Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan Keunggulan/ Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi

Contoh Soal Menentukan Keunggulan Tokoh dalam Teks Biografi-- Indikator: Disediakan sebuah kutipan biografi, peserta didik dapat menentukan keunggulan tokoh tersebut.

1. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Hal yang bukan merupakan keunggulan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. pendiri Taman Siswa
b. pernah menjadi menteri
c. pahlawan pendidikan
d. lahir di tanggal 2 Mei

2. Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia.
Hal yang merupakan keunggulan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Menekuni profesi dengan giat berlatih
b. Menekuni profesi sebagi pesepakbola
c. Menjadi striker utama di timnas
d. Mengorbankan keluarga untuk meniti karir

3. Berbekal keberanian tampil di depan orang banyak, Marlina Ningsih, ibu dari Risco Novianto yang sekarang bekerja di Bagian Hubungan Masyarakat Setkab Nunukan, akhirnya bisa menginjakkan kakinya di istana negara dan gedung MPR/DPR RI di Jakarta.
Hal positif dari tokoh di atas adalah . . . .
a. memiliki anak yang bernama Risco Novianto
b. bekerja di Bagian Hubungan Masyarakat Setkab Nunukan
c. mampu mengambil kesempatan
d. membiasakan diri tampil di depan orang banyak

4. Setiap sisi kehidupan dari tokoh besar selalu menarik untuk diketahui dan disimak karena di dalamnya mengandung banyak hikmah yang bisa dijadikan teladan atau pelajaran bagi orang lain untuk peningkatan kualitas diri. Demikian juga dengan sosok negarawan yang dikenal sebagai salah satu Bapak Proklamator Indonesia ini.
Tokoh yang diceritakan dalam penggalan riwayat tokoh tersebut adalah . . . .
a. Amien Rais
b. Rudi Hartono
c. Mohammad Hatta
d. Yusuf Kalla

Kunci Jawaban: 1)d, 2)c, 3)d, 4)c.

Tags: #menentukan keistimewaan tokoh dalam biografi #keunggulan tokoh #tokoh dalam biografi #cara menemukan keistimewaan tokoh #cara mencari keistimewaan tokoh #contoh soal menentukan keistimewaan tokoh dalam biografi #keistimewaan tokoh dalam teks biografi #contoh soal tentang biografi beserta jawabannya #contoh soal biografi tokoh dan pembahasan #contoh soal keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tokoh #tokoh dalam biografi #cara menemukan keistimewaan tokoh #cara mencari keistimewaan tokoh #contoh soal menentukan keistimewaan tokoh dalam biografi #contoh soal tentang biografi beserta jawabannya #contoh soal biografi dan pembahasannya #soal teks biografi kelas 8 #contoh soal teks biografi beserta jawabannya
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!