728x90 AdSpace

29 December 2014

Contoh Teks Prosedur Kompleks tentang Cara Mendapatkan Uang dari Internet Melalui Blog

Teks prosedur Kompleks adalah teks yang memuat tentang langkah-langkah atau cara membuat sesuatu, melakukan sesuatu, atau menggunakan sesuatu dengan penjelasan yang lebih rinci lagi sehingga teks prosedur ini menjadi lebih kompleks. Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Tujuan dan Langkah-langkah; dan 2. Memuat informasi tentang cara membuat, menggunakan, atau menggunakan/ memakai sesuatu.
Baca juga: Struktur Teks Cerita Sejarah (Materi Kelas XII SMA)

Berikut contoh teks-nya:

Pesatnya kemajuan teknologi digital seperti sekarang ini, kehidupan kita seolah tak bisa jauh dari benda yang bernama HP. Tak hanya sebagai alat komunikasi, HP memungkinkan kita terhubung dengan dunia maya guna mendapatkan informasi dari berbagai media. Internet, ya internet. Manusia abad ke-21 sudah amat lekat dengan internet. Tak puas menulis status singkat di FB atau microblogging Twiter, blog pun bisa jadi pilihan. Tak heran blog-blog pribadi semakin bermunculan yang tujuan awalnya hanya untuk sekadar berbagi atau menuliskan isi hati dan pikiran namun juga bisa menghasilkan uang.

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet dari seluruh dunia, berbisnis di dunia online semakin menggiurkan bagi berbagai kalangan. Tetapi untuk memulai bisnis online dan menghasilkan uang dari internet cara yang paling mudah dilakukan adalah membuat blog dan memaksimalkan blog tersebut untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya.

Bisakah mencari uang di internet dengan modal blog? Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan oleh orang awam yang belum paham tentang internet. Yang perlu disadari adalah bahwa internet bukan hanya Facebook, Twiter, atau konten negatif yang justru bertebaran, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari internet melalui blog? Cara mencari uang di internet dengan modal blog atau website, memang membutuhkan ketekunan dalam mengoptimalkan blog, isi blog, tampilan blog, dan ilmu internet marketing agar internet bisa menghasilkan uang dan sebagai penambah penghasilan.

Cara mendapatkan uang dari internet melalui blog dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Membuat Blog
Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat blog. Jika sudah paham cara membuat blog, Anda bisa buat langsung sekarang. Jika belum Anda bisa mempelajari secara detail panduan membuat blog gratis di Blogger. Jika sudah mengerti cara buat blog, berarti itulah modal awal Anda untuk cara mencari uang di internet.

2. Memilih URL dan Nama Blog
Perlu menjadi perhatian Anda dalam membuat blog, jika Anda membuat blog misalnya dengan tujuan bisnis iklan seperti Google Adsense, gunakan nama domain blog Anda mengandung kata kunci yang ingin Anda kembangkan. Anda harus meriset pasar terlebih dahulu, cara merisetnya gunakan Google Adword untuk keyword planner, silakan cari kata kunci yang saingannya rendah atau menengah dan cari saingan tidak terlalu tinggi namun banyak dicari orang.

3. Buat Artikel (Posting) yang Terus Bertambah
Selain itu yang menjadi perhatian Anda dalam membuat blog, perhatikan juga konten atau tulisan (artikel) Anda di blog tidak terlepas dari kata kunci domain blog Anda, untuk idenya Anda juga bisa riset kembali di Adword keyword Planner dan Anda harus mampu menulis artikel tentang kata kunci tersebut.

4. Optimasi Blog
Selanjutnya yang menjadi perhatian Anda agar nanti bisa menghasilkan uang dari internet adalah SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah cara optimalisasi atau ilmu yang diterapkan di blog Anda, agar blog Anda dikunjungi banyak orang melalui mesin pencari dengan kata kunci yang Anda tulis di blog Anda. SEO untuk blog memang cukup luas, namun Anda bisa belajar secara otodidak, sambil menulis blog sambil belajar SEO. Cakupan SEO dalam sebuah blog banyak sekali termasuk kata kunci dalam konten blog Anda, judul tulisan Anda. Begitu juga dengan template blog, meta tag, internal linking dan eksternal linking, backlink dan sosial media, dan ini bisa dibagi dalam SEO on page dan SEO off page.

5. Memasang Iklan
Setelah Anda mampu menulis blog, optimasi SEO blog, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda di penyedia iklan. Banyak situs yang menyediakannya, misalnya Google Adsense atau Kliksaya.com. Bagaimana caranya? Tentu baca dulu peraturan yang ada di situs tersebut terutama hal yang terkait dengan syarat berapa trafik kunjungan minimal blog setiap bulannya agar dapat diterima. Baca juga persyaratan penting lainnya.
Situs yang dimaksud untuk pemasangan iklan ini adalah situs yang mempertemukan kita sebagai penayang iklan (publisher) dengan pemasang iklan (advertiser). Jika blog Anda diterima, Anda bisa memasang iklan di blog Anda, dan jika iklan di blog Anda diklik oleh orang lain atau pengunjung blog Anda maka Anda akan mendapat komisi. Inilah yang disebut dengan menghasilkan uang dari internet melalui blog, sebagaiman judul artikel ini. Mudahkan? Ya, tapi perlu kerja keras dan kesabaran sampai blog kita mendatangkan banyak pengunjung terlebih dahulu.

Struktur teks:
- Tujuan: "Pesatnya kemajuan teknologi digital seperti......dst."
- Langkah-langkah: "Cara mendapatkan uang......dst."

Cara mendapatkan uang dari Kliksaya.com
Sumber tutorial dan belajar lebih banyak tentang cara menghasilkan uang dari internet:
imuzcorner.com
Foto: Google image

Tags: #contoh teks prosedur kompleks membuat makanan #contoh teks prosedur kompleks singkat #contoh teks prosedur kompleks tentang cara mengurus kartu pelajar #contoh teks prosedur sederhana @pengertian teks prosedur kompleks #contoh teks prosedur kompleks cara membuat layang-layang
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Teks Prosedur Kompleks tentang Cara Mendapatkan Uang dari Internet Melalui Blog Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi