Widget HTML Atas

Menyusun Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 4.2)

Menyusun Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 4.2)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.

Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber belajar dan proses pembelajarannya menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Di pertemuan sebelumnya, kamu sudah memelajari pemodelan teks cerita fabel, mengenali struktur, ciri, bahasa (unsur kebahasaan), dan menangkap makna teks itu. Kali ini, kamu berlatih menyusun teks cerita moral/ fabel. Kegiatan ini akan kamu lakukan secara berkelompok dan nanti akan dilanjutkan dengan menyusun secara individu/ mandiri.

Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan menampilkan kembali teks cerita fabel yang berjudul “Jiji Jerapah dan Kus Tikus”. Tugas kamu mengamati teks cerita fabel tersebut. Selanjutnya, guru bertanya jawab dengan kamu tentang struktur teks cerita fabel. Kali ini kamu belajar secara berkelompok dan bertanya jawab terkait dengan cara menceritakan kembali teks cerita itu.
Untuk mampu menceritakan kembali, kamu perlu menentukan topik cerita sesuai struktur teks.
Setelah memahami bagaimana menentukan topik cerita tersebut, kamu berdiskusi dengan kelompokmu untuk menentukan topik cerita dengan melengkapi tabel.
Kemudian, kembangkan topik-topik cerita yang kamu temukan sesuai struktur teks cerita fabel itu menjadi teks cerita fabel dengan kata-kata sendiri.
Kegiatan terakhir adalah mengomunikasikan hasil kerja kalian di depan kelas. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan dan menjawab tanggapan dari kelompok lain.
Ingat, guru juga menilai sikap kalian saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai keterampilan kamu menyusun teks cerita fabel.

Selamat belajar generasi penuh imajinasi....
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!