Home » » SEA Games 2013: Timnas U-23 Gagal Penuhi Ambisi?

SEA Games 2013: Timnas U-23 Gagal Penuhi Ambisi?

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 16 December 2013

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info SEA Games 2013: Timnas U-23 Gagal Penuhi Ambisi?--
SEA Games 2013: Timnas U-23 Gagal Penuhi Ambisi?
Perjalanan timnas U-23 di ajang di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2013, begitu tertatih-tatih. Di awal kiprahnya, di babak penyisihan grup, Garuda Muda susah payah mengalahkan Kamboja dengan skor hanya 1-0 pada Senin (9/12/2013), kemudian menelan kekalahan 1-4 dari Thailand pada Kamis (12/12/2013), lantas hanya bermain imbang 0-0 dari Timor Leste. Di sisi lain, hasil imbang 1-1 antara dua pemuncak grup, Thailand dan Myanmar, menambah berat peluang lolos Garuda Muda.

Skuat asuhan pelatih Rahmad Darmawan saat ini berada di peringkat ketiga klasemen Grup B dengan nilai 4. Berada di bawah Thailand dan Myanmar yang masing-masing telah mengumpulkan nilai 7 dengan selisih gol 7-2 (Myanmar) dan 8-3 (Thailand). Di pertandingan terakhir, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Myanmar, Senin (16/12/2013). Meskipun nanti meraih kemenangan dari tuan rumah, namun Indonesia harus menang dengan skor selisiih 4 gol. Pertanyaannya, mampukah? Mengingat Myanmar mampu mengalahkan Kamboja dengan skor 3-0 dan Timor Leste dengan skor 3-1. Mengingat pula, Kamboja tak mungkin menang melawan Thailand di pertandingan akhir grup ini.

Tertutupkah kans Garuda Muda? Ternyata belum!!!

Belakangan, baru diketahui kalau penentuan grup ditentukan head-to-head, bukannya produktivitas gol.
Sistem head-to-head ini mengacu pada aturan resmi AFC (konfederasi sepak bola Asia) sedangkan produktivitas mengacu pada AFF (federasi sepak bola ASEAN). Dalam aturan FIFA dan AFF, tim-tim yang memiliki poin sama, tim dengan selisih gol lebih baik berhak melaju ke babak selanjutnya.
Sedang aturan di bawah AFC, jika terdapat situasi seperti ini, yang menjadi pertimbangan pertama adalah head-to-head di antara kedua tim. Tim yang unggul head-to-head akan berhak lolos. Jadi, cukup menang dengan berapapun jumlah gol-nya, Garuda Muda berhak lolos.
Situs resmi AFF memastikan SEA Games 2013 menggunakan regulasi Asosiasi Sepakbola Asia (AFC).

Akankah kegagalan di SEA Games 2013 membuat Indonesia harus mengubur impian meraih medali emas di pesta olahraga antar negara di kawasan Asia Tenggara? Seperti diketahui, Indonesia terakhir kali meraih medali emas di SEA Games 1991 di Filipina.

tribunnews.com
.


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara