Hasil Polling: Pernah ikuti lomba? Penentuan juaranya bagaimana?

Hasil Polling: Pernah ikuti lomba? Penentuan juaranya bagaimana?--
Blog Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu telah melakukan polling (jajak pendapat) mengenai "Pernah ikuti lomba? Penentuan juaranya bagaimana?". Jajak pendapat ini dilaksanakan sejak 1 Juni 2013 dan ditutup tanggal 30 Juni 2013.

Seperti terlihat pada screenshot di atas, sebanyak 4 responden atau 44% memilih "Penyelenggara (Juri) diragukan obyektivitasnya", sebanyak 3 responden atau 33% memilih "Penyelenggara (Juri) benar-benar terpercaya", sebanyak 2 responden atau 22% memilih "Sepertinya sang juara sudah 'dipesan'", sedangkan pilihan "Saya tidak tahu (Itulah Indonesia)" dan "Jawaban lain (selain di atas)" tak ada responden. Hasil ini tidak berubah (bertambah) sejak saya review sepuluh hari pertama jajak pendapat ini dibuka. Masa ulangan dan liburan memang membuat blog ini sepi.....

Hasil polling ini belum bisa menggambarkan mayoritas pendapat berdasarkan sample responden yang lebih banyak. Jadi, bagaimanapun isu atau desas-desus yang berkembang, kita harus percaya para juri ingin menjalankan tugas penjuriannya dengan profesional. Masih banyak juri yang memiliki keinginan memilih juara yang benar-benar berkualitas karena menginginkan Indonesia ini maju. Kalau kita tak percaya, terus mau apa dong? Keputusan juri tidak bisa diganggu-gugat. Biarlah, mungkin karena kita anak biasa saja atau biarlah karena sekolah kita bukan sekolah yang memiliki nilai jual (prestise) dan di dalamnya tak ada anak pejabat, lantas walau seharusnya juara namun 'dikalahkan', tak apa. Tak akan ada kebanggaan jika juara karena hasil pemberian. Jika, mayoritas orang mengatakan kita yang layak juara, itu sudah pengakuan yang lebih dari cukup membuat kita bangga.

Terima kasih atas partisipasi kalian mengisi jajak pendapat tersebut....
Untuk selanjutnya, kalian diminta mengisi jajak pendapat:
"Saat libur seperti sekarang, apa kegiatan kalian?"

Lima Besar Nilai Rapor Semester Genap 2013

Lima Besar Nilai Rapor Semester Genap 2013--
Selamat untuk siswa-siswi berikut atas nilai rapor B.Indonesianya yang tertinggi untuk semester ini:

KELAS VIIIa
VERA AFRI NATHANIA (8,9)
LELAYANI (8,6)
CINDY LEA NOVITA (8,2)
HEIYINI NR (7,9)
ADRIAN SAPUTRA (7,3)

KELAS VIIIb
MAHYUTI (8,8)
SELLA DARA PIRESA (8,7)
TINA ARDILA WATI (8,6)
DITHA RIETNI, NISPIATI (8,5)
MIRANTI, YULIANA NATALIA (8,3)

KELAS IXa
GABRIELLA STELLA P (9,6)
RETINA HANDRIANI (9,4)
JUM'ATINI, PRIGAWATI (9,2)
CRISMON ERICK (9,0)
ERAWATI SC, SILAWATI (8,3)

KELAS IXb
NOOR APRILIAYANI (9,7)
LARA ANDREIANY, PETRA WARA NR (9,6)
IRA WAHYUTI (9,4)
FERDI DANIEL SL, KRISNA YULIANA, NIA RIZKA UMIHANI (9,2)
FRANS SETIYO H (9,1)

Nilai Rata-rata Kelas:
Kelas VIIIa: 7,12
Kelas VIIIb: 7,91
Kleas IXa: 8,32
Kelas IXb: 8,83

Anisa Retiana: Dulu dan Sekarang

Anisa Retiana: Dulu dan Sekarang-
Ini adalah arsip sambung silaturahmi bagi alumni (mereka yang lulus) lebih dari 4 tahun yang lalu.
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Lebih 4 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang tentu sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) asal foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Saya telah melakukan identifikasi terhadap akun dalam screenshot di atas. Namun, beberapa tak dapat diidentifikasi lagi karena kehilangan jejak dan kemungkinan yang bersangkutan melakukan perubahan foto profil, yaitu nomor: 20, 26, 35, 43, 44, 45, 59, 69, dan 88.
Selain akun yang telah hilang jejaknya itu, saya lalu memisahkan berdasarkan kategori:
1. DP Dulu dan Sekarang (Alumni 2008/2009)
2. Alumni Sebelum 2008
3. Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama)
4. Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia
5. Akun Yunior (DP-nya menunggu antrean tahun depan)

Setelah DP (Display Picture) Dulu dan Sekarang Nova Riyanti (SMP Plus), Venansius (SMPN 2 Tanta), Ramdhan (SMP Plus), Peni (SMPN 2 Tanta), dan Dahlia (SMP Plus), Rizki NBH (SMP Plus), Wulisa (SMPN 2 Tanta), Ilmi, kita beralih ke cewek sekarang. Sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Anisa Retiana (alumni SMP Plus 2009). Lihat foto akun FB-nya (screenshot di atas, no.55). Saat saya me-review FB-nya, wow, Anisa nampak 'matang'. Waktu SMP, Anis, nama panggilannya, termasuk siswi yang lincah, akrab, dan suka bercanda. Teman-teman sekelasnya kerap memanggilnya Nissoy. Sekarang, ia sedang kuliah di Jurusan MIPA Program Studi Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Setelah Anis, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.
Anis (dulu) :

Anis (tengah/ belakang) Saat ulangan harian Penampakan Anis (tengah) saat latihan soal UN...
Sorry, Nis. Foto kamu yang lebih jelas tak ada...

Anis (sekarang) :
LIHAT FOTO KENANGANNYA:
- Foto Musikalisasi Puisi dan foto lainnya
- Foto Candid
- Alumni 2009

Berdiskusi yang Sopan dan Santun: Insiden Munarman Siram Lawan Bicara di Acara Diskusi (Talkshow) TVOne

Berdiskusi yang Sopan dan Santun: Insiden Munarman Siram Lawan Bicara di Acara Diskusi (Talkshow) TVOne-- Maaf, mengganggu persiapan liburan kalian yang sedang menunggu harap-harap cemas pembagian rapor besok hari. Ini suatu pelajaran buat kalian, terutama buat siswa-siswi kelas VII yang akan naik ke kelas VIII. Di kelas VIII nanti, kita ada pembelajaran berdiskusi. Kalian akan dilatih bagaimana berdiskusi yang sopan dan santun dengan menggunakan kata-kata yang sopan pula. Bagaimana menyanggah dan bagaimana menanggapi pendapat orang lain (baca tentang materi ini di SINI). Ini sebuah contoh yang tak patut kalian tiru nanti, ya...
Insiden tak mengenakkan terjadi pada sosiolog UI Tamrin Tomagola saat berdiskusi dalam acara talkshow Apa Kabar Indonesia Pagi di Tv One. Tamrin tiba-tiba disiram air oleh rekan bicara juru bicara FPI Munarman.
Munarman Siram Tamrin
Insiden itu terjadi sekitar pukul 07.45 WIB di Wisma Nusantara, Jakpus, Jumat (28/6/2013). Kala itu diskusi yang diangkat membahas pelarangan sweeping tempat hiburan malam. Selain sosiolog UI Tamrin Tomagola dan Jubir FPI Munarman, hadir juga Karopenmas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar live dari Mabes Polri.

Semula diskusi berlangsung tenang dan saling berargumen, namun Munarman terpancing emosinya saat saling pembicaraanya disanggah oleh Thamrin.

Byur!! Tiba-tiba Munarman yang mengenakan kemeja putih itu menyiramkan air yang ada di atas meja ke wajah Tamrin. Sontak saja ulah jubir FPI itu mengejutkan sang sosiolog. Sebagian baju Tamrin pun basah. Mereka sempat saling tunjuk. Sementara dua presenter Tv One yang memandu acara live itu, Arief Fadhil (AF) dan Winny Charita tampak berusaha melerai.

Berikut dialog mereka saat diskusi itu berlangsung:

Munarman: "Ini analisa yang dibuat-buat tanpa fakta, saya bawa beritanya ini fakta. Yang razia ibu-ibu bukan dari kalangan yang disebut Pak Tamrin aliansi politik lah segala macam, mengada-ada. Ini ibu-ibu razia minuman keras beritanya bulan 4 kemarin, karena di Papua banyak keonaran karena orang minum minuman keras. Jadi ibu-ibu ini mereka resah. Ini di Mimikia, ini di Sorong (sambil menunjukkan print out berita). Ada dua berita jadi nggak ada kaitannya dengan politik yang disebut-sebut (Tamrin) tadi."

Presenter (AF): "Tapi bang Munarman Pak Tamrin, hukum itu harus ditegakkan. Jadi koridornya aparatlah yang seharusnya menindak?"

Munarman: "Kalau soal hukum, ditegakkan kah hukum terhadap pelarangan minuman keras?"

Presenter (AF): "Menurut bang Munarman?"

Munarman: "Tidak ada yang menegakkan. Jadi polisi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Dinas Parwisata itu tidak melarang padahal sudah melarang minuman keras. Ya minuman keras, tempat hiburan segala macan, itu tidak ditegakkan aturanya. Itu masalahnya. Sekarang beliau ini (Tamrin) melihat hilirnya, ketika masyarakat seperti yang ini (menunjukkan print out berita) konteks kita ibu-ibu mengambil tindakan sendiri. Kalau dalam perspektif beliau ini tidak masuk."

Tamrin: (Menyela sambil menunjuk-nunjuk karena tersinggung dengan pernyataan Munarman) "Anda nggak tahu.. Hei dengar dulu anda nggak tahu apa yang saya maksud.."

Munarman: "Diam anda diam..!! Anda...." (Byur!! Mengambil gelas (cangkir?) berisi teh manis dan menyiramkannya ke wajah Tamrin).

"Kita closing dulu," kata Arief sambil melambaikan tangannya.
Setelah iklan beberapa menit, lalu tayangan diganti dengan kabar berita dari Makassar dan lokasi lainnya.
Bagaimanapun panasnya diskusi, kita harus mengungkapkan argumen kita dengan tetap kepala dingin, bukan dengan fisik. Perbedaan pendapat itu merupakan hal yang biasa.

detiknews
URL: http://news.detik.com/read/2013/06/28/102121/2286815/10/detik-detik-saat-munarman-menyiram-tamrin-dengan-teh-manis-di-tvone

Hary Ilmiawan: Dulu dan Sekarang

Hary Ilmiawan: Dulu dan Sekarang-
Ini adalah arsip sambung silaturahmi bagi alumni (mereka yang lulus) lebih dari 4 tahun yang lalu.
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Lebih 4 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang tentu sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) asal foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Saya telah melakukan identifikasi terhadap akun dalam screenshot di atas. Namun, beberapa tak dapat diidentifikasi lagi karena kehilangan jejak dan kemungkinan yang bersangkutan melakukan perubahan foto profil, yaitu nomor: 20, 26, 35, 43, 44, 45, 59, 69, dan 88.
Selain akun yang telah hilang jejaknya itu, saya lalu memisahkan berdasarkan kategori:
1. DP Dulu dan Sekarang (Alumni 2008/2009)
2. Alumni Sebelum 2008
3. Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama)
4. Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia
5. Akun Yunior (DP-nya menunggu antrean tahun depan)

Setelah DP (Display Picture) Dulu dan Sekarang Nova Riyanti (SMP Plus), Venansius (SMPN 2 Tanta), Ramdhan (SMP Plus), Peni (SMPN 2 Tanta), dan Dahlia (SMP Plus), Rizki NBH (SMP Plus), Wulisa (SMPN 2 Tanta), kita beralih ke cowok sekarang. Sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Hary Ilmiawan (alumni SMP Plus 2009). Lihat foto akun FB-nya (screenshot di atas, no.96). Waktu SMP, Ilmi, nama panggilannya, termasuk siswa yang seimbang otak kanan dan otak kirinya, pintar dan juga meminati seni. Walau prestasinya masih kalah dengan teman-teman sealumninya, ia memiliki bakat yang spesial. Sekarang, ia sedang kuliah di Jurusan Kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Setelah Ilmi, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.
Ilmi (dulu) :

Ilmi (belakang/kiri) Saat Musikalisasi Puisi dengan teman sekelompoknya Ilmi (kanan, memakai sarung) saat tampil bermain drama di kelas 8

Ilmi (sekarang) :
LIHAT FOTO KENANGANNYA:
- Foto Musikalisasi Puisi dan foto lainnya
- Foto Candid
- Alumni 2009

Wulisa: Dulu dan Sekarang

Wulisa: Dulu dan Sekarang-
Ini adalah arsip sambung silaturahmi bagi alumni (mereka yang lulus) lebih dari 4 tahun yang lalu.
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Lebih 4 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang tentu sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) asal foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Saya telah melakukan identifikasi terhadap akun dalam screenshot di atas. Namun, beberapa tak dapat diidentifikasi lagi karena kehilangan jejak dan kemungkinan yang bersangkutan melakukan perubahan foto profil, yaitu nomor: 20, 26, 35, 43, 44, 45, 59, 69, dan 88.
Selain akun yang telah hilang jejaknya itu, saya lalu memisahkan berdasarkan kategori:
1. DP Dulu dan Sekarang (Alumni 2008/2009)
2. Alumni Sebelum 2008
3. Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama)
4. Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia
5. Akun Yunior (DP-nya menunggu antrean tahun depan)

Setelah DP (Display Picture) Dulu dan Sekarang Nova Riyanti (SMP Plus), Venansius (SMPN 2 Tanta), Ramdhan (SMP Plus), Peni (SMPN 2 Tanta), dan Dahlia (SMP Plus), Rizki NBH (SMP Plus), kita beralih ke cewek sekarang. Sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Wulisa (alumni SMPN 2 Tanta 2006). Lihat foto akun FB-nya (screenshot di atas, no.17). Waktu SMP, Wulisa termasuk anak yang pede dan mau berusaha agar maju. Walau prestasinya masih kalah dengan teman-teman sealumninya, berkat kemauan yang keras ia bisa tetap melanjutkan studi di Jurusan Office Management LP3I Banjarmasin.

Setelah Wulisa, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.
Wulisa (dulu) :

Wulisa (sekarang) :

Foto Profil FB Wulisa sesuai screenshot Foto Wulisa lainnya di akun Facebook-nya

Daftar Alumni SMPN 2 Tanta tahun 2006

Para Pencari Tuhan (PPT) Jilid 7: Menanti Kejelasan Nasib Uang Pak Jalal

Para Pencari Tuhan (PPT) Jilid 7: Menanti Kejelasan Nasib Uang Pak Jalal-- (Posting ini memutar otomatis OST PPT 6 "Lailatul Qadar" GIGI, keraskan volume di komputer/laptop Anda)
Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Salah satu yang dinanti oleh pemirsa TV tentu saja tontonan yang memberi tuntunan, Para Pencari Tuhan Jilid 7. Dalam Para Pencari Tuhan (PPT) Jilid 6, cerita masih serba menggantung. Memang sudah jelas diketahui teka-teki siapa sebenarnya pemilik uang yang dibawa-bawa Udin dan kemudian raib dari pelukannya itu. Inisiatif Asrul mempertemukan Ustad Jalal, Udin, dan si penjaja buku, berbuah kepastian itu. Namun, bagaimana dan siapa yang telah mengambil uang itu dari pelukan Udin belum diketahui sampai akhir episode PPT 6. Raibnya uang sewaktu Udin tertidur di kursi tamu rumahnya di siang bolong dan pintu serta jendela dalam keadaan terkunci itu, sempat membuat saya mengira, mantan istri Udin yang mengambil, karena siapa lagi yg punya kunci rumah kalau bukan mantan istrinya itu? Namun, sangkaan itu terbantahkan ketika mantan istri Udin dan mertuanya juga turut hadir di pertemuan kedua guna meminta kemurah-hatian Pak Jalal agar tak membawa masalah ini ke pengadilan. Nyatanya, Pak Jalal tetap ngeloyor pergi setelah berujar: "Sampai ketemu di pengadilan." Lalu, siapa yang telah mengambilnya?

Kisah cinta kakek-kakek dan nenek-nenek yang menggantung masih kita nanti juga jawabannya. Ketika Om Wijoyo datang ke rumah Azzam dengan menyamar menjadi kurir dan berniat melamar Tante Widya, Bang Jack justru datang dengan feeling-nya yang kuat itu. Berbarengan keduanya mengucapkan lamaran ke Tante Widya di hadapan Azzam dan Aya. Respon Tante Widya? Tentu tak suka. Seolah-olah dia barang yang diperebutkan dalam sebuah pertandingan. Suasana pun tak mengenakkan. Jadilah, Tante Widya meninggalkan ruang tamu dan masuk ke kamar dengan wajah tak indah (merengut).

Ketakberdayaan Azzam menghadapi kelemahan wanita, seperti biasanya, termasuk menghadapi Kalila, juga masih tanda tanya. Memang, Kalila tahu diri dan memutuskan pergi meninggalkan Azzam dalam suasana yang mengiris hati di hadapan Aya. Jabatan tangan antara Azzam dan Aya seolah menyiratkan sesuatu yang menggantung dengan frame kamera mengambil close up wajah Aya sedang berkaca-kaca di antara jabatan tangan keduanya.

Adapun proyek tukar guling musholla yang menjadi bahan obyekan bagi tiga pengurus desa, masih pula ditunggu kelanjutannya.
Yang masih dinanti pula bagaimana nasib ketiga mantan napi, Juki, Barong, dan Chelsea. Apakah Juki menemui jodoh menyusul dua sahabat, Chelsea dan Barong yang telah memiliki istri? Bagaimana Bang Jack menghabiskan kesendiriannya di musholla At-Taufiq?

Setiap jilidnya, Para Pencari Tuhan selalu mengambil tema yang sedang hangat di masyarakat. Ketika Pemilu maka di PPT ada pemilihan RT. Ketika facebook nge-tren maka di PPT para tokohnya digambarkan doyan facebook-an. Ketika ramai aliran sesat, di PPT juga ada fenomena tentang itu.
Bagaimana dengan PPT 7? Apakah akan menampilkan fenomena kata-kata sandi para politisi? Ataukah meninggalnya ustad (Ustad Feri? Uh, jangan). Atau tentang BBM?
Insyaallah semoga Allah memanjangkan umur kita dan kembali bertemu dengan Ramadan mubarak.

Rizki Noor Baihaqy: Dulu dan Sekarang

Rizki Noor Baihaqy: Dulu dan Sekarang-
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Lebih 4 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang tentu sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) asal foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Saya telah melakukan identifikasi terhadap akun dalam screenshot di atas. Namun, beberapa tak dapat diidentifikasi lagi karena kehilangan jejak dan kemungkinan yang bersangkutan melakukan perubahan foto profil, yaitu nomor: 20, 26, 35, 43, 44, 45, 59, 69, dan 88.
Selain akun yang telah hilang jejaknya itu, saya lalu memisahkan berdasarkan kategori:
1. DP Dulu dan Sekarang (Alumni 2008/2009)
2. Alumni Sebelum 2008
3. Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama)
4. Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia
5. Akun Yunior (DP-nya menunggu antrean tahun depan)

Setelah DP (Display Picture) Dulu dan Sekarang Nova Riyanti (SMP Plus), Venansius (SMPN 2 Tanta), Ramdhan (SMP Plus), Peni (SMPN 2 Tanta), dan Dahlia, kita beralih ke cowok sekarang. Sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Rizki Noor Baihaqy, atau teman-teman menyingkat dengan Rizki NBH. Lihat foto akun FB-nya pada (screenshot di atas, no.54). Waktu SMP, si Kinol, panggilannya, selalu nampak ceria dan mudah tersenyum. Nampaknya..... Hahah. Ia mudah ceplas-ceplos sehingga guru mudah mengenalnya (akrab). Yang juga saya ingat, Kinol juga murid saya waktu di bimbingan belajar Primagama. Waktu SMA, ia ikut kelas akselerasi bersama sebagian besar rekan se-alumni tahun 2009. Kalau sedang belajar, Kinol suka 'diskusi' dengan para cewek, terutama Dinia. Sekarang, Kinol sedang kuliah di Fak. Teknik Jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Lambung Mangkurat.

Setelah Kinol, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.
Rizki (dulu) :

Kinol (belakang/kanan) Saat Musikalisasi Puisi dengan teman sekelompoknya Kinol (kiri, duduk paling belakang) saat mengerjakan tugas/latihan soal UN

Rizki (sekarang) :
LIHAT FOTO KENANGANNYA:
- Foto Musikalisasi Puisi dan foto lainnya
- Foto Candid
- Alumni 2009

Akun Sahabat dan Pemerhati Pendidikan Bahasa Indonesia serta Para Yunior

Akun Sahabat dan Pemerhati Pendidikan Bahasa Indonesia serta Para Yunior-- Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Lebih 4 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang tentu sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) asal foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Saya telah melakukan identifikasi terhadap akun dalam screenshot di atas. Namun, beberapa tak dapat diidentifikasi lagi karena kehilangan jejak dan kemungkinan yang bersangkutan melakukan perubahan foto profil, yaitu nomor: 20, 26, 35, 43, 44, 45, 59, 69, dan 88.
Selain akun yang telah hilang jejaknya itu, saya lalu memisahkan berdasarkan kategori:
1. DP Dulu dan Sekarang (Alumni 2008/2009)
2. Alumni Sebelum 2008
3. Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama)
4. Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia
5. Akun Yunior (DP-nya menunggu antrean tahun depan)

Untuk DP (Display Photo)--istilah ini biasa digunakan di BBM, semacam Profile Picture jika di FB--, saya telah memulai dengan Nova Riyanti (SMP Plus 2009), lalu Venansius (SMPN 2 Tanta 2008), Ramdhan (SMP Plus 2009), Peni (SMPN 2 Tanta 2008), dan Dahlia (SMP Plus 2009). Berikutnya, masih akan ada DP-nya yang muncul....
Kalau yang ini, Foto Bapa wkt masih sekolah (SMP, SMA) -sekarang.

Nah, sekarang saya mau posting beberapa akun yang muncul di screenshot di atas yang masuk kategori Sahabat Saya Waktu Kuliah dan akun lainnya (orang yang kenal namun bukan siswa saya maupun belum kenal) yang ikut 'LIKE' halaman blog ini. Mereka yang 'LIKE' halaman tersebut saya sebut Pemerhati Pendidikan Bahasa Indonesia. Kenal tak kenal, mereka konsen (concern)terhadap bahasa pemersatu bangsa ini. Banyak di antaranya yang merupakan murid saya saat saya masih aktif di lembaga pendidikan Primagama, atau siswa yunior di SMP Plus atau senior di SMP Hasbunallah yang mengenal saya namun belum sempat masuk/mengajar di kelas mereka. Terima kasih untuk kalian, ya.
Saya juga mengidentifikasi akun siswa saya yang tergolong yunior (alumni sesudah 2009), ternyata hanya 4 oang yang masuk screenshot dan semuanya berasal dari SMP Hasbunallah lulusan yang sama, 2010.
Berikut identifikasinya.
(Sekali lagi, hanya yang ada di screenshot di atas....)

Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama):
Nomor 1: ITU SAYA SENDIRI :)
Nomor 4: SUBEHAN (Guru) FB: https://www.facebook.com/subehan.ncek
Nomor 53: MUHAIMINA (Bekerja di PT Minamas) FB: https://www.facebook.com/mina.riyadi
Nomor 56: HESTIYANA (Bekerja di Balai Bahasa Bjm) FB: https://www.facebook.com/hesti.yana.7
Nomor 64: IDA APRIANI (Guru) FB: https://www.facebook.com/idaapriani.taslim
Nomor 66: RAHMI BUDIARTI (Guru) FB: https://www.facebook.com/rahmi.budiarti.75
Nomor 91: SITI RAHMI (Guru) FB: https://www.facebook.com/siti.rahmi

Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia:
Nomor 2: RIFQI ADZANI (Alumni SMP Hasbunallah sebelum 2009) FB: https://www.facebook.com/rifqiadzani
Nomor 3: AZIZAH DWI THASANA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/azizah.thasana
Nomor 5: CHANDRA WAHYU (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/chandra.wahyu.58
Nomor 6: NELLY PRATIWI (Primagama dan Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/nelly.pratiwi.50
Nomor 7: HENA KHAERUNNISA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/hena.khaerunnisa
Nomor 11: RETHA MONICA (Alumni SMP Hasbunallah sebelum 2009) FB: https://www.facebook.com/retha.monica
Nomor 18: BETZY RATNA J. MARBUN (Primagama dan Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/betzy.marbun
Nomor 22: ECHA DULCE (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/echa.dulce
Nomor 27: ADITYA NOFIAN FIRDAUS (Alumni SMP Hasbunallah sebelum 2009) FB: https://www.facebook.com/adit.nofian
Nomor 28: MAYANG DIAH RAMADHANTY (Teman kelas aksel Nova Riyanti dkk di SMANTA) FB: https://www.facebook.com/mayang.d.ramadhanty
Nomor 29: DIDA ARAY ATEY (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/dida.a.atey
Nomor 30: FIEFAH NASUTION (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/fiefah.nasution
Nomor 31: REYANA PUTERI KARTIKA (Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/puputt.natnatt
Nomor 32: RIDHA NOR SANTI (Alumni SMP Hasbunallah sebelum 2009) FB: https://www.facebook.com/santi.dkyiebeatz
Nomor 34: AYWA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/aywa.zhoy
Nomor 36: DWI REZKY S (Primagama dan Alumni SMP Plus sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/dwirezkys
Nomor 37: ERIKA MEILINA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/erikameilina
Nomor 42: NDY THA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/ndy.tha1
Nomor 45: SYAIFUL ABID (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/syaiful2012abid
Nomor 46: RENNY (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/renny.ariefforever
Nomor 48: DITTA JASMINE (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/dittajasmine
Nomor 49: FAJRINA KASIM (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/nanna.kudo
Nomor 51: ARISTA ARIFIN (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/arista.arifin
Nomor 57: FERRY R. (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/blackhorn.devils1
Nomor 65: SAHRIL SIDIK (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/sahril.sidik.58
Nomor 67: RIDHA AKMAL PUTRA (Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/RidhaAkmalPutra
Nomor 68: NURDIANTI RAHMI (Primagama) FB: https://www.facebook.com/rahmi.ezonk.9
Nomor 70: PEBBY FILOSOPHY (Mudid Onlineku) FB: https://www.facebook.com/febby.filosophy
Nomor 71: MIA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/mia.chayanknaopiek
Nomor 72: FITRI ANDI MARETHA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/uniyjuneidi
Nomor 73: FELICIA PRARUARI (Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/lalallilil
Nomor 76: FATHAN (Alumni SMP Hasbunallah sebelum 2009) FB: https://www.facebook.com/fathan.aremania
Nomor 78: DITA CHASANAH (Primagama dan Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/dita.chasanah
Nomor 83: NITA (Blm teridentifikasi) FB: https://www.facebook.com/tha.nietha.7
Nomor 86: BAGUS SAPUTRO (Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/bagoes.saputroe
Nomor 93: DIAN NOVITA (Alumni SMP Hasbunallah sebelum 2009) FB: https://www.facebook.com/dearest.teaa
Nomor 98: HJ. ERIA (Primagama dan Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/eriavallentt
Nomor 99: PUTRI SURYANI JUWITA (Alumni SMP PLUS sesudah 2009) FB: https://www.facebook.com/putrisuryani.juwita
Nomor 100: BAMBANG SDY (YABN Adaro-Pama) FB: https://www.facebook.com/anjingkuda

Yunior:
Nomor 8: DIAH OCTARINI (Alumni SMP Hasbunallah 2010) FB: https://www.facebook.com/bundasembilan
Nomor 81: ZAHID AKBAR (Alumni SMP Hasbunallah 2010) FB: https://www.facebook.com/zahid.akbar.545
Nomor 85: AHMAD ALI ABDILLAH (Alumni SMP Hasbunallah 2010) FB: https://www.facebook.com/ahmad.a.abdilah
Nomor 95: RIDHA TANTOWI (Alumni SMP Hasbunallah 2010) FB: https://www.facebook.com/ridhatantowi

Keterangan:
-Saya mengajar di SMP Hasbunallah mulai 24 Mei 2009 hingga 15 Januari 2012.
-Saya mengajar di SMP Plus mulai alumni

Dahlia Kirana Handayani: Dulu dan Sekarang

Dahlia Kirana Handayani: Dulu dan Sekarang-
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Setelah 4 tahun (berarti sudah kuliah), nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman dulu alias jadul), sekarang sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) asal foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Saya telah melakukan identifikasi terhadap akun dalam screenshot di atas. Namun, beberapa tak dapat diidentifikasi lagi karena kehilangan jejak dan kemungkinan yang bersangkutan melakukan perubahan foto profil, yaitu nomor: 20, 26, 35, 43, 44, 45, 59, 69, dan 88.
Selain akun yang telah hilang jejaknya itu, saya lalu memisahkan berdasarkan kategori:
1. DP Dulu dan Sekarang (Alumni 2008/2009)
2. Alumni Sebelum 2008
3. Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama)
4. Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia
5. Akun Yunior (DP-nya menunggu antrean tahun depan)

Untuk DP (Display Photo)--istilah ini biasa digunakan di BBM, semacam Profile Picture jika di FB--, saya telah memulai dengan Nova Riyanti sebagai 'korban' pertama (menurut istilah Nova dkk, hehe) mewakili SMP Plus dan beralih ke alumni SMPN 2 Tanta diwakili Venansius, dan beralih ke SMP Plus lagi dengan Ramdhan, lalu balik lagi ke SMPN 2 Tanta, gantian dengan cewek, Peni (Kalau mau lihat foto Bapa wkt SMP klik di SINI, hehe).

Beralih lagi ke SMP Plus, sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Dahlia. Setiap melihat Citra Kirana di Sinetron Tukang Bubur, saya teringat Dahlia ini (lihat screenshot di atas, no.33), mirip kan? Namun, Dahlia lebih cabi. Waktu SMP, Dahlia biasa saja, nggak neko-neko. Pernah ketika sedang mengerjakan soal, Lia, nama panggilannya, malah suka memainkan kalkulatornya (Coba, pelajaran B.Indonesia eh malah main kalkulator, nggak nyambung, Lia..... Haha. Sekarang, Lia sedang kuliah di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya.

Setelah Dahlia, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.
Dahlia (dulu) :

Dahlia (belakang/kanan) Saat Musikalisasi Puisi dengan teman sekelompoknya Foto candid Dahlia waktu ketahuan sedang menghitung hasil kreditannya kali.

Dahlia (sekarang) :

LIHAT FOTO KENANGANNYA:
- Foto Musikalisasi Puisi dan foto lainnya
- Foto Candid

Alumni Sebelum 2008: Maaf Tak Ada Arsip DP yang Lama

Alumni Sebelum 2008: Maaf Tak Ada Arsip DP yang Lama- Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Kurang lebih 5 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) yang foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Saya telah melakukan identifikasi terhadap akun dalam screenshot di atas. Namun, beberapa tak dapat diidentifikasi lagi karena kehilangan jejak dan kemungkinan yang bersangkutan melakukan perubahan foto profil, yaitu nomor: 20, 26, 35, 43, 44, 45, 59, 69, dan 88.
Selain akun yang telah hilang jejaknya itu, saya lalu memisahkan berdasarkan kategori:
1. DP Dulu dan Sekarang (Alumni 2008/2009)
2. Alumni Sebelum 2008
3. Akun Sahabat Saya (Semasa Kuliah di Jurusan yang Sama)
4. Akun Pemerhati Pendidikan B.Indonesia
5. Akun Yunior (DP-nya menunggu antrean tahun depan)

Untuk DP (Display Photo)--istilah ini biasa digunakan di BBM, semacam Profile Picture jika di FB--, saya telah memulai dengan Nova Riyanti sebagai 'korban' pertama (menurut Nova dkk, hehe) mewakili SMP Plus dan beralih ke alumni SMPN 2 Tanta diwakili Venansius, dan beralih ke SMP Plus lagi dengan Ramdhan, lalu balik lagi ke SMPN 2 Tanta, gantian dengan cewek, Peni (Kalau mau lihat foto Bapa wkt SMP klik di SINI, hehe). Berikutnya, masih akan ada yang DP-nya muncul....

Berikut Alumni Sebelum 2008:
Sekali lagi, hanya yang ada di screenshot di atas....:)

SMP PLUS PATRA DHARMA
Nomor 21: Safira Nur Askarina (Alumni 2008), Kuliah di UGM Fakultas Kedokteran (FB: https://www.facebook.com/viiraariinaa)
Nomor 38: Whitney JHS (Alumni 2008), Kuliah di Jurusan Arsitektur di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FB: https://www.facebook.com/whitney.joyananda)
Nomor 50: Febri Erfin W. (Alumni 2007), Kuliah di Jurusan Economic Development (IESP) di Unlam (FB: https://www.facebook.com/erfin.wardana)
Nomor 89: Herdy Firdaus (Alumni 2007), Kuliah di Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Unlam. (FB: https://www.facebook.com/herdi.firdaus.9)

SMPN 4 TANJUNG
39. Ameliawati (Alumni 2006), sekolah di Keperawatan STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN (FB: https://www.facebook.com/melly.jelex)
58. Yosha Anderta (Alumni 2006), kuliah di Jurusan S1 Keperawatan STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN (FB: https://www.facebook.com/yosha.anderta)

SMPN 2 TANTA
15.Wati Anggreini (Alumni 2006), bekerja di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA)(FB: https://www.facebook.com/profile.php?id=100000124257415)
17.Wulisa (Alumni 2006), Kuliah di Jurusan Office Management di LP3I Banjarmasin (FB: https://www.facebook.com/whu.cha)
19.Redy Santoni (Alumni 2007), Kuliah di Teknik mesin POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN (FB: https://www.facebook.com/RedySantoni)
47.Mey Risia (Alumni 2004), Kuliah di Jurusan D3 MI di STMIK (FB: https://www.facebook.com/gho.thicq)
63.Maria Christine (Alumni 2007), Kuliah di STMIK Banjarbaru (FB: https://www.facebook.com/maria.christine.963)
79.Yohana Linda P. (Alumni 2005), Bekerja di PESPARAWI NASIONAL dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN) (FB: https://www.facebook.com/Yolin05)
82.Ari Pemberiano (Alumni 2007), Kuliah di Jurusan Pend. Matematika di Unlam (FB: https://www.facebook.com/arynaaaeya.welum)
84.Androu Palanungkai (Alumni 2006), Bekerja di Mine Plan Engineering PT.BORNEO, Pernah Kuliah Jurusan Pertambangan di Poltek Banjarmasin (FB: https://www.facebook.com/andro.palanungkai)
87.Loveny (Alumni 2005), Kuliah di Jurusan PBS di Universitas Lambung Mangkurat (FB: https://www.facebook.com/loveny.wumed)
97.Yessy Mei Sri Lestari (Alumni 2005), Kuliah di FKIP Jurusan Teknik Kimia Unlam (FB:https://www.facebook.com/yessy.m.lestari)
Saya telah menemukan foto Wati, Wulisa, Maria, Linda, dan Yessy. Display Picture Dulu dan Sekarang-nya akan saya buat.
NB:
-Sebelum tahun 2008, saya belum mengajar di SMP Hasbunallah
-Jika kalian memiliki foto jadul waktu SMP, boleh kirim ke inbox FB Bapa. Nanti dibuatkan DP-nya.
-Foto Bapa wkt masih sekolah (SMP, SMA) -sekarang

Peni Riahayu: Dulu dan Sekarang

Peni Riahayu: Dulu dan Sekarang-
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Kurang lebih 5 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) yang foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Setelah Nova Riyanti yang menjadi korban pertama mewakili SMP Plus dan beralih ke alumni SMPN 2 Tanta diwakili Venansius, dan kita beralih ke SMP Plus lagi dengan Ramdhan, kali ini kita balik ke SMPN 2 Tanta, gantian dengan cewek sekarang. Sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Peni. Lihat foto akun FB-nya (screenshot di atas, no.40). Waktu SMP, Peni termasuk bintang pujaan di kelas termasuk di sekolah. Kulit dan badannya berisi, di atas rata-rata teman sekelasnya. Kalau sedang belajar, Peni suka melamun mikir sesuatu yang ada di pikirannya. Haha. Sekarang, Peni sedang kuliah di Unlam Banjarmasin jurusan Administrasi Negara.

Setelah Peni, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.
Peni (dulu) :

Peni (sekarang) :

Foto profil Facebook Peni yang terlihat di screenshot Peni dalam gayanya yang lain di akun FB-nya


Peni (kedua dari kiri, baju hijau) dan kelompoknya saat Pentas Memusikalisasi Puisi "Doa"

LIHAT FOTO KENANGANNYA: - Foto Alumni SMPN 2 Tanta tahun 2008

Muhammad Shopia Ramdhan: Dulu dan Sekarang

Muhammad Shopia Ramdhan: Dulu dan Sekarang-
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Kurang lebih 5 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) yang foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Setelah Nova Riyanti yang pertama mewakili SMP Plus dan beralih ke alumni SMPN 2 Tanta diwakili Venansius, kita beralih ke SMP Plus lagi, kali ini laki-laki. Sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Ramdhan. Lihat foto akun FB-nya (screenshot di atas, no.13). Waktu SMP, Ramdhan termasuk bintang kelas dan mampu menjadi seorang pemimpin di kelas bahkan ketua OSIS, satu bakat yang besar untuk modal hidupnya kelak. Badannya yang berisi, membuat teman-temannya menyebut 'Si Chubby'. Kalau sedang boring, Ramdhan diam-diam nampak sering ngupil, hahaha. Seperti Nova, waktu SMA ia juga masuk program akselerasi. Sekarang, Ramdhan sedang kuliah di IPB Bogor.

Setelah Ramdhan, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.

Ramdhan (dulu) :

Ramdhan (belakang/kiri) Saat Musikalisasi Puisi dengan kelompok (nampak serius dan tangannya gatal pengin ngupil) Gaya Ramdhan (depan)yang sok serius kalau mengerjakan tugas/latihan (pas lagi ngisep jempol, untung bukan pas ngupil)

Ramdhan (sekarang) :
LIHAT FOTO KENANGANNYA:
- Foto Musikalisasi Puisi dan foto lainnya
- Foto Candid

Yadi Karnadi: Foto Saya Waktu SMP, SMA, dan Sekarang

Yadi Karnadi: Foto Saya Waktu SMP, SMA, dan Sekarang- Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Kurang lebih 5 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang sudah berbeda.
Saya juga sudah memposting profil Nova Riyanti dan Venansius sebelumnya. Agar adil dan buat yang penasaran bagaimana foto saya waktu SMP dulu, saya buatlah posting ini.

Saya (dulu) :

SMPN 3 SEBAMBAN SMA SEBAMBAN

Saya (sekarang) :

Saat Diklat di Jakarta Tahun 2002 Saat Wisuda Strata-2 Tahun 2012

Venansius: Dulu dan Sekarang

Venansius: Dulu dan Sekarang-
Saya telah menunjukkan seratus Coverboys and Covergirls yang keren-keren. Saat melakukan printscreen pertama kali setelah arsip itu di-posting, saya mengamati wajah-wajah yang ada. Saat itu terpikir untuk membuat arsip (post) ini. Ya, saat memandang wajah-wajah para siswa saya yang telah alumni/lulus, saya teringat foto mereka yang pernah saya abadikan. Kurang lebih 5 tahun, nampaknya wajah mereka sudah berubah (berubah keren, maksudnya). Dulu masih 'cupu' (namanya juga zaman yg telah lalu), sekarang sudah berbeda.
Untuk mengisi masa liburan yang membuat blog ini sepi, saya akan buat terus arsip yang seperti ini. Namun, maaf. Arsip yang seperti ini saya buat saat liburan puasa (tahun ini kebetulan berbarengan dengan libur semesteran) dan tahun ini baru untuk alumni 2008/2009 (alumni tahun 2010 ya pas liburan puasa tahun depan) yang foto 'jadul'-nya masih tersimpan dan juga yang masuk di screenshot di bawah ini.

Setelah Nova Riyanti, saya memilih wakil dari SMPN 2 Tanta alumni 2008. Sesuai hasil printscreen di atas, saya memilih Venansius. Foto akun FB-nya cukup menarik perhatian (Lihat screenshot di atas, no.24). Foto jadulnya saya ambil waktu kegiatan les (tambahan jam belajar sore hari). Waktu SMP, Nansi termasuk bintang kelas. Sekarang, Nansi, nama panggilannya, sedang kuliah di UPN Veteran Yogyakarta. Dia ambil jurusan Teknik Lingkungan Kebumian, suatu pencapaiannya yang turut membuat saya bangga. Ia juga berhasil 'mempermak' foto profil FB-nya menjadi bintang rock. Wajah orientalnya (karena ia dari suku Dayak) lebih mirip dikatakan bintang K-Pop. Hahay....!

Setelah Venansius, siapa giliran selanjutnya? Tunggu saja.

Venansius (dulu) :

Nansi (berdiri paling kiri) saat kegiatan belajar tambahan.


Venansius (sekarang) :

Foto profil Facebook Venansius Venansius, KPop Style (hasil 'tempelan')


Nansi (tengah) dan kelompoknya saat Pentas Memusikalisasi Puisi "Aku"

LIHAT FOTO KENANGANNYA:
- Foto Alumni SMPN 2 Tanta tahun 2008
Daftar Isi Blog ringkasan materi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, contoh soal, hasil belajar siswa, dan info pendidikan. Copas ke blog lain? Cantumkan link sumber!