728x90 AdSpace

07 July 2014

Sinetron Ramadan 2014: "Kisah 9 Wali" Gantikan "Hanya Tuhan yang Tahu"

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Sinetron Ramadan 2014: "Kisah 9 Wali" Gantikan "Hanya Tuhan yang Tahu"-- Masih ingat sinetron fenomenal Ramadan 2013, Hanya Tuhan yang Tahu? Saat itu, sinetron ini sangat digemari. Hingga di episode terakhir, ending sinetron ini sebenarnya masih terbuka (open), belum selesai. Jika dilihat di laman www.transtv.co.id, dari seluruh program unggulan bulan Ramadan, tak ada judul Hanya Tuhan yang Tahu. Nampaknya, TransTV memang tak memperpanjang sinetron yang ceritanya ditulis oleh penulis PPT, Wahyu HS itu di Ramadan tahun ini. Sebagai gantinya, kita disuguhi sinetron religi berlatar kisah 9 wali (Wali Songo). Sinetron ini tayang setiap hari selama bulan Ramadhan, pukul. 21.00 – 22.30 WIB.

Disebutkan, Kisah 9 Wali adalah program drama selama ramadhan 2014. Program ini berkisah tentang Wali Songo yang menjadi kisah legendaris di Indonesia, terutama yang berkaitan erat dengan penyebaran agama Islam. Setiap episode akan mengangkat kisah satu wali, atau orang yang berada disekitar wali tersebut. Drama ini lebih mengangkat kisah para tokoh sebelum mereka menjadi seorang Sunan atau Wali.
“Seperti diketahui kisah ini berdasarkan hasil survey dan riset based on sejarah. Kami disupport oleh Menteri Pendidikan Nasional, M. Nuh dan Agus Sunyoto sebagai sejarahwan Islam,” kata Produser Kisah 9 Wali, Emilka.

Kesembilan tokoh dari 9 Wali diperankan oleh para aktor pemain muda berbakat. Mereka itu adalah Sunan Gresik (David Chalik), Sunan Ampel (Teguh Satrya), Sunan Giri (Boy Hamzah), Sunan Bonang (Ali Zaenal), Sunan Drajat (Sandy Syarif), Sunan Muria (Dimas Seto), Sunan Kudus (Reza Pahlevi), Sunan Kalijaga (Donny Alamsyah), dan Mario Irwinsyah (Sunan Gunung Jati).

Selain 9 Wali itu, ada juga tokoh kontroversial Syekh Siti Jenar (Alex Abad) yang dipercaya sebagai Wali ke-10. “Seiring berkembangnya sejarah ada banyak cara pandang terhadap sosok tokoh dari 9 Wali seperti Syekh Siti Jenar. Kita bisa melihat sisi lain dari tokoh besar ini. Ajarannya yang disebut Manunggaling Kawula Gusti punya banyak arti. Ada arti lainnya, di muamalahnya, syariatnya, tarekat, hakikat dan marifatnya. Insya Allah dengan cara pandang ini, bisa memberikan pengertian dasar tentang Syekh Siti Jenar kepada masyarakat,” kata Alex.
David Chalik yang berperan menjadi Sunan Giri mengaku tidak kesulitan untuk memerankan tokoh seorang wali. “Untuk pendalaman saya sebagai Sunan Gresik. Saya punya buku pedoman kisah para wali,” kata David Chalik.

www.transtv.co.id
harianterbit.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Sinetron Ramadan 2014: "Kisah 9 Wali" Gantikan "Hanya Tuhan yang Tahu" Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi