ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin yang berbahagia,
Kami atas nama wakil teman-teman kelas VII dan VIII mengucapkan selamat kepada kakak-kakak kelas IX yang baru lulus ujian. Kami yakin bahwa sebagian siswa yang baru lulus ini akan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Kami mengucapkan selamat dan berharap semoga kegemilangan prestasi yang telah dicapai dapat menjadi teladan bagi kami, siswa kelas VII dan VIII di sekolah ini.
Tak lupa, kami juga menyampaikan selamat jalan bagi kakak-kakak. Tekunlah belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jagalah pula nama baik sekolah kita dengan menunjukkan prestasi dan perilaku yang baik di sekolah tersebut.
Terima kasih. Kalaulah ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi. Kalaulah ada umur yang panjang, bolehlah kita berjumpa lagi.
Mohon maaf atas salah dan khilaf, wassalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh...
.

Contoh Pidato Pelantikan Pengurus OSIS

Contoh Pidato Pelantikan Pengurus OSIS--
Assalaamu'alaikum wa rahmatuilaahi wa barakatuh, salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah,
Bapak/ Ibu guru yang saya hormati, serta anak-anakku yang saya sayangi,
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya-kita dapat hadir di aula sekolah kita tercinta ini dalam keadaan sehat walafiat tiada halangan suatu apa pun.
Sebentar lagi pengurus-pengurus OSIS yang baru akan dilantik, setelah itu mereka akan segera bekerja untuk menyusun program-program baru.

Anak-anakku yang saya sayangi,
Dengan terpilihnya pengurus OSIS yang baru, saya mengimbau kepada segenap pengurus agar benar-benar menjadi pengurus yang bertanggung jawab dan penuh pengabdian. Apabila ada permasalahan-permasalahan yang harus dipecah kan, selesaikan dengan bermusyawarah. Laksanakan program-program yang telah disusun dengan sebaik-baiknya. Program merupakan seperangkat rencana yang telah disusun dengan matang dalam jangka waktu tertentu.

Anak-anakku yang saya sayangi,
Setelah selesai menempuh pelajaran di sekolah, kelak kamu akan terjun di masyarakat. Jika kamu mampu menjadi pengurus OSIS yang baik dan penuh dedikasi, kamu akan mampu menghadapi persoalan yang mungkin saja muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Itulah pentingnya kamu belajar berorganisasi di sekolah melalui kegiatan OSIS.
Saya ucapkan selamat bekerja kepada pengurus baru dan selamat menjalankan program-program baru yang sudah disusun. Semoga Tuhan yang Maha Esa memberi kekuatan kepada kita semua. Amin.
Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas semua kekurangan.
Akhir kata, wassalaamualaikum warah matullaahi wa barakaatuh.

Sumber: BSE pelajaran Bahasa lndonesia untuk SMP/ MTs Kelas X Tri Retno Murniasih, S.Pd. dan Drs. Sunardi, M.Pd., Depdiknas, 2008
.

Penginderaan dalam Puisi

Penginderaan dalam Puisi--
Istilah Penginderaan sama dengan citraan. Citraan disebut juga Imaji. Citraan adalah efek yang ditimbulkan oleh kata atau susunan kata dalam puisi terhadap pancaindera manusia.

Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera penglihatan kita (mata), maka kata-kata itu memiliki citraan penglihatan (visual).
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera pendengaran kita (telinga), maka kata-kata itu memiliki citraan pendengaran (auditorial).
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera penciuman kita (hidung), maka kata-kata itu memiliki citraan penciuman.
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera peraba kita (kulit), maka kata-kata itu memiliki citraan perabaan.
Jika kata-kata dalam puisi itu memberi efek pada indera pengecap kita (lidah) maka kata-kata itu memiliki citraan pengecapan; atau jika memberi efek pada perasaan (hati), maka kata-kata itu memiliki citraan perasaan.

Sekarang, coba tentukan citraan yang terdapat dalam larik-larik berikut:
1. Aku masih menyebut nama-Mu
2. Cahaya-Mu panas suci
3. Tinggal kedip lilin di kelam sunyi
4. Aku hilang bentuk, remuk.
5. Bau belerang merebak di sekeliling
6. Semanis gula, sepahit empedu

Jawaban: 1)pendengaran, 2)perabaan, 3)penglihatan, 4)perasaan, 5)penciuman, 6)perasaan (lebih tepatnya disebut pengecap). Mudah, kan?

Selanjutnya coba kerjakan soal-soal UN di Contoh Soal Citraan

Video contoh sederhana Musikalisasi Puisi AKU (KLIK DI SINI)

Bagian-bagian Teks Eksplanasi

Bagian-bagian Teks Eksplanasi-- Berdasarkan pertanyaan di arsip Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi, Tanggapan Deskriptif, Eksposisi, Eksplanasi, dan Narasi, arsip ini dibuat. Sebenarnya tak ada perbedaan istilah antara struktur teks eksplanasi dengan bagian-bagian teks eksplanasi. Kita ingat kembali ciri-ciri teks eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Jadi, bagian-bagian teks eksplanasi adalah: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.

Perhatikan teks berikut:
Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagai hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut. Dalam pengertian yang luas, banjir dapat diartikan sebagai suatu bagian dari siklus hidrologi, yaitu pada bagian air di permukaan bumi yang bergerak ke laut. Dalam siklus hidrologi kita dapat melihat bahwa volume air yang mengalir di permukaan Bumi dominan ditentukan oleh tingkat curah hujan, dan tingkat peresapan air ke dalam tanah.

Air hujan sampai di permukaan Bumi dan mengalir di permukaan Bumi, bergerak menuju ke laut dengan membentuk alur-alur sungai. Alur-alur sungai ini di mulai di daerah yang tertinggi di suatu kawasan, bisa daerah pegunungan, gunung atau perbukitan, dan berakhir di tepi pantai ketika aliran air masuk ke laut.
Secara sederhana, segmen aliran sungai itu dapat kita bedakan menjadi daerah hulu , tengah, dan hilir . Di daerah hulu yang biasanya terdapat di daerah pegunungan, gunung atau perbukitan. Lembah sungai sempit dan potongan melintangnya berbentuk huruf “V”. Di dalam alur sungai banyak batu yang berukuran besar (bongkah) dari runtuhan tebing, dan aliran air sungai mengalir di sela-sela batu-batu tersebut. Air sungai relatif sedikit. Tebing sungai sangat tinggi. Terjadi erosi pada arah vertikal yang dominan oleh aliran air sungai.
Di daerah tengah, umumnya merupakan daerah kaki pegunungan, kaki gunung, atau kaki bukit. Alur sungai melebar dan potongan melintangnya berbentuk huruf “U”. Tebing sungai tinggi. Terjadi erosi pada arah horizontal, mengerosi batuan induk. Dasar alur sungai melebar, dan di dasar alur sungai terdapat endapan sungai yang berukuran butir kasar. Bila debit air meningkat, aliran air dapat naik dan menutupi endapan sungai yang di dalam alur, tetapi air sungai tidak melewati tebing sungai dan keluar dari alur sungai.
Di daerah hilir, umumnya merupakan daerah dataran. Alur sungai lebar dan bisa sangat lebar dengan tebing sungai yang relatif sangat rendah dibandingkan lebar alur. Alur sungai dapat berkelok-kelok seperti huruf “S” yang dikenal sebagai “meander”. Di kiri dan kanan alur terdapat dataran yang secara teratur akan tergenang oleh air sungai yang meluap, sehingga dikenal sebagai “dataran banjir”. Di segmen ini terjadi pengendapan di kiri dan kanan alur sungai pada saat banjir yang menghasilkan dataran banjir. Terjadi erosi horizontal yang mengerosi endapan sungai itu sendiri yang diendapkan sebelumnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di selokan sungai. Akibatnya, mampu merendam dan merusak jalan raya, jembatan, mobil, bangunan, sistem selokan bawah tanah, dan kanal. Kerugian dari segi harta dan jiwa manusia merupakan dampak lain dari terjadinya banjir.

Paragraf pertama teks di atas merupakan bagian pernyataan umum, paragraf kedua merupakan bagian deretan penjelas, dan paragraf terakhir merupakan bagian interpretasi.

Contoh Cara Menentukan Pokok-pokok Berita (5W1H/ Adik Simba)

Dalam menyimak berita kita harus memahami isi berita dengan memerhatikan pokok-pokok beritanya. Pokok-pokok berita itu dapat kita tentukan dengan berpedoman pada unsur 5W1H, what, where, when, who, why, how. Dalam bahasa Indonesia: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana (disingkat Adik Simba). Kita menentukan apa yang diberitakan, di mana peristiwa itu terjadi, kapan terjadi, siapa saja yang terlibat, mengapa terjadi, dan bagaimana peristiwanya. Simak contoh berita berikut:

Puluhan warga Kota Bogor, Jumat (11/1) menurunkan dan membakar baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar para calon wali kota dan pasangannya yang saat ini sudah terpasang di semua ruas jalan utama dan perumahan di Kota Bogor.
Sedikitnya ada 25 baliho dan sebanyak empat spanduk-spanduk yang diturunkan dan dibakar massa. Aksi ini dipimpin Syarief Muhamad Noor, salah seorang tokoh masyarakat di Bogor.
Mereka melakukan aksi ini karena menganggap baliho dan spanduk-spanduk itu telah mengganggu pemandangan dan belum tiba saatnya untuk kampanye Pilkada Bogor yang baru akan berlangsung April 2009 mendatang.
Dalam aksinya, massa secara beriringan memutari seluruh area Kota Bogor dan menurunkan satu persatu baliho dan spanduk tersebut.
Dari puluhan baliho yang diturunkan dan dibakar itu banyak diantaranya mempampang wajah Dody Rosadi, yang kini masih menjabat Sekertaris Daerah Kota(Sekdakot) Bogor mendampingi Wali Kota sekarang Diani Budiarto. "Ini kan belum saatnya.
Selain itu juga merusak keindahan kota dan pemandangan. Seharusnya Pak Dody selaku Sekda, paham hal ini," kata Noor.

Berdasarkan berita di atas, kita dapat membuat pertanyaan dan jawaban sebagai berikut.
  1. Berita atau peritiwa apa?
    Jawab: Penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar para calon wali kota.
  2. Di mana peristiwa ini terjadi?
    Jawab: Peristiwa ini terjadi di Bogor, di jalan utama dan perumahan
  3. Kapan peritiwa itu terjadi?
    Jawab: Jumat, 11 januari 2008
  4. Siapa yang melakukan dan memimpinnya?
    Jawab: Para warga kota Bogor dipimpin Syarief Muhamad Noor
  5. Mengapa peristiwa itu terjadi?
    Jawab: Baliho dan spanduk mengganggu pemandangan dan kampanye pilkada masih lama lagi.
  6. Bagaimana peristiwa itu terjadi?
    Jawab: Para warga secara beriringan memutari kota Bogor dan menurunkan satu persatu baliho dan spanduk

Pokok-pokok berita (Gabungan pertanyaan dan jawaban di atas):
  1. Apa: Berita tersebut tentang penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar para calon wali kota.
  2. Di mana: Peristiwa penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar tersebut terjadi di Bogor, di jalan utama dan perumahan
  3. Kapan: Peritiwa penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar itu terjadi pada hari Jumat, 11 januari 2008
  4. Siapa: Peristiwa penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar tersebut dilakukan oleh para warga kota Bogor yang dipimpin Syarief Muhamad Noor
  5. Mengapa: Peristiwa penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar itu terjadi karena baliho dan spanduk tersebut mengganggu pemandangan dan kampanye pilkada masih lama lagi.
  6. Bagaimana: Peristiwa penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar tersebut dilakukan para warga yang secara beriringan memutari kota Bogor dan menurunkan satu persatu baliho dan spanduk yang ditemui.

Jika kutipan berita tersebut disusun berdasarkan informasi pokoknya (pokok-pokok beritanya), maka:
Kutipan berita tersebut memberitakan tentang penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk-spanduk berukuran besar para calon wali kota. Peristiwa itu terjadi di jalan utama dan perumahan di Bogor pada hari Jumat, 11 januari 2008. Yang melakukan penurunan dan pembakaran baliho serta spanduk tersebut adalah para warga kota Bogor dipimpin Syarief Muhamad Noor. Peristiwa itu terjadi karena baliho dan spanduk tersebut mengganggu pemandangan dan kampanye pilkada masih lama lagi. Para warga secara beriringan memutari kota Bogor dan menurunkan satu persatu baliho dan spanduk tersebut.

Simpulan berita tersebut:
Terjadinya aksi penurunan dan pembakaran baliho dan spanduk berukuran besar para calon wali kota tersebut karena mengganggu pemandangan dan kampanye pilkada masih belum dimulai.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Modifikasi Cuaca Atasi Banjir

Modifikasi Cuaca Atasi Banjir
Contoh Teks Eksplanasi tentang Modifikasi Cuaca Atasi Banjir--
Arsip ini dibuat untuk memenuhi permintaan yang menghendaki contoh lain dari arsip Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Saat ini, banjir di Jakarta masih tetap terjadi. Segala upaya telah dilakukan pemerintah daerah dan pusat, namun hal itu belum cukup mengatasi peristiwa alam yang seolah menjadi rutinitas tahunan itu. Normalisasi sungai-sungai dan waduk, pembersihkan gorong-gorong dan parit, ataupun pembuatan ribuan sumur resapan, belum mampu mengatasi persoalan banjir Jakarta (Sumber: sindonews.com). Upaya lain yang dilakukan adalah modifikasi cuaca. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Florentinus Heru Widodo mengatakan modifikasi cuaca efektif mengurangi curah hujan di wilayah Jabodetabek. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) melalui UPT Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT) mulai Selasa (14/1), melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan sebagai langkah antisipasi mencegah bencana banjir. Dari hasil kegiatan tahun 2013 lalu, teknologi ini terbukti mampu mengurangi curah hujan di Jakarta sebesar 20-50 persen terhadap nilai prediksi curah hujan alaminya (Sumber: www.monitorindonesia.com).

Hujan merupakan peristiwa alam sebagai bagian dari siklus air: panas matahari membuat penguapan lalu terbentuklah awan, awan tertiup oleh angin dan dibawa ke daratan, jika uap air sudah melebihi kapasitas, terjadilah hujan. Hujan juga bisa 'dipaksa' oleh manusia, yaitu dengan mengadakan rekayasa berupa operasi yang disebut dengan operasi penyemaian awan.
Berikut caranya:
  1. Urea, CaCl2, NaCl (Sodium Chlorida) digiling halus dengan menambahkan bahan antigumpal fumed silica.
  2. Bahan yang telah digiling halus dikemas dalam kantung plastik kedap udara. Sebanyak 800 s.d. 1.000 kg, bahan dimuat ke dalam pesawat.
  3. Sasaran awan dengan ciri berbentuk bunga kol, dengan dasar tidak lebih tinggi dari 5000 kaki dan puncaknya lebih tinggi dari 11.000 kaki.
  4. Pesawat memasuki awan dan ketika berada di dalamnya, bahan dilepaskan keluar. Kegiatan ini disebut penyemaian awan.

Biasanya, penyemaian awan ini efektif dilakukan di waktu musim kemarau. Lalu, mengapa dilakukan di musim hujan? Ya, penyemaiannya dilakukan sebelum awan terlalu banyak menyimpan air dan 'terbang' ke daerah yang berpotensi menimbulkan banjir. Sejak dimulainya TMC, BPPT telah melakukan 22 kali penerbangan dengan menggunakan pesawat Hercules A-1323, dan menghabiskan bahan semai NaCl powder sebanyak 75,8 ton ke awan-awan hujan untuk menjatuhkkan hujan di luar daerah rawan banjir.
“Selama 11 hari melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) terbukti hujan di Jakarta sudah jauh berkurang. Saat ini pergerakan angin mulai berubah, bukan dari barat lagi melainkan dari timur. Hal ini karena adanya tekanan dari Pulau Sumatera,” papar Heru di Jakarta, Selasa (5/2/2013) sebagaimana dikutip dari monitorindonesia.com.
Oleh karena itu, penyemaiannya pun dilakukan di utara Bandung, lalu di laut utara dan kemudian di selatan wilayah Sukabumi. Penyemaian awan bertujuan agar awan-awan yang bergerak menuju Jabodetabek bisa turun menjadi hujan lebih awal sebelum memasuki Jabodetabek.

BPPT juga mengoperasikan GBG (Ground Based Generator) di 25 titik di Jakarta secara mobile. GBG itu terpasang memanjang dari daerah hulu (selatan) hingga hilir (utara). Tujuannya adalah untuk mengganggu pertumbuhan awan hujan di dalam wilayah Jabodetabek.
BPPT melaksanakan TMC selama 2 bulan, yaitu 26 Januari sampai 25 Maret 2013 dengan biaya Rp13 miliar atas permintaan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kepada Kepala BNPB.

Modifikasi cuaca dengan operasi penyemaian awan ini merupakan alternatif yang tepat untuk mengatasi hujan berlebih namun bukan untuk meniadakan hujan dan menghindari banjir. Modifikasi ini hanya upaya untuk mengurangi curah hujan yang tinggi dan banjir yang diakibatkannya. Satu yang harus diperhatikan, pengalihan hujan dapat menimbulkan banjir di daerah lain dan alirannya dapat mencapai dataran rendah yang umumnya ditempati permukiman. Dampaknya akan lebih terasa andaikata tak ada 'tameng hujan' berupa hutan dan waduk. Satu lagi, manusia tak akan kuasa melawan takdir Tuhan.

Sumber:
http://www.monitorindonesia.com/lingkungan/66-lingkungan/13240-modifikasi-cuaca-efektif-kurangi-curah-hujan-di-jakarta-.html
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/14/01/14/mze4se-cegah-banjir-modifikasi-cuaca-dilakukan-mulai-hari-ini
http://metro.sindonews.com/read/2014/01/15/16/826663/banjir-jakarta
Tags: #contoh teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam #contoh teks eksplanasi singkat #contoh teks eksplanasi sosial #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
contoh teks eksplanasi beserta strukturnya #contoh teks eksplanasi kompleks #contoh teks eksplanasi dan karakteristiknya #struktur teks eksplanasi

Contoh Khotbah tentang Menghormati Tamu

Contoh Khotbah tentang Menghormati Tamu--
Contoh khotbah ini, meniadakan bagian pendahuluan dan bagian penutup. Ini hanya sebagian dari bagian isi. Selanjutnya harus dikembangkan sendiri.
..... Kaum muslimin dan muslimah yang dimuliakan Allah.
Agama lslam telah mengajarkan kepada kita semua agar selalu menghormati tamu sebagaimana mestinya seorang tamu. Jangan sampai tamu dibiarkan, tidak dihormati dengan sopan. Sikap yang demikian itu akan menyinggung perasaan tamu. Maka dari itu hormatilah tamu dengan penuh kesopanan dan keramahan. Tamu dipersilakan masuk dengan sopan, diberi minum, dan jika mempunyai makanan sebaiknya disuguhkan. Akan tetapi, dalam menghormati tamu, kita tidak boleh mengada-ada. Maksudnya, jika kita tidak mempunyai apa-apa untuk disuguhkan kepada tamu, jangan mengada-adakan dengan cara ini dan itu. Hal semacam itu tidak dianjurkan. Seorang tamu, akan senang jika melihat tuan rumahnya ramah dan sopan dalam menghadapinya.
......
Sumber: Kumpulan Pidato Pildacil Pemilihan Da'i Cilik, Ust. M. Dzaki Romadhon, Karya Gemilang Utama.

Ciri-ciri Karangan Narasi dan Deskripsi

Ciri-ciri Karangan Narasi dan Deskripsi--
Narasi adalah jenis karangan yang bertujuan untuk menceritakan suatu pokok persoalan.
Ciri-ciri:
- persoalan biasanya disampaikan secara kronologis dan mengandung plot atau rangkaian cerita (alur)
- di dalamnva ada tokoh yang diceritakan, baik manusia maupun bukan manusia.

Ciri-ciri Deskripsi atau Lukisan :
- bersifat informatif
- tulisan didasarkan atas hasil pengamatan
- pembaca diajak menikmati apa yang telah dinikmati (meniru kesan) penulis
- susunan peristiwa tidak menjadi pertimbangan utama, yang penting pesan sampai kepada pembaca

Penulisan Kata Serapan

Penulisan Kata Serapan--
Dalam bahasa Indonesia banyak kosa kata yang berasal dari bahasa asing maupun bahasa daerah. Kata-kata yang berasal dari bahasa asing dan bahasa daerah penulisannya harus disesuaikan dengan ejaan Bahasa Indonesia. Kata-kata asing yang ejaan sama dengan Bahasa Indonesia dituliskan sama, seperti kata profesional dan manuver. Kata-kata asing yang tidak ada dalam ejaan Bahasa Indonesia harus disesuaikan dengan aturan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

Pada umumnya penyerapan ke dalam Bahasa Indonesia ada 3 macam:
1. Kata-kata yang sudah sepenuhnya diserap ke dalam Bahasa Indonesia.
Kata-kata ini sudah dieja dan ditulis secara Indonesia. Misalnya, kabar, iklan, hadir, botol dan kamar.
2. Kata-kata yang masih asing, tetapi digunaka dalam konteks bahasa Indonesia
Ejaan dan pengucapannya masih mengikuti cara asing. Misalnya, shuttle cock, check in, time out.
3. Kata-kata asing yang ucapan dan ejaannya disesuaikan dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia. Misalnya:
- Aki berasal dari accu
- Komisi.berasal dari comission
- Psikologi berasal dari psychology
- Fase berasal dari phase
- Diskusi berasal dari discution
- Informasi berasal dari information
- Televisi berasal dari television
- Universias berasal dari university
- Formalitas berasal dari formality
- profesional berasal dari profesional.
- formasi berasal dari formation.
- manuver berasal dari manuver.

Peserta Favorit di Indonesian Idol 2014 Asal Audisi Surabaya (Episode 10 Januari 2014)

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Peserta Favorit di Indonesian Idol 2014 Asal Audisi Surabaya (Episode 10 Januari 2014)--
Admin Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu, telah memilih 5 peserta favorit dari audisi Bandung dan 4 peserta dari audisi Yogyakarta. Di episode ketiga audisi Surabaya malam ini, admin juga kembali memilih 5 peserta favorit: Rahmat Hidayat, Dinda Meicistara, Indra Wijaya, Reinata Priskala, dan RA Yotari Kezia.

Apa yang Membuat Indonesian Idol Musim 2014 Lebih Menarik?
Indonesian Idol Musim 2014, walau sempat vakum setahun, dipastikan lebih semarak dari sebelumnya. Yang pertama, karena ada penambahan kota untuk mengaudisi para peserta.
Yang kedua, konsep audisinya juga lebih beragam. Bukan hanya city audition atau audisi terbuka, special hunt, bus audition, online audition, Daniel's choise, dan idol dream box seperti dalam kompetisi sebelumnya, tapi juga I want you.
Yang ketiga, yang spesial di tahun kesepuluhnya, Indonesian Idol juga akan menghadirkan juri tamu, yaitu Indra Lesmana dan Raisa. Indra merupakan musisi yang menjadi juri Indonesian Idol musim pertama (2004) hingga musim kelima (2008).
Yang keempat, tentu saja, empat juri tetap. Mereka akan memberikan komentar dan bekal bagi para kontestan. Di antaranya Ahmad Dhani, Titi DJ, Anang Hermansyah, dan Tantri KOTAK.

Di musimnya yang ke-8 ini, Agnes Monica tak akan hadir di kursi juri karena Agnes memiliki program pencarian bakat bernama Nez Academy yang tayang di NET TV.
Sumber Foto: Google

Hasil Pertandingan Sepakbola Klub Indonesia vs Klub Luar Negeri (Update Arema vs Hamburg SV Jerman)

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info: Hasil Pertandingan Sepakbola Klub Indonesia vs Klub Luar Negeri (Update Arema vs Hamburg SV Jerman)-- Sepakbola Indonesia memang sudah meninggalkan catatan hitam kisruh kepengurusan. Kini, insan sepakbola nasional sedang berupaya membenahi agar cabang sepakbola yang sangat digilai sebagian besar masyarakat Indonesia ini mampu lebih berprestasi.

Bagaimana rekam jejak klub dan timnas sepakbola kita itu? Berikut rekapnya.

6 Januari 2014 (Persahabatan): Arema vs Hamburg SV Jerman: Imbaang 2-2

Laga ujicoba antara Hamburg SV melawan Arema Indonesia sudah selesai. Tim 'Singo Edan' dan Hambrug harus puas mengakhiri laga dengan kedudukan sama kuat 2-2. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (6/1/2014) malam WIB, Hamburg unggul 2-1 saat babak pertama.

Gol pertama tim asuhan Bert van Marwijk itu dilesakkan lewat titik putih oleh Rafael van der Vaart pada menit 22. Hadiah tendangan penalti itu berawal dari pelanggaran Benny Wahyudi pada Zoua Jacques.
Cristian Gonzalez mampu membawa kedudukan kembali seimbang di menit 33. Meneruskan umpan dari Alfarizi, Gonzalez mampu membobol gawang Hamburg.

Arema kembali kebobolan saat laga memasuki menit ke-43. Kesalahan Alfarizi saat mengantisipasi bola membuat Jacques bisa memasukan bola ke gawang Kurnia Meiga untuk kali kedua.
Tiga belas menit sesudahnya, tim kebanggaan Aremania itu mampu kembali menyamakan kedudukan. Kali ini gol itu dilesakan oleh Sunarto.

detiksport.com

Hasil pertandingan lainnya

4 Januari 2014 (Persahabatan):
Persis Solo vs Lions XII Siangapore: Menang 3-0

30 Desember 2013 (Trofeo Persija 2013):
Arema Indonesia vs PDRM FA (Malaysia): Menang 3-0
Persija Jakarta vs Army United FC (Thailand): Menang 4-1

29 Desember 2013 (Trofeo Persija 2013):
Arema vs Army United Thailand: Menang 6-1
Persija vs PDRM malaysia: Menang 2-1

25 Desember 2013:
Arema vs Terengganu FA Malaysia: Imbang 1-1

Mitra Kukar Goes to Spain:
18 Desember 2013: Mitra Kukar (Indonesia) vs RCD Espanyol (Spanyol): Kalah 0-4

Mitra Kukar Goes to Spain:
16 Desember 2013: Mitra Kukar (Indonesia) vs RCD Espanyol (Spanyol): Kalah 0-8

Mitra Kukar Goes to Spain:
11 Desember 2013: Mitra Kukar (Indonesia) vs Valencia (Spanyol): Kalah 0-13

Mitra Kukar Goes to Spain:
9 Desember 2013: Mitra Kukar (Indonesia) vs Valencia (Spanyol): Kalah 2-4 (Gol Mitra: Maitimo, Alves)

Persahabatan:
8 Des 2013: Arema (Indonesia) vs DC United (AS): Menang 2-1

Persahabatan:
6 Des 2013: Persib (Indonesia) vs DC United (AS): Menang 2-1

Mitra Kukar Goes to Spain:
5 Desember 2013: Mitra Kukar (Indonesia) vs Legenda Timnas Spanyol: Menang 2-0 (Gol: Zulham Z.)

Mitra Kukar Goes to Spain:
3 Desember 2013: Mitra Kukar vs Atletico: Kalah 0-5

Duel Pramusim:
17 Nov 2013: Pro Duta FC vs Buriram United FC (Thailand) di Stadion New i-Mobile Stadium, Thailand: Kalah 3-4

Eksebisi "All Star Challenge" Kandang:
16 Nov 2013 (Stadion Maguwoharjo, Sleman, Indonesia): Indonesia XI vs Singapore League Selection: Imbang 0-0 (Agregat 2-2, Indonesia XI unggul gol tandang dan keluar sebagai juara)

Eksebisi "All Star Challenge" Tandang:
11 Nov 2013 (Jalan Besar Stadium, Singapura): Indonesia XI vs Singapore League Selection: Imbang 2-2 (Gol Van Dijk dan Kim Kurniawan)

Battle of The League:
1 Okt: Indonesia XI vs Fulham U-23 Inggris: Menang 2-0
3 Okt: Persipura vs Santos U-23 Brazil: Menang 2-1
5 Okt: Arema Indonesia vs Frankfurt Jerman: Menang 3-2

Final Menpora Cup 2013:
29 Sept 2013: Arema Indonesia vs Central Coast Mariners Australia: Menang 2-1

.

Peserta Favorit Saya di Indonesian Idol 2014 Asal Audisi Yogyakarta (Episode 2, tanggal 3 Januari 2014)

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Peserta Favorit Saya di Indonesian Idol 2014 Asal Audisi Yogyakarta (Episode 2, tanggal 3 Januari 2014)-- Dari tayangan episode 1 audisi Bandung admin Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu, telah memilih 5 peserta favorit: RISKA AFRILIA, NOWELA ELIZABETH AUPARAY, RYAN DE ANGGA, YUKA TAMADA, dan GHAITSA KENANG.

Audisi Indonesian Idol 2014 di kota Yogyakarta sudah digelar mulai Selasa (8/10/2013) di Jogja Expo Center (JEC). Ribuan calon peserta telah unjuk kebolehan di depan Ahmad Dhani dan dua juri tamu: Indra Lesmana dan Raisa. Ada yang bergaya rambut gimbal dan kostum reggae membawakan musik aliran Bob Marley, ada juga yang tampil dengan wajah dan rambut mirip Charly ‘Setia Band’ dan mengaku sudah tiga kali mengikuti audisi Indonesian Idol, dan ada pula yang bergaya dan memakai kostum badut. Peserta audisi di Yogyakarta, secara keseluruhan mencapai 8.254 orang. Mereka juga dihibur Dera, jebolan Indonesian Idol 2012. Dera datang untuk memberikan semangat dan dukungan bagi para peserta dengan menyanyikan empat buah lagu, seperti "Leaving On a Jet Plane", "Malam Biru", "Ular Berbisa", dan single terbarunya, "Dilema".

Sebelumnya saya mencari lima peserta, namun ternyata hanya dapat empat, yaitu:
- Viorisca
- M. Yusuf Nur Ubay
- Nisya Andesita
- Fariza Aji

Nisya Andesita
Rocker perempuan berwajah
manis berusia 21 tahun ini
menyita perhatian juri.
Tak tanggung-tanggung,
tiga juri Indonesian Idol
yakni Ahmad Dhani, Indra
Lesmana dan Raisa pun
langsung yes dan
memberikan golden tiket untuk mahasiswa
Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat
(Unlam) Banjarmasin ini. Dengan polos, Nisya
melantunkan lagu lawas bernada rock berjudul
Zombie yang dipopulerkan grup band The cranberries, dilanjutkan
dengan lagu Titanium dari David Guetta. Indra Lesmana yang
awalnya tidak percaya Nisya yang suka lagu-lagu Jadul
ternyata bisa membawakan lagu dengan gayanya sendiri.
"Saya yes," ujar Indra Lesmana. Dhani pun senada.
"Kamu penyanyi paling pede selama di Jogja. Aku yes,
sangat rock," ujar Dhani. Raisa pun juga sehati. "Yes."
Golden tiket pun akhirnya diserahkan ke calon perawat berparas manis ini.
.

Ghaitsa Puteri Recista Kenang | Indonesian Idol 2014

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Ghaitsa Puteri Recista Kenang | Indonesian Idol 2014-- Seperti Riska (Derish), Ghaitsa Puteri Recista Kenang (18) adalah peserta audisi yang tidak hanya memiliki kemampuan vokal saja, ia juga seorang gitaris dan penulis lagu. Selain bersuara merdu, ia juga cantik dan masih muda, sepertinya Ghaitsa punya modal berkarier di industri musik Tanah Air jika saja ia bisa lolos ke babak Spektakuler Indonesian Idol 2014.

Gadis asal Pontianak, Kalimantan Barat, itu sedang berbahagia mendapatkan golden ticket mengikuti audisi di Bandung. Ia berhak menuju babak eliminasi yang berlangsung di Jakarta. Gadis kelahiran 10 Februari 1995 yang punya senyum ‘menghanyutkan’ itu dengan santai melahap lagu dengan aksi yang benar-benar menghibur dewan juri.
“Cara nyanyinya relaks,
enak dilihat, terus
main gitar pula. saya suka
cewek main gitar, kadang
sisi maskulin saya keluar
kalau cewek main gitar.
Buat saya asyik banget,”
nilai Titi DJ.
“Main gitarnya juga jago
banget deh,”
timpal Ahmad Dhani.
"Amin, ya Allah,"
sambut Ghaitsa
yang senang dipuji
musisi besar
sekelas Dhani.
Juri lainnya,
Anang tak
mengeluarkan komentar,
dia langsung “Yes”.
okezone.com
.

Lirik lagu "Tak Lagi Galau" milik Riska Afrillia Indonesian Idol 2014

Lirik lagu
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Lirik lagu "Tak Lagi Galau" milik Riska Afrillia Indonesian Idol 2014--
Bagi kamu yang menyaksikan tayangan audisi Indonesian Idol 2014 di Bandung, Jumat 27 Desember 2013, peserta bernama Riska Afrillia (Derish) tentu menjadi perhatian khusus. Dengan wajah dan suara imutnya, dia sukses menghipnotis Ahmad Dhani, Titi DJ, dan Anang Hermansyah lewat lagu ciptaannya, "Tak Lagi Galau". Selain itu, dia juga sukses membawakan lagu milik ME, "Inikah Cinta".
Lagu ciptaan Derish pun banyak dicari didunia maya. Lagu bergenre pop ini berjudul "Tak Lagi Galau", dengan sentuhan sedikit jazzy, namun jika didengarkan lagu ini berkesan ceria.

Berikut lirik lagunya:

Dulu aku memang kalau apa-apa diam
Hingga ku tak bisa serasa mati rasa
Kini tak lagi kata mama juga jangan
Bimbang itu menyakitkan

Reff
Kini ku tak lagi galau cukup
Kemarin ku galau bila hanya memang
menyiksa-nyiksa batinku Tak ingin lagi ku galau
cukup kemarin ku galau kinilah saatnya kurasakan bahagia

Kini tak lagi kata mama juga jangan
bimbang itu menyakitkan

Kembali ke Reff 3x
okezone.com
.

Padatnya Lalu Lintas Udara di Bandara Soekarno-Hatta, Siapa Dirugikan?

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Padatnya Lalu Lintas Udara di Bandara Soekarno-Hatta, Siapa Dirugikan?--
Saya ingat, beberapa kali ke Jakarta (dalam rentang
waktu yang lama), jika berangkat dari
bandara Soekarno-Hatta (Soetta), selalu
mengalami penundaan (delay).
Menurut operator melalui pengeras suara,
karena keterlambatan pesawat yang datang. Ternyata ini sebabnya, lalu lintas udara di bandara Soetta begitu padatnya sehingga jika hendak terbang (take off), pesawat harus antre. Begitupun jika hendak mendarat (landing), harus berputar-putar dulu di udara menunggu giliran. Siapa yang dirugikan? Ya tentu konsumen (penumpang), ya tentu maskapai penerbangan.

Saya kutip dari detik.com, saat pesawat antre untuk terbang dan mendarat, beban operasional maskapai pun ikut meroket.
Seperti yang terjadi pada biaya bahan bakar. Untuk antre terbang dari taxi way menuju run way (landasan) selama 20 menit, maskapai yang menggunakan pesawat berbadan kecil sekelas Airbus 320 atau Boeing 737 bakal mengalami kerugian hingga Rp 10 juta. Kerugian ini baru datang dari konsumsi bahan bakar saja.
“Kalau 20 menit delay saja itu cost-nya bisa sampai US$ 1.000 atau Rp 10 juta. Itu bicara 20 menit,” Ketua umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Carriers Air Assosiation (INACA) Arif Wibowo kepada detikFinance di Kantor Pusat Citilink, Jakarta ,seperti dikutip Rabu (20/11/2013).

Selain itu, biaya bahan bakar akan lebih membengkak ketika pesawat antri atau berputar-putar di udara ketika belum diizinkan mendarat.
“Kalau delay muter-muter, dia lebih banyak lagi daripada dari taxi (sebelum menuju landasan),” sebutnya.

Arif menjelaskan, 50% biaya operasional maskapai berasal dari bahan bakar. Sehingga makin lama delay, semakin menambah beban operasional maskapai. Karena menurutnya untuk mengoperasikan pesawat berbadan kecil, maskapai harus mengeluarkan biaya hingga US$ 6.000 per jam.
“Maskapai sudah jelas. Kalau cost per jam US$ 5.000-6.000 untuk narrow body. Itu rata-rata lah dan itu total cost. Fuel kan 50% dari itu. Itu per flying hours,” jelasnya.

Konsumen (penumpang)? Ruginya tentu harus menambah biaya makan/ minum karena lebih lama mendekam di ruang tunggu bandara selain rugi waktu dan menahan rindu bertemu keluarga. Walau ada untungnya, cuci mata dan mungkin mendapat teman baru.

detik.com

Hasil Polling: Mengapa Pelajaran di Kurikulum 2013 Dianggap Susah (Sulit)?

Hasil Polling: Mengapa Pelajaran di Kurikulum 2013 Dianggap Susah (Sulit)?-- Blog Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu telah melakukan jajak pendapat (polling) mengenai "Hasil Polling: Mengapa Pelajaran di Kurikulum 2013 Dianggap Susah (Sulit)?". Jajak pendapat ini diadakan sejak 1 Desember 2013 dan ditutup tanggal 31 Desember 2013.
Seperti terlihat pada screenshot di atas, sebanyak 56 responden atau 42% memilih "Pemahaman materinya sulit", sebanyak 32 responden atau 24% memilih "Materi pelajarannya banyak", sebanyak 26 responden atau 19% memilih "Penjelasan guru sulit dipahami", sebanyak 10 responden atau 7% memilih "Pembelajarannya membosankan", dan sebanyak 8 responden atau 6% memilih "Materi pelajarannya sulit". Jumlah responden 132 orang.

Hasil polling ini menunjukkan bahwa materi pelajaran di Kurikulum 2013 terlalu banyak dan sulit dipahami walau dengan penjelasan guru sekalipun. Dengan penambahan jam pelajaran dari 8 jam perminggu menjadi 12 jam per minggu, materi sebanyak itu ternyata masih menyulitkan bagi siswa (termasuk guru). Namun, masih perlu dipertanyakan, materi pelajaran apa saja yang dianggap susah (sulit) tersebut.

Terima kasih atas partisipasi kalian mengisi jajak pendapat tersebut....
Untuk selanjutnya, kalian akan diminta mengisi jajak pendapat:
"Materi yang Sulit di Kurikulum 2013"

Alasan/ Penyebab Mengapa Gas Elpiji 12 Kilogram Naik

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Alasan/ Penyebab Mengapa Gas Elpiji 12 Kilogram Naik-- Pemerintah memberikan dua kado di awal tahun 2014 ini. Baru saja rakyat diberikan fasilitas JKN dengan premi masing-masing Rp19.500 per penduduk per bulan, namun saat bersamaan, 1 Januari 2014 pemerintah mencabut subsidi gas elpiji tabung 12 kg Rp47.000 per bulan. Melalui PT Pertamina (Persero) memberikan kado tahun baru 2014 yang pahit bagi rakyat Indonesia berupa kenaikan harga gas elpiji untuk tabung 12 Kg. Sejak tahun 2009 lalu harga gas elpiji tabung 12 Kg Rp 5.850 per kg atau Rp78.000 per tabung. Mulai 1 Januari 2014, Pertamina menaikkannya Rp3.959 per kg atau naik Rp47.000. Dengan demikian harganya menjadi Rp125.000 per tabung. Namun, harga jual di tingkat pengecer berkisar antara Rp135.000 sampai dengan Rp145.000 per tabung.

LPG atau Liquid Petroleum Gas adalah salah satu hasil pengilangan minyak bumi dengan unsur kimia propana dan butana. Ini berbeda dengan LNG atau Liquid Natural Gas (Gas Alam Cair) dengan unsur kimia metana dan etana. Kalau LPG didistribusikan dalam tabung gas 3 kg, 12 kg dan 50 kg oleh Pertamina, maka LNG didistribusikan dengan pipa oleh PGN atau lewat stasiun BBG pada kendaraan-kendaraan yang telah dimodifikasi (misalnya Busway Transjakarta koridor 2 dan 3).
Di Indonesia, elpiji digunakan terutama sebagai bahan bakar untuk memasak. Konsumen elpiji bervariasi, mulai dari rumah tangga, kalangan komersial seperti restoran dan hotel, hingga industri. Di kalangan industri, elpiji digunakan sebagai bahan bakar pada industri makanan, keramik, gelas, serta bahan bakar forklift.

Kenaikan harga gas elpiji 12 kg ini tentu mengejutkan karena kenaikannya cukup tinggi, mencapai 68 persen. Sementara masyarakat pada pertengahan tahun 2013 lalu telah dihadapkan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang besarnya 45 persen, plus dampak dari kenaikan harga BBM tersebut. Di sisi lain, masyarakat tak lagi punya pilihan untuk beralih kepada bahan bakar lain. Dampak dari kenaikan harga gas elpiji akan cukup luas. Harga berbagai barang kebutuhan akan naik dan otomatis juga akan memicu inflasi.

Apa alasan Pertamina menaikkan harga gas elpiji tabung 12 kg?
Berikut alasannya:
- tingginya harga pokok gas elpiji di pasar dunia (Sumber: harianhaluan.com)
- turunnya nilai tukar rupiah yang menyebabkan kerugian Pertamina semakin besar (Sumber: harianhaluan.com).
- bahan baku minyak bumi memang tidak mencukupi (Sumber: http://hizbut-tahrir.or.id)
- kita lebih banyak mengirim minyak mentah ke Singapura untuk diolah menjadi LPG karena kapasitas kilang kita tidak mampu memenuhi kebutuhan (Sumber: http://hizbut-tahrir.or.id).

Konsumsi elpiji 12 kg tahun 2013 mencapai 977 ribu ton. Sedangkan harga pokok perolehan elpiji rata-rata meningkat menjadi 873 dolar AS, serta nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar, maka kerugian Pertamina sepanjang tahun 2013 diperkirakan lebih dari Rp5,7 triliun. Kerugian tersebut timbul sebagai akibat dari harga jual elpiji 12 kg yang masih jauh di bawah harga pokok perolehan.

Link:
http://hizbut-tahrir.or.id/2008/10/03/di-balik-langka-dan-mahalnya-gas/
http://www.harianhaluan.com/index.php/haluan-kita/28790-harga-elpiji-naik-sby-tak-ikhlas-dengan-jkn
.

Cara Perhitungan Biaya Pajak dan Denda STNK

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Cara Perhitungan Biaya Pajak dan Denda STNK-- STNK adalah bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika digunakan di jalan. Isinya, identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi, dan masa berlaku termasuk pengesahan.
Berikut istilah yang tercantum di STNK plus perhitungan pajaknya:
1. BBN KB (Bea Balik Nama kendaraan bermotor). Besarnya 10% dari harga kendaraan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas (second) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
2. PKB. Besarnya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual.
3. SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan). Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja.
4. BIAYA ADM (Biaya administrasi): Untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pelat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama dikenai biaya ADM.
5. Denda Pajak Kendaraan Bermotor : Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.
Perhitungan Denda PKB: 25 % per tahun
Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12
Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12
Denda SWDKLLJ : besarnya Rp 32.000 untuk roda 2 dan Rp 100.000 untuk roda 4.

Contoh: Anda punya sepeda motor dan terlambat bayar 6 bulan. Jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 dan SWDKLLJ Rp 35.000. Maka Anda dikenakan denda keterlambatan sebesar (Rp 232.000 (PKB) x 25% x 6/12 ) + Denda SWDKLLJ (Rp 32.000) = Rp 61.000.
Sehingga, total yang harus dibayar sebesar adalah Rp 232.000 (PKB) + Rp 35.000 (SWDKLLJ) + Rp 61.000 (denda) = Rp 328.000.

tribunnews.com
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara