728x90 AdSpace

08 August 2014

Contoh Teks Ulasan tentang Film Hijrah Cinta

Contoh Teks Ulasan tentang Film Hijrah Cinta-- Teks ulasan adalah teks yang mengulas sebuah fenomena ataupun sesuatu (misal: buku, film, dsb). Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman; 2. Memuat informasi berdasarkan pandangan/ opini penulis terhadap suatu karya/ produk; 3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan; 4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Prolog:
Ustadz Jeffri Al-Buchori telah berpulang ke haribaan Tuhan YME. Kepergiannya menghadap Sang Maha Kuasa pada tanggal 26 April 2013 akibat kecelakaan tunggal kendaraan bermotor di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, sempat mengejutkan banyak pihak. Sejak saat itulah, keluarga besar, para sahabat dan fans-nya merasa terpukul dengan kepergiannya yang secara tiba-tiba. Tak dipungkiri, Uje memang sudah melekat di hati masyarakat dengan keramahan dan ceramahnya yang mudah dicerna.

Berikut contoh teks ulasan film Uje yang saya modifikasi dari review film tersebut. Kamu dapat memodifikasinya (terutama bagian Evaluasi dan Rangkuman) berdasarkan sudut pandang kamu sendiri setelah tentu saja menonton film ini terlebih dahulu.
Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap sebagai pecandu narkoba hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata. Serpihan perjalanan hidup ustad gaul yang menggetarkan dan mengharukan ini menjelma menjadi sebuah kisah film yang juga berbicara tentang cinta, persahabatan, dan dakwah.

Dikisahkan bagaimana almarhum setelah melewati godaan dunia dan kembali pada titik penyadarannya. Kisah tentang Uje muda yang hanyut dalam kenikmatan dunia, yang kemudian ia tinggalkan semua bakat yang dimilikinya sebagai aktor, model, bahkan masa depan yang bagus, ia sia-siakan begitu saja.
Karena ulahnya, ia dijauhi teman dan sahabat. Bahkan harapan seorang ibu yang inginkan sang anak tidak menyia-nyiakan hidup harus pasrah menghadapi kenyataan. Perkenalan Uje dengan seorang gadis bernama Pipik, mengubah hidupnya. Ia begitu terkesan setelah pandangan pertama. Pipik tidak saja menjadi saksi perubahan hidup, dialah penyelamat hidup Uje lepas dari jerat narkoba.
“Jadilah yang nomor satu di mata Tuhan,” pesan singkat alamarhum sang ayah, menyadarkan Uje.

Film yang dirilis pada 24 Juli 2014 lalu ini mampu memaksa sang istri, Pipik, mengeluarkan air mata sepanjang film Hijrah Cinta ketika diputar untuk kalangan terbatas pada 19 Juli lalu di Epicentrum Walk XXI, Jakarta. Semua kenangan dan kisah cinta bersama almarhum suaminya, Ustad Jefri Al Buchori alias Uje, bagaikan terulang.
Kendati hanya sebuah film, Hijrah Cinta mampu menyajikan semua yang diceritakan memang benar adanya. Karakter Uje yang diperankan apik oleh Alfie yang memiliki kemiripan perawakan dan bentuk wajah hingga suara, tak pelak berpotensi membuat penonton semakin merasa tersentuh. Kekurangannya? Mungkin bagi Anda sebagai pengagum Uje, akan sedikit kecewa karena kita kurang menemukan sesuatu yang lebih di akhir film. Tak masalah buat kita yang sempat menyaksikan dan mendengar kronologi meninggalnya Uje. Namun akan menjadi sesuatu yang hambar bagi generasi berikutnya yang tidak mengenal Uje. Bagian akhir film kurang merepresentasikan bagaimana mengagetkannya berita kecelakaan Ustad Uje itu. Betapa umat yang mencintainya begitu merasa kehilangan. Untunglah, kesan bahwa sebuah film yang memuat kisah hidup seseorang akan menjadi film semidokumenter, tidak tertangkap dari film ini.

Walau memiliki kekurangan pun, film yang diproduseri oleh Raam Punjabi dan disutradarai Indra Gunawan ini nampaknya wajib menjadi tontonan sekaligus tuntunan, terutama bagi para pengagum Uje. Film ini juga memberi pelajaran baik bagi kita untuk menjalani kehidupan yang fana ini. Jadi, keputusan menonton film ini ada di tangan Anda.

Struktur Teks:
Bagian Orientasi: "Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi.....dst".
Bagian Tafsiran: "Dikisahkan bagaimana almarhum .....dst".
Bagian Evaluasi: "Film yang dirilis pada 24 Juli.....dst".
Bagian Rangkuman: "Walau masih memiliki kekurangan.....dst".

Referensi:
jpnn.com dan 21cineplex.com

Tags: #contoh teks ulasan cerpen beserta strukturnya #contoh teks ulasan novel beserta #strukturnya #contoh teks ulasan film beserta strukturnya
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Teks Ulasan tentang Film Hijrah Cinta Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi