Trik Jitu Menjawab Soal UN: Menyusun Petunjuk atau Laporan

Artikel Terbaru:
Trik Jitu Menjawab Soal UN: Menyusun Petunjuk atau Laporan-- Namanya juga ujian, kita dibatasi oleh waktu saat mengerjakannya. Untuk ujian Bahasa Indonesia, jumlah soal biasanya 50 butir dan itu harus dikerjakan dalam waktu 120 menit (2 jam). Itu berarti untuk satu soal dikerjakan kurang dari 2,5 menit. Masalahnya, soal Bahasa Indonesia biasanya berupa teks yang panjang. Jika salah menggunakan waktu, bisa-bisa kita tidak bisa menyelesaikan semua soal hingga waktu yang disediakan habis. Lalu? Mudah, kerjakan soal itu dengan secepat mungkin!

Yaaah, hanya begitu? Tentu tidak. Resep yang sering diberi tahu guru (termasuk ketika saya masih menjadi siswa dulu) adalah: "Kerjakan soal yang lebih mudah dahulu." Itu betul. Tapi, ada yang lebih dari sekadar memilah mana yang mudah terlebih dahulu. Mau tahu trik jitu mengerjakan soal yang terkait dengan menyusun kalimat (petunjuk atau laporan)? Trik ini bermanfaat untuk mengerjakan soal dengan penggunaan waktu yang sesingkat mungkin.
Berikut triknya.

TRIK SATU:
Bila bertemu dengan soal seperti contoh ini, langsung baca pilihan jawaban yang ada. Lihat nomor berapa yang diletakkan pertama kali di opsi yang tersedia. Lalu baca deretan kalimat pada soal. Tentukan nomor berapa yang layak diletakkan pertama kali. Jika sudah, langsung kamu dapat menentukan jawabannya bukan? Tak usah repot-repot mengurutkan dengan membaca nomor berikutnya. Langsung saja melangkah pada soal yang lain.

SOAL:
Cara membuat saus tomat:
1) Tomat tersebut dicuci sampai bersih, kemudian dipanaskan dengan cara mengukus selama lima menit.
2) Saus tomat dimasukkan ke dalam botol.
3) Selama proses penghancuran tambahkan bumbu-bumbu sesuai selera.
4) Pilihlah tomat yang tua dan berwarna merah.
5) Setelah menjadi bubur yang halus, kemudian masaklah.
6) Tomat yang sudah dikukus kemudian dikupas lalu diblender/ dihancurkan
Urutan cara yang tepat membuat saus tomat tersebut adalah…
a. 1), 4), 3), 6), 2), 5)
b. 3), 6), 5), 1), 4), 2)
c. 4), 1), 6), 3), 5), 2)
d. 6), 2), 4), 5), 2), 1)
Pada soal ini kita dapat menentukan yang layak diletakkan/ diurutkan pertama kali di antara nomor 1, 3, 4, dan 6 adalah nomor 4. Jadi jawabannya C.


TRIK DUA:
Bila bertemu dengan soal seperti contoh ini, langsung juga baca pilihan jawaban yang ada. Ternyata yang diletakkan pertama kali adalah nomor yang sama. Langsung lihat nomor yang diletakkan terakhir kali. Tentukan nomor berapa yang layak diletakkan terakhir kali (di belakang) berdasarkan rentetan kalimat dalam soal tersebut. Jika sudah, langsung kamu dapat menentukan jawabannya bukan? Tak usah repot-repot mengurutkan dengan memeriksanya lagi. Langsung saja melangkah pada soal yang lain.

SOAL:
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Ulangi beberapa kali sehingga mata kelihatan segar dan tidak bengkak.
(2) Jika kapas itu kering, basahilah kembali.
(3) Setelah itu basahilah dengan air es.
(4) Ambil kapas secukupnya kemudian bagilah menjadi dua bagian.
(5) Lalu diamkanlah beberapa menit.
(6) Letakkanlah kedua kapas lembap tersebut pada kedua belah mata.
Petunjuk menghilangkan bengkak mata yang tepat adalah ....
A. (4), (1), (2), (3), (5), (6)
B. (4), (6), (1), (3), (2), (5)
C. (4), (3), (5), (6), (1), (2)
D. (4), (3), (6), (5), (2), (1)
Pada soal ini kita dapat menentukan yang layak diletakkan/ diurutkan terakhir kali di antara nomor 6, 5, 2, dan 1 adalah nomor 1. Jadi jawabannya D.

TRIK TIGA:
Bila bertemu dengan soal seperti contoh ini, langsung juga baca pilihan jawaban yang ada. Ternyata yang diletakkan pertama kali adalah nomor yang sama. Langsung lihat nomor yang diletakkan terakhir kali. Tentukan nomor berapa yang layak diletakkan terakhir kali (di belakang) berdasarkan rentetan kalimat dalam soal tersebut. Jika ternyata ada nomor yang sama, periksa urutan kedua. Kamu langsung dapat menentukan jawabannya bukan? Tak usah repot-repot mengurutkan dengan memeriksanya lagi. Langsung saja melangkah pada soal yang lain.

SOAL:
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Biarkan parutan kentang di wajah selama kurang lebih 90 menit!
(2) Tempelkan parutan kentang merata ke seluruh wajah!
(3) Parutlah kentang yang sudah dicuci tersebut!
(4) Sediakan 2 buah kentang yang besar lalu cuci sampai bersih!
(5) Setelah mengering, basuhlah dengan air biasa sampai bersih!
(6) Lakukan hal ini setiap malam menjelang tidur!
Susunan yang tepat, petunjuk menghilangkan bekas jerawat adalah ....
A. (4), (2), (6), (1), (5), (3)
B. (4), (1), (3), (2), (5), (6)
C. (4), (6), (2), (5), (1), (3)
D. (4), (3), (2), (1), (5), (6)
Pada soal ini kita dapat menentukan yang layak diletakkan/ diurutkan terakhir kali di antara nomor 3 dan 6 adalah nomor 6. Karena opsi B dan D sama, kita lihat urutan keduanya. Ternyata yang layak diletakkan setelah nomor 4 adalah nomor 3 (bukan 1). Jadi jawabannya D.

Trik ini juga berlaku untuk soal menyusun kalimat laporan.
Selamat belajar dan hadapi UN dengan optimis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara