728x90 AdSpace

24 July 2014

Menangkap Makna Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 4.1)

Menangkap Makna Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 4.1)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.

Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber belajar dan proses pembelajarannya menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Di pertemuan sebelumnya, kamu sudah memelajari pemodelan teks cerita fabel, mengenali struktur, ciri, dan bahasa (unsur kebahasaan) teks cerita moral/ fabel. Kali ini kamu akan memelajari materi menangkap makna teks itu. Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan menampilkan kembali teks cerita fabel yang berjudul “Kupu-Kupu Berhati Mulia”. Tugas kamu mengamati teks cerita fabel tersebut. Selanjutnya, guru bertanya jawab dengan kamu tentang unsur-unsur teks cerita: tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat, dan konflik. Kali ini kamu belajar cukup secara berpasangan dengan teman sebangku dan bertanya jawab terkait dengan struktur teks cerita fabel.
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, kamu membaca materi yang diberikan gurumu ataupun dari sumber lain.
Setelah memamhami unsur-unsur tersebut, kamu berdiskusi dengan pasanganmu untuk menentukan tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat, dan konflik disertai buktinya.
Kemudian, kamu diminta bertukar pasangan untuk membandingkan jawaban yang telah kamua buat dengan pasangan lain. Beberapa saat kemudian, guru meminta kamu kembali ke pasangan semula dan menyampaikan hasil temuannya untuk memantapkan jawaban yang telah kamu diskusikan dengan pasangan pertama.
Kegiatan terakhir adalah mengomunikasikan hasil temuan kalian di depan kelas. Tiap-tiap pasangan mempresentasikan hasil pekerjaan, yaitu menjawab pertanyaan terkait unsur-unsur cerita fabel disertai bukti dan dengan alasan yang tepat.
Ingat, guru juga menilai sikap kalian saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai keterampilan kamu menangkap makna teks cerita fabel.

Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran unit ini, kamu harus menguasai tentang unsur-unsur intrinsik suatu cerita.
Cari juga bahan tentang ini di blog ini melalui kolom pencarian bagian kanan atas blog ini.

Selamat belajar generasi penuh imajinasi....

Thanks to: Musdyana Rusdi
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Menangkap Makna Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 4.1) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi