Membedakan Teks Cerita Moral/ Fabel dengan Teks yang Lain (KD 3.2)

Artikel Terbaru:
Membedakan Teks Cerita Moral/ Fabel dengan Teks yang Lain (KD 3.2)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.

Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber belajar dan proses pembelajarannya menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Di kelas VII, kamu sudah memelajari berbagai jenis teks. Kali ini, kamu berlatih membedakan dua jenis teks. Apa perbedaannya, bagaimana struktur masing-masing teks itu, dan termasuk jenis teks apa kedua teks tersebut.

Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan menampilkan teks berjudul “Anjing Terkecil” dan "Anjing yang Nakal". Tugas kamu mengamati kedua teks tersebut. Selanjutnya, guru bertanya jawab dengan kamu mengingat kembali tentang struktur teks cerita fabel dan struktur teks yang lain. Kali ini kamu belajar secara berkelompok dan bertanya jawab terkait dengan membedakan, mengidentifikasi struktur, dan menentukan termasuk jenis teks apa kedua teks tersebut.
Setelah memahami bagaimana membedakan teks, struktur, dan jenis teks tersebut, kamu berdiskusi dengan kelompokmu untuk menentukan perbedaan, bagaimana struktur masing-masing teks itu, dan termasuk jenis teks apa kedua teks tersebut.
Kemudian, cobalah menuliskannya dalam LKS yang diberikan.
Kegiatan terakhir adalah mengomunikasikan hasil kerja kalian di depan kelas. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan dan menjawab tanggapan dari kelompok lain.
Ingat, guru juga menilai sikap kalian saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai pengetahuan kamu membedakan berbagai teks tersebut.

Selamat belajar generasi penuh imajinasi....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara