728x90 AdSpace

27 December 2014

Penilaian Berbasis Kelas, Apa dan Bagaimana

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Penilaian Berbasis Kelas-- Penilaian berbasis kelas merupakan penilaian autentik atau cara pengumpulan informasi yang digunakan untuk mengukur sejauh mana pembelajaran telah berlangsung dalam kelas. Penilaian autentik dilakukan karena lebih adil sehingga dapat menunjukkan kekuatan dan kelemahan seorang peserta didik dibandingkan kemampuan peserta didik tersebut sebelum pembelajaran berlangsung. Penilaian ini teriniegrasi dalam pembelajaran sehingga peserta didik dan guru sama-sama memperoleh keuntungan.

Proses penilaian dimulai dari mengapa menilai, apa yang dinilai, dan bagaimana melakukannya. Hasil penilaian yang baik dapat memudahkan guru untuk melakukan perbaikan, pendalaman, dan pengayaan hasil belajar, serta dapat digunakan untuk memperbaiki program, kegiatan pembelajaran, pemilihan bahan ajar, dan silabus. Keefektifan penilaian berbasis kelas dapat diketahui apabila penilaian yang dilaksanakan dapat: membantu sekolah dan guru menjelaskan ketercapaian tujuan pembelajaran dan kompetensi yang telah dikuasai peserta didik; memudahkan guru untuk memahami apa yang harus dilakukan dan bagaimana menilai keberhasilan pekerjaannya di kelas; memudahkan berlangsungnya komunikasi antara sekolah dan peserta didik;
serta mendorong peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan belajar, kita menyajikan informasi berkesinambungan tentang kegiatan pembelajaran.

Langkah-langkah penilaian berbasis kelas yaitu menentukan hasil belajar yang akan dinilai, menentukan teknik penilaian, menggunakan teknik penilaian yang telah ditentukan, menganalisis data yang diperoleh dan membicarakan hasinya dengan siswa, menanggapi data dengan cermat, serla melaporkan data yang telah diolah.
Ada empat macam penilaian berbasis kelas, yaitu penilaian yang berkelanjutan/terus-menerus, penilaian proses, penilaian produk, dan penilaian proyek.

Sumber: Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Penilaian Berbasis Kelas, Apa dan Bagaimana Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi