Widget HTML Atas

Memahami Teks Biografi (KD 3.1)

Memahami Teks Biografi (KD 3.1)--
Sudah memelajari materi ini tadi? Masih kurang paham? Tak apa, namanya juga belajar. Kita tak bisa selalu harus bisa sekali memelajarinya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat 'merekatkan' kembali pemahaman kamu atas pembelajaran yang dilakukan gurumu di sekolah tadi.
Sebelumnya kamu sudah mengikuti materi pemahaman isi (menangkap makna) teks biografi "Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia". Kali ini kamu memahami teks bografi tersebut dengan mengenali struktur dan cirinya, serta mengidentifikasi unsur kebahasaannya.

Dalam kegiatan inti, guru kamu meminta mengamati/ membaca teks biografi "Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia" itu lagi. Tugas kamu selanjutnya adalah mempertanyakan tentang alasan mengapa suatu bagian teks termasuk pada struktur teks orientasi, peristawa dan masalah, dan reorientasi.
Kamu berusaha menemukan jawaban sementara atas berbagai pertanyaan tentang hal tersebut dari berbagai sumber: buku lai, teman, atau guru, ataupun sumber lain. Selanjutnya, mulailah mencoba menguji pemahaman kamu dengan mengungkapkan setuju atau tidak setuju sesuai pernyataan yang menyertai teks biografi tersebut. Lantas, guru kamu meminta kamu mengasosiasikan hipotesis (jawaban sementara) kamu dengan teman kelompokmu. Target akhir dari tahap menganalisis ini adalah perumusan simpulan kelompok kamu tentang struktur, ciri, dan unsur kebahasaan teks biografi.
Terakhir, komunikasikan (presentasikan) hasil kerja kelompok kamu di depan kelas. Kelompok lain akan diberi kesempatan memberikan tanggapan. Oleh karena itu kamu harus siap dengan argumen kamu atau dengan lapang dada menerima masukan kelompok lain secara bertanggung jawab. Kelompok lain juga harus dengan santun memberi tanggapan.
Ingat pula, guru menilai sikap kamu dan teman-temanmu saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai pengetahuan kamu dalam memahami isi teks biografi.

Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran ini, kamu harus menguasai:
1. Penggunaan kata hubung (konjungsi)
2. Kata Rujukan
3. Kata kerja
Cari juga bahan tentang ini di blog ini melalui kolom pencarian bagian kanan atas blog ini.

Selamat belajar calon pemimpin bangsa....
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!