728x90 AdSpace

19 December 2013

SEA Games 2013: Jelang Semifinal Indonesia vs Malaysia

SEA Games 2013: Jelang Semifinal Indonesia vs Malaysia
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info SEA Games 2013: Jelang Semifinal Indonesia vs Malaysia-- Laga ulangan final SEA Games 2011 antara timnas Indonesia U-23 melawan Malaysia bakal terulang di laga Semifinal tahun ini. Rahmad Darmawan pun bakal kembali beradu taktik dengan Ong Kim Swee. Kedua tim kembali bertemu setelah Malaysia menjuarai grup A dan Indonesia menjadi runner up grup B, sedang semifinal lainnya mempertemukan runner up grup A Singapura dan juara grup B Thailand.

Hasil pertandingan Timnas U-23 di grup B:
Indonesia 1-0 Kamboja
Indonesia 1-4 Thailand
Indonesia 0-0 Timor Leste
Indonesia 1-0 Myanmar

Klasemen Akhir Grup B (Main-Menang-Seri-Kalah-Selisih Gol-Nilai):
1.Thailand: 4 2 2 0 8-3 8
2.Indonesia: 4 2 1 1 3-4 7
3.Myanmar: 4 2 1 1 7-3 7
4.Timor Leste: 4 1 1 2 5-8 4
5.Kamboja: 4 0 1 3 2-7 1

Indonesia lolos ke semifinal karena penentuan lolos tidaknya tim bukan berdasarkan produktivitas gol, melainkan karena unggul head-to-head dengan Myanmar. Sistem head-to-head ini mengacu pada aturan resmi AFC (konfederasi sepak bola Asia) sedangkan produktivitas gol mengacu pada AFF (federasi sepak bola ASEAN). Dalam aturan FIFA dan AFF, tim-tim yang memiliki poin sama, tim dengan selisih gol lebih baik berhak melaju ke babak selanjutnya.
Sedang aturan AFC, jika terdapat situasi seperti ini, yang menjadi pertimbangan pertama adalah head-to-head di antara kedua tim. Tim yang unggul head-to-head akan berhak lolos. Jadi, cukup menang dengan berapapun jumlah gol-nya, Garuda Muda berhak lolos. Situs resmi AFF memastikan SEA Games 2013 menggunakan regulasi Asosiasi Sepakbola Asia (AFC).

Head to head Indonesia vs Malaysia
Perjumpaan pertama tim 'Merah Putih' dengan Malaysia terjadi di SEA Games Malaysia tahun 1977. Saat itu Indonesia berhasil memetik kemenangan 2-1 di babak penyisihan grup berkat gol dari Iswadi Idris dan Hadi Ismanto.

Usai laga pertama itu, Indonesia lantas kembali berduel sebanyak 13 kali dalam ajang pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu. Ditilik dari sejarah pertemuan Indonesia dan Malaysia di SEA Games, keduanya telah bersua sebanyak 14 kali dan uniknya kedudukan saat ini masih imbang, yaitu Indonesia dan Malaysia sama-sama menang enam kali, sementara dua laga sisanya berakhir imbang. Dalam jumlah gol, Indonesia masih bisa berbesar hati karena unggul dengan mencetak 20 gol dan hanya kemasukan sepuluh.

Meski sempat kalah di tahun 1979, 1985 dan 1989, di tahun-tahun berikutnya Indonesia mulai mendominasi saat bertemu dengan Malaysia. Bahkan timnas Merah Putih berhasil menghajar Malaysia dengan skor telak 4-0 SEA Games 1997 dan kemudian menang 6-0 ketika bertemu lagi dua tahun berikutnya di SEA Games Brunei Darussalam. Tapi dalam empat laga usai kemenangan besar itu, Indonesia tak pernah menang lagi melawan Malaysia. Indonesia kalah empat kali beruntun dari Malaysia, termasuk saat tunduk di babak adu penalti di final SEA Games 2011.

Indonesia dan Malaysia dua kali bertemu di final SEA Games (keduanya di Jakarta) dengan rekor saling mengalahkan. Indonesia menang 1-0 lewat perpanjangan waktu di final 1987, Malaysia menang adu penalti 4-3 (skor waktu normal 1-1) di final 2011.
Meski bertemu dua kali di final, pertandingan nanti adalah pertama kalinya kedua tim bertemu di babak empat besar (semifinal).

Berikut 20 pemain di SEA Games 2013:
Kiper:
Kurnia Meiga, Andritany Ardiyasa
Bek:
Alfin Tuasalamony, Roni Esar, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Syahrizal, Mokhamad Syaifuddin dan Diego Michiels.
Gelandang:
Rizky Pellu, Andik Vermansyah, Ramdani Lestaluhu, Ferinando Pahabol, Dedi Kusnandar, Dendi Santoso, Bayu Gatra, Egi Melgiansyah dan Nelsom Alom.
Striker: Fandi Eko Utomo dan Yandi Sofyan.

Enam pemain yang dicoret yakni Sahar Ginanjar (kiper), Fandry Imbiri (bek), Syakir Sulaiman, Oktovianus Maniani (pemain tengah) serta Aldaier Makatindu dan Sunarto (striker).

tribunnews.com
detik.com
.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: SEA Games 2013: Jelang Semifinal Indonesia vs Malaysia Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi