728x90 AdSpace

13 August 2014

Contoh Teks Deskripsi tentang Warga Baduy

Contoh Teks Deskripsi tentang Warga Baduy-- Teks deskripsi adalah teks yang menjelaskan sesuatu (obyek) dengan penggambaran/ pelukisan sejelas-jelasnya. Teks ini memiliki ciri: 1. Strukturnya terdiri atas: Deskripsi umum dan deskripsi bagian; 2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual); 3. Faktualnya berisi gambaran sesuatu secara rinci; 4. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan dikembangkan dengan tambahan imajinasi.

Berikut contoh teksnya:
Warga Baduy
Perkampungan masyarakat adat Baduy terletak di Desa Kanekes, kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Banten. Mengunjungi kampung baduy, dari kabupaten Lebak Banten dapat ditempuh sekitar tiga jam perjalanan menggunakan mobil. Dengan melewati jalan raya kecamatan Lewi Damar. Sejumlah ruas jalan berbatu, terjal, dan curam.
Kini sampailah di terminal Ci Boleger. Pintu gerbang ke kawasan baduy yaitu desa Kanekes. Kampung Kadu Keutug.

Sejak dulu warga Baduy dikenal teguh memegang adat-istiadat leluhurnya. Falsafah hidup mereka selaras dengan alam, dan mengabdi pada adat leluhur. Pakaian mereka serba hitam dan selalu berikat kepala. Rumah merekapun sederhana beralaskan kayu dan beratap rumbia.

Daerah baduy dibagi dua bagian, baduy luar dan baduy dalam. Warga baduy dalam menempati tiga kampung utama, diantaranya Cibeo , Cikartawana dan Ci keusik. Memasuki wilayah baduy dalam, pengunjung dilarang menggunakan peralatan elektronika, termasuk dilarang memotret dan menggunakan bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan, seperti sabun, pasta gigi dan sampho.

Batas wilayah baduy dalam dan baduy luar tidak terlalu jelas. Yang terlihat di kawasan baduy pemandangannya sangat indah, dan rumah-rumah tertata rapih. Di kawasan baduy juga terdapat danau, jembatan gantung dan jembatan akar. Dalam kesehariannnya, warga baduy menolak hal-hal yang modern. Mereka tabu berpolitik dan bahkan menolak pendidikan formal. Mereka praktis hidup bersahaja di alam, dengan mengandalkan ladang dan hasil bumi untuk sekedar bertahan hidup. Meskipun demikian, warga baduy tidak terbelakang. Walau tidak sekolah mereka diwajibkan dapat membaca, menulis dan berhitung. Mereka juga pandai berdagang. Dalam berdagang, mereka selalu berjalan kaki.

Sumber: http://www.indosiar.com/ragam/saat-warga-baduy-merayakan-hut-kemerdekaan-ri_63914.html

Struktur teks:
- Deskripsi umum: "Perkampungan masyarakat adat Baduy terletak........dst."
- Deskripsi bagian: "Sejak dulu warga Baduy dikenal........dst."

Sumber foto: 4shared.com

Tags: #contoh teks deskripsi #contoh teks deskripsi tentang hewan #contoh teks deskripsi tentang kucing #contoh teks deskripsi tentang rumah #contoh karangan deskripsi #contoh teks deskripsi bahasa inggris #contoh teks deskripsi tentang alam
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Teks Deskripsi tentang Warga Baduy Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi