Widget HTML Atas

Contoh Soal Menentukan Gagasan Utama Teks Biografi

Contoh Soal Menentukan Gagasan Utama Teks Biografi-- Indikator: Disediakan sebuah kutipan biografi, peserta didik dapat menentukan gagasan utamanya.

1. Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Gagasan utama kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa
b. Ki Hajar Dewantara meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional
b. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai menteri
c. Ki Hajar Dewantara ditetapkan sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan

2. Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
Gagasan utama kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Ki Hajar Dewantara menginspirasi rakyat Indonesia
b. Ki Hajar Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan
b. Ki Hajar Dewantara sepantasnya tidak dilupakan
c. Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!