Widget HTML Atas

Contoh Teks Eksplanasi tentang Modifikasi Cuaca Atasi Banjir

Contoh Teks Eksplanasi tentang Modifikasi Cuaca Atasi Banjir--
Arsip ini dibuat untuk memenuhi permintaan yang menghendaki contoh lain dari arsip Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terbentuk/terjadinya suatu fenomena baik alam maupun sosial.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas: pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
Pernyataan umum merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum. Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
3. Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Saat ini, banjir di Jakarta masih tetap terjadi. Segala upaya telah dilakukan pemerintah daerah dan pusat, namun hal itu belum cukup mengatasi peristiwa alam yang seolah menjadi rutinitas tahunan itu. Normalisasi sungai-sungai dan waduk, pembersihkan gorong-gorong dan parit, ataupun pembuatan ribuan sumur resapan, belum mampu mengatasi persoalan banjir Jakarta (Sumber: sindonews.com). Upaya lain yang dilakukan adalah modifikasi cuaca. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Florentinus Heru Widodo mengatakan modifikasi cuaca efektif mengurangi curah hujan di wilayah Jabodetabek. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) melalui UPT Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT) mulai Selasa (14/1), melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan sebagai langkah antisipasi mencegah bencana banjir. Dari hasil kegiatan tahun 2013 lalu, teknologi ini terbukti mampu mengurangi curah hujan di Jakarta sebesar 20-50 persen terhadap nilai prediksi curah hujan alaminya (Sumber: www.monitorindonesia.com).

Hujan merupakan peristiwa alam sebagai bagian dari siklus air: panas matahari membuat penguapan lalu terbentuklah awan, awan tertiup oleh angin dan dibawa ke daratan, jika uap air sudah melebihi kapasitas, terjadilah hujan. Hujan juga bisa 'dipaksa' oleh manusia, yaitu dengan mengadakan rekayasa berupa operasi yang disebut dengan operasi penyemaian awan.
Berikut caranya:
  1. Urea, CaCl2, NaCl (Sodium Chlorida) digiling halus dengan menambahkan bahan antigumpal fumed silica.
  2. Bahan yang telah digiling halus dikemas dalam kantung plastik kedap udara. Sebanyak 800 s.d. 1.000 kg, bahan dimuat ke dalam pesawat.
  3. Sasaran awan dengan ciri berbentuk bunga kol, dengan dasar tidak lebih tinggi dari 5000 kaki dan puncaknya lebih tinggi dari 11.000 kaki.
  4. Pesawat memasuki awan dan ketika berada di dalamnya, bahan dilepaskan keluar. Kegiatan ini disebut penyemaian awan.

Biasanya, penyemaian awan ini efektif dilakukan di waktu musim kemarau. Lalu, mengapa dilakukan di musim hujan? Ya, penyemaiannya dilakukan sebelum awan terlalu banyak menyimpan air dan 'terbang' ke daerah yang berpotensi menimbulkan banjir. Sejak dimulainya TMC, BPPT telah melakukan 22 kali penerbangan dengan menggunakan pesawat Hercules A-1323, dan menghabiskan bahan semai NaCl powder sebanyak 75,8 ton ke awan-awan hujan untuk menjatuhkkan hujan di luar daerah rawan banjir.
“Selama 11 hari melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) terbukti hujan di Jakarta sudah jauh berkurang. Saat ini pergerakan angin mulai berubah, bukan dari barat lagi melainkan dari timur. Hal ini karena adanya tekanan dari Pulau Sumatera,” papar Heru di Jakarta, Selasa (5/2/2013) sebagaimana dikutip dari monitorindonesia.com.
Oleh karena itu, penyemaiannya pun dilakukan di utara Bandung, lalu di laut utara dan kemudian di selatan wilayah Sukabumi. Penyemaian awan bertujuan agar awan-awan yang bergerak menuju Jabodetabek bisa turun menjadi hujan lebih awal sebelum memasuki Jabodetabek.

BPPT juga mengoperasikan GBG (Ground Based Generator) di 25 titik di Jakarta secara mobile. GBG itu terpasang memanjang dari daerah hulu (selatan) hingga hilir (utara). Tujuannya adalah untuk mengganggu pertumbuhan awan hujan di dalam wilayah Jabodetabek.
BPPT melaksanakan TMC selama 2 bulan, yaitu 26 Januari sampai 25 Maret 2013 dengan biaya Rp13 miliar atas permintaan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kepada Kepala BNPB.

Modifikasi cuaca dengan operasi penyemaian awan ini merupakan alternatif yang tepat untuk mengatasi hujan berlebih namun bukan untuk meniadakan hujan dan menghindari banjir. Modifikasi ini hanya upaya untuk mengurangi curah hujan yang tinggi dan banjir yang diakibatkannya. Satu yang harus diperhatikan, pengalihan hujan dapat menimbulkan banjir di daerah lain dan alirannya dapat mencapai dataran rendah yang umumnya ditempati permukiman. Dampaknya akan lebih terasa andaikata tak ada 'tameng hujan' berupa hutan dan waduk. Satu lagi, manusia tak akan kuasa melawan takdir Tuhan.

Sumber:
http://www.monitorindonesia.com/lingkungan/66-lingkungan/13240-modifikasi-cuaca-efektif-kurangi-curah-hujan-di-jakarta-.html
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/14/01/14/mze4se-cegah-banjir-modifikasi-cuaca-dilakukan-mulai-hari-ini
http://metro.sindonews.com/read/2014/01/15/16/826663/banjir-jakarta
Tags: #contoh teks eksplanasi #contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam #contoh teks eksplanasi singkat #contoh teks eksplanasi sosial #contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
contoh teks eksplanasi beserta strukturnya #contoh teks eksplanasi kompleks #contoh teks eksplanasi dan karakteristiknya #struktur teks eksplanasi
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!