728x90 AdSpace

02 September 2014

Misteri Jenis Teks yang Berjudul "Anjing Terkecil"

Misteri Jenis Teks yang Berjudul
Misteri Jenis Teks yang Berjudul "Anjing Terkecil"-- Dalam KD 3.2 (Membedakan Teks Cerita Moral/ Fabel dengan Teks yang Lain), siswa diminta membedakan dua teks berjudul "Anjing Terkecil" dengan "Anjing yang Nakal". Secara serta-merta, siswa dapat menentukan bahwa teks "Anjing yang Nakal" adalah merupakan teks fabel karena dapat dikenali dari isi dan ciri strukturnya: Orientasi, Komplikasi, Resolusi, dan Koda. Namun, ketika harus mengenali struktur teks "Anjing Terkecil" agak kesulitan, terlebih bagi siswa kelas 8 yang tahun pelajaran lalu belum mengecap Kurikulum 2013. Ya, teks "Anjing Terkecil" merupakan salah satu jenis teks yang dipelajari di kelas 7. Teks apakah itu? Kamu dapat menentukannya dengan cara mengenali ciri dan struktur teks-nya. Baca di SINI.
Anjing Terkecil
Anjing terkecil bernama Scooter. Tinggi badan anjing ini hanya tiga inci atau sekitar 7,2 cm. Warna bulunya putih. Scooter dapat duduk di atas sebuah cangkir. Binatang mini ini berasal dari Auckland, Selandia Baru. Karena badan si mini yang kecil, Cheril McKnight, pemiliknya, hanya menggunakan cangkir telur untuk memberi makan. Tempat tidur anjing itu pun hanya sebesar kotak sepatu.

Dia mengalahkan rekor anjing paling kecil sebelumnya, yaitu Boo Boo dengan tinggi badan 4 inci yang berasal dari Amerika Serikat. Anjing Scooter juga mengalahkan rekor anjing paling kecil di dunia tahun 2005 dari ras Chihuahua, yaitu Brandy, yang mempunyai tinggi badan 15,2 cm dan berat badan 1 kg.
Bagaimana? Setelah membaca penjelasannya di Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi, Deskripsi, Eksposisi, Eksplanasi, dan Cerita Pendek, kamu sudah dapat menentukan jenis teks-nya, kan? Tentu.....
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Misteri Jenis Teks yang Berjudul "Anjing Terkecil" Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi