Home » » Implementasi Kurikulum 2013 Masih Dibayangi Banyak Masalah

Implementasi Kurikulum 2013 Masih Dibayangi Banyak Masalah

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 09 February 2014

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Implementasi Kurikulum 2013 Masih Dibayangi Banyak Masalah-- REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Pelaksanaan kurikulum 2013 di Kabupaten Semarang yang secara serentak bakal dilaksanakan mulai Juli tahun ini, masih dibayangi sejumlah persoalan. Terutama persoalan yang berkaitan dengan kesiapan sarana- prasarana (sarpras) pendukung, seperti buku- buku pelajaran maupun tenaga pengajar.

Hal ini terungkap dari hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 yang sudah dilaksanakan di sejumlah SMA dan SMK sasaran di Kabupaten Semarang. “Masih ada sejumlah kendala dalam implementasi kurikulum 2013 di lapangan,” jelas Kabid SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman, Jumat (31/1).

Ia mengatakan, kurikulum 2013 sudah diujicobakan penerapannya, di kelas X pada sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Semarang. Masing- masing di SMAN 1 Ungaran, SMAN 1 Ambarawa; SMAN 1 Tengaran, SMKN 1 Bawen, SMA Islam Sudirman Ambarawa, SMK Widya Praja Ungaran, serta SMK Telekomunikasi, Tengaran.

Dari pelaksanaan ini, pihaknya telah melakukan evaluasi hingga terungkap sejumlah persoalan yang masih terjadi di lapangan. Di luar permasalahan sarana dan prasarana ini, tambahnya, juga masih muncul kendala teknis dalam pelaksanaan di lapangan.

Khususnya terkait dengan pengaturan pada mata pelajaran pilihan lintas minat dan atau pendalaman minat yang berlaku pada kelas X.

Ia mencotohkan, jika siswa IPA ambil program IPS seperti bahasa. Jika peminatnya banyak dan semua ambil pelajaran tersebut kelasnya penuh. Sebaliknya kalau hanya ada satu siswa yang mengambil mata pelajaran lintas minat ini menjadi tidak efisein, karena satu guru mengajar satu siswa. “Jika ini tidak diatur secara baik, maka ruang kelas tidak cukup atau justru akan menjadi tidak efisien,” tegas Taufiq.

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/01/31/n09fnm-implementasi-kurikulum-2013-masih-dibayangi-banyak-masalah


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara