728x90 AdSpace

10 August 2014

Beberapa Kata atau Bahasa Gaul Anak Masa Kini

Beberapa Kata atau Bahasa Gaul Anak Masa Kini-- Sebagai seorang guru bahasa Indonesia (orang sering menyebut "guru bahasa" saja), saya kerap kali ditanya siswa tentang suatu kata atau singkatan tertentu. Kadang yang ditanyakan itu justru bukanlah kata atau singkatan yang tak ada kaitannya dengan bahasa Indonesia, terlebih jika dikaitkan dengan bahasa Indonesia yang baku. Beberapa yang ditanyakan itu sering kali merupakan kata atau bahasa gaul anak zaman sekarang (AMK = Anak Masa Kini).
Melalui artikel ini, saya tampilkan beberapa di antara kata hasil pencarian di google, sekadar membantu rekan guru yang mungkin mengalami hal yang sama, dan kebetulan membaca artikel ini.

Bahasa memang selalu berkembang. Selama sang pemakainya hidup, bahasa akan mengalami 'modifikasi-modifikasi', kaum bahasawan menyebutnya dengan istilah kreativitas berbahasa. Kita juga sudah mengenal bahasa balita, kini kita juga banyak temukan bahasa singkatan dan pembalikan kata.
1. PHP
PHP merupakan sebuah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu atau dapat diartikan sebagai omong kosong. Populer saat ini juga karena adanya iklan sebuah minuman energi di televisi.
2. ALAY :
Singkatan dari Anak Layangan, yaitu orang-orang kampung yang bergaya norak. Alay sering diidentikkan dengan hal-hal yang norak dan narsis.
3. LEBAY :
Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.
4. JAYUS :
Saya tadinya mengira kata ini merupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapi tidak lucu.
Istilah Jayus populer di tahun 90-an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman-temannya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di kawasan Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidak lucu.
5. GARING :
Kata ini merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Awalnya kata-kata ini hanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun karena banyaknya mahasiswa luar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) lalu kembali ke kota kelahiran mereka, kata ini kemudian dipakai mereka dalam beberapa kesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kata ini pun menjadi populer di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.
6. KOOL :
Sekilas cara membacanya sama dengan “cool” (keren), padahal kata ini merupakan singkatan dari KOalitas Orang Lowclass, yang artinya mirip dengan Alay.
7. BT / BETE :
Merupakan singkatan dari Boring Total. Tadinya orang menduga kata ini dipopulerkan oleh Dwiq saat merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008. Padahal kata ini sudah lama digunakan oleh para mahasiswa yang bosan dengan program perkuliahan mereka. Kata ini mulai populer dan digunakan di awal tahun 2000-an.
8. KAMSUD :
Merupakan pembalikan konsonan kata “Maksud”. Kata ini mulai populer, terutama di kalangan para cewek di ruang chatting dunia maya.
9. CUMI :
Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Awalnya kata ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008-an, yang akhirnya berkembang menjadi bahasa gaul anak-anak remaja untuk menjelaskan kondisinya saat ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.
10. EMBER :
Kata ini merupakan plesetan dari kata “Memang Begitu”. Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secara tidak sengaja menyebut kata ini saat menjawab pertanyaan orang. Sejak itu, kata ini sering digunakan di berbagai kesempatan.
11. JUTEK :
Berasal dari kata yang sering digunakan oleh para PSK di awal tahun 2000-an untuk menggambarkan pria yang sombong dan jarang tersenyum. Kata ini akhirnya menjadi kata umum yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.
12. LOL :
Kata ini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Kata itu merupakan singkatan dari Laugh Out Loud yang berarti “Tertawa Terbahak-bahak”.
13. JABLAY :
Kata ini dipopulerkan oleh Titi Kamal saat menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006).Merupakan singkatan Jarang Dibelai yang mengandung arti lebih jauh sebagai ungkapan hati seorang wanita yang jarang mendapatkan belaian kasih sayang kekasihnya.
14. SECARA :
Kata ini dalam bahasa Indonesia sebenarnya bermakna dengan cara. Namun kata ini menjadi populer di tahun 2006-an di kalangan siswa-siswi SMU yang menggunakan kata ini sebagai kata ganti “Karena / Soalnya”. Sesekali pula digunakan sebagai sisipan tanpa makna (hanya sebagai penekanan pada kalimat yang mereka katakan). Contoh pemakaiannya :
a. Gua gak bisa ke rumah lo neh hari ini, secara bokap gue lagi sakit.
b. Ya… gimana dong? Secara gue ini kan gaul…
Namun, pemakaian kata secara dalam kalimat ini jelas tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia.
15. TFL
Kata ini singkatan dari Thanks For Like. Ditujukan pada orang yang membubuhkan jempol (meng-klik) tombol LIKE pada status di facebook.

Sumber:
surgaberita.blogspot.com
kitabgaul.com
facebook.com/TahukahAndaFans
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Beberapa Kata atau Bahasa Gaul Anak Masa Kini Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi