Siswa Terbaik Bulan Ini (Januari 2013)

Siswa Terbaik Bulan Ini (Januari 2013)--
Selamat untuk siswa-siswi berikut ini. Semoga dapat terus memacu semangat belajar kalian. Bagi yang belum terpilih, jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk mencantumkan namamu di 'mading online ini'.

Kelas 8a:
HEIYINI NR (7,0)

Kelas 8b:
JUNIUS PARETNO MP (7,0)

Kelas 9a:
GABRIELLA STELLA P (8,5)

Kelas 9b:
NOOR APRILIAYANI (8,7)

Hasil Polling: Mengapa Puisi Merupakan Materi yang Paling Sulit Dibanding Prosa dan Drama?

Hasil Polling: Mengapa Puisi Merupakan Materi yang Paling Sulit Dibanding Prosa dan Drama?--
Blog Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu telah melakukan polling (jajak pendapat) mengenai "Mengapa Puisi Merupakan Materi yang Paling Sulit Dibanding Prosa dan Drama?". Jajak pendapat ini dilaksanakan sejak 27 Desember 2012 dan ditutup tanggal 27 Januari 2013.

Seperti terlihat pada screenshot di atas, sebanyak 40 responden atau 48% memilih "Kata-kata dalam puisi sulit dipahami", sebanyak 9 responden atau 11% memilih "Sulitnya ketika mendapat tugas menulis puisi", sebanyak 8 responden atau 10% memilih "Strategi pengajaran guru tidak menarik", sebanyak 7 responden atau 8% memilih "Menakutkan jika tampil membaca puisi", dan sebanyak 19 responden atau 23% memilih "Jawaban lain (selain di atas)".

Ternyata dari hasil polling ini, diketahui bahwa penyebabnya adalah karena siswa mengalami kesulitan ketika memahami isi puisi selain alasan tertentu (responden memiliki alasan sendiri). Dapat disimpulkan pula bahwa sebenarnya tugas menulis puisi, membaca puisi di depan kelas, dan pengajaran guru, bukan hal yang menjadi penyebabnya. Tugas menulis puisi dan membaca puisi tidak menakutkan, justru menyenangkan bagi siswa (ini akan diteliti lebih lanjut).
Terima kasih atas partisipasi kalian mengisi jajak pendapat tersebut....
Untuk selanjutnya, kalian diminta mengisi jajak pendapat:
"Mengapa Kata-kata dalam Puisi Sulit Dipahami?"

Definisi Grafik, Tabel, Bagan, dan Denah

Apakah definisi (arti) grafik, tabel, bagan, dan denah itu? Grafik merupakan visualisasi tabel. Tabel yang berupa angka-angka dapat disajikan dalam bentuk gambar yang disebut grafik.

Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi yang berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem. Informasi pada tabel ditulis urut ke bawah dideret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah dipahami. Tabel menyajikan data yang dapat diklasifikasi secara sistematik dalam jumlah menurut kesatuan tertentu.
Tabel dilengkapi judul tabel. Berdasarkan judul tabel, kamu dapat mengetahui isi tabel secara singkat dan jelas. Judul tabel mengungkapkan apa, di mana, dan bagaimana mengenai data tertentu.
Bagan adalah skema atau gambaran secara analisis dan statistik tentang proses yang terjadi.
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya. Denah juga dapat diartikan sebagai gambar rancangan rumah atau bangunan.



Lebih lanjut, pilih judul berikut:

Cara Menentukan Informasi yang Bertentangan dan Perbedaan Penyajian Berita

Cara Menentukan Informasi yang Bertentangan dan Perbedaan Penyajian Berita--
Informasi memberitahukan peristiwa atau sesuatu yang dilaporkan. Dalam informasi tersebut, terdapat pernyataan yang bertentangan.

A. Cara Menentukan Informasi yang Bertentangan
Informasi bertentangan karena ada informasi yang berkebalikan. Jika informasi menyebutkan kelebihan, ada informasi lain yang menyebutkan kelemahan. Untuk memudahkan menentukan informasi yang bertentangan, carilah kata penghubung yang menyatakan makna hubungan'pertentangan'.

B. Cara Mencari Perbedaan Penyajian
Penyajian berita setiap surat kabar berbeda. Perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H. Selain itu, pertanyaan yang dapat diajukan yaitu berapa. Setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan.

Isi dan Bagian Suatu Teks Bacaan

Isi dan Bagian Suatu Teks Bacaan--
Bacalah paragraf berikut!
1) Salah satu bagian sepeda motor yang penting adalah ban. 2) Biasanya para pengendara kurang memperhatikan hal itu. 3) Mereka kurang memperhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara juga ditentukan oleh kondisi ban. 4) Oleh sebab itu, para pengendara perlu memperhatikan kondisi ban secara berkala.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor. . . .
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
Jawaban: A

Teks merupakan wacana tertulis/bacaan yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Teks/ bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu-sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan utama atau gagasan pokok. Syarat-syarat sebuah paragraf yaitu koheren (berhubungan), kohesif (padu), dan memiliki satu gagasan utama (pokok).

Setiap paragraf harus memiliki gagasan utama. Gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan utama dalam paragraf berfungsi sebagai pengendali informasi atau inti informasi. Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau pada seluruh paragraf.

Isi dalam teks/bacaan dapat diberi kritik berdasarkan informasi yang disajikan. Kritik merupakan tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik atau buruk mengenai sesuatu. Kritik yang diberikan dapat berupa tanggapan positif (baik) atau tanggapan negatif (buruk). Kritik harus disertai alasan yang logis.
Ketika memberi tanggapan, pendapat pun sering diungkapkan.

Penggunaan Huruf Kapital (Huruf Besar)

Penggunaan Huruf Kapital (Huruf Besar)--
Cermati penulisan kalimat berikut.
Gubernur Jokowi memimpin apel l) satpol 2) PP di lapangan 3) monas 4).
Kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf kapital ditandai nomor....
A. 1),2), dan 3)
B. 1),2), dan 4)
C. 1),3), dan 4)
D. 2),3), dan 4)

Huruf kapital digunakan untuk:
a. huruf awal kata awal kalimat;
b. huruf awal nama orang;
c. huruf awal nama kota, desa, negara, dan provinsi;
d. huruf awal nama bahasa dan bangsa;
e. huruf awal nama diri gunung, danau, laut, dan sungai;
f. huruf awal judul buku cerita atau puisi;
g. huruf awal ungkapan yang berhubungan dan menggantikan sebutan Tuhan;
h. huruf awal nama hari dan bulan;
i. huruf awal nama jabatan diikuti nama diri, instansi, atau daerah tertentu;
j. huruf awal setiap kata nama negara, dokumen negara, serta dokumen resmi negara;
k. huruf awal pada hal atau benda yang berhubungan dengan budaya suatu daerah.

Jadi, kalimat tersebut dapat diperbaiki menjadi
Gubernur Jokowi memimpin apel Satpol PP di Lapangan Monas.
Jawab: D

Pemberian Nama Anak dengan Menggunakan Akronim

Pemberian Nama Anak dengan Menggunakan Akronim--
Di sebuah acara arisan, empat ibu yang sedang hamil membicarakan nama calon bayinya.
Ibu ke-1: "Bayi saya mau saya beri nama Irni. Karena bapaknya Irfan, ibunya Nani."
Lalu ibu ke-2 berkata: "Bayi saya mau diberi nama Devi. Sebab bapaknya Dedi ibunya Vina."
Ibu ke-3 pun tak mau kalah dan berkata: "Kalau saya mau saya beri nama Vino. Biar jadi artis. Nama bapaknya kan Vijay, ibunya Nofi."
Ibu yang ke-4 diam saja. Terus ditanya oleh ketiga temannya, "Mengapa kamu diam saja?"
Ibu ke-4 pun menjawab: "Ehhm... Mau bicara apa lagi, suami saya namanya Basuki dan
saya Kokom. Masa sih mau diberi nama Baskom.....?!"

Hehe........ Keempat ibu di atas membuat nama bagi anaknya dengan menggunakan singkatan atau lebih tepatnya akronim. Akronim adalah singkatan yang menggunakan beberapa huruf dari kata yang disingkat. Penulisannya harus menggunakan huruf kapital untuk huruf pertama saja.
Berbeda dengan singkatan, karena mengambil huruf pertama saja dari kata yang disingkat, maka tiap huruf ditulis menggunakan huruf besar.

Contoh akronim: Akabri (Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat), Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional).

Contoh singkatan: KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Efek Dihapusnya Label RSBI/SBI

Efek Dihapusnya Label RSBI/SBI--
Kekecewaan diungkapkan seorang guru di SDN 011, Mudofar. Ia mengaku sedih karena sekolahnya yang ditunjuk sebagai sekolah RSBI pada 2008, kini kehilangan predikat bergengsi itu. Sebab untuk mendapatkan label RSBI terbilang sulit.
Namun, kini justru MK mengeluarkan keputusan yang terbilang sangat cepat, yakni menghapus RSBI. "Saya agak kecewa juga," ucap Mudofar.
Ia berpikir realistis, penghapusan RSBI itu akan diikuti dengan penurunan fasilitas pendukung kegiatan belajar-mengajar. Sebab, selama ini kegiatan peningkatan mutu pendidikan murid didanai dari donasi orantua murid, seperti donasi "English Club" sebesar Rp 210 ribu per bulan.
"Nantinya fasilitas pasti akan berkurang. Mungkin AC atau kelas-kelas tambahan lain. Karena sekolah kan enggak dapat donasi lagi dari wali murid," kata Mudofar.
Ia menceritakan, pihak sekolahnya harus mengeluarkan dana jutaan rupiah untuk sejumlah pengeluaran rutin bulanan. Untuk biaya listrik saja mencapai Rp 9 juta per bulan. Dana pengeluaran akan bertambah dengan adanya pembayaran tagihan internet, biaya murid mengikuti perlombaan, dan honor untuk guru pengajar bahasa Inggris.
"Guru bahasa Inggris-nya enggak mau dibayar pakai rupiah, mereka maunya pakai dolar AS," ujarnya.
"Di sini sudah paling murah Rp 210.000. Kalau di sekolah lain bisa sampai Rp 500.000. Donasi itu semuanya akan kembali ke siswa. Sekolah enggak tahu sama sekali mengenai pengelolaan uang tersebut," kata dia (Tribunnews).

Tokoh | Bepe (Bambang Pamungkas) Masuk 10 besar Pemain Terbaik Asia 2012 Versi ESPN

Tokoh | Bepe (Bambang Pamungkas) Masuk 10 besar Pemain Terbaik Asia 2012 Versi ESPN--
Nama Yuto Nagatomo tentu sudah tak asing lagi. Ia berkembang pesat sejak bergabung dengan tim Serie A, Inter Milan. Bahkan, ia berhasil menjadi pemain inti bagi Nerazurri. Soal nama boleh saja ada di atas, namun untuk urusan penilain, masyarakat pecinta sepak bola Indonesia patut berbangga.
Ternyata andalan timnas Jepang tersebut masih kalah kualitas dibanding dengan legenda hidup timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Bambang Pamungkas.
Pasalnya, dalam penilaian jajaran pemain terbaik Asia 2012 versi ESPN, Bepe mampu berada di atas Nagatomo. Tidak hanya itu, pemain asal Diklat Salatiga juga unggul dari kiper yang berlaga di Premiership bersama Wigan Athletic, Ali Al-Habsi.
Praktis, Bepe hanya kalah kelas dibanding sederet pemain bintang papan atas Asia, seperti Omar Abdulrahman asal Uni Emirat Arab, gelandang Jepang yang kini bergabung dengan Manchester United, Shinji Kagawa, Koo Ja-cheol dari klub Bundesliga, FC Augsburg dan andalan timnas Korea Selatan, Lee Keun-ho (Ulsan Horangi).
Tak pelak, nama Bepe praktis masih berstatus sebagai pesepakbola terbaik Indonesia. Meski sudah menginjak usia 32 tahun, Bepe masih bisa beradu kualitas dengan pemain asal Asia yang berkarier di seantero dunia. Uniknya, ia tercatat yang paling senior, karena sembilan pemain lain usianya lebih muda dari Bepe.
Beberapa pemain bahkan jauh lebih muda seperti Omar Abdulrahman (21), Shinji Kagawa (23), Koo Ja-cheol (23), Amjad Radhi (22), serta Rozaimi Abdul Rahman (20). Bukan hanya nama besar, cetak mencetak gol, dan pengalaman di sepak bola Indonesia yang membuat Bepe dipilih oleh ESPN, tetapi sikap dan kepemimpinan Bepe sebagai pemain baik di dalam maupun di luar lapangan yang membuatnya dipilih masuk 10 besar Pemain Terbaik Asia.
"Terkadang bukan hanya soal mencetak gol, Bambang melakukannya lagi, mencetak 16 gol untuk klub, cintanya, Persija Jakarta, tetapi ia telah berbuat banyak, sangat banyak. Menjadi juru bicara untuk para pemain di Indonesia, negara sepak bola bermasalah, yang melelahkan karena tidak mendapatkan gaji tepat waktu, Bepe menunjukkan visi dan kepemimpinannya," demikian pernyataan ESPN.
"Ia juga cukup lantang untuk bersuara menentang dua liga dan dua kepengurusan sepak bola di Indonesia, serta terus berusaha menyatukan tim nasional demi fan. Sangat sulit pemain lain meniru apa yang dilakukan Bambang di lapangan, tetapi semua bisa belajar dari seorang Bepe," lanjut pernyataan ESPN terhadap legenda hidup yang tengah memperjuangkan hak para pemain yang gajinya belum dibayar oleh sebagian besar klub ISL dan IPL tersebut.
Bepe sendiri sangat mensyukuri penghargaan dari ESPN tersebut. "Sejujurnya tidak pernah terpikir dalam benak saya untuk masuk dalam daftar tersebut. Jika apa yang saya lakukan diapresiasi positif oleh media asing, maka untuk itu saya sangat bersyukur," Bepe.
"Ini adalah bukti bahwa persepakbolaan kita masih dipandang oleh dunia internasional. Akan tetapi sayangnya dalam dua tahun terakhir apa yang tergambar dari wajah sepak bola kita hampir semuanya negatif," kata Bepe yang dikutip Tribun Jakarta dari Bolanews.com saat ditemui di kantor manajernya di Munial Sports Group (MSG), Kemang, Jakarta, Rabu (10/12).

TULISAN BEPE DI BLOG PRIBADINYA TERKAIT KISRUH SEPAKBOLA INDONESIA
Melalui tulisan terbaru di blog pribadinya, Bepe mengungkapkan uneg-uneg dan alasan kenapa ia bersikap tegas, dengan cara tidak mau menandatangani kontrak baru.
Bambang Pamungkas mengatakan, kasus meninggalnya Diego Mendieta seharusnya menjadi pelajaran dan menyadarkan semua pihak, terutama para pengurus sepakbola dan klub di Indonesia.
“Betapa semena-menanya sebuah klub di negeri ini memperlakukan pemainnya. Walau memang pada kenyataannya tidak semua klub berlaku demikian, akan tetapi hal tersebut setidaknya dapat menjadi bukti jika rasa saling menghargai itu sudah tidak ada lagi,” ujar Bambang Pamungkas dikutip Tribunnews.com dari blog pribadinya (bambangpamungkas20.com), Kamis (10/1/2012).
Bambang Pamungkas mengatakan, di Indonesia sepakbola sudah tidak lagi menjadi olahraga masyarakat. Sepakbola, kata dia, sudah menjadi olahraga para elit pengurus, yang mengatasnamakan rasa cinta terhadap sepakbola sebagai topeng, di balik segala hal bermuatan politik di belakangnya.
“Mereka tidak lagi memikirkan akibat yang akan diterima oleh para pelaku di lapangan dan juga masyarakat yang benar-benar mencintai olahraga paling populer di dunia ini,” ujarnya.
Oleh karena itu, kata Bepe, sekarang adalah saat di mana pemain harus mulai berani untuk mengambil sikap. Sekarang adalah saatnya pemain sadar jika mereka adalah aset, mereka adalah faktor penting, dan sebuah komponen berharga dalam bergulirnya sebuah kompetisi sepakbola.
"Mungkin kita tidak dapat merubah nasib generasi sekarang, akan tetapi setidaknya kita dapat mencoba menata sebuah pondasi yang kokoh untuk generasi yang akan datang," imbuhnya (Tribunnews).

Inilah Alasan Mengapa RSBI Ada

Inilah Alasan Mengapa RSBI Ada--
Pembahasan mengenai RSBI sudah dimulai sejak akhir tahun 1999 dan awal tahun 2000-an. Alasan dilakukannya pembahasan antara lain;
1. Di tahun 90 banyak sekolah yang didirikan oleh suatu yayasan dengan menggunakan identitas internasional tetapi tidak memiliki kejelasan kualitas dan standarnya.
2. Banyak orang tua yang mampu secara ekonomi memilih menyekolahkan anaknya ke luar negeri.
3. Belum ada payung hukum yang mengatur penyelenggaraan sekolah internasional
4. Perlunya membangun sekolah berkualitas sebagai pusat unggulan pendidikan.
5. Berdasarkan fenomena di atas, pemerintah mulai mengatur dan merintis sekolah bertaraf internasional.
6. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia perlu pengakuan secara internasional terhadap kualitas proses dan hasil pendidikannya.
Kemudian, sekolah RSBI mulai dikembangkan oleh pemerintah pada tahun 2005 dengan syaratyang cukup berat bagi sekolah yang ingin mendapatkan status sebagai sekolah RSBI.
Payung Hukum Sekolah RSBI :
1. Undang-undang No. 20/2003 (Sistem Pendidikan Nasional) pasal 50 ayat 3. Yakni :"Pemerintah dan/ atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional" (Dicabut)
2. Undang-undang No.32/2004 (Pemerintah Daerah).
3. Peraturan Pemerintah No.19/2005 (Standar Nasional Pendidikan).
4. Peraturan Pemerintah No. 38/2007 (Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota).
5. Peraturan Pemerintah No. 48/2008 (Pendanaan Pendidikan).
6. Peraturan Pemerintah No.17/2010 (Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan).
7. Permendiknas No.63/2009 (Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan).
8. Permendiknas No.78/2009 ( Penyelenggaraan SBI pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah) (Tribunnews).

Mahkamah Konstitusi Hapus Label Sekolah RSBI/SBI

Mahkamah Konstitusi Hapus Label Sekolah RSBI/SBI--
Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan Pasal 50 ayat 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
Pasal yang mengatur Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di bawah sekolah-sekolah pemerintah itu dinilai bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.
"Mengadili, menyatakan, mengabulkan permohonan para pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua MK, Mahfud MD saat membacakan putusan alam sidang di Gedung MK, Jakarta, Selasa (8/1/2012).
MK mempunyai sejumlah pertimbangan dalam pembatalan RSBI/SBI tersebut.
Dalam pertimbangannya, MK berpendapat sekolah bertaraf internasional di sekolah pemerintah itu bertentangan dengan UUD 1945, RSBI menimbulkan dualisme pendidikan, kemahalan biaya menimbulkan adanya diskriminasi pendidikan, pembedaan antara RSBI/SBI dengan non RSBI/SBI menimbulkan adanya kastanisasi pendidikan.
Pertimbangan selanjutnya, yakni penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam tiap mata pelajaran dalam sekolah RSBI/SBI dinilai dapat mengikis jati diri bangsa, melunturkan kebanggaan generasi muda terhadap penggunaan dan pelestarian bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa.
"Pendidikan nasoional tidak bisa lepas dari akar budaya dan jati diri bangsa. Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pada RSBI/SBI akan menjauhkan pendidikan nasional dari akar budaya dan jiwa bangsa Indonesia," ujar hakim anggota MK.
Terhadap putusan MK ini, hakim Achmad Sodiki menyatakan pendapat berbeda (dissenting opinion).
Menurut Sodiki, tidak ada satu pun kata dalam Pasal 50 ayat 3 UU Sisdiknas yang dapat dimaknai bahwa pemerintah telah melanggar UUD 1945. "Juga tidak ada kata dalam pasal tersebut yang dapat dimaknai liberalisasi, diskriminasi, atau hal yang menyinggung jati diri bangsa Indonesia yang berbahasa Indonesia," kata Sodiki.

Sementara itu, juru bicara sekaligus hakim anggota Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar menjelaskan bahwa dengan keputusan MK itu, maka sekitar 1.300-an RSBI/SBI yang ada di bawah pemerintah saat ini dihapuskan. Selain itu, tidak ada lagi penyelenggaraan satuan pendidikan berkurikulum internasional.
"Yah itu (Sekolah RSBI) menjadi biasa," kata Akil Mochtar usai pembacaan putusan di Gedung Mahkamh Konstitusi, Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Para pemohon uji materi (judicial review) menyambut gembira putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menghapus keberadaan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) melalui pembatalan Pasal 50 ayat 3 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
"Yang pertama, atas putusan MK ini kami sangat mengapresiasi. Ternyata, MK juga sevisi untuk menjadikan bangsa Indonesia maju," kata anggota tim advokasi pemohon Wahyu Wagiman, usai sidang pembacaan putusan di Gedung MK, Jakarta, Selasa (8/1/2013).
Menurut Wahyu, dengan putusan ini, maka MK sevisi bahwa pemerintah mempunyai kewajiban memberikan fasilitas, sarana, dan prasarana pendidikan yang sama terhadap semua warga negara. Sebab, dengan keberadaan RSBI/SBI selama ini justru menunjukan adanya perbedaan perlakuan terhadap sekolah yang non-RsBI/SBI.
"Pemerintah dituntut untuk memberikan fasilitas yang sama. Di manapun ia berada, kaya dan miskin harus mendapat pendidikan yang setara," tegas Wahyu.
Dari putusan MK ini, lanjut Wahyu, pesan yang paling penting adalah pemerintah harus segera membubarkan sekolah berlabel RSBI/SBI. Untuk itu, Mendiknas juga harus segera mencabut Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tentang penyelenggaraan sekolah bertaraf internasional.
"Secara otomatis, pemerintah harus menghaspukan semua praktek yang berkaitan dengan RSBI. Karena kalau tidak dihapus, kami tentu akan melihat proses dari pemerintah. Apakah Permendiknas 78/2009 akan diekskekusi, kami belum lihat implementasi," tukasnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh meminta orangtua yang anaknya menjadi siswa RSBI tidak khawatir usai Mahkamah Konstitusi(MK) dalam putusannya membubarkan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Mohammad Nuh mengatakan bahwa semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada tiap jenjang pendidikan tidak boleh menurun meski status sekolah RSBI sudah tidak lagi menempel. Untuk itu, tidak perlu ada kekhawatiran dengan keluarnya putusan ini.
"Tetap saja bagi orang tua tidak perlu khawatir, anak tetap sekolah seperti biasa. Belajarnya tetap. Guru juga harus tetap semangat. Tanpa RSBI, juga bisa jadi lebih baik," kata Nuh saat jumpa pers pasca putusan MK atas pembatalan RSBI, di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Selasa (8/1/2013).
Ia juga menambahkan bahwa kementerian juga tetap memiliki semangat untuk mendorong sekolah yang punya kesempatan menjadi sekolah baik dengan memberikan hibah. Pemberian hibah ini juga didasarkan pada kinerja masing-masing sekolah.
"Jadi block grant ini nanti bisa diubah jadi semacam hibah bagi sekolah yang mampu meningkatkan dan mempertahan kualitas," jelas Nuh.
Seperti diketahui, sekolah RSBI ini berhak menerima subsidi dari pemerintah berbentuk dana block grant. Namun seiring dengan dicabutnya status RSBI, maka dana block grant ini rencananya akan dialihkan dalam bentuk hibah kompetisi.
"Nantinya bisa jadi di sekolah menengah dan dasar ada hibah itu sehingga bisa jadi berkualitas," ujarnya (Tribunnews).

Sejarah Saya di Facebook

Sejarah Saya di Facebook-- Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2004 silam sampai hari ini Indonesia menjadi negara kedua setelah Amerika dengan jumlah pengguna facebook terbanyak.

Setiap orang termasuk saya pasti memiliki kenangan tersendiri dengan akun facebooknya karena kebiasaan banyak facebooker mengumbar sesuatu melalui update status baik itu rasa sayang, marah, bahkan mencaci-maki orang lain.

Apakah kamu masih ingat dengan status facebook yang kamu buat satu tahun yang lalu? Atau mungkin kamu masih ingat dengan status facebook pertama kamu? Pasti menyenangkan saat kita mengingat apa yang kita alami saat membuat status tersebut.

Pertama kali saya bergabung: 23 Maret 2009.

Yang saya posting pertama kali: Tautan dan foto (7 Agustus 2009)

Sapaan dinding yang pertama (10 Agustus 2009) dari https://www.facebook.com/iidmw:
"Assalamualaikum....
Pa kabarnya neh pak Yadi.....????
Masih ngajar di Primagama???"

Update status yang pertama (14 Agustus 2009):
"Hari ini, 14 Agt, hr Pramuka. Hari ini sidang MPR/DPR lupa mnyanykn lagu Indonsia Rya. Dan smpai hr ini, Noordin Memang Top msh brkliarn."

Pengomentar yang pertama (14 Agustus 2009) dari https://www.facebook.com/deeyah.ayra:
"benar - benar NORDIN "TOP BGT"...:)"

Nah, jika kamu termasuk orang yang senang bernostalgia ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menengok kembali status facebook yang pernah kamu buat dulu. Kamu hanya membutuhkan ponsel dengan opera mini atau UC browser yang terinstal didalamnya. Kunjungi alamat http://apps.facebook.com/mystatuses/newestfirst. Atau bisa juga melalui kronologi kita, klik tahun yang tertera di samping kanan layar (Saya menggunakan cara yang kedua ini).

Yang menjadi pertanyaan saya, siapakah yang menjadi teman saya yang pertama? Facebook, bisa jawab?

Tokoh | Mulyadi, Kiper Juventus Keturunan Indonesia yang Masih Muda

Tokoh | Mulyadi, Kiper Juventus Keturunan Indonesia yang Masih Muda-- Satu lagi pemain berdarah Indonesia sedang meniti karir di kompetisi Serie A. Setelah Radja Nainggolan yang berdarah batak melejit bersama, Cagliari. Kini muncul nama Emil Audero Mulyadi, kiper keturunan Indonesia yang bermain untuk tim junior Juventus.
Emil Audero Mulyadi, nama belakang yang khas Indonesia ini lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 18 Januari 1997 silam. Menurut situs football-talents, Mulyadi saat ini adalah kiper utama Juventus U-17.

Performa gemilangnya bahkan sempat memikat perhatian pelatih tim utama Juventus, Antonio Conte yang mengajaknya berlatih bersama dengan tim utama. "Mimpi, berlatih bersama tim utama," tulis Mulyadi dalam akun twitter miliknya.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas perhatian besar masyarakat Indonesia. Emil yang berdarah Indonesia ini mengucapkan terima kasih via twitter pribadinya.

Dengan bahasa Italia, Emil berkicau, "Grazie a tutti, per il sostegno!! abbracci a tutti (terjemahan bebas: terima kasih untuk segala dukungannya. Peluk hangat untuk semua)," tulisnya di akun @EmilAudero.

Emil pun menunjukkan terima kasihnya secara khusus kepada masyarakat Tanah Air dengan menuliskan kata dalam bahasa Indonesia, "Terima kasih,"

Ucapan Emil tidak terlepas derasnya perhatian dari masyarakat Indonesia usai dirinya bergabung dalam latihan tim senior Juventus. Emil pun digadang-gadang menjadi kiper masa depan Juventus dan timnas Italia.

Emil Audero Mulyadi adalah pria kelahiran kota Mataram, 15 tahun yang lalu. Sekitar tiga tahun yang lalu, Emil masih bermukim di Indonesia. Ayahnya pun hingga kini masih menyamdang status WNI. Dua tahun yang lalu, Emil memutuskan mengasah karier sebagai pesepak bola di tanah kelahiran sang ibu, Italia.

Keputusan Emil terbukti tepat. Hanya beberapa bulan setelah berkarier di Italia, dia direkrut Juventus. Tidak hanya itu, Emil pun menjelma menjadi pemain utama di tim Juventus U-17 dan timnas Italia U-15.

Jika Gianluigi Buffon nantinya pensiun, bukan tidak mungkin Mulyadi yang akan menggantikannya menjaga gawang Nyonya Tua. Mulyadi juga masih berkesempatan untuk membela Timnas Indonesia, meski dirinya sudah pernah tampil membela Timnas Italia U-15 (Bolanet dan Republika).

Perbandingan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Bahasa Malaysia

Perbandingan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Bahasa Malaysia--
Bahasa memang unik. Kadang-kadang, kata-kata antar bahasa di daerah kita (antarsuku) membuat kita tersenyum karena terkesan lucu. Suatu kata yang sama, kadang memiliki makna yang berbeda untuk daerah lain. Bagaimana dengan bahasa antarnegara? Yah, kurang lebih begitu juga. Antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pun, idem dito, sama.
Nah, berikut perbandingan bahasa Indonesia dengan bahasa Malaysia.

Indonesia : Anak
Malaysia : Budak

Indonesia : Beli 2 gratis 1
Malaysia : Beli 2 percuma 1

Indonesia : Penghapus (setip)
Malaysia : Pemadam

Indonesia : Penyelundup
Malaysia : Pemburu haram

Indonesia : kepala sekolah
Malaysia : guru besar

Indonesia : kamar
Malaysia : bilik

Indonesia : Angkatan Darat,
Malaysia : Tentera Darat

Indonesia : Angkatan Udara,
Malaysia : Tentera Udara

Indonesia : Merayap
Malaysia : Merayap/ menyusur

Indonesia : Rumah sakit bersalin,
Malaysia : Hospital bersalin

Indonesia : Belok kiri, belok kanan,
Malaysia : Pusing kiri, pusing kanan

Indonesia : Departemen Pertanian
Malaysia : Kementerian/Jabatan Pertanian

Indonesia : Gratis bicara 30 menit,
Malaysia : Percuma berbual 30 minit

Indonesia : Tank*
Malaysia : Kereta Kebal

Indonesia : Kedatangan,
Malaysia : Kehadiran/ Ketibaan

Indonesia : Rumah sakit jiwa,
Malaysia : Hospital sakit jiwa

Indonesia : Dokter ahli jiwa,
Malaysia : Pakar jiwa

Indonesia : Toilet*
Malaysia : Tandas

Indonesia : Traktor,
Malaysia : Jentolak

Indonesia : Tidur siang,
Malaysia : Tidur

Indonesia : push up*
Malaysia : tekan tubi

*Ket:
Tank, Toilet, dan Push Up merupakan kata bahasa Inggris yang sudah diserap ke bahasa Indonesia.

Buat sahabat dari negara tetangga, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak sesuai, silakan dikoreksi di kolom komentar. Terima kasih....
(Posting ini telah mengalami pengeditan dari perbandingan yang pernah admin kutip dari sumbernya. Pengeditan berdasarkan info dari form komentar.
Update: 1 April 2013)

Jack Brown, Bocah Indonesia Pemenang The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School

Jack Brown, Bocah Indonesia Pemenang The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School--
Biografi tokoh selalu menarik diikuti. Berikut saya kutip sebuah kisah hidup Jack Brown, pesepakbola cilik harapan Indonesia di masa depan. Yuk, kita simak dan kalian bisa ambil manfaat dan hal-hal yang patut diteladani darinya:
Satu lagi putra terbaik bangsa menyabet prestasi membanggakan dalam bidang sepak bola di kancah dunia. Dialah Jack Brown, seorang anak berusia 11 tahun keturunan Indonesia-Inggris yang baru saja menyabet gelar penghargaan "The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School" sebagai siswa terbaik di Akademi Setan Merah tersebut.
Meski usianya relatif terbilang muda, Jack mampu membuat para juri dan konsestan lain terkesan dengan kemampuannya mengolah bola saat mengikuti kejuaraan MUSS di Old Trafford, Manchester.

Di stadion kebesaran kota Manchester itu, ia berhasil menjadi yang terbaik dengan menyisihkan 30 anak pemenang dari babak kualifikasi yang digelar di 25 negara.
Awal keikutsertaan Jack bermula ketika kedua orangtuanya, Indah Brown dan Lance Brown mengikutsertakannya dan sang kakak, George Brown, di summer camp MUSS Singapore pada Juli 2012. Pemusatan latihan akademi itu sendiri sempat diadakan di Senayan, Jakarta, dengan jumlah peserta mencapai 250 anak yang berusia antara enam tahun sampai 16 tahun.

Di Jakarta, Jack mendapat poin 600, yang merupakan ranking tertinggi dalam ajang tersebut. Walhasil, ia pun langsung menuju Old Trafford untuk mengikuti babak final dan tidak perlu mengikuti babak penyisihan di Singapura bersama enam pemenang dari Jakarta lainnya.

Salah satu hal menarik ketika Jack dinobatkan sebagai pemenang penghargaan tersebut adalah ketika dia ditanya mengenai asalnya oleh pelatih MU, Sir Alex Ferguson. Dengan polos, penggemar Wayne Rooney itu pun mengatakan, bahwa dirinya berasal dari Indonesia.
"Itu dia ucapkan di depan 30 konsestan lainnya. Saat menerima piala, pembawa acara kemudian menyebut bahwa pemenang The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School adalah Jack yang berasal dari Indonesia. Sekitar 70 ribu penonton yang berada di Old Trafford pun langsung bersorak. Ini sangat membanggakan bagi kami," ujar Indah Brown saat berbicang dengan Kompas.com yang dikutip Tribunnews.com di Jakarta, Senin (31/12/2012). Saat itu, Sir Alex Ferguson pun sempat berkata, "Apakah kamu orang Indonesia? Wow, itu sangat menarik!"

Seolah, Merah Putih pun berkibar di Old Trafford. Dan, sang pengibar itu adalah bcah 11 tahun bernama Jack Brown tersebut.
Bakat bola

Lahir di Jakarta, 2 November 2001, sepak bola telah lekat dalam kehidupan Jack sejak kecil. Ia memulai karier sepak bolanya pada usia enam tahun saat didaftarkan kedua orangtuanya ke Akademi Sepak Bola Arsenal dan MU di Dubai. Di kedua akademi tersebut, pemain yang berposisi sebagai striker ini berlatih selama enam hari dalam seminggu untuk mengasah kemampuannya.

Selain di akademi sepak bola, Jack juga sering menyempatkan berlatih di halaman rumahnya bersama sang kakak. Tak jarang juga, ia menggunakan waktu luangnya untuk membaca sejumlah koleksi buku autobiografi para penggawa Setan Merah yang dibelikan oleh kedua orang tuanya.
"Aku sudah selesai membawa buku Wayne Rooney dan Paul Scholes. Aku punya juga buku Ryan Giggs, tetapi belum sempat aku baca," ujar Jack.

Atas usahanya menekuni sepak bola, karier sepak bola Jack pun bisa terbilang istimewa. Ia dua terpilih sebagai Best Player of the Year of Sony Turnament 2010 dan 2012 lalu Dubai English Speaking School Tournament 2011 dan 2012. Selain itu, ia juga didaulat menjadi The Best Midfielder 2012 di IFA Tournamen.
Jack mengaku, sangat senang bisa meraih sejumlah prestasi tersebut. Apalagi, ia bisa bersalaman dengan Ferguson dan sejumlah pemain inti MU, termasuk Rooney yang menjadi idolanya. "Ini adalah momen terbaik dalam hidupku. Aku sangat senang sekali bertemu dan bersalaman dengan mereka," katanya.

Di kejuaraan itu, Jack mengalahkan pesaingnya yang usianya rata-rata lebih tua. Bahkan, ia berhasil mengalahkan wakil dari Inggris, Alex, yang merupakan juara bertahan The World Final Skill Test MU Soccer School. "Jack menang tahun dengan dengan skor tertinggi selama tiga tahun terakhir. Dulu David Beckham juga ikut kejuaraan ini saat usianya 10 tahun dan hanya mendapatkan juara tiga," tambah sang ibunda, Indah.
Indonesia

Saat ini, Jack memang sedang diproyeksikan menjadi pemain sepak bola handal oleh kedua orang tuanya. Meski bercita-cita untuk menjadi bagian dari skuad MU dan Inggris, Jack tidak memungkiri suatu saat nanti dirinya juga akan bisa membela tim nasional Indonesia.
"Insya Allah, aku harap bisa begitu (membela timnas Indonesia)," kata Jack yang cukup fasih berbahasa Indonesia ini.

Jack sendiri mengetahui sejumlah pemain anyar skuad Garuda seperti Andik Vermansah, Irfan Bachdim, Cristian Gonzales, dan Markus Horizon. Ia mengaku beberapa kali melihat pemain nasional idolanya tersebut saat bertanding membela nama Indonesia dalam sejumlah turnamen Asia di televisi.

Setelah lulus sekolah tingkat dasar, Jack sendiri berencana akan melanjutkan pendidikannya di Inggris karena mendapat beasiswa dari sekolahnya di Dubai. Di negeri sepak bola tertua itu, penggemar Rooney tersebut berencana akan kembali masuk ke akademi sepak bola untuk mengasah kemampuannya demi mencapai cita-citanya tersebut. Hmm, mudah-mudahan tak berubah menjadi WNA saja ya, Jack!!

Biodata Jack
Nama Lengkap: Jack Alan Brown.
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 2 November 2001
Orang Tua: Lance Brownd dan Indah Brown.
Kakak: George Brown.
Hobi: Sepak bola, rugby, renang.
Sekolah: Jumeirah Primary School (Tingkat 6)
Prestasi: The World Final Skill Test MU Soccer School 2012, Football Tournament Dubai English Speaking School (2011 dan 2011), Best Player of the Year of Sony Turnament (2010 dan 2012), The Best Midfielder IFA Tournamen (2011) (Sumber: Tribunnews).
Daftar Isi Blog ringkasan materi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, contoh soal, hasil belajar siswa, dan info pendidikan. Copas ke blog lain? Cantumkan link sumber!